12 Cara Promosi di Whatsapp Ini Wajib Anda Coba!

cara promosi di whatsapp

Mengetahui cara promosi di Whatsapp (WA) untuk penjualan merupakan keuntungan besar bagi pelaku usaha karena WA merupakan salah satu jejaring sosial paling populer di dunia digital.

Saat ini sangat sulit menemukan seseorang yang tidak menggunakan atau tidak memiliki Whatsapp, bukan? WA adalah salah satu jejaring sosial terbaik untuk dijual dan dapat digunakan sebagai saluran penjualan dan layanan. 

Jadi, simak bagaimana cara promosi di Whatsapp untuk penjualan dan manfaat menggunakan media ini untuk bisnis Anda.

Apa Keuntungan Berjualan Melalui Whatsapp?

Berjualan di Whatsapp membuat Anda lebih dekat dengan pelanggan dan membentuk citra bisnis yang lebih profesional. 

Hal itu karena orang memiliki lebih banyak kesempatan untuk kontak langsung dengan Anda, baik untuk membeli, mengajukan pertanyaan, atau sekadar memastikan bahwa bisnis Anda benar-benar ada.

Menurut sebuah survei, Whatsapp menjadi aplikasi perpesanan paling populer yang diunduh di Google Play Store secara global.

Aplikasi ini sangat populer dan hadir dalam rutinitas masyarakat, jadi ini merupakan peluang bagus untuk mengimplementasikan alat tersebut dalam bisnis Anda. 

Selain gratis dan sangat mudah digunakan, Whatsapp memiliki versi bisnis dengan fitur unik untuk membantu pedagang dalam penjualan sehari-hari.

Baca juga: 17 Ide Bisnis Kerajinan dari Barang Bekas, Modal Minim Untung Berlimpah

Apa yang Paling Banyak Dijual di Whatsapp?

cara promosi di whatsapp

Whatsaap sangat serbaguna untuk berbagi jenis bisnis. Lagi pula, ini bukan jejaring sosial yang menampilkan produk dari berbagai toko dalam katalog online, seperti Instagram atau Facebook.

Anda memang bisa menampilkan katalog di profil bisnis Whatsapp, tetapi berbeda dengan pasar dan toko di jejaring sosial lainnya.

Barang hanya muncul kepada pengguna ketika mereka mengklik profil perusahaan melalui tautan Whatsapp atau daftar kontak (jika nomornya tercantum di sana). 

Oleh karena itu, Anda dapat menjual barang atau layanan apa pun dari toko Anda di aplikasi. Lihat beberapa ide di bawah ini tentang apa yang dapat Anda jual di Whatsapp:

  • pakaian, aksesori, dan sepatu;
  • makanan dan minuman;
  • skincare;
  • elektronik;
  • peralatan dekoratif.
Banner 3 kledo

12 Cara Promosi di Whatsapp

Whatsapp adalah salah satu jejaring sosial yang paling banyak digunakan orang untuk berkomunikasi.

Jadi, simak 12 langkah di bawah ini tentang cara promosi di whatsapp dan raih kesempatan untuk memenangkan lebih banyak pelanggan!

1) Miliki nomor whatsapp khusus untuk jualan

Memiliki nomor whatsapp khusus untuk bisnis sangat penting untuk memastikan keamanan Anda, karena nomor tersebut akan dipublikasikan di media sosial dan bisa diakses banyak orang.

Selain itu, jika Anda tidak memisahkan nomor whatsapp pribadi dan bisnis, bisa saja Anda salah kirim pesan pribadi ke pelanggan atau pesan bisnis ke anggota keluarga atau teman.

Keuntungan lainnya memiliki nomor bisnis eksklusif adalah Anda dapat mewakilkan penjualan melalui Whatsapp ke orang lain. 

Jika Anda menggunakan nomor pribadi, Anda mungkin tidak ingin karyawan Anda memiliki akses ke percakapan Anda di aplikasi ini.

