11 Fitur yang Wajib Ada dalam Aplikasi Kasir Retail

fitur aplikasi kasir banner

Baik Anda baru ingin membuka toko atau sudah memiliki toko, Anda memerlukan lebih dari sekadar fitur aplikasi kasir umum untuk melacak penjualan dan pembayaran. Anda memerlukan sistem unik yang disebut sistem Point of Sale (POS).

Software ini melakukan lebih dari sekadar mengelola uang. Ini membantu Anda melacak apa yang Anda jual, memungkinkan Anda menawarkan penawaran kepada konsumen, menjaga keamanan data mereka, dan melakukan banyak hal lainnya. Karakteristik luar biasa dari sistem POS dapat bervariasi dari satu toko ke toko lainnya.

Namun ada satu hal yang perlu diperhatikan: memilih sistem kasir terintegrasi yang tepat bisa jadi sulit karena ada banyak organisasi yang menjualnya, dan jika Anda salah memilih, hal itu dapat merugikan bisnis Anda.

Jadi, dalam artikel ini, kami akan membahas 11 fitur penting yang harus Anda ketahui tentang aplikasi kasir ritel untuk membantu toko Anda berjalan secara efektif.

11 Fitur yang Harus Ada pada Aplikasi Kasir Retail

Toko Retail diharuskan untuk fokus pada fitur spesifik dalam software atau aplikasi kasir. Karakteristik ini membantu tugas-tugas seperti menyiapkan tagihan, mendapatkan data penting, melacak persediaan, mengingat detail pelanggan, dan banyak lagi.

Sekarang, kita akan melihat lebih dekat fitur-fitur yang harus ada dalam sistem POS berikut:

1. Pelacakan inventaris atau persediaan

Aplikasi kasir atau sistem POS perlu menjadi tools yang berguna untuk mencatat apa yang ada di toko. Fitur sangat penting! Ini harus membuat tugas menjadi mudah dan tidak rumit.

Bayangkan ini seperti memiliki robot pembantu yang memberi tahu Anda berapa banyak setiap produk yang ada dan akan habis.

Anda bahkan dapat menggunakan software manajemen persediaan untuk menghitung barang tanpa harus menghitung manual, melacak produk yang terjual lambat dan produk laris, mengelola RFID, dan mengendalikan pencurian persediaan, yang membantu Anda menghemat waktu dan uang.

Baca juga: Cara Hitung Sales Growth Rate, Rumus, dan Contohnya

2. Manajemen data pelanggan

Aplikasi kasir yang bermanfaat hadir dengan karakteristik yang membantu mengendalikan konsumen. Ini berarti Anda dapat menggunakan hal-hal seperti nomor ponsel atau email mereka untuk menanyakan seberapa senangnya mereka terhadap toko Anda.

Jika mereka mempunyai saran, Anda dapat mendengarkan dan memberikan feedback dari aplikasi tersebut. Aplikasi ini juga memungkinkan Anda memberi benefit kepada konsumen yang berbelanja dengan Anda.

Misalnya, Anda dapat memberi mereka poin berdasarkan apa yang mereka beli, yang dapat digunakan untuk mendapatkan produk gratis dan diskon fantastis.

3. Pembelian otomatis

fitur aplikasi kasir 2

Aplikasi kasir atau POS retail yang memiliki fitur tepat akan memudahkan pemesanan produk secara otomatis saat toko kehabisan stok. Aplikasi ini bahkan dapat melakukan ini sendiri, seperti asisten yang hebat.

Pastikan Anda memilih aplikasi kasir yang dapat menganalisis produk seperti berapa banyak produk tersisa untuk dijual dan berapa lama waktu yang dibutuhkan hingga produk baru tiba.

Dengan cara ini, toko tidak pernah kehabisan barang, menghemat uang, dan memastikan konsumen selalu dapat menemukan apa yang mereka inginkan.

Baca juga: Berapa Biaya Franchise Kopi Kenangan? Ini Rinciannya!

4. Kemampuan multi-lokasi

Bayangkan Anda memiliki banyak cabang toko di tempat berbeda. Akan sangat bagus jika hanya satu sistem yang bisa menangani semuanya.

Beberapa penyedia aplikasi mungkin meminta biaya tambahan untuk melakukan hal ini, namun beberapa sudah memiliki kemampuan unik ini.

Beberapa hal luar biasa yang dapat dilakukannya:

  • Anda dapat mengontrol semua yang Anda jual dari satu tempat.
  • Anda dapat memindahkan barang dari satu toko ke toko lainnya jika diperlukan.
  • Anda dapat memeriksa berapa banyak barang yang Anda miliki dan memastikannya tepat.
  • Anda bisa memberikan reward kepada pelanggan setia di seluruh toko Anda.
  • Anda dapat memastikan hanya orang yang tepat yang dapat mengakses hal-hal tertentu.
  • Anda dapat mengelompokkan dan mengatur informasi Anda untuk membuat pelanggan senang.

Kledo POS adalah salah satu sistem POS atau aplikasi kasir online-offline untuk bisnis ritel yang memberi Anda kekuatan manajemen terpusat untuk beberapa jaringan toko.

Dasbor terpusat memberi Anda kendali atas toko multi-lokasi di ujung jari Anda.

Tertarik? Anda bisa mencobanya secara gratis melalui tautan pada gambar di bawah ini:

kledo pos 2

Baca juga: Mau Buka Franchise Teh Poci? Ini Syarat, Modal, dan Cara Daftarnya

5. Penerimaan pembayaran yang beragam

Aplikasi kasir yang sempurna harus memiliki berbagai jenis metode pembayaran. Namun pastikan aplikasi tersebut memberikan keamanan penuh ketika orang menggunakan mereka untuk membayar dengan berbagai cara pembayaran, misalnya kartu kredit.

