10+ Alasan Pemilik Bisnis Memerlukan Akuntansi Cloud

akuntansi cloud banner

Menggunakan akuntansi cloud sangat membantu usaha kecil dan menengah, karena berurusan dengan keuangan dan akuntansi adalah bagian yang paling menantang dalam pengelolaan. Melakukan akuntansi sendiri memakan waktu dan memiliki risiko kesalahan yang tinggi, yang dapat menjadi kesalahan yang merugikan.

Teknologi telah menghasilkan solusi yang lebih baik; lembar excel secara bertahap digantikan oleh software pembukuan dan akuntansi, yang dapat mengotomatiskan proses akuntansi sehingga bebas dari kesalahan dan sangat mudah.

Kesalahan terbesar yang dilakukan pemilik usaha kecil adalah berpikir bahwa software akuntansi hanya diperlukan ketika bisnis Anda sudah mencapai ukuran tertentu.

Faktanya, semakin dini Anda memulai, semakin baik untuk proses pembukuan perusahaan Anda. Software akuntansi cloud adalah kebutuhan penting bagi semua bisnis, terlepas dari skalanya. Dan beralih ke software akuntansi berbasis cloud memberi Anda akses ke keuangan dan data lainnya di mana saja, kapan saja.

Jadi pertanyaannya adalah apakah perlu memindahkan bisnis Anda ke software akuntansi cloud, tetapi sebelum kita melakukannya, mari kita pahami apa arti cloud computing dan software cloud.

Apa yang Dimaksud dengan “Cloud Computing”?

Dilansir dari AWS, salah satu platform komputasi awan terkemuka yang menyediakan beragam layanan cloud kepada pelanggan: “Cloud computing” adalah pengiriman sumber daya TI sesuai permintaan melalui Internet dengan harga sesuai penggunaan. Alih-alih membeli, memiliki, dan memelihara pusat data dan server fisik, Anda dapat mengakses layanan teknologi, seperti daya komputasi, penyimpanan, dan basis data, sesuai kebutuhan dari penyedia cloud,”

Lalu apa yang dimaksud dengan software akuntansi cloud?

Software akuntansi cloud sama seperti software akuntansi dan pembukuan lainnya. Hanya saja, data tidak disimpan di lokasi Anda, melainkan di cloud, yang berarti server eksternal yang aman dan jauh dari penyedia layanan cloud.

Software akuntansi cloud menyediakan akses real-time yang aman ke data untuk banyak pengguna kapan saja, di mana saja, dan itu bukan satu-satunya manfaat yang ditawarkan otomatisasi akuntansi cloud – Dibawah kita akan memberikan 10 alasan mengapa bisnis Anda perlu beralih ke solusi akuntansi cloud.

Baca juga: Joint Cost Adalah: Rumus, Metode, dan Contoh Perhitungannya

10 Alasan Pemilik Bisnis Memerlukan Akuntansi Cloud

akuntansi cloud 2

1. Keamanan data

Pertama dan terutama, layanan ini menawarkan keamanan data yang sempurna. Untuk bisnis apa pun, keamanan data Anda selalu menjadi perhatian utama, dan banyak pemilik usaha kecil khawatir tentang penyedia layanan cloud yang menyimpan data bisnis Anda.

Namun, berlawanan dengan kekhawatiran tersebut, cloud merupakan salah satu cara paling aman untuk menyimpan data Anda. Dengan layanan ini, data Anda tidak akan pernah bisa dicuri, bahkan jika terjadi pencurian, bencana alam seperti kebakaran, atau gempa bumi.

Anda tidak akan kehilangan akses ke data Anda selama Anda memiliki detail login dan akses ke Internet.

2. Kebebasan untuk bekerja dari mana saja

Software akuntansi cloud memberi Anda akses ke semua informasi keuangan Anda kapan saja, di mana saja – misalnya jika Anda menggunakan software akuntansi online seperti Kledo, Anda bisa menggunakannya di laptop, komputer, atau ponsel. Anda tidak perlu berada di kantor untuk mengakses informasi terbaru.

Apakah Anda sedang bepergian ke belahan dunia lain atau bekerja dari rumah karena alasan apa pun, Anda tidak akan pernah kehilangan akses ke informasi keuangan, dan Anda tidak bergantung pada siapa pun untuk mengirimkan semua data tersebut.