Baca juga: Download Surat Penawaran Harga Beserta Contohnya

2) Gunakan Whatsapp bisnis

Akun bisnis aplikasi tersebut bernama Whatsapp Business dan memiliki beberapa fitur yang memudahkan pemilik toko untuk mengatur dan melayani pelanggan.

Sama seperti profil bisnis di Instagram atau Facebook, ini memungkinkan Anda terhubung lebih baik dengan konsumen dan memeriksa metrik penting untuk menyusun strategi bisnis Anda.

Dengan Whatsapp versi bisnis, Anda dapat:

  • menjawab pertanyaan dari calon pembeli atau pelanggan dengan cepat;
  • mengirim informasi penting, seperti perubahan toko atau promosi kilat;
  • membuat dan mengelola katalog untuk memamerkan produk dan layanan Anda;
  • mengatur balasan otomatis;
  • buat profil bisnis dengan semua informasi penting tentang toko Anda;
  • mengetahui jumlah pesan yang dikirim, dikirim, dan dibaca di aplikasi;
  • ‍buat label untuk mengatur kontak pelanggan Anda dan menemukannya dengan lebih cepat dan mudah.

Baca juga: Cara Menggunakan Whatsapp Business untuk Proses Marketing

3) Buat katalog di whatsapp

Membuat dan mengelola katalog di Whatsapp adalah cara terbaik untuk menampilkan produk dan layanan Anda di aplikasi dan mempersingkat waktu konsumen untuk membayar.

Dengan alat ini, Anda dapat mendaftarkan hingga 500 item dan memasukkan hingga 10 foto dari setiap produk. Selain itu, setiap item bisa disertai judul, harga, dan deskripsi yang unik.

Buat katalog online Anda di WhatsApp dan bagikan tautannya di jejaring sosial Anda untuk mulai menjual langsung melalui aplikasi.

Cara membuat katalog whatsapp

Membuat katalog Whatsapp sangat cepat dan mudah. Ikuti langkah-langkah di bawah ini:

  1. Buka Aplikasi Whatsapp Business dan buka Pengaturan
  2. Ketuk Pengaturan Bisnis lalu Katalog. Ini akan membawa Anda ke Manajer Katalog. 
  3. Ketuk Tambah Produk atau Layanan
  4. Anda akan melihat layar dengan bidang produk. Tambahkan gambar produk, nama, harga, deskripsi, tautan, dan kode. 
  5. WhatsApp akan meninjau produk Anda. Proses ini memerlukan waktu satu atau dua menit dan ditunjukkan dengan ikon jam berwarna hijau pada produk. 
  6. Setelah disetujui, produk Anda ditayangkan. Anda dapat membagikan katalog Anda kepada satu atau banyak pelanggan potensial yang sudah ada. 
  7. Kelola katalog Anda dengan cepat dan mudah. Ketuk produk yang ingin Anda edit lalu ketuk ikon edit. Tekan ikon tiga titik untuk menghapus item. 

Baca juga: 10 Cara Membuat Postingan Menarik di Instagram

4) Gunakan Whatsapp Status untuk menjangkau audiens yang luas

Whatsapp status adalah versi whatsApp dari format stories yang populer. 

Jika Anda tidak menggunakan Whatsapp Status untuk berkomunikasi dengan pelanggan, Anda akan kehilangan salah satu saluran pemasaran terbesar yang ada. Namun, jenis konten apa yang harus Anda posting?

Salah satu pilihannya adalah membangun kesadaran merek dan loyalitas pelanggan dengan menceritakan cerita menghibur atau inspiratif tentang kehidupan bisnis atau acara yang Anda hadiri. Anggap ini sebagai kelanjutan dari strategi pemasaran media sosial Anda di Facebook dan Instagram Stories.

Cara lainnya dengan membuat video pendek yang menunjukkan bagaimana suatu produk dibuat atau menceritakan peristiwa baru-baru ini adalah cara cepat dan sederhana untuk membuat konten video untuk Whatsapp.

