Analisis Pemasaran: Pengertian dan 7 Proses yang Harus Anda Ketahui

analisis pemasaran

Analisis pemasaran adalah studi tentang dinamika pasar. Ini adalah cara mempelajari daya tarik pasar khusus dalam industri tertentu.

Analisis pemasaran pada dasarnya adalah rencana bisnis yang menyajikan informasi mengenai pasar tempat bisnis Anda beroperasi. Analisis ini berkaitan dengan berbagai faktor dan tidak boleh disamakan dengan analisis pasar.

Analisis pemasaran dilakukan agar Anda dapat merumuskan strategi bagaimana menjalankan bisnis Anda. Dengan mempertimbangkan faktor-faktor tertentu, Anda akan tahu bagaimana menjalankan bisnis Anda.

Berikut adalah pengertian lengkap analisis pemasaran dan 7 hal yang perlu Anda perhatikan dalam melakukan proses analisis pemasaran untuk kemajuan bisnis Anda.

Mengetahui Faktor Penting Analisis Pemasaran

analisis pemasaran

Faktor yang paling umum adalah SWOT yang merupakan singkatan dari; Strengths (kekuatan), Weaknesses (kelemahan), Opportunities (peluang), dan Threats (ancaman).

Dengan menilai kekuatan dan kelemahan perusahaan, Anda dapat membuat strategi pada faktor mana yang menjadi fokus.

Jika Anda memiliki tenaga kerja yang baik, investasi yang cukup dan pakar periklanan yang baik, maka Anda akan membuat strategi pemasaran Anda berfokus pada hal-hal tersebut.

Demikian pula jika teknologi Anda relatif lebih buruk dan Anda tidak memiliki kehadiran online maka Anda akan menghindari hal-hal itu.

Anda juga melihat faktor eksternal seperti situasi yang dapat memberi Anda peluang atau ancaman. Faktor ekonomi, ketidakstabilan politik atau bahkan perubahan sosial dapat memberi Anda peluang yang dapat Anda ambil dan lakukan dengan lebih baik.

Mereka juga dapat menciptakan ancaman yang akan menghambat transaksi bisnis Anda. Mempertimbangkan semua faktor ini akan memberi Anda analisis pemasaran dari mana Anda dapat menerapkan keputusan Anda.

Baca juga: 15 Tips Untuk Meningkatkan Branding Produk di Tahun 2022

7 Hal Penting yang Harus Anda Perhatikan Dalam Analisis Pemasaran

Ada dimensi tertentu yang membantu kita melakukan analisis pemasaran. Hal-hal ini membantu kita memahami pasar tempat bisnis kita beroperasi dengan lebih baik. Dimensi tersebut meliputi;

  • Ukuran pasar
  • Tingkat pertumbuhan pasar
  • Trend pasar
  • Profitabilitas pasar
  • Faktor kunci keberhasilan
  • Saluran distribusi
  • Struktur biaya industri

Untuk mengenal lebih jauh 7 dimensi diatas, mari kita bahas satu persatu secara mendalam:

1. Ukuran pasar

Ukuran pasar merupakan faktor kunci dalam analisis pemasaran. Semakin besar pasar, semakin banyak pesaing yang mungkin Anda miliki.

Untuk pasar yang besar, Anda perlu memastikan produk dan layanan Anda menonjol. Jika tidak, pelanggan dapat dengan mudah beralih ke produk saingan. Tidak hanya itu, pasar yang lebih besar membuat Anda memikirkan kembali kebijakan penetapan harga Anda.

Jika Anda menetapkan harga Anda terlalu tinggi maka Anda akan kehilangan basis pelanggan Anda ke pesaing lain. Disisi lain, menetapkan harga terlalu rendah membuat orang akan berpikir bahwa Anda hanya menyediakan barang berkualitas buruk yang lebih murah.

Jika ukuran pasar kecil maka Anda bisa lolos dengan membebankan harga tinggi. Semua fakta ini disimpan dalam analisis pemasaran. Berdasarkan itu Anda melanjutkan rencana pemasaran Anda.

2. Tingkat pertumbuhan pasar

Tingkat pertumbuhan pasar merupakan faktor besar dalam segala jenis analisis pemasaran. Ini karena Anda mendapatkan gambaran tentang berapa lama pasar tersebut akan bertahan.

Sebelum Anda melakukan investasi, Anda perlu menganalisis tingkat pertumbuhan pasar. Jika kemungkinan tumbuh dari waktu ke waktu maka Anda dapat berinvestasi lebih banyak di dalamnya.