Ini akan meringankan semua tugas Anda, membuat hidup menjadi lebih sederhana dan nyaman. Tidak ada waktu henti yang membuat bisnis menjadi lebih produktif setiap saat.

Baca juga: 10 Rekomendasi Software Akuntansi Bisnis Kafe

3. Akses banyak pengguna dan kolaborasi secara real time

Software akuntansi cloud memberikan akses simultan ke data ke beberapa pengguna, dan Anda dapat menentukan tingkat akses untuk setiap pengguna.

Tanpa perlu lagi mengirim data yang tidak up to date melalui email, setiap pengguna memiliki akses real-time ke informasi terbaru. Mereka dapat berkolaborasi dan mengerjakan data secara real-time sehingga prosesnya cepat, efisien, dan memiliki pengambilan keputusan yang lebih baik.

4. Otomatisasi menghemat waktu Anda yang berharga

Software akuntansi berbasis cloud mengotomatiskan proses pencatatan, sehingga merampingkan dan mengatur semua pengeluaran bisnis Anda tanpa perlu menulis setiap pembelian karena semua akun Anda terhubung.

Yang lebih menarik lagi, software akuntansi online seperti Kledo membantu Anda membuat alur kerja otomatis seperti mengirimkan faktur berulang kepada pelanggan atau pengingat pembayaran tanpa campur tangan manusia.

Hal ini menghemat banyak waktu Anda yang dapat disalurkan ke hal-hal yang lebih strategis.

Jika Anda tertarik, Anda bisa mencoba menggunakan Kledo secara gratis selama 14 hari melalui tautan pada gambar di bawah ini:

Banner 1 kledo

Baca juga: Daftar Harga Software Akuntansi Lengkap di Indonesia

5. Mempertahankan hubungan baik dengan pelanggan dan vendor

Jika berbicara bisnis yang berhasil kita pasti berpikiran tentang produk yang hebat. Namun menjaga hubungan yang baik sangat penting dalam keberhasilan bisnis.

Mendapatkan transaksi berulang dari pelanggan tetap jauh lebih mudah dan hampir selalu lebih murah daripada mendapatkan klien baru.

Membangun kepercayaan, komunikasi terbuka, dan transparansi dalam sistem dan proses sangat penting untuk hubungan yang baik dengan mitra Anda.

Akuntansi cloud memberikan hal tersebut pada sistem Anda. Cepat, terbuka, transparan, dan bebas dari kesalahan manual. Tidak ada tanda terima yang hilang, tidak ada faktur yang terlambat, dan tidak ada kesalahan komunikasi karena semua alur kerja diotomatisasi dan data diperbarui secara terus menerus dan mudah diakses.

6. Meningkatkan akurasi

Menggunakan software akuntansi cloud akan menyelesaikan banyak masalah akuntansi Anda jika Anda adalah pemilik usaha kecil. Proses manual sangat rawan kesalahan dan rentan terhadap risiko fraud.

Software akuntansi cloud yang baik akan memiliki sistem bawaan yang secara otomatis mengidentifikasi entri duplikat dan mencegah kesalahan.

Anda bahkan tidak perlu mempelajari praktik akuntansi yang berbeda dari berbagai belahan dunia lain, atau bahkan rumus untuk menghitung rasio keuangan. Sistem berbasis SaaS akan mengotomatiskan hal ini untuk Anda dan menjaga agar angka-angkanya tetap akurat dan diperbarui.

Software akuntansi biasanya mudah digunakan, memungkinkan Anda untuk memasukkan pengeluaran dan pemasukan seperti yang ditentukan dalam alur kerja, dan memungkinkan Anda mengkategorikan transaksi keuangan Anda.

Ketika semua informasi disimpan di tempat yang sama, dan secara teratur memperbarui informasi yang dibutuhkan ke dalam sistem, Anda meminimalkan risiko kesalahan pembukuan yang merugikan. Setiap kali Anda melihat laporan keuangan pada sistem, Anda yakin bahwa informasi tersebut sudah benar dan diperbarui.

Baca juga: 10 Rekomendasi Software Akuntansi Terbaik di Indonesia

7. Tidak perlu instalasi

akuntansi cloud 1

Software akuntansi tradisional diinstal di semua komputer di departemen akuntansi dalam bisnis, dan proses ini dapat memakan waktu dan membosankan.

Software akuntansi berbasis cloud tidak memerlukan instalasi. Karena dihosting secara online, Anda dapat mengakses layanan perangkat lunak dengan mengetikkan informasi di browser web dan langsung masuk ke akun setelah Anda melakukan pembelian.

8. Pengelolaan akuntansi sesuai standar

Salah satu keuntungan paling signifikan yang ditawarkan software akuntansi cloud adalah tentang proses pencatatan pembukuan yang sesuai standar.

Seperti yang telah kita bahas di atas, software ini menjaga pembukuan dan catatan bebas dari kesalahan; software ini memiliki sistem untuk memastikan tidak ada entri ganda yang terjadi, pengeluaran dan piutang selalu diperbarui.

Dalam software akuntansi yang baik seperti Kledo, sistem secara otomatis adalah menghitung pajak dari setiap transaksi yang terjadi. Oleh karena itu, proses pencatatan faktur dan pencatatan transaksi lain bebas dari kesalahan meskipun tidak di negara yang sama.

Semua langkah ini memastikan bahwa perpajakan Anda selalu up to date, dan tidak memiliki masalah terkait kepatuhan pajak dan masalah audit atau denda. Menyelamatkan Anda dari stres selama periode perpajakan.

Baca juga: 9 Software Akuntansi Terbaik untuk Bisnis Kesehatan

9. Penghematan biaya

Berinvestasi dalam software akuntansi cloud memastikan adanya penghematan yang signifikan di muka dalam investasi modal.

Karena hampir tidak ada infrastruktur yang diperlukan di lokasi Anda, Anda menghemat banyak uang. Ini sangat penting, terutama jika Anda baru memulai. Anda membayar sebanyak yang Anda gunakan.

Tanpa infrastruktur yang luas di lokasi, Anda juga menghemat biaya tenaga kerja karena Anda tidak memerlukan tim TI yang besar untuk pemeliharaan dan penghematan besar pada ruang dan energi.

10. Memberikan analisis mendalam

Software akuntansi cloud juga dilengkapi dengan alat dan sumber daya analitik mutakhir yang dapat memberi Anda wawasan mendalam dan visibilitas penuh atas semua keuangan Anda.

Software ini dapat berfungsi sebagai penasihat keuangan pribadi Anda yang membuat laporan khusus dan memberikan masukan yang berharga.

Misalnya jika Anda menggunakan software akuntansi online Kledo, Anda akan mendapatkan fitur penghitungan rasio keuangan yang lengkap seperti rasio kas, rasio cepat, dan rasio keuangan lainnya untuk membantu Anda dalam mendapatkan informasi keuangan bisnis secara mendetail.

Baca juga: 9 Rekomendasi Software Akuntansi Pet Shop Terbaik

11. Proses bisnis terintegrasi

Semua orang tahu betapa membingungkan dan membosankannya menggunakan beberapa tools atau software untuk mengelola proses yang sama.

Semua tools bisnis yang telah digunakan sebelumnya harus bisa menyimpan semua data penting dan tidak boleh hilang.

Mengapa Anda harus melakukannya jika Anda dapat menggunakan software akuntansi cloud yang dapat berintegrasi dengan sistem yang sudah ada sebelumnya?

Platform ini dapat dengan mulus menggabungkan semua data dengan software akuntansi Anda untuk membantu Anda tidak kehilangan data historis dan pada saat yang sama menggunakan data ini untuk membuat keputusan yang lebih baik di masa depan.

Baca juga: 10 Rekomendasi Software Akuntansi Bisnis Furnitur Terbaik

Kesimpulan

Dengan mempertimbangkan semua manfaat tersebut, kita dapat menyimpulkan bahwa proses akuntansi cloud akan menyederhanakan kontrol, meningkatkan keamanan data, menyederhanakan pelaporan, membantu Anda mengukur secara efisien, dan membuat Andam enjalankan bisnis menjadi lebih baik.

Jika Anda bingung memilih solusi akuntansi cloud yang cocok untuk bisnis, Anda bisa mencoba menggunakan software akuntansi online seperti Kledo yang telah dipercaya oleh lebih dari 60 ribu pengguna dari berbagai jenis dan skala bisnis.

Jika tertarik, Anda bisa mencobanya menggunakan secara gratis selama 14 hari melalui tautan ini.

sugi priharto

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

2 + 7 =