Anda juga dapat membuat video cepat untuk mengumumkan penawaran atau merangkum postingan berita terbaru Anda.

Video tutorial yang menunjukkan cara-cara keren untuk menggunakan produk Anda atau menjawab pertanyaan yang sering ditanyakan adalah cara lain yang bagus untuk menggunakan Whatsapp stories.

Meskipun video mendapat perhatian paling besar, jangan takut untuk menggunakan gambar, jika Anda tidak dapat membuat video atau jika Anda hanya ingin mempercantik beberapa teks.

5) Buat daftar broadcast

Daftar broadcast adalah fitur Whatsapp keren yang memungkinkan Anda untuk mengirim pesan ke grup pelanggan berdasarkan topik atau minat pelanggan.

Anda dapat menggunakan daftar broadcast untuk mengirim pesan yang dirancang khusus untuk mendapatkan keterlibatan dari pelanggan Anda yang paling berharga. Pesan broadcast dapat mencakup penawaran, undangan, atau tautan.

Daftar ini sempurna untuk mempromosikan penjualan, peluncuran, dan acara lainnya.

Selain itu, pesan-pesan ini dapat dikelola dan diotomatisasi menggunakan alat seperti API bisnis Telnyx WhatsApp, yang memberi Anda kemampuan untuk mengirim pesan secara terprogram, daripada membuatnya dari awal.

Ini adalah cara yang sangat efisien untuk menargetkan audiens tertentu dengan pesan Anda, tanpa banyak pekerjaan.

Baca juga: Strategi Whatsapp Marketing Untuk Tingkatkan Penjualan Bisnis

6) Buat grup WhatsApp untuk bisnis Anda

Anda dapat menyertakan tautan untuk bergabung dengan grup Whatsapp Anda di situs web, blog, di tanda tangan email, dan di profil media sosial Anda yang lain.

Orang-orang bergabung dengan grup Whatsapp Anda hanya dengan mengeklik tautan tersebut, dan Anda dapat mengembangkan grup Anda dengan cepat dan organik dengan bantuan dari saluran pemasaran Anda yang lain.

Anda juga dapat menggunakan API bisnis WhatsApp untuk mengelola grup Anda dan mengirim pesan grup, mirip dengan daftar broadcast Anda.

7) Kirim pesan yang relevan

Hindari percakapan dengan spam. Artinya, jangan mengirim pesan yang tidak relevan dalam obrolan dengan pelanggan Anda.

Memang, kedekatan dengan pembeli penting untuk bisnis, tetapi ada batasannya. Cobalah untuk mengirim hanya informasi tentang produk dan bisnis Anda. 

Dan berhati-hatilah untuk tidak mengirimkan terlalu banyak iklan. Selingi dengan pesan dan tips bermanfaat tentang cara menggunakan dan/atau merawat produk Anda atau cara memesan sesuatu dari menu digital Anda.

8) Tulis pesan singkat dan to the point

Bicaralah kepada pelanggan dengan jelas dan objektif, tanpa menggunakan kalimat yang ambigu, yang dapat memiliki lebih dari satu arti.

Cobalah untuk menulis dan membahas subjek dengan bahasa yang lebih sesuai dengan bidang aktivitas Anda dan audiens Anda. Jadi, Anda harus menganalisis cara terbaik untuk berkomunikasi.

Baca juga: Sales Pipeline: Pengertian, Manfaat, Tahapan, Metrik, dan Penerapannya

9) Gunakan Whatsapp sebagai media customer support

Whatsapp adalah alat layanan pelanggan yang luar biasa. Anda dapat menggunakan chatbots dan alat otomatisasi lainnya untuk menyelesaikan masalah dukungan pelanggan yang sederhana.

Kemudian Anda juga dapat menggunakan Whatsapp untuk menghubungkan pelanggan dengan tim layanan pelanggan melalui pesan langsung untuk menyelesaikan kendala yang dihadapi pelanggan.

Alat otomatisasi dapat membantu menghubungkan pelanggan dengan orang yang tepat. Whatsapp dapat mengirim pesan tertentu dan mengambil tindakan tertentu berdasarkan respons teks pelanggan.

Chatbot dapat mengajukan serangkaian pertanyaan untuk menemukan apa yang dibutuhkan pelanggan dan menghubungkan mereka dengan perwakilan layanan pelanggan yang dapat membantu mereka.

10) Minta umpan balik dan riset pasar

Whatsapp adalah cara yang bagus untuk meminta umpan balik dari pelanggan Anda. Pesan WhatsApp memiliki tingkat keterbukaan yang sangat tinggi, dan mudah bagi pelanggan untuk menjawab pertanyaan di Whatsapp.

Kirimkan pertanyaan ke grup Whatsapp dan daftar broadcast Anda. Kemudian Anda dapat menanggapi umpan balik mereka secara langsung (dan penting untuk menanggapi umpan balik).

Pastikan untuk menggunakan persona merek Anda untuk membuat permintaan umpan balik Anda menarik dan santai. Tidak ada yang mau menjawab kuesioner yang terlalu kaku dan profesional. Jaga agar tetap bersahabat dan pribadi.

Selain itu, Anda dapat menawarkan kupon dan hadiah lainnya untuk memberi insentif kepada pelanggan agar memberikan umpan balik dan sekaligus membangun loyalitas merek.

Baca juga: Pahami 5 Penggolongan Akun dalam Akuntansi Berikut Ini

11) Membangun basis data pelanggan

Salah satu alasan Whatsapp bekerja sangat baik daripada saluran pemasaran lainnya adalah mudahnya mengumpulkan nomor telepon dan alamat email melalui Whatsapp.

Dengan begitu, Anda dapat memperluas daftar email Anda dan berkomunikasi dengan lebih banyak pelanggan melalui pesan teks. Meskipun Whatsapp adalah alat pemasaran yang sangat baik, pemasaran email masih sangat efektif, dan pesan teks adalah saluran yang sangat andal.

Selain itu, pelanggan yang telah berkomunikasi dengan bisnis Anda di Whatsapp akan lebih mudah menerima pesan melalui saluran lainnya.

Jika pelanggan telah terlibat dengan pesan Anda di Whatsapp, mereka lebih mungkin untuk membuka email Anda atau menyetujui untuk menerima pesan teks. Hal ini memberikan Anda lebih banyak cara untuk menjangkau pelanggan Anda.

Oleh karena itu, menggunakan Whatsapp untuk membangun basis data pelanggan bisa dibilang merupakan aspek penting dari pemasaran Whatsapp.

12) Promosikan nomor whatsapp Anda

Untuk meningkatkan penjualan Anda di WhatsApp, tidak ada gunanya membatasi diri Anda hanya pada konsumen yang nomornya sudah Anda miliki atau yang sudah mengenal Anda.

Karena itu, cantumkan kontak Anda di jejaring sosial lain agar bisa dihubungi oleh pelanggan potensial Anda.

Baca juga: Pengertian Reklame, Fungsi, Karakteristik, Jenis, dan Contohnya

 Kesimpulan

Sekarang Anda sudah tahu bagaimana cara promosi di whatsapp. Tentunya, Anda tidak harus mempraktikkan semua tips di atas. Pilihlah beberapa cara promosi yang cocok dengan strategi pemasaran dan model bisnis Anda saat ini dan mulailah berpromosi di Whatsapp.

Anda juga harus mencatat penjualan Anda melalui pembukuan yang sistematis dan detail. Untuk itu, Anda bisa menggunakan software akuntansi seperti Kledo yang akan memudahkan pembukuan dan pengelolaan bisnis Anda.

Kledo sudah digunakan lebih dari 35 ribu pelaku usaha di seluruh Indonesia. Dan kini, giliran Anda untuk mencobanya. Jadi, jangan lewatkan kesempatan free trial Kledo selama 14 hari melalui tautan ini.

Annisa Herawati

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

sixteen − 9 =