Jika aplikasi kasir Anda tidak memiliki fitur ini, maka Anda akan:

  • Anda mungkin harus membayar untuk mendeteksi jika terjadi fraud.
  • Anda harus mengembalikan uang kepada konsumen jika orang lain menggunakan kartu mereka.
  • Anda bisa mendapatkan penalti dari pihak yang mengelola pembayaran, bank, atau pemerintah.

6. Fitur pelaporan

Pelaporan dan analitik adalah fitur penting dari sistem POS dan aplikasi kasit. Anda harus dapat membuat laporan singkat untuk periode apa pun untuk mengetahui kinerja perusahaan Anda saat ini.

Juga harus ada tampilan layar yang menunjukkan hal-hal yang diperlukan tentang toko Anda. Anda harus dapat melihat seberapa baik kinerja toko Anda secara keseluruhan dan mengembangkan program loyalitas pelanggan yang lebih baik.

Selain itu, Anda dapat melihat seberapa baik kinerja karyawan Anda dan memilih siapa yang berkinerja terbaik. Hebatnya lagi, sistem Kledo Pos membantu Anda membuat laporan spesifik seperti itu.

Baca juga: 15 Aneka Frozen Food untuk Jualan, Tips, dan Modal yang Dibutuhkan

7. Integrasi pengiriman

Hal penting yang harus dilakukan aplikasi kasir adalah membantu pengiriman produk ke konsumen. Ini harus seperti seorang teman yang berbicara dengan perusahaan pengiriman seperti Gofood atau Grabfood untuk memberi tahu Anda berapa biaya untuk mengirim barang segera.

Fitur ini menunjukkan kepada Anda cara berbeda untuk mengirimkan barang dan membantu Anda membuat tag untuk pengiriman. Label ini berisi data tentang konsumen dan kemana tujuan paket tersebut, seperti kode unik untuk melacaknya.

8. Manajemen karyawan

fitur aplikasi kasir 1

Aplikasi kasir untuk toko retail juga harus memiliki fitur yang membantu dalam mengelola pekerja. Ini akan memungkinkan Anda membuat akun untuk setiap pekerja dan melihat berapa banyak yang mereka jual. Ini sangat berguna karena memungkinkan Anda mengelola tim dengan baik.

Anda dapat mengetahui kapan mereka bekerja dan apa yang mereka lakukan. Anda bahkan dapat menetapkan KPI untuk melihat apakah kinerjanya baik.

Sistem juga harus memastikan hanya mereka yang dapat menggunakan akun mereka. Misalnya, di beberapa toko, setelah seorang pekerja selesai melayani pelanggan, mereka perlu mengunci akunnya agar tidak ada orang lain yang dapat menggunakannya.

Dengan menggunakan Kledo Pos, Anda tidak hanya akan mendapatkan fitur multi user seperti ini, Anda juga bisa melakukan integrasi dengan software payroll dan absensi Gajihub untuk proses manajemen karyawan yang lebih baik.

Baca juga: 15 Rekomendasi Software Kasir yang Cocok untuk Bisnis Anda

10. Integrasi akuntansi

Mengintegrasikan kemampuan penting akuntansi ke dalam sistem Kledo Pos adalah terobosan baru bagi bisnis. Dengan integrasi akuntansi, data keuangan disinkronkan dengan lebih detail, menyederhanakan pembukuan, dan memastikan pelaporan keuangan yang lebih akurat. Hal ini memberdayakan bisnis untuk membuat keputusan yang tepat.

Integrasi dengan software akuntansi Kledo secara keseluruhan akan menyederhanakan operasi, meningkatkan visibilitas keuangan, dan memfasilitasi analisis keuangan yang lebih efektif, sehingga berkontribusi terhadap pertumbuhan dan efisiensi bisnis.

11. Manajemen promosi

Manajemen promosi dalam sistem Kledo Pos mengoptimalkan prosedur perencanaan, pelaksanaan, dan pelacakan kampanye promosi untuk perusahaan.

Hal ini memungkinkan retailer membuat dan menjadwalkan diskon, penawaran unik, dan program loyalitas dengan mudah. Sistem ini membantu menarik konsumen, meningkatkan penjualan, dan meningkatkan loyalitas konsumen.

Dengan menyediakan data tentang efektivitas berbagai promosi, organisasi dapat meningkatkan strategi pemasaran mereka, yang pada akhirnya meningkatkan keuntungan mereka sekaligus memberikan nilai lebih dan insentif kepada konsumen untuk berbelanja.

Baca juga: 10+ Aplikasi POS Indonesia Terbaik Beserta Fitur dan Harganya

Kesimpulan

Memilih aplikasi kasir atau software POS yang tepat sangat penting agar bisnis ritel Anda dapat berjalan dengan baik. Jadi, pastikan Anda melihat semua fitur penting yang dibutuhkan bisnis sebelum Anda memilih.

11 fitur ini penting untuk membuat toko Anda berkembang lebih baik. Anda juga dapat mempelajari cara memilih sistem POS terbaik dengan berbagai cara untuk memilih dengan bijak.

Kledo Pos adalah salah satu software POS dan aplikasi kasit terbaik yang tersedia untuk bisnis retail. Retailer di seluruh Indonesia sangat menyukainya. Sekarang giliran Anda untuk mencobanya secara gratis melalui tautan ini.

sugi priharto

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

11 − 11 =