Strategi Marketing Usaha Bengkel Terbaik yang Bisa Anda Lakukan

strategi marketing bengkel

Jika Anda menjalankan bengkel mobil atau bengkel motor, Anda tahu bahwa Anda tidak bisa hanya duduk dan menunggu pelanggan datang. Anda harus terus bekerja untuk mendatangkan pelanggan baru dan memuaskan pelanggan yang sudah ada untuk datang kembali. Anda memerlukan strategi marketing usaha bengkel yang secara konsisten mengarahkan pelanggan ke bisnis Anda.

Untungnya, tidak terlalu sulit untuk merumuskan rencana marketing untuk mekanik atau bengkel mobil Anda.

Hanya dengan beberapa pendekatan marketing yang terencana dan ditargetkan, Anda dapat meningkatkan visibilitas bisnis Anda dan menarik pelanggan baru.

Berikut adalah daftar strategi marketing usaha bengkel terbaik yang dapat Anda tambahkan ke rencana pemasaran Anda dan gunakan untuk mendorong bisnis baru sekarang dan di masa depan.

Email Marketing

1. Kirim Email Biasa

Gunakan Wifi Marketing atau formulir tertulis untuk mengumpulkan alamat email dari pelanggan Anda dan meluncurkan newsletter.

Email adalah jalur komunikasi langsung yang memungkinkan Anda tetap berhubungan dengan pelanggan. Namun, strategi ini hanya efektif jika Anda mengikuti beberapa praktik terbaik:

  • Kenali audiens Anda. Sebelum Anda dapat membuat konten yang berguna dan relevan, Anda harus menentukan audiens target Anda. Ketika Anda tahu persis dengan siapa Anda berbicara, Anda dapat membuat konten yang jauh lebih menarik dan menarik bagi audiens Anda.
  • Segmentasikan audiens Anda. Saat Anda membuat daftar email, gunakan tag untuk mengidentifikasi kualitas dan kebiasaan setiap pelanggan (yaitu, pelanggan ganti oli, pelanggan reparasi mobil, pemilik truk, dll.). Kemudian, hanya kirim pesan email ke segmen yang terkait dengan konten email (yaitu hanya mengirim email dengan promosi truk kepada pemilik truk).
  • Memberikan nilai lebih dari promosi. Meskipun pelanggan pasti menyukai penawaran, mereka tidak suka dibombardir dengan iklan dan promosi.
    Seimbangkan pesan email Anda dengan membagikan konten yang lebih bermanfaat dan berharga daripada iklan yang berfokus pada promosi dan penjualan.

2. Kirim Pengingat dan Penawaran Layanan yang Dipersonalisasi melalui Email atau Teks

Memberikan pengalaman belanja yang dipersonalisasi adalah cara lain untuk membuat bisnis mekanik Anda menonjol.

Kumpulkan data dari pelanggan dan buat profil yang memungkinkan Anda melihat kapan klien harus mendapatkan layanan.

Kemudian, kirim pengingat dan penawaran yang ditargetkan dan dipersonalisasi kepada pelanggan melalui email atau SMS. Gagasan untuk penawaran dapat mencakup:

  • Layanan gratis dengan pembelian layanan lain (gratis setel ban dengan tuneup)
  • Layanan diskon dengan pembelian layanan lain (diskon 10.000 ganti oli dengan tuneup)
  • Diskon jumlah dolar (diskon 10.000 untuk ganti oli)
  • Diskon persentase (diskon 20% untuk ganti oli)
  • Spesial musiman (diskon A/C $15 di bulan Mei)

Baca juga: Apa yang Dimaksud Competitive Advantage? Ini Ulasan Lengkapnya!

3. Buat Program Follow-Up

Cara lain untuk tetap berhubungan dengan pelanggan adalah menindaklanjuti mereka setelah mereka mengunjungi lokasi Anda.

Terapkan program yang memerlukan panggilan ke setiap pelanggan Anda setelah menyelesaikan layanan dengan bisnis Anda.

Ini adalah salah satu strategi marketing bengkel yang memungkinkan Anda mengumpulkan umpan balik tentang kinerja Anda dan menciptakan hubungan yang lebih pribadi dengan pelanggan Anda.

Situs Web dan Pemasaran Online

strategi marketing bengkel

4. Sediakan Video Penjelasan Online

Baik Anda mempublikasikan di saluran YouTube bisnis Anda atau menyematkan langsung ke situs web Anda, video adalah cara yang bagus untuk menarik perhatian pelanggan dan memberikan informasi visual yang berguna bagi mereka tentang kendaraan dan layanan yang mereka butuhkan.

5. Terhubung dengan Pembeli Lokal Secara Online

Meskipun tampaknya internet adalah alat untuk terhubung dengan orang-orang di seluruh dunia, internet juga merupakan alat yang sangat berguna untuk terhubung dengan orang-orang di lingkungan Anda.

Anda dapat menggunakan strategi marketing bengkel ini untuk menargetkan pelanggan lokal yang mencari bengkel mobil atau mekanik di dekat mereka dengan:

  • Mengoptimalkan situs Anda untuk SEO lokal
  • Menggunakan iklan Facebook dan Google untuk menargetkan pelanggan di wilayah Anda
  • Membuat halaman profil Google Business dan Yelp

6. Buat Program Refferal Berhadiah

Tempatkan pelanggan Anda untuk bekerja untuk Anda dengan menawarkan program refferal.

Beri tahu pelanggan saat ini bahwa jika mereka merujuk pelanggan baru ke bisnis Anda, mereka akan menerima manfaat seperti gratis layanan tertentu, diskon layanan, atau benefit lainnya.

Anda mungkin juga ingin memberikan hadiah kecil kepada pelanggan baru ketika mereka menyebutkan refferal karena itu akan membantu mereka mengingat untuk memberikan kredit kepada refferal mereka.

Ini juga merupakan program yang dapat Anda pasarkan di dalam toko!

7. Blog

Blogging adalah alat penting untuk tidak hanya menginformasikan dan terhubung dengan pelanggan tetapi juga untuk meningkatkan SEO dan peringkat hasil pencarian Anda.

Tidak perlu memposting setiap hari, meskipun Anda ingin membuat dan mempertahankan jadwal reguler.

Blog Anda bukanlah promosi penjualan Anda. Ini adalah kesempatan untuk berbagi keahlian yang berkaitan dengan industri Anda, kebutuhan pelanggan, dan pentingnya perawatan mobil secara teratur.

Baca juga: 10 Karakteristik Laporan Keuangan yang Harus Anda Tahu

Pemasaran di Dalam Toko

8. Menerapkan Paket Berlangganan Layanan

Jika Anda menawarkan layanan perawatan rutin di bengkel mobil Anda, pertimbangkan untuk menerapkan program yang memastikan pelanggan Anda kembali kepada Anda untuk semua kebutuhan mereka yang akan datang.

Buat paket layanan berlangganan yang memungkinkan pelanggan untuk menyebarkan pembayaran mereka dari waktu ke waktu dengan imbalan layanan terjadwal yang didiskon.

9. Mengedukasi pelanggan melalui konten di dalam toko yang informatif.

Pelanggan toko mobil terkenal skeptis, jadi Anda harus bekerja untuk membangun kepercayaan dengan mereka.

Salah satu cara untuk melakukannya adalah dengan menyediakan konten informatif yang mengurangi ketakutan, kekhawatiran, dan kebingungan mereka. Papan nama di dalam toko menyediakan konten yang:

  • Menjelaskan bagaimana layanan dilakukan dan mengapa ini diperlukan
  • Berbagi fakta dan bukti tentang nilai produk dan layanan
  • Termasuk video demo produk yang menunjukkan cara kerja spare part tertentu

10. Gunakan Digital Signage Dalam Toko untuk Mempromosikan Produk dan Layanan

Pelanggan di toko Anda adalah prospek yang sangat terlibat. Manfaatkan perhatian itu dengan membuang poster dan pamflet lama yang membosankan yang diabaikan pelanggan, dan alih-alih menggunakan alat pemasaran signage digital yang menarik dan menarik.

Layar digital memungkinkan Anda menyesuaikan program televisi di ruang tunggu, memperbarui promosi dengan cepat, menayangkan iklan animasi dan video, dan menggunakan program Anda sebagai tenaga penjual yang diam dan berkelanjutan.

Banner 3 kledo

Pemasaran Media Sosial

11. Dorong Keterlibatan di Media Sosial

Gunakan saluran media sosial Anda sebagai cara lain untuk menyampaikan konten yang informatif dan menarik.

Anda tidak perlu berada di setiap platform media sosial. Tetapi sebagai bagian dari strategi marketing bengkel, buat setidaknya profil di Facebook dan perbarui halaman Anda secara teratur dengan konten yang akan menarik minat audiens Anda.

Konten Anda tidak harus semuanya tentang perbaikan otomatis. Ini dapat terkait dengan apa pun tentang kendaraan, mengemudi, komunitas Anda, dan toko Anda seperti:

  • Tips keselamatan pengemudi
  • Saran perawatan mobil
  • Tips bepergian
  • Berita lalu lintas
  • Foto staf dan lokasi Anda
  • Cerita kepuasan pelanggan
  • Info tentang acara lokal
  • Dukungan untuk inisiatif komunitas
  • Tawarkan spesial dan kupon untuk suka dan bagikan

12. Hadiahi Pelanggan untuk Sosial Check-In dan Mention

Ambil keterlibatan selangkah lebih maju. Sebutan sosial yang positif tentang merek Anda bagus untuk bisnis.

Mereka adalah bentuk iklan gratis karena mereka menempatkan bisnis Anda di depan audiens tanpa pekerjaan atau pembayaran apa pun dari Anda.

Jadi, dorong pelanggan Anda untuk menyebutkan bisnis Anda dan check-in melalui platform sosial selama kunjungan mereka.

Berikan insentif seperti penawaran check-in atau entri kontes untuk mendorong pelanggan menyebutkan kunjungan mereka di media sosial.

Baca juga: 8 Langkah Terbaik Membuat Rencana Promosi, Coba Sekarang!

13. Gunakan Media Sosial sebagai Platform Kontak Pelanggan Lainnya

Berada di media sosial bukan hanya tentang berbagi pesan. Ini juga tentang mendengarkan apa yang orang lain katakan.

Mendengarkan media sosial atau sosial listeningadalah tindakan melacak percakapan online untuk mendapatkan ide tentang apa yang dipikirkan dan dibutuhkan pelanggan.

Terlibat dalam mendengarkan sosial untuk mendapatkan ide tentang masalah yang dihadapi pelanggan target Anda (sehingga Anda dapat membantu mereka memecahkan masalah mereka) dan perasaan mereka tentang merek Anda (sehingga Anda dapat mengatasi masalah dan kekhawatiran pelanggan).

Saat Anda terlibat dalam sosial listening, carilah:

  • Mereka yang menyebutkan merek Anda
  • Mereka yang menyebutkan pesaing Anda
  • Komentar yang berhubungan dengan industri, produk, dan layanan Anda

14. Dorong Pelanggan untuk Menulis Ulasan

Cara lain untuk memanfaatkan konten buatan pengguna untuk terhubung dengan lebih banyak pelanggan adalah dengan mengumpulkan dan memposting ulasan tentang bisnis Anda.

Ulasan pelanggan adalah bagian penting dari strategi marketing bengkel yang kuat karena mereka membangun kepercayaan dan mendorong pelanggan baru untuk berbisnis dengan Anda.

Siapkan sistem yang mendorong klien lama untuk berbagi ulasan tentang kartu umpan balik, situs ulasan, dan bahkan testimonial yang difilmkan. Jangan ajukan ulasan.

Gunakan Media Sosial untuk memposting ini di mana semua pelanggan Anda dapat melihat seberapa besar orang lain menyukai bisnis Anda.

15. Posting Foto Before and After

Anda juga dapat menunjukkan kepada pelanggan bahwa mereka dapat mempercayai Anda dengan membagikan konten yang membuktikan nilai pekerjaan Anda.

Instagram adalah tempat yang bagus untuk memposting foto-foto ini. Papan reklame digital adalah cara hebat lainnya untuk menyorot sebelum dan sesudah foto pekerjaan yang telah diselesaikan tim Anda.

Juga, tampilkan pekerjaan yang telah diselesaikan oleh mekanik dan tim bengkel Anda dengan memposting foto di situs web Anda dan di brosur cetak.

Pemasaran Komunitas

strategi marketing bengkel

16. Menjadi Tuan Rumah Acara

Salah satu strategi maketing bengkel yang akan membawa pelanggan langsung ke toko Anda adalah mengadakan acara.

Mengadakan open house, sesi informasi, dan seminar tentang perawatan mobil adalah cara yang baik untuk menyambut wajah baru di toko mobil Anda serta menjalin hubungan dengan pelanggan lama.

17. Terlibatlah Secara Lokal

Biarkan orang-orang di komunitas Anda tahu bahwa Anda berada di area tersebut dan berdedikasi untuk mendukung inisiatif lokal lainnya. Terlibat dengan komunitas dengan:

  • Mensponsori acara komunitas lokal
  • Bekerja dengan badan amal terdekat
  • Bermitra dengan bisnis lokal lainnya

18. Bermitra dengan Bisnis Lokal Lainnya (non-pesaing)

Tukar materi pemasaran dengan mitra bisnis Anda untuk memperluas jangkauan pelanggan Anda.

Anda juga dapat membawa kemitraan ini ke media sosial dan menawarkan kompetisi sosial bersama dengan meminta orang untuk mengikuti setiap akun bisnis dan menandai teman.

Pemenang mendapatkan produk atau layanan dari setiap bisnis yang berpartisipasi.

Kesimpulan

Itulah pembahasan lengkap mengenai strategi marketing untuk usaha bengkel yang bisa Anda adaptasikan dalam bengkel Anda. Gunakan seluruh kreativitas Anda untuk membuat strategi yang out of the box sehingga membuat pelanggan mengingat dan kembali ke bengkel Anda.

Selain proses pemasaran, hal yang tak kalah penting harus Anda lakukan adalah mengelola pembukuan bisnis bengkel secara mudah. Hindari proses pembukuan yang memakan waktu dan rentan kesalahan dengan beralih menggunakan software akuntansi yang mudah digunakan dan cocok untuk usaha bengkel seperti Kledo.

Kledo adalah software akuntansi berbasis cloud yang sudah digunakan oleh lebih dari 10 ribu pengguna dari berbagai jenis bisnis di Indonesia, termasuk usaha bengkel.

Anda juga bisa mencoba Kledo secara gratis selama 14 hari atau selamanya melalui tautan ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *