Market Development Strategi: Pengertian, Tips, dan Contohnya

market-development-strategi

Perusahaan selalu mencari cara untuk mendapatkan pelanggan baru dan meningkatkan pendapatan. Menciptakan strategi pengembangan pasar atau market development strategi dapat membantu bisnis mengidentifikasi di mana ada peluang untuk tumbuh.

Jika Anda ingin memperluas produk dan layanan yang Anda tawarkan atau menjelajahi audiens target baru, maka mempelajari cara menerapkan strategi pengembangan pasar yang efektif mungkin menarik bagi Anda.

Dalam artikel ini, kami menjelaskan apa itu market development strategi, membahas mengapa itu penting, membagikan langkah-langkah yang dapat Anda ambil untuk mengembangkannya, dan memberikan contoh strategi pengembangan pasar yang sukses.

Apa yang Dimaksud dengan Market Development Strategi?

market development strategi

Market development strategi atau strategi pengembangan pasar adalah strategi pertumbuhan bisnis yang berfokus pada memperkenalkan produk yang ada ke pasar baru.

Perusahaan sering menggunakan strategi pengembangan pasar untuk mengidentifikasi dan mengembangkan peluang baru untuk menjual produk mereka di pasar yang sebelumnya belum dijelajahi.

Misalnya, perusahaan yang memproduksi ponsel dan menjualnya kepada pelanggan di Indonesia dapat memutuskan untuk mulai mengiklankan dan menjual ponsel yang sama di Malaysia untuk menjangkau pelanggan baru.

Perusahaan juga dapat menggunakan strategi pengembangan pasar untuk membuat lini produk baru untuk dijual ke pelanggan baru atau upsell ke pelanggan yang sudah ada.

Misalnya, perusahaan yang sama yang memproduksi ponsel mungkin memutuskan untuk mulai memproduksi jam tangan pintar. Ini adalah produk baru yang dapat mereka jual kepada pelanggan mereka saat ini dan diiklankan kepada pelanggan baru.

Menurut Igor Ansoff, bapak manajemen strategis, hanya ada empat strategi utama untuk pertumbuhan yang tersedia untuk bisnis: strategi diversifikasi, strategi penetrasi pasar, strategi pengembangan produk, dan strategi pengembangan pasar.

Baca juga: 4P dalam Pemasaran dan Marketing Mix: Pengertian dan Strateginya

Mengapa Penting untuk Memiliki Market Development Strategi?

Penting untuk memiliki strategi pengembangan pasar karena dapat membantu Anda menjangkau audiens potensial yang lebih luas dan mengembangkan bisnis Anda.

Membuat development market strategi profesional juga dapat membantu Anda:

  • Meningkatkan kualitas produk atau layanan Anda
  • Mendapatkan pelanggan baru
  • Meningkatkan penjualan pelanggan saat ini
  • Kembangkan produk atau layanan baru
  • Meningkatkan margin pendapatan
  • Membangun ketahanan organisasi
  • Mendukung pertumbuhan perusahaan jangka panjang
  • Hasilkan lebih banyak prospek dan penjualan
  • Memberikan nilai lebih kepada pelanggan
  • Meningkatkan kesadaran merek
  • Menurunkan biaya produksi Anda per unit

Bagaimana Cara Membuat Market Development Strategi?

Meskipun setiap bisnis mungkin mengambil pendekatan yang sedikit berbeda untuk menciptakan strategi pengembangan pasar yang selaras dengan industri, produk, dan sasaran mereka, ada beberapa langkah dasar yang dapat Anda ambil untuk memulai.

Berikut adalah beberapa panduan yang dapat Anda ikuti untuk membuat strategi pengembangan pasar yang efektif:

1. Teliti peluang pengembangan pasar Anda

Sebelum Anda memperluas ke pasar baru atau membuat produk baru, penting untuk mengidentifikasi apa peluang pengembangan terbesar Anda.

Ini dapat membantu Anda menentukan peluang mana yang mungkin paling berhasil dan memberi Anda informasi untuk membantu Anda mencapai tujuan Anda. Untuk mulai meneliti peluang pengembangan Anda, Anda dapat:

Identifikasi audiens target Anda

Jika Anda berencana untuk memperkenalkan produk Anda ke pasar baru, mulailah dengan mengidentifikasi siapa audiens target Anda.

Anda dapat membuat persona pembeli untuk membantu Anda menilai motivasi, demografi, dan latar belakang audiens target ini dan menentukan apakah produk Anda mungkin menarik bagi mereka.

Analisis pasar Anda

Setelah Anda mengidentifikasi siapa audiens target Anda, lakukan riset pasar untuk menentukan siapa pesaing potensial Anda. Selesaikan analisis SWOT untuk menentukan kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman kompetitif Anda.

Survei pelanggan Anda saat ini

Jika Anda berencana untuk memperluas lini produk Anda saat ini untuk meningkatkan penjualan kepada pelanggan yang sudah ada, pastikan Anda memahami apa yang mereka inginkan dan bagaimana Anda dapat memberikan nilai tambah.

Anda dapat mensurvei pelanggan Anda untuk menentukan apakah mereka tertarik dengan produk baru Anda sebelum Anda mengembangkannya.

2. Tetapkan tujuan pertumbuhan Anda

Pertimbangkan area bisnis mana yang ingin Anda kembangkan dengan memperkenalkan produk baru atau memperluas ke pasar baru. Beberapa area utama yang mungkin Anda fokuskan meliputi:

  • Penjualan
  • Laba bersih
  • Karyawan
  • Produk
  • Pelanggan atau pengguna
  • Lokasi geografis

Kemudian kembangkan tujuan SMART untuk setiap area yang ingin Anda fokuskan. Tujuan SMART adalah akronim dari tujuan yang specific, measurable, achievable, relevant dan time-based atau spesifik, terukur, dapat dicapai, relevan, dan berbasis waktu.

Misalnya, jika Anda ingin fokus pada peningkatan penjualan, sasaran SMART Anda mungkin adalah meningkatkan penjualan sebesar 30% selama enam bulan ke depan.

Menggunakan metode ini dapat membantu Anda mengidentifikasi tujuan yang jelas dan dapat ditindaklanjuti yang dapat Anda bagikan dengan tim, pemangku kepentingan utama, dan eksekutif perusahaan Anda.

Baca juga: Cara Menawarkan dan Mempromosikan Produk dengan Efektif

3. Alokasikan sumber daya

Selanjutnya, pertimbangkan sumber daya utama apa yang Anda butuhkan untuk mencapai tujuan pertumbuhan Anda.

Sumber daya ini dapat bervariasi dari satu industri ke industri berikutnya, tetapi sering kali mencakup bahan mentah, peralatan, perangkat lunak, staf, materi pemasaran, dan pendanaan awal.

Anda dapat membuat daftar untuk membantu Anda melacak sumber daya ini atau menggunakan alat manajemen proyek untuk membantu Anda tetap teratur.

Anda dapat menggunakan mesin pencari untuk meneliti berbagai perangkat lunak manajemen proyek dan memilih salah satu yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda.

Setelah Anda mengembangkan daftar sumber daya utama yang Anda butuhkan, Anda dapat mulai mengidentifikasi dari mana Anda dapat memperolehnya.

Pertimbangkan untuk menyertakan opsi cadangan untuk setiap sumber daya untuk memastikan Anda siap untuk memperluas lini produk atau memperkenalkan produk yang ada ke pasar baru. Ini dapat membantu Anda memastikan peluncuran awal Anda berhasil.

4. Kembangkan rencana pemasaran

Setelah Anda mengalokasikan sumber daya yang diperlukan, bekerjalah dengan tim pemasaran Anda untuk mengembangkan rencana meluncurkan produk baru Anda atau memperkenalkan produk yang sudah ada kepada pelanggan baru. I

ni dapat membantu Anda membangun kesadaran merek dan menghasilkan permintaan.

Beberapa saluran dan peluang pemasaran yang dapat Anda pertimbangkan untuk mengembangkan rencana strategis meliputi:

Anda dapat meninjau kembali penelitian yang telah Anda kumpulkan tentang audiens target Anda untuk menentukan saluran pemasaran mana yang paling sering mereka gunakan.

Bekerja dengan tim pemasaran Anda untuk menetapkan KPI untuk kampanye Anda, seperti jumlah orang yang dijangkau atau jumlah klik kembali ke situs web Anda.

Kemudian lacak KPI ini sepanjang kampanye untuk mengidentifikasi area yang perlu ditingkatkan dan menilai kemajuan Anda.

Baca juga: Tips Membuat Iklan Promosi yang Berhasil untuk Bisnis Anda

5. Luncurkan produk Anda

Setelah Anda menyelesaikan penelitian dan perencanaan Anda, saatnya untuk meluncurkan produk baru Anda atau memperkenalkan produk Anda yang sudah ada ke pasar baru.

Untuk meningkatkan kemungkinan keberhasilan Anda, komunikasikan secara terbuka dengan tim Anda tentang tujuan, kemajuan, dan langkah tindakan Anda.

Anda dapat memberikan kampanye menyeluruh dan rencana penjualan kepada anggota tim kunci untuk memastikan mereka memahami tugas apa yang menjadi tanggung jawab mereka dan bagaimana Anda berencana mengukur kesuksesan.

Berikan pembaruan status rutin tentang garis waktu peluncuran, tugas yang akan datang, dan tenggat waktu untuk membantu tim Anda tetap teratur dan sesuai rencana.

6. Analisis hasil Anda

Setelah Anda meluncurkan produk baru atau memperluas ke pasar baru, mulailah melacak hasil Anda untuk memastikan Anda memenuhi tujuan dan memuaskan pelanggan Anda.

Mulailah mengumpulkan data penjualan sesegera mungkin. Informasi ini dapat membantu Anda menilai seberapa sukses peluncuran Anda dan memperkirakan apakah Anda dapat memenuhi proyeksi Anda.

Ini juga dapat membantu Anda mengidentifikasi area yang perlu ditingkatkan dan mengoptimalkan kampanye untuk membantu Anda mencapai sasaran.

Terakhir, gunakan data ini untuk mempresentasikan temuan Anda kepada pemangku kepentingan utama dan eksekutif di dalam perusahaan. Ini dapat membantu Anda menjelaskan apa hasil dari strategi pengembangan pasar Anda dan langkah apa yang akan Anda ambil selanjutnya.

Baca juga: Analisis Pemasaran: Pengertian dan 7 Proses yang Harus Anda Ketahui

Perbedaan Market Development dengan Market Penetration

market development strategi

Dengan asumsi perusahaan sudah puas dengan produk / layanan saat ini, strategi risiko logis dan terendah untuk memperluas basis pelanggan Anda dan meningkatkan pendapatan adalah:

  • Targetkan pelanggan baru di pasar Anda yang sudah ada (penetrasi pasar); atau
  • Berusaha menjual ke pasar baru (pengembangan pasar)

Sementara penetrasi pasar adalah strategi pertumbuhan risiko terendah, pengembangan pasar adalah yang kedua karena — tidak seperti pengembangan dan diversifikasi produk — kedua strategi ini tidak menyertakan sifat berisiko sangat tinggi dalam mengembangkan dan menjual produk baru.

Cara menerapkan strategi penetrasi pasar

Karena strategi penetrasi pasar memiliki risiko paling rendah, sebagian besar perusahaan mulai dari sini dan mencoba mencari cara untuk mendorong pertumbuhan tanpa risiko bawaan memasuki pasar baru.

Misalnya, sebelum menerapkan strategi market development, Anda mungkin ingin:

1. Menjadikan produk Anda lebih menarik untuk mendapatkan lebih banyak pangsa pasar dari pelanggan pesaing Anda

Apa pun bisnis Anda, persaingan pasti sangat ketat. Menemukan cara untuk membedakan diri Anda dari perusahaan lain di tempat Anda — seperti menawarkan dukungan yang lebih baik, harga yang lebih kompetitif, atau fitur tambahan yang dibutuhkan dan tidak ditawarkan oleh pesaing Anda, dapat menarik pelanggan untuk beralih ke produk Anda.

2. Menarik non-pembeli di pasar Anda saat ini

Uji coba gratis, pemasaran konten bertarget, periklanan, dan eksperimen dengan strategi penetapan harga dapat menjadi bagian yang berguna dari strategi pengembangan pemasaran Anda, karena dapat mendorong non-pengguna di pasar Anda yang ada untuk menjadi pelanggan.

Penetrasi pasar adalah strategi yang bagus untuk memulai, tetapi itu hanya bisa membawa Anda pada titik tertentu dan Anda mungkin perlu mempertimbangkan risiko yang lebih tinggi, strategi dengan hasil yang lebih tinggi untuk melanjutkan pertumbuhan yang stabil.

Di sinilah pengembangan pasar atau market development masuk sebagai strategi yang menguntungkan.

Baca juga: Tips Menerapkan Strategi Cashback Pada Bisnis

Tips untuk Membuat Market Development Strategi

Berikut adalah beberapa tip untuk membantu Anda membuat strategi pengembangan pasar yang efektif:

Gunakan komunikasi yang jelas

Untuk menjalankan strategi pengembangan pasar yang sukses, penting untuk memastikan setiap anggota tim Anda memahami tujuan Anda dan tugas apa yang menjadi tanggung jawab mereka.

Gunakan bahasa sederhana untuk berbagi detail penting dan periksa secara teratur dengan anggota tim untuk menjawab pertanyaan apa pun yang mungkin mereka miliki.

Dokumentasikan detail penting

Luangkan waktu untuk mendokumentasikan detail utama dari strategi pengembangan pasar Anda.

Ini dapat membantu Anda mempresentasikan strategi Anda kepada pemangku kepentingan penting dan memberi Anda referensi untuk dikunjungi kembali selama setiap fase rencana Anda.

Berinvestasi dalam perangkat lunak dan alat yang tepat

Teliti berbagai aplikasi dan alat perangkat lunak yang dapat membantu Anda melacak KPI yang Anda pilih untuk mengukur pertumbuhan bisnis Anda.

Berinvestasi dalam perangkat lunak yang tepat dapat meningkatkan komunikasi, meningkatkan efisiensi, dan menghemat waktu.

Pada proses penganggaran pemasaran dalam mengenalkan produk Anda ke pasar baru misalnya, Anda bisa mencoba menggunakan software akuntansi seperti Kledo untuk mempermudah Anda membuat penganggaran dan pencatatan biaya pemasaran.

Anda juga bisa mencoba Kledo secara gratis selama 14 hari melalui tautan pada gambar di bawah ini:

Banner 2 kledo

Bersikap fleksibel

Berekspansi ke pasar baru atau mengembangkan produk baru membutuhkan kemampuan untuk beradaptasi dengan tren konsumen baru dan perubahan industri yang muncul.

Tinjau kembali strategi pengembangan pasar Anda secara teratur dan perhatikan KPI Anda untuk mengidentifikasi apakah komponen tertentu dari rencana Anda perlu disesuaikan.

Baca juga: Ingin Membuat Iklan Produk yang Berhasil? Ikuti Tips Berikut Ini

Contoh Market Development Strategi

Berikut adalah contoh bagaimana perusahaan dapat menggunakan strategi pengembangan pasar untuk memperoleh pelanggan baru dan meningkatkan pendapatannya:

Platform media sosial baru yang dirancang khusus untuk Universitas Indonesia memperoleh daya tarik di kampus. Seiring berkembangnya platform, perusahaan yang mengembangkan platform media sosial menyadari ada peluang untuk menjangkau pengguna dari perguruan tinggi dan universitas lain.

Perusahaan memperbarui kebijakan akunnya untuk mengizinkan siapa saja yang merupakan mahasiswa untuk mendaftar. Platform media sosial secara bertahap tumbuh karena lebih banyak siswa memberi tahu teman-teman mereka di sekolah yang berbeda tentang platform tersebut.

Setelah platform media sosial berhasil berkembang ke perguruan tinggi dan universitas lain, perusahaan mengizinkan orang yang bukan siswa untuk mendaftar ke platform.

Mereka meneliti segmen pelanggan baru ini dan membuat sedikit perubahan pada platform media sosial mereka agar lebih inklusif. Kemudian mereka mengembangkan rencana pemasaran untuk membantu mereka memperkenalkan platform media sosial mereka kepada pengguna baru.

Dengan perlahan-lahan berkembang dari satu audiens target ke audiens berikutnya, perusahaan dapat secara bertahap menyesuaikan platform media sosial untuk memenuhi kebutuhan pelanggan yang berbeda.

Ini membantu mereka meningkatkan kualitas produk mereka, memberikan nilai lebih kepada pengguna yang sudah ada dan menarik pengguna baru.

Baca juga: Cara Promosi Online Shop di Instagram Paling Mudah

Kesimpulan

Itulah pembahasan lengkap dalam market development strategi atau srategi pengembangan pasar. Menurut Ansoff Matrix, hanya ada empat strategi utama untuk pertumbuhan yang tersedia untuk bisnis dan salah satunya adalah strategi pengembangan pasar.

Sederhananya, market development strategi dapat menjadi pilihan yang sangat baik untuk pertumbuhan bisnis.

Dengan menggunakan produk yang ada untuk mengembangkan bisnis, berarti tim Anda dapat menghemat waktu dan sumber daya yang diperlukan untuk membangun produk yang sama sekali baru.

Atau mencoba mendiversifikasi penawarannya, dan berkonsentrasi untuk memanfaatkan apa yang sudah Anda miliki untuk meningkatkan pendapatan Anda.

Pastikan juga Anda mengelola pencatatan keuangan penganggaran dengan baik agar perencanaan pemasaran Anda berjalan dengan maksimal.

Jika Anda masih menggunakan pencatatan manual, Anda bisa mencoba menggunakan software akuntansi Kledo untuk proses pembukuan yang lebih baik.

Kledo adalah software akuntansi berbasis cloud yang sudah digunakan oleh lebih dari 10 ribu pengguna dari berbagai jenis bisnis di Indonesia.

Dengan menggunakan Kledo, Anda bisa dengan mudah melakukan pencatatan pembukuan, manajemen aset, mengelola multi gudang, pencatatan pajak, otomatisasi lebih dari 30 jenis laporan keuangan, dan masih banyak lagi.

Jadi tunggu apalagi? Anda bisa mencoba menggunakan Kledo secara gratis selama 14 hari melalui tautan ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

twenty + 12 =