7 Tips Bisnis Wedding Organizer Ini Terbukti Sukses, Berani Coba?

bisnis wedding organizer

Hingga saat ini bisnis wedding organizer atau WO masih menjadi peluang bisnis yang menjanjikan. Hal ini dikarenakan pernikahan menjadi acara yang sering digelar besar-besar dan hampir setiap bulan terdapat pesta pernikahan.

Banyak pasangan ingin menjadikan momen pernikahan sebagai momen yang tidak akan dilupakan seumur hidup. Tidak heran mereka rela merogoh kocek yang dalam untuk mewujudkan wedding dream ini dan buat WO atau wedding organizer ini adalah kesempatan emas.

Lalu bagaimana agar bisnis wedding organizer yang Kawan Kledo miliki dapat meraih kesuksesan? Buat Kawan Kledo yang ingin mengetahuinya, Kawan Kledo dapat menyimak 7 tips sukses bisnis wedding organizer yang akan dijelaskan di bawah ini:

1. Siapa Target Pasar Bisnis Wedding Organizer?

wedding organizer

Hal pertama yang wajib Kawan Kledo lakukan agar bisnis wedding organizer yang Kawan Kledo miliki dapat meraih kesuksesan adalah menentukan target pasar. Target pasar merupakan sekelompok konsumen yang dijadikan sebagai sasaran penjualan produk suatu bisnis atau perusahaan.

Ada beberapa karakteristik yang terdapat dalam target pasar ini, seperti karakter, umur, tempat tinggal, jenis kelamin, hingga kebiasaan. Dalam bisnis wedding organizer, mengetahui target pasar yang ingin dituju pastinya sangat penting.

Lalu seperti apa target pasar bisnis WO ini? Sebenarnya ini tergantung dengan bisnis WO yang Kawan Kledo miliki. Biasanya setiap bisnis memiliki target pasar yang berbeda-beda yang disesuaikan dengan layanan yang ditawarkan.

Namun ada beberapa pertimbangkan yang dapat Kawan Kledo perhatikan ketika menentukan target pasar ini, yaitu:

  • Layanan seperti apa yang Kawan Kledo tawarkan. Jika Kawan Kledo menawarkan layanan yang sederhana, pastinya Kawan Kledo bisa menjadi orang-orang dengan ekonomi menengah ke bawah sebagai target.
  • Pertimbangan target pasar ini juga dapat disesuaikan dengan tempat. Biasanya untuk tempat tinggal di pedesaan lebih memilih layanan sederhana dengan harga yang terjangkau dibandingkan layanan mewah.
  • Paket yang ditawarkan. Selain layanan, paket yang ditawarkan juga bisa menjadi cara menentukan target pasar. Biasanya semakin lengkap paket yang ditawarkan, maka harga akan semakin mahal. Buat Kawan Kledo yang ingin menargetkan bisnis WO ini untuk berbagai kalangan masyarakat harus menyediakan berbagai pilihan paket yang dapat mereka pilih.

2. Tim Adalah Bagian Penting

Tips kedua setelah menentukan target pasar adalah tim WO Kawan Kledo. Tim ini menjadi bagian penting karena bisnis WO merupakan bisnis yang dikerjakan bersama tim. Bahkan bisa dibilang, kunci kesuksesan bisnis ini tergantung tim Kawan Kledo.

Ketika acara wedding akan berlangsung, biasanya tim WO akan melakukan rapat untuk pembagian tugas masing-masing anggota tim. Jadi, jika ada salah satu anggota yang tidak profesional dapat mengganggu jalannya prosesi wedding.

Makanya penting banget bagi Kawan Kledo untuk memilih tim yang solid dan dapat diajak bekerja sama dengan baik. Kawan Kledo tidak perlu merekrut banyak anggota untuk tim WO ini. Cukup untuk beberapa bagian saja, misalnya dekorasi, pemasaran, pengarah acara, make-up, hiburan, MC, dan lainnya.

Kawan Kledo juga bisa mengajak kerjasama dengan pihak-pihak lainnya, misalnya dengan event organizer, make-up artist, organ tunggal, kameramen, dan lainnya. Jadi tidak semuanya harus dikerjakan oleh tim inti bisnis Kawan Kledo.

Baca Juga: Jangan Lupakan Hal Ini Jika Ingin Membangun Bisnis Event Organizer

3. Ajukan Kerjasama

Seperti yang dijelaskan di atas, Kawan Kledo perlu mengajukan kerjasama untuk memudahkan bisnis WO ini. Terlebih pernikahan merupakan acara yang memerlukan banyak kolaborasi berbagai pihak.

Ada beberapa bagian dalam pernikahan yang bisa Kawan Kledo masukan ke dalam paket bisnis wedding organizer, yaitu:

  • Paket lamaran;
  • Undangan pernikahan;
  • Souvernir pernikahan;
  • Dekorasi;
  • Make-up artist;
  • Hena art;
  • Hiburan;
  • Katering;
  • Buket bunga;
  • Fotografi dan videografi;
  • Seserahan;
  • MC untuk akad;
  • Gaun pengantin;
  • Gedung pernikahan.

Dengan sebanyak itu bagian yang ada dalam pesta pernikahan, pastinya akan sulit jika Kawan Kledo mengerjakannya hanya dengan tim saja. Oleh karenanya Kawan Kledo sebaiknya mengajak kerjasama berbagai pihak untuk memudahkan operasional WO Kawan Kledo dan sekaligus memudahkan calon pengantin karena cukup menggunakan jasa WO satu pihak yakni milik Kawan Kledo.

4. Buat Konsep Bisnis Wedding Organizer yang Menarik

Dengan besarnya peluang bisnis WO saat ini, banyak pihak yang menjadikannya peluang dan membuka bisnis serupa. Makanya tidak heran jika persaingan bisnis satu ini cukup besar.

Agar bisnis WO Kawan Kledo dapat bersaing dengan bisnis WO lainnya, Kawan Kledo wajib membuat konsep yang menarik. Konsep yang menarik dan beda dengan WO lainnya akan membuat calon konsumen lebih tertarik dengan WO Kawan Kledo.

Lalu bagaimana cara membuat konsep wedding organizer yang menarik? Kawan Kledo bisa mendapatkan caranya dengan mengikuti tren yang sedang berkembang saat ini. Sebagai contoh adalah pernikahan dengan memadukan konsep tradisional dan modern.

Bisa juga Kawan Kledo menyediakan paket pernikahan ala dongeng Cinderella atau Kawan Kledo bisa mengkreasikan di bagian menu katering serta bonus misalnya gratis hena art.

Semakin unik dan berbeda paket layanan yang Kawan Kledo berikan maka akan semakin membuat calon konsumen tertarik dengan bisnis Kawan Kledo.

5. Jangan Lupa Promosikan Bisnis Wedding Organizer

bisnis wedding organizer

Jangan lupa untuk mempromosikan bisnis WO Kawan Kledo. Bagaimana bisnis Kawan Kledo dapat dikenal target pasar jika Kawan Kledo tidak melakukan promosi?

Promosi menjadi hal wajib dalam bisnis, termasuk bisnis WO ini. Ada banyak cara yang bisa Kawan Kledo lakukan untuk mempromosikan bisnis Kawan Kledo ini.

Kawan Kledo dapat promosi melalui digital marketing seperti media sosial. Gunakan banyak media sosial untuk memperkenalkan bisnis Kawan Kledo ini. Jangan lupa untuk membuat video yang menarik pernikahan yang pernah penggunakan jasa Kawan Kledo.

Selain itu, Kawan Kledo juga bisa membuat pamflet atau brosur yang dapat Kawan Kledo jadikan portofolio. Berikan diskon khusus untuk hari-hari tertentu atau potongan harga untuk konsumen yang mengambil paket lengkap.

Semakin menarik promosi yang Kawan Kledo lakukan maka akan membuat konsumen semakin tertarik dengan layanan yang ditawarkan.

6. Kenali Pesaing Bisnis

Tips selanjutnya yang wajib Kawan Kledo lakukan untuk kesuksesan bisnis WO ini adalah mengenali pesaing bisnis. Pesaing bisnis ini merupakan pihak yang memiliki bisnis dan target pasar yang sama seperti bisnis yang Kawan Kledo miliki.

Agar bisa bersaing dengan para pesaing bisnis ini, Kawan Kledo harus lebih unggul, misalnya dalam hal harga, layanan, hingga paket yang diberikan. Semakin unik bisnis WO Kawan Kledo, semakin besar kemungkinan Kawan Kledo memenangkan persaingan bisnis ini.

Selain pesaing bisnis, ada juga bisnis-bisnis WO yang bisa Kawan Kledo jadikan inspirasi untuk mengembangkan bisnis Kawan Kledo. Pastikan juga Kawan Kledo menyesuaikan dengan tempat Kawan Kledo memasarkan bisnis ini.

7. Keuangan Bisnis Wedding Organizer

Tips ketujuh sekaligus terakhir yakni pastikan Kawan Kledo mengelola keuangan bisnis wedding organizer dengan baik. Sama seperti bisnis lainnya, jika Kawan Kledo tidak mengelola keuangan bisnis WO dengan baik, Kawan Kledo bisa mengalami kerugian hingga kebangkrutan.

Ada berbagai cara untuk memudahkan pengelolaan keuangan bisnis ini, salah satunya adalah dengan menggunakan software akuntansi dari Kledo. Kledo merupakan software akuntansi yang dilengkapi berbagai fitur untuk memudahkan pengelolaan keuangan bisnis.

Dengan Kledo Kawan Kledo dapat mengelola keuangan bisnis tanpa harus ribet, termasuk untuk pembuatan berbagai laporan keuangan. Jadi, tunggu apa lagi, yuk daftar Kledo sekarang juga!

Banner 3 kledo

Kesimpulan

Itulah tadi penjelasan mengenai tips sukses bisnis wedding organizer yang dapat Kawan Kledo ikuti. Dengan beberapa tips yang ada di atas, diharapkan Kawan Kledo dapat membawa bisnis WO hingga meraih kesuksesan.

Jangan lupa untuk gunakan software akuntansi dari Kledo untuk memudahkan pengelolaan keuangan bisnis. Kledo dilengkapi berbagai fitur yang akan memudahkan pengelolaan keuangan. Bersama Kledo, pengelolaan menjadi lebih mudah dan bisnis dapat meraih kesuksesan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *