9 Rekomendasi Software Akuntansi Pet Shop Terbaik

software akuntansi pet shop

Mengelola aspek keuangan toko hewan peliharaan atau pet shop bisa menjadi tugas yang menantang. Mulai dari melacak inventaris, menganalisis data penjualan, dan menangani penggajian karyawan, proses akuntansi bisa sangat melelahkan. Namun, dengan software akuntansi yang tepat, Anda dapat menyederhanakan proses-proses ini dan memastikan kesehatan keuangan pet shop Anda.

Pada artikel ini, kita akan membahas kebutuhan akan software akuntansi khusus di pet shop, fitur-fitur utama yang harus dicari dalam software tersebut, serta memberikan 9 rekomendasi software akuntansi pet shop terbaik.

Memahami Kebutuhan Software Akuntansi untuk Bisnis Pet Shop

Menjalankan usaha pet shop memiliki tantangan tersendiri. Sebagai pemilik atau manajer pet shop, Anda tidak hanya harus menangani tugas-tugas akuntansi yang umum, tetapi juga mengelola inventaris, melacak penjualan, dan menangani manajemen karyawan. Di sinilah software akuntansi bisa membantu Anda.

Mengelola aspek keuangan pet shop bisa jadi rumit. Mulai dari melacak biaya persediaan hewan peliharaan hingga menghitung pajak atas penjualan makanan hewan, ada banyak kebutuhan akuntansi khusus yang harus ditangani oleh pemilik pet shop.

nilah sebabnya mengapa menggunakan software akuntansi khusus yang dirancang khusus untuk pet shop bisa sangat bermanfaat.

Peran software akuntansi di pet shop

Software akuntansi yang dirancang khusus untuk pet shop menawarkan beberapa keuntungan.

Software ini menyediakan platform terpusat untuk mengelola transaksi keuangan Anda, membuat laporan, dan mendapatkan wawasan tentang kinerja toko Anda.

Dengan fitur-fitur seperti manajemen inventaris, pelacakan penjualan, dan integrasi penggajian karyawan, solusi software ini dapat menghemat waktu dan membantu Anda membuat keputusan bisnis yang tepat.

Dengan software akuntansi khusus, Anda dapat mengawasi tingkat stok Anda, memastikan bahwa Anda tidak akan pernah kehabisan stok barang yang laris.

Hal ini tidak hanya meningkatkan kepuasan pelanggan, tetapi juga membantu Anda menghindari kehilangan penjualan karena kehabisan stok.

Selain itu, software ini dapat membantu Anda merampingkan proses penjualan Anda.

Software ini dapat menghasilkan laporan terperinci tentang kinerja penjualan Anda, sehingga Anda dapat mengidentifikasi tren dan membuat keputusan berdasarkan data.

Dengan menganalisis informasi ini, Anda dapat menentukan produk mana yang laris manis dan mana yang perlu dipromosikan atau didiskon.

Baca juga: Ingin Membangun Bisnis Pet Shop? Ikuti 10 Tips Ini

Mengapa software akuntansi generik mungkin tidak cocok untuk bisnis pet shop?

Meskipun software akuntansi generik dapat digunakan untuk beberapa bisnis, ini mungkin bukan pilihan yang paling praktis untuk pet shop.

Kebutuhan unik pet shop memerlukan fungsionalitas khusus yang sering kali tidak dimiliki oleh software umum.

Misalnya, software akuntansi pet shop biasanya menyertakan fitur-fitur seperti melacak pemasok hewan peliharaan, mengelola inventaris yang berhubungan dengan hewan peliharaan, dan mengotomatiskan penghitungan pajak makanan hewan peliharaan.

Bayangkan jika Anda harus menghitung pajak penjualan makanan hewan secara manual setiap bulannya. Tugas yang membosankan ini rentan terhadap kesalahan dan dapat menghabiskan banyak waktu.

Namun, dengan software akuntansi khusus, Anda dapat mengotomatiskan proses ini, memastikan penghitungan yang akurat dan menghemat waktu berharga yang dapat digunakan dengan lebih baik untuk aspek lain dalam menjalankan pet shop Anda.

Selain itu, software akuntansi pet shop memungkinkan Anda untuk mengelola hubungan dengan pemasok hewan peliharaan dengan mudah.

Anda dapat melacak pesanan, pengiriman, dan pembayaran, memastikan bahwa Anda menjaga hubungan kerja yang baik dengan pemasok Anda.

Hal ini dapat membantu Anda mendapatkan penawaran yang lebih baik dan memastikan pasokan produk hewan peliharaan berkualitas tinggi untuk toko Anda.

Fitur yang Harus Diperhatikan Saat Memilih Software Akuntansi Bisnis Pet Shop

software akuntansi pet shop 2

Saat memilih software akuntansi untuk pet shop Anda, ada beberapa fitur utama yang harus Anda prioritaskan:

Menjalankan pet shop yang sukses membutuhkan manajemen yang cermat terhadap berbagai aspek bisnis Anda.

Dari manajemen persediaan hingga pelacakan penjualan dan manajemen karyawan, menemukan software akuntansi yang tepat dapat sangat menyederhanakan operasi Anda dan membantu Anda mencapai tujuan bisnis Anda.

Mari kita lihat lebih dekat fitur-fitur utama yang harus Anda pertimbangkan:

Kemampuan manajemen persediaan

Manajemen persediaan yang efektif sangat penting untuk pet shop. Hal ini memastikan bahwa Anda selalu memiliki stok produk yang tepat, meminimalkan risiko kelebihan stok atau kehabisan barang yang laris, dan membantu Anda mengoptimalkan keputusan pembelian.

Saat memilih software akuntansi, carilah fitur yang menawarkan pelacakan tingkat persediaan secara real-time, pengingat pemesanan ulang, dan kemampuan untuk mengelola berbagai jenis produk yang berhubungan dengan hewan peliharaan, seperti makanan, mainan, dan perlengkapan perawatan.

Dengan kemampuan ini, Anda dapat dengan mudah melacak inventaris Anda, mengidentifikasi tren permintaan produk, dan memastikan bahwa pelanggan Anda selalu menemukan apa yang mereka butuhkan.

Bayangkan jika Anda memiliki sistem yang memberi tahu Anda ketika produk tertentu hampir habis, sehingga Anda dapat mengisi ulang produk tersebut sebelum produk tersebut tidak tersedia.

Hal ini tidak hanya menghemat waktu Anda, tetapