8 Aplikasi Absensi Gratis dan Fitur yang Harus Ada di Dalamnya

aplikasi sbsensi gratis

Saat ini sudah banyak aplikasi absensi gratis yang digunakan banyak pemiliki bisnis untuk mempermudah proses pencatatan data kehadiran karyawan.

Jika Anda pemilik binis, pernahkah Anda harus mengacak-acak kertas untuk mencari catatan kehadiran karyawan? Atau, pernahkah Anda harus berurusan dengan karyawan yang marah karena harus berurusan dengan kesalahan penggajian?

Jika ya, maka Anda mungkin membutuhkan cara yang lebih cerdas untuk mengelola data kehadiran perusahaan Anda, dan aplikasi absensi bisa menjadi solusinya.

Pada artikel kali ini, kami akan membahas beberapa contoh aplikasi absensi gratis dan juga fitur yang harus dipertimbangkan sebelum Anda menggunakannya dalam proses bisnis.

Apa itu Software Absensi

Aplikasi Absensi Gratis

Aplikasi absensi atau pencatatan kehadiran menawarkan solusi kehadiran dan ketepatan waktu sesuai dengan kebutuhan perusahaan.

Ada berbagai macam alat dan kemampuan yang ditawarkan dalam sistem SDM tersebut. Mungkin ada software yang menangani pelacakan proyek, ada juga software lain dapat secara eksklusif melacak kehadiran karyawan.

Pengaturannya juga mungkin berbeda dari modul waktu dan kehadiran, yang menawarkan laporan real-time bebas kesalahan dan log kehadiran.

Hal ini juga dapat dicapai dengan perangkat lunak pelacakan kehadiran berbasis cloud yang memberikan gambaran lengkap tentang jam kerja setiap karyawan selama seminggu/bulan, durasi kerja harian, ketepatan waktu, dan beberapa fitur tambahan seperti penggajian & integrasi biometrik.

Baca juga: 10 Software HR Payroll Terbaik dan Cara Memilihnya

Manfaat Menggunakan Software Absensi dalam Bisnis

Sistem absensi modern menawarkan keuntungan yang signifikan dan peningkatan fleksibilitas bagi pemilik bisnis dan tenaga kerja mereka. Berikut adalah beberapa manfaat utama:

Menghemat waktu dan uang

Sistem berbasis kertas bisa memakan waktu. Menghitung penggajian secara manual dapat menguras waktu dari mereka yang ditugaskan dengan tugas yang kompleks ini.

Selain itu, waktu tunggu untuk pembayaran dengan cek dapat membuat karyawan frustrasi.

Ada juga kemungkinan penundaan penggajian yang lebih besar ketika pemberi kerja harus menyesuaikan diri dengan perubahan peraturan penggajian yang dikeluarkan Negara.

Software pencatatan absensi dan kehadiran yang terintegrasi dapat secara cepat mengurangi biaya yang terkait dengan pengumpulan, manajemen, dan entri data yang terlibat dalam sistem manual.

Informasi karyawan baru dapat secara otomatis ditransfer dari platform SDM pusat untuk membantu memastikan bahwa setiap orang diperhitungkan dan dibayar dengan benar.

Meningkatkan produktifitas dan kepuasan kerja

Sistem yang efisien dan akurat memungkinkan karyawan untuk lebih fokus pada tanggung jawab pekerjaan mereka.

Daripada terjebak dalam mengisi formulir dan memeriksa ulang untuk memastikan keakuratannya, karyawan tahu bahwa gaji mereka berikutnya akan diterima tepat waktu dan jumlahnya akan didasarkan pada jam kerja.

Hal ini menghilangkan sejumlah besar potensi stres dan gangguan dari tempat kerja, yang dapat membantu meningkatkan kepuasan dan moral karyawan.

Selain itu, mengganti metode berbasis kertas dengan sistem waktu dan kehadiran modern memberi karyawan lebih banyak waktu untuk fokus pada pekerjaan mereka, sekaligus memberi supervisor mereka data tenaga kerja yang berharga untuk membantu mereka mengidentifikasi dan memperbaiki masalah produktivitas sebelum masalah tersebut menjadi tidak terkendali.

Baca juga: Aplikasi Absensi Online, Solusi WFH untuk Perusahaan dan Karyawan

Melacak waktu dan pencatatan kehadiran dari jarak jauh

Sekarang, pelacakan waktu bagi pekerja remote sangat penting. Anggota tim jarak jauh atau bepergian mungkin mengalami tantangan unik dalam melacak waktu, kehadiran, dan jarak tempuh secara akurat saat bepergian.

Aplikasi pelacakan jarak tempuh memanfaatkan teknologi seluler untuk melacak jarak tempuh yang ditempuh antar lokasi kerja dan menghilangkan kebutuhan akan dokumentasi jarak tempuh dalam bentuk kertas.

Untuk karyawan yang mengatur janji temu individu dengan klien di kantor dan dari jarak jauh, fitur integrasi kalender dapat membantu pengguna sistem tetap berada di atas jadwal mereka dan meningkatkan akurasi dalam pelaporan.

Fitur-fitur ini juga memungkinkan integrasi kalender bisnis dan pribadi, membantu meningkatkan keseimbangan kerja/kehidupan dan menghilangkan kekacauan penjadwalan yang tidak disengaja.

Mengurangi kesalahan karyawan

Karyawan yang menggunakan sistem pelacakan waktu berbasis kertas mungkin lalai untuk menyelesaikan lembar waktu mereka ketika seharusnya.

Kemudian, dalam upaya mereka untuk mengingat informasi yang tepat, mereka akhirnya menebak-nebak waktu mereka mulai bekerja, lama istirahat makan siang mereka, dan jam berapa mereka selesai untuk hari itu.

Kesalahan seperti itu bisa menyebabkan pemberi kerja membayar karyawan secara berlebihan atau kurang.

Pelacakan dan pelaporan waktu otomatis dapat mengurangi risiko kesalahan pelacakan manual dengan mengimpor jam kerja karyawan secara langsung ke dalam sistem penggajian.

Opsi pengumpulan waktu seperti lencana, teknologi biometrik, keypad, entri web, dan aplikasi smartpone juga dapat mengurangi tingkat kehilangan waktu dan meningkatkan produktivitas karyawan.

Meningkatkan keamanan data sensitif perusahaan

Teknologi biometrik yang terintegrasi dapat membantu mengontrol akses karyawan ke area perusahaan yang sensitif terhadap informasi dan memantau karyawan yang masuk.

Peralatan identifikasi yang canggih, mulai dari jam waktu berkemampuan pelacakan IP dan maps seperti Gajihub, melacak karyawan yang masuk dan keluar dari kantor.

Data perusahaan yang sensitif ditransmisikan secara aman hanya kepada manajer yang memerlukan akses.

Manfaat keamanan dari sistem yang memanfaatkan teknologi yang disempurnakan dan peralatan biometrik bisa sangat berharga bagi operasi bisnis sehari-hari.

Sistem otomatis tidak hanya dapat membantu mengurangi risiko keamanan yang dikompromikan oleh personel yang tidak berwenang, solusi waktu dan kehadiran dengan teknologi biometrik juga dapat membantu mencegah praktik “buddy punching,” atau tindakan di mana karyawan yang tidak dikecualikan tidak hanya mencatat waktu mereka pada jam waktu tetapi juga waktu rekan kerja yang tidak hadir.

Baca juga: Rekomendasi Software Invoice Terbaik untuk Bisnis Anda

Fitur Penting yang Harus ada Dalam Aplikasi Absensi Gratis

Dengan bantuan aplikasi absensi yang tepat seperti Gajihub, manajemen kehadiran dapat diakses oleh karyawan dan juga tim HR dengan lebih baik.

Penggunaan software ini sangat membantu karyawan dan juga pengusaha. Berikut ini adalah beberapa fitur penting yang harus Anda perhatikan saat memilih aplikasi absensi gratis untuk bisnis Anda.

Fleksibilitas

Aplikasi manajemen kehadiran harus dapat menangani banyak jenis karyawan, persyaratan kehadiran mereka, dan permintaan cuti.

Aplikasi manajemen kehadiran harus menyediakan pengguna dengan opsi entri manual serta entri otomatis untuk informasi timesheet.

Selain itu, aplikasi absensi harus cukup fleksibel untuk menyesuaikan dengan perubahan kebijakan kehadiran.

Kemampuan pelacakan waktu

Ini harus memungkinkan karyawan untuk melacak kehadiran mereka secara online atau dengan aplikasi absensi gratis tersebut.

Sistem manajemen kehadiran juga dapat mencakup pelacakan waktu pada perangkat pengguna, memungkinkan mereka untuk memasukkan informasi kehadiran di tempat. Fleksibilitas ini akan membantu bisnis Anda berjalan lebih efisien.

Kemampuan check in dan check out jam kerja

Time card manual itu mahal, tidak efisien, dan rentan menyebabkan kesalahan.

Sebaliknya, sistem pencatatan kehadiran yang andal harus menyertakan sistem bagi pekerja untuk masuk dan keluar, serta mengambil istirahat makan siang dan bahkan meminta cuti.

Memiliki fitur-fitur ini di satu lokasi yang sederhana memudahkan karyawan Anda untuk tetap berada di atas tanggung jawab kartu waktu mereka.

Terintegrasi dengan sistem payroll

Ketika tiba saatnya bagi Anda untuk menyiapkan penggajian, aplikasi absensi gratis Anda harus dapat dengan cepat dan mudah diintegrasikan dengan perangkat lunak penggajian Anda untuk menggunakan informasi tentang jam kerja karyawan Anda dalam menghitung gaji mereka.

Baca juga: Rekomendasi 10 Software Toko Terbaik untuk Bisnis yang Lebih Baik

Manajemen cuti karyawan

Seperti disebutkan di atas, sistem manajemen kehadiran yang baik harus dibangun untuk memungkinkan karyawan menggunakannya untuk meminta cuti.

Baik itu hari liburan, hari sakit, atau cuti orang tua, sistem yang solid memiliki kemampuan ini.

Dukungan cloud

Penyimpanan data lokal adalah sesuatu dari masa lalu. Sebagai gantinya, pilihlah sistem yang terintegrasi dengan cloud, menyimpan semua data karyawan di satu tempat yang Anda dan karyawan Anda masing-masing dapat dengan mudah merujuknya saat dibutuhkan.

Data kehadiran yang real time

Perangkat lunak manajemen kehadiran ini harus memiliki kemampuan untuk memberikan laporan kehadiran hampir secara real-time.

Informasi kehadiran ini akan membantu manajer mengidentifikasi karyawan yang terlambat atau memiliki terlalu banyak waktu istirahat untuk panjang shift mereka.

Memodifikasi catatan kehadiran

Software absensi harus memungkinkan pengguna untuk memodifikasi catatan kehadiran dan alasan keterlambatan kehadiran.

Catatan-catatan ini dapat mencakup jenis kehadiran, waktu mulai kehadiran, waktu akhir kehadiran, cuti khusus, cuti tahunan, jam lembur yang bekerja, dan detail atau komentar khusus apa pun, seperi yang ada di software absensi gratis Gajihub.

User interface yang mudah digunakan

Perangkat lunak pelacakan kehadiran harus cukup mudah digunakan oleh semua anggota staf terlepas dari kemampuan teknisnya.

Ini termasuk karyawan yang belum pernah menggunakan perangkat lunak ini sebelumnya.

Sistem manajemen kehadiran juga harus memungkinkan opsi hosting on-premise dan cloud.

Baca juga: 13 Rekomendasi Software Laporan Keuangan yang Wajib Anda Coba

8 Contoh Aplikasi Absensi Gratis yang Bisa Anda Coba

1. Aplikasi dan software absensi gratis Gajihub

Aplikasi absensi gratis ini dibuat untuk kemudahan pengelolaan pencatatan kehadiran data karyawan dari berbagai jenis dan skala bisnis.

Dengan Gajihub, Anda akan mendapatkan seluruh kemudahan pengelolaan dan pencatatan kehadiran dan terintegrasi dengan fitur HR lain yang sangat lengkap dan mudah digunakan.

Fitur

  • Proses pencatatan real time
  • Pencatatan kehadiran berdasarakan GPS dan juga alamat IP
  • Fitur approval presensi dan cuti
  • Pengaturan jadwal kerja
  • Pencatatan lembur dan atau kunjungan klien
  • Terintegrasi dengan modul payroll
  • Slip gaji online
  • Pengumunan dan social media internal perusahaan
  • Pencatatan check-in dan checkout jam kerja
  • Pengajuan cuti
  • Laporan komprehensif

Harga

Gratis

Jenis

Aplikasi absensi untuk iOs dan Android

Selain fitur diatas, dengan mengguankan Gajihub, Anda juga bisa melakukan proses integrasi sistem akuntansi Anda dengan software akuntansi online terbaik Kledo.

Jika tertarik, Anda juga bisa mencoba menggunakan Gajihub secara gratis selama 14 hari atau selamanya melalui tautan pada gambar di bawah ini:

cta gajihub

2. Aplikasi absensi gratis Gigasource

Aplikasi absensi gratis ini didukung oleh data biometrik yang unik. Tanpa peralatan khusus, solusi pengenalan wajah yang mengubah tablet/smartphone Android standar menjadi stasiun absensi yang hemat biaya.

Fitur

  • Kecepatan Cepat 0.2s & Akurasi Hingga 95%
  • Deteksi Wajah
  • Deteksi real time
  • Usia, Jenis Kelamin, Pengenalan Emosi
  • Aplikasi Seluler
  • Pencatatan check-in dan checkout jam kerja
  • Laporan komprehensif
  • Pengenalan wajah berbasis cloud
  • Mode Online & Offline

Harga

Gratis

Jenis

Aplikasi absensi untuk Android

3. Aplikasi absensi gratis Fareclock

Fareclock adalah aplikasi absensi karyawan gratis untuk bisnis Anda

Fitur

  • Teknologi cloud
  • Aplikasi seluler
  • Aman
  • Pengenalan wajah
  • Aturan geografis
  • Jadwal shift
  • Payroll
  • Biaya pekerjaan
  • Laporan yang baik
  • Ekspor laporan
  • Akses API

Harga

Unduh Gratis

Jenis

Aplikasi absensi wajah untuk Android & iOs

Baca juga: Sedang Mencari Software Akuntansi Kontraktor? Perhatikan Hal Ini!

4. Aplikasi absensi gratis Attendlab

Tingkatkan produktivitas dan efisiensi dalam bisnis dengan mengelola waktu dan lokasi kehadiran menggunakan Attendlab

Fitur

  • 100% cloud
  • Pembatasan IP & GEO
  • Log Audit
  • Multi pengguna
  • Multi zona waktu
  • Kelola semua data Anda

Harga

Unduh Gratis

Jenis

Aplikasi absensi wajah untuk Android

5. Aplikasi absensi gratis Clockgogo

Fitur:

  • Pelacakan kehadiran real-time
  • Dukungan GPS & tempat kerja
  • Ucapkan selamat tinggal pada teman
  • Pelacakan kerja luar ruangan
  • Manajemen pekerjaan
  • Terintegrasi dengan laporan HR

Harga:

Unduh Gratis

Jenis

Aplikasi absensi wajah untuk Android & iOs

6. Aplikasi absensi gratis Jibble

Jibble merupakan aplikasi absensi gratis yang juga memiliki fitur penggajian, penagihan atau produktivitas

Fitur:

  • Checkin & Checkout
  • Tampilan timesheet & pelaporan yang baik

Harga

Unduh Gratis

Jenis

Aplikasi absensi wajah untuk Android & iOs

7. Aplikasi absensi gratis Railer

Fitur:

  • Algoritma deteksi eajah
  • Abuse detection
  • Library yang baik
  • Dukungan (ketersediaan SDK untuk Perusahaan)
  • Kesederhanaan dalam desain
  • Penggunaan yang mudah
  • Manajemen cuti
  • Peringatan pemberitahuan push
  • Dukungan mobile-first untuk iOS dan Android

Harga:

Unduh Gratis

Jenis

Aplikasi absensi wajah untuk Android & iOs

8. Aplikasi absensi gratis XmartClock

Dengan aplikasi absensi XmartClock, Anda tahu kapan dan di mana staf Anda bekerja.

Fitur

  • Teknologi cloud
  • Aplikasi smartphone dan tablet
  • Data Anda aman
  • Pengenalan wajah
  • Penandaan Lokasi GPS
  • Jadwal shift
  • Laporan yang kuat
  • Ekspor laporan

Harga

Unduh Gratis

Jenis

Aplikasi absensi wajah untuk Android & iOs

Baca juga: Sedang Mencari Software Akuntansi Retail? Perhatikan Hal Ini

Kesimpulan

Itulah beberapa contoh aplikasi absensi gratis yang bisa Anda pilih dan manfaat yang Anda dapatkan jika menggunakan software absensi dan payroll untuk bisnis Anda.

Dari berbagai pilihan software dan aplikasi absensi di atas, Anda bisa memilih Gajihub sebagai aplikasi absensi pilihan untuk bisnis Anda.

Tidak hanya fitur terlengkap dan mudah digunakan, Gajihub juga dikembangkan berdasarkan kebutuhan banyak bisnis di Indonesia dan sudah digunakan oleh banyak pemilik dan skala bisnis dan terintegrasi dengan sistem akuntansi Kledo.

Jika tertarik, Anda bisa mencoba aplikasi absensi Gajihub secara gratis selama 14 hari atau selamanya melalui tautan ini.

sugi priharto

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

9 + 17 =