Jika tidak memiliki pertumbuhan maka Anda kemungkinan akan berkecil hati untuk menginvestasikan apa pun. Berapa banyak waktu dan kepentingan yang Anda berikan ke pasar tergantung pada tingkat pertumbuhannya.

Baca juga: Brand Extension: Pengertian, Manfaat, Jenis, dan Tips Melakukannya

3. Trend pasar

Tren pasar adalah bagian penting dari analisis pemasaran. Memiliki pengetahuan tentang tren membantu Anda memutuskan jenis produk yang akan Anda jual.

Ketika Anda memulai bisnis Anda perlu tahu apa tren saat ini. Apa hal yang disukai pelanggan?

Berapa banyak yang bersedia mereka belanjakan? Tren lain apa yang mungkin menarik perhatian mereka? Ini adalah hal-hal yang akan Anda analisis.

Di sisi lain, tren pasar dapat berubah setiap hari. Ini bisa menjadi peluang bisnis Anda. Jika itu masalahnya maka Anda dapat memanfaatkannya dan memanfaatkannya sebaik mungkin.

Perubahan tren juga bisa menjadi ancaman bagi Anda. Jika Anda merasa nyaman memproduksi satu jenis barang, maka perubahan tren pasar akan paling memengaruhi Anda.

4. Profitabilitas pasar

Motif sebagian besar perusahaan untuk masuk ke bisnis ini adalah untuk mendapatkan keuntungan.

Dengan kata lain, mereka adalah bisnis yang bermotif keuntungan. Jadi sebelum masuk ke bisnis, Anda perlu menganalisis profitabilitas pasar. Jika pasar memiliki profitabilitas yang baik maka hanya Anda yang akan berinvestasi besar-besaran.

Jika tidak, itu akan membuang-buang waktu dan modal Anda. Untuk menghitung profitabilitas pasar, ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan. Hal-hal tersebut antara lain; kekuatan pembeli, kekuatan pemasok, hambatan masuk dan sebagainya.

Baca juga: Ingin Melakukan Brand Building Sukses di Tahun 2022? Berikut Tipsnya

5. Faktor kunci keberhasilan

Faktor kunci keberhasilan adalah unsur-unsur yang membantu bisnis untuk mencapai sukses besar di pasar.

Unsur-unsur tersebut diperlukan untuk menonjol di antara sisa kompetisi. Ini adalah hal-hal yang Anda lakukan dengan baik yang memungkinkan Anda menghasilkan hasil yang luar biasa. Faktor kunci keberhasilan meliputi;

  • Kemajuan teknologi
  • Skala ekonomi
  • Pemanfaatan sumber daya yang efisien

6. Saluran distribusi

Saluran distribusi sangat penting bagi sebuah bisnis. Tanpa itu, Anda tidak akan bisa membawa produk Anda ke pelanggan Anda.

Sehingga menjadi faktor besar dalam analisis pemasaran. Ini karena Anda perlu menilai seberapa baik saluran tersebut.

Jika yang sudah ada sudah cukup baik atau Anda perlu mengembangkan yang lebih baru. Terkadang Anda menemukan saluran baru seperti pemasaran online.

7. Struktur biaya industri

Struktur biaya industri merupakan faktor penting saat menjalankan bisnis. Ini pada dasarnya melihat berapa banyak biaya yang diperlukan untuk mendapatkan produk Anda untuk dijual.

Terkadang perusahaan dapat menemukan cara untuk mengurangi biaya tersebut dan dengan demikian menghasilkan keuntungan yang lebih besar tanpa meningkatkan harga pasar.

Melakukan analisis pemasaran akan membantu Anda menemukan cara baru untuk mengurangi biaya. Pada saat yang sama, ini membantu menciptakan strategi untuk mengembangkan keunggulan kompetitif pesaing Anda.

Banner 3 kledo

Baca juga: Apa Itu Buzz Marketing? Berikut Pengertian, Manfaat, Dan Tips Melakukannya

Tips dalam Melakukan Analisis Pemasaran

analisis pemasaran

Ingatlah bahwa analisis dan penelitian adalah proses berkelanjutan

Penelitian dan analisis biasanya dilakukan untuk mendapatkan pengetahuan tentang konsumen dan keinginan dan kebutuhan mereka.

