Rekomendasi Software Invoice Terbaik untuk Bisnis Anda

software invoice

Software invoice terbaik memudahkan Anda melacak proyek, perkiraan, dan faktur, serta mendapatkan pembayaran tepat waktu. Mereka menyertakan fitur yang secara otomatis mengubah kutipan menjadi faktur dan melacak jam yang dapat ditagih.

Perangkat lunak faktur memungkinkan Anda membuat dan mengirim faktur langsung ke pelanggan Anda. Kami telah mempersempit pilihan menjadi delapan opsi perangkat lunak faktur terbaik untuk membantu Anda menemukan perangkat lunak faktur yang sempurna untuk bisnis Anda.

Pengertian Software Invoice

Software invoice adalah alat atau solusi perangkat lunak yang mengotomatiskan pembuatan tagihan untuk produk atau layanan yang telah Anda berikan atau berikan kepada pelanggan Anda.

Alat ini membantu memastikan pengumpulan pembayaran tepat waktu sambil menghindari entri data manual. Perangkat lunak faktur yang mudah digunakan juga tersedia untuk usaha kecil dan pekerja lepas.

Dengan templat faktur yang disertakan dalam perangkat lunak, Anda menyelesaikan lebih banyak pekerjaan karena prosesnya menjadi lebih cepat dan lebih mudah. Alat ini menghasilkan daftar layanan atau produk yang diberikan kepada klien, biaya terkait, ditambah pajak penjualan dan biaya lainnya. Setelah selesai, software mengirimkan faktur ke pelanggan Anda.

Dengan banyaknya pilihan software invoice, menemukan perangkat lunak faktur terbaik bisa jadi sangat menantang. Buat keputusan cerdas dan jalankan faktur lebih cepat dengan mengikuti langkah-langkah di bawah ini. 

Baca juga: Konsumen Adalah: Jenis, Hak, dan Tanggung Jawabnya

5 Cara Memilih Software Invoice

software invoice

Saat Anda mengembangkan bisnis, teknologi Anda juga harus beradaptasi. Microsoft Word dan Excel tidak akan cukup cocok di beberapa titik dan bisa lebih menjadi beban daripada solusi saat membuat faktur.

Panduan ini akan membagikan cara memilih software invoice terbaik untuk bisnis Anda.

1. Ketahui Kebutuhan bBsnis Anda

Pertama, Anda harus mencantumkan persyaratan bisnis Anda saat memilih perangkat lunak faktur dan penagihan. Pastikan untuk meninjau kerangka kerja bisnis Anda saat ini dan opsi pembayaran. Pertimbangkan jenis karyawan yang akan menggunakan perangkat lunak dan kemungkinan sistem kontrol yang Anda perlukan. 

Apakah Anda memerlukan perangkat lunak faktur dengan fitur manajemen proyek? Apakah Anda mengenakan biaya sesuai dengan jam yang dapat ditagih? Apakah Anda memerlukan akses ke beberapa metode pembayaran? Apakah Anda bertransaksi dalam berbagai mata uang? Pertanyaan-pertanyaan ini dapat membantu Anda mengidentifikasi apa yang harus dicari dalam solusi faktur. 

Berikut adalah pertanyaan penting lainnya yang dapat membantu menentukan solusi faktur mana yang paling sesuai untuk perusahaan Anda: 

  • Apakah perangkat lunak dapat diskalakan?
  • Apakah itu ramah pengguna?
  • Apa saja fitur keamanan yang disertakan?
  • Apakah perangkat lunak dapat disesuaikan?

Minta demo perangkat lunak untuk mengukur apakah solusi faktur sesuai dengan keinginan dan kebutuhan bisnis Anda.

2. Identifikasi Persyaratan Integrasi Software

Tentukan  persyaratan integrasi  Anda setelah Anda mengidentifikasi kebutuhan faktur bisnis Anda. Perusahaan Anda mungkin menggunakan beberapa sistem terpisah untuk faktur, penggajian, penagihan, dan akuntansi. 

Idealnya, sistem ini harus dapat berkomunikasi satu sama lain dan menyajikan semua informasi yang Anda butuhkan. Yang terbaik adalah mencari alat faktur yang terintegrasi dengan solusi akuntansi Anda yang ada untuk pembukuan yang lebih mudah.

3. Pertimbangkan Anggaran Anda

Mengalokasikan anggaran untuk perangkat lunak faktur memerlukan biaya yang harus Anda bayar di muka, termasuk biaya untuk pembaruan dan biaya terkait perangkat lunak lainnya.

Solusi faktur harus transparan tentang harga sejak awal sehingga Anda dapat merencanakan anggaran Anda seakurat mungkin. Ingatlah bahwa fitur yang lebih canggih berarti biaya yang lebih tinggi.

4. Bandingkan Fitur Paket yang Berbeda

Paket software yang berbeda akan memberi Anda serangkaian fitur. Sangat penting untuk menemukan solusi yang memiliki faktur yang dapat disesuaikan.

Apakah Anda dapat menambahkan logo atau kode faktur? Beberapa solusi akan memungkinkan Anda membuat faktur baru, menggunakan templat, menerima  berbagai metode pembayara , mengirimkan pemberitahuan pembayaran terlambat, dan bahkan mengintegrasikan kerangka kerja otomatisasi. 

5. Periksa Apa yang Digunakan Perusahaan Lain

Anda dapat membandingkan solusi perusahaan lain dengan pilihan prospektif Anda saat memutuskan perangkat lunak faktur mana yang terbaik untuk bisnis Anda.

Tanyakan akuntan dan teman-teman dari perusahaan lain tentang perangkat lunak faktur mereka dan lihat apakah mereka juga sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda. Anda dapat memeriksa ulasan perangkat lunak faktur teratas  secara online.

Baca juga: Rasio Nilai Pasar: Pengertian, Jenis, Manfaat, dan Cara Hitungnya

Rekomendasi 8 Software Invoice Terbaik

software invoice

Kledo

Kledo menjadi salah satu opsi software invoice terbaik yang memanfaatkan teknologi cloud. Software ini bisa digunakan untuk berbagai skala bisnis mulai dari bisnis kecil hingga berskala besar.

Dibandingkan software lainnya, Kledo merupakan software yang menawarkan template invoice terbanyak yang bisa Anda download secara gratis. Template yang tersedia terdiri dari berbagai ukuran yang bisa Anda pilih sesuai dengan karakter bisnis Anda.

Fitur invoice Kledo terintegrasi langsung dengan laporan penjualan. Jadi, Anda bisa memperoleh laporan bisnis dan keuangan secara real time beserta dengan informasi produk terlaris, sisa piutang pelanggan, jumlah pembayaran pelanggan, dan perhitungan pajak secara otomatis.

Tak hanya fitur invoice, Kledo juga mempunyai fitur terbaik lainnya mulai dari pengelolaan arus kas, manajemen persediaan dan gudang, otomatisasi laporan keuangan, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Penggunaan Kledo pun sangat mudah. Selain bisa digunakan lewat website, Anda juga bisa mendownload Kledo dari smartphone yang sudah ada di Play Store. Menjadi software akuntansi mobile pertama di Indonesia. Sehingga, Anda bisa menggunakan Kledo darimana saja dan kapan saja Anda butuhkan.

Berapa harganya? Harga yang ditawarkan terbilang cukup terjangkau, kok. Untuk pilihan paket Pro, Anda hanya perlu membayar 140 ribu dan 220 ribu untuk paket elite.

Mau mencoba secara gratis? Tentu bisa. Anda bisa mencoba Kledo gratis selama 14 hari dengan meng-klik banner di bawah ini.

Banner 1 kledo

Square

Square Invoices menawarkan paket gratis dan murah untuk faktur online dan offline, menjadikannya salah satu opsi software invoice terbaik untuk bisnis kecil mana pun.

Bisnis berbasis layanan cenderung membutuhkan solusi faktur yang memungkinkan mereka menerima pembayaran secara online. Sementara bisnis berbasis produk mungkin perlu menerima pembayaran secara langsung dan memerlukan manajemen inventaris. Produk Square mencakup kedua jenis bisnis tersebut.

Baik Anda memilih paket gratis atau berbayar, tingkat pemrosesannya sama dengan rincian biaya 2,9% ditambah Rp. 5.000 per transaksi online, 2,6% ditambah Rp. 1500 per pembayaran langsung atau 1% untuk transfer bank online. Jika Anda perlu melakukan pembayaran melalui telepon, biaya transaksi adalah 3,5% ditambah Rp. 2.500.

Kedua paket untuk Faktur Square memungkinkan Anda mendapatkan jumlah faktur yang tidak terbatas, dan Anda dapat menjadwalkan faktur berulang untuk klien reguler. Pengguna paket berbayar dapat menambahkan bidang khusus ke faktur dan mereka dapat menyiapkan faktur berbasis pencapaian untuk proyek yang lebih panjang.

Produk Square lainnya terintegrasi dengan mulus, sehingga Anda dapat menggunakan manajemen inventaris dengan faktur jika Anda menjalankan bisnis berbasis produk atau menggunakan opsi point of sale (POS) Square untuk mengelola penjualan untuk toko online, seluler, atau toko fisik.

Faktur Square dibuat untuk bisnis kecil dan serbaguna serta cukup kuat untuk bekerja dengan baik untuk bisnis yang sedang berkembang. Juga, karena memberi Anda kemampuan untuk menerima pembayaran dari mana saja dan terintegrasi dengan aplikasi Square lainnya.

Freshbook

FreshBooks adalah salah satu opsi software invoice terbaik berkat kemudahan penggunaan dan skalabilitasnya. Pilihan fiturnya lengkap dan mudah dinavigasi, ditambah FreshBooks cenderung menggunakan terminologi yang mudah dipahami, daripada kata-kata bertele-tele yang diketahui akuntan.

Jika Anda tidak yakin tentang fungsi suatu fitur, Anda dapat dengan mudah menemukan definisi atau penjelasan di pusat bantuannya.

Jika Anda hanya memerlukan perangkat lunak faktur untuk menagih klien Anda, maka paket FreshBooks berbiaya rendah bisa menjadi semua yang Anda butuhkan, terutama jika Anda hanya memiliki beberapa klien.

Seiring pertumbuhan bisnis Anda, Anda dapat dengan mudah meningkatkan ke paket yang lebih tinggi untuk memungkinkan lebih banyak klien dan mendapatkan lebih banyak fitur bermanfaat, seperti proposal tanpa batas, rekonsiliasi bank, dan akses akuntan.

Paket berkisar dari Rp. 225.000 hingga Rp. 750.000, dan ada paket harga khusus yang datang dengan biaya transaksi yang lebih rendah dan menghapus branding FreshBooks dari email.

Untuk menerima pembayaran melalui telepon atau menyiapkan faktur berbasis langganan, Anda harus memilih setidaknya paket Plus (Rp. 375.000 per bulan) dan add on Pembayaran Lanjutan (Rp. 300.000 per bulan), menjadikannya pilihan yang mahal jika Anda membutuhkan lebih banyak fleksibilitas dalam cara Anda menerima pembayaran.

Anda memiliki opsi untuk menggunakan Pembayaran FreshBooks (oleh WePay), yang menagih Anda 2,9% ditambah Rp. 5.000 per transaksi online. Ada gateway pembayaran lain yang dapat Anda gunakan dan masing-masing memiliki biaya transaksi sendiri, termasuk PayPal.

Wiraswasta dan bisnis kecil yang membutuhkan perangkat lunak faktur yang mudah digunakan yang menyertakan fitur akuntansi dalam paket kelas atas.

Baca juga: Strategi Penetrasi Pasar: Pengertian, Manfaa, Cara Meningkatkan, dan Tahapannya

Zoho

Zoho Invoice adalah software invoice gratis yang menyertakan banyak alat yang mungkin Anda perlukan untuk membantu Anda menjalankan bisnis berbasis layanan. Anda dapat melacak proyek dan jam yang dapat ditagih dalam perangkat lunak, mengirim faktur, dan membuat faktur khusus dari perkiraan atau proyek yang disetujui.

Ada portal klien built in untuk memudahkan berkomunikasi dengan pelanggan Anda dan mendapatkan persetujuan untuk penagihan.

Untuk mengumpulkan pembayaran melalui Zoho Invoice, Anda harus memilih satu atau beberapa gateway pembayaran. Faktanya, ini adalah satu-satunya biaya yang terkait dengan Zoho Invoice. Anda harus membayar biaya transaksi setiap kali Anda menerima pembayaran melalui faktur.

Bergantung pada pemroses pembayaran yang Anda gunakan, Anda bisa membayar secara online, melalui transfer bank atau secara langsung.

Zoho Invoice sangat ideal untuk perusahaan perseorangan yang hanya mengelola beberapa pelanggan. Anda hanya dapat menagih hingga lima klien, dan Anda dibatasi hingga 1.000 faktur per tahun, tetapi Anda dapat melacak pengeluaran dan piutang yang dapat ditagih.

Xero

Xero adalah perangkat lunak akuntansi yang memberi Anda cukup dari apa yang dibutuhkan bisnis kecil untuk solusi faktur. Paket Rp. 130.000 per bulan membatasi Anda hingga 20 faktur per bulan, tetapi tidak ada batasan jumlah klien yang Anda miliki.

Penagihan juga dihitung terhadap 20 faktur Anda per hitungan bulan. Untuk mendapatkan pelacakan proyek dan pengeluaran, Anda harus meningkatkan ke paket dengan harga tertinggi (Rp. 850.000 per bulan).

Saat Anda menambahkan fitur akuntansi, seperti rekonsiliasi bank pada semua paket, pelacakan inventaris pada semua paket, dan jumlah integrasi yang dapat Anda hubungkan ke Xero, ini menjadikannya pilihan yang layak untuk mengembangkan bisnis yang membutuhkan lebih banyak fitur untuk manajemen bisnis. Tidak masalah apakah Anda menjalankan bisnis berbasis layanan online atau Anda menjual produk fisik.

Xero adalah solusi penagihan yang mahal, tetapi mungkin sepadan jika Anda mengharapkan fitur akuntansi untuk bisnis yang berkembang pesat.

QuickBooks Online

Salah satu alasan terbaik untuk menggunakan QuickBooks Online adalah Anda membayar biaya bulanan untuk mendapatkan akses ke banyak fitur akuntansi dan faktur, ditambah pembaruan dan dukungan pelanggan. Dengan QuickBooks Online, Anda dapat melacak semua informasi keuangan Anda di satu tempat, mulai dari pendapatan dan pengeluaran hingga pajak.

Paket QuickBooks Online berkisar dari Rp. 375.000 hingga Rp. 2.700.000 per bulan. Jika Anda memilih untuk menerima pembayaran online dari klien, Anda dapat mengambil kartu kredit atau transfer bank. Biaya transaksi berkisar dari 2,4% hingga 3,4%, ditambah 3.000 per transaksi dan Anda akan membayar 1% untuk transfer bank hingga maksimum Rp. 150.000 per transaksi.

Jika Anda berencana untuk menggunakan fitur pelacakan waktu di QuickBooks Online, Anda harus memilih setidaknya paket Esensial yang berharga Rp. 750.000 per bulan.

Jika Anda menjual produk dan Anda perlu melacak inventaris, paket Plus akan diperlukan dengan harga Rp. 1.200.00 per bulan. Peringatan lain adalah bahwa tidak ada portal klien bawaan Anda harus menemukan aplikasi yang terintegrasi dengan QuickBooks Online untuk memberi klien akses ke proyek dan faktur atau hanya faktur email.

QuickBooks Online menawarkan fitur yang tidak ditemukan di sebagian besar perangkat lunak faktur, seperti manajemen inventaris, pembayaran langsung, dan fitur pajak, jadi ini adalah pilihan yang baik untuk bisnis kecil yang menerima pembayaran online dan secara langsung. Fitur pajak memungkinkan Anda mengelola 1099 kontraktor, yang merupakan fitur unik.

Baca juga: Hedging Adalah Strategi Lindung Nilai dalam Investasi, Ini Penjelasannya

Kesimpulan

Demikian panduan kiat memilih software invoice dan 8 pilihan software yang bisa Anda pilih untuk bisnis Anda. Pemilihan software bergantung pada biaya, batasan, dan fitur yang memudahkan binis untuk menagih piutang mereka.

Pada akhirnya, memilih software terbaik tergantung pada kebutuhan Anda. Perusahaan yang lebih besar atau berkembang mungkin memerlukan perangkat lunak yang menyertakan fitur akuntansi. Dan Kledo bisa Anda jadikan sebagai pilihan terbaik untuk proses pembuatan faktur yang akurat dan penagihan yang lebih cepat.

Jadi, gunakan Kledo sekarang juga dan bawa bisnis Anda berkembang lebih baik lagi!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

9 − 7 =