Dengan masyarakat yang terus berubah, kebutuhan konsumen juga akan terus berubah. Jika Anda ingin mengikutinya, Anda perlu menggunakan riset untuk menemukan dan menganalisis tren dan pola, tetapi jangan lupa, untuk memahami tren dan pola itu, Anda perlu mengamatinya secara teratur.

Terus memantau perilaku konsumen dan pesaing Anda akan memungkinkan Anda untuk mengelola bisnis Anda dengan cara yang positif.

Jangan abaikan biaya peluang

Sama seperti seluruh keputusan bisnis lainnya, akan selalu ada biaya peluang, dan biaya ini juga ada dalam proses analisis dan penelitian.

Manfaat yang dapat diperoleh perusahaan Anda dengan mengambil tindakan alternatif atau melakukan penelitian baru mungkin memiliki potensi lebih besar daripada manfaat yang Anda miliki saat ini dengan tidak melakukan penelitian sama sekali.

Gunakan metode analisis yang sesuai dengan kebutuhan

Anda akan memiliki banyak pilihan metode penelitian dan analisis yang berbeda karena tidak ada satu metode yang akan bekerja untuk semua proyek penelitian.

Ketika Anda mulai menjawab tujuan penelitian Anda sendiri, jangan membatasi diri Anda hanya pada satu metode. Terkadang, beberapa tindakan diperlukan seperti survei, kelompok fokus, dan meninjau data sekunder.

Untuk mengetahui apa saja metode dalam analisis pemasaran, Anda bisa membacanya secara lengkap melalui tautan ini.

Uraikan tujuan Anda sebelum memulai analisis

Mendefinisikan tujuan Anda adalah langkah pertama dalam memandu analisis pemasaran yang sukses. Bersamaan dengan itu, membuat daftar pertanyaan yang ingin Anda jawab melalui penelitian yang Anda rencanakan akan memungkinkan Anda dan tim Anda untuk tetap mengerjakan tugas.

Ketika Anda melakukan riset, menyimpan tujuan dan pertanyaan utama Anda di belakang kepala Anda akan memastikan bahwa proyek tersebut tidak membuang-buang waktu dan uang Anda.

Baca juga: Cara Mendapatkan Target Audience yang Tepat Untuk Proses Pemasaran

Pelajari Pelanggan Anda

Anda tidak dapat memahami pelanggan Anda hanya dengan melacak pembelian mereka.

Manusia adalah makhluk kognitif dan emosional, dan tindakan serta emosi mereka perlu diukur untuk sepenuhnya memahami perilaku mereka. Saat Anda melakukan riset untuk perusahaan Anda, pelajari penggerak emosional pelanggan dan pemikiran rasional mereka.

Jika Anda dapat memahami pelanggan Anda dalam semua aspek, Anda dapat membuat strategi pemasaran yang lebih baik.

Bagikan hasil penelitian dengan karyawan

Setelah Anda menyelesaikan riset pasar dan mendapatkan pengetahuan yang bermanfaat, langkah selanjutnya sederhana.

Bagikan ini! Informasi yang akan menguntungkan perusahaan Anda perlu dikomunikasikan dengan semua karyawan Anda, terutama jika data baru akan memerlukan perubahan strategi.

Memublikasikan riset Anda di dalam perusahaan Anda juga dapat menunjukkan kepada tim Anda manfaat riset pasar.

Kesimpulan

Itulah tadi penjelasan mengenai cara melakukan analisis pemasaran yang dapat Anda lakukan.

Melakukan analisis pemasaran ini sangat berguna bagi pengembangan bisnis Anda, jadi pastikan untuk melakukannya dengan baik agar bisnis dapat berjalan dengan lancar dan sesuai dengan analisis yang Anda lakukan.

Selain analisis pasar, sebagai pemilik bisnis Anda juga wajib mengelola keuangan bisnis dengan baik. Pengelolaan bisnis yang baik akan berpengaruh terhadap kelangsungan bisnis dan dapat mengurangi risiko kebangkrutan.

Untuk memudahkannya, Anda bisa menggunakan software akuntansi dari Kledo. Kledo merupakan software akuntansi berbasis cloud yang akan memudahkan pengelolaan keuangan.

Ada berbagai macam fitur yang dimiliki oleh Kledo dan semuanya akan membuat pengelolaan keuangan tidak hanya lebih mudah, tapi juga lebih menyenangkan. Tunggu apa lagi, yuk daftar Kledo sekarang juga!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

11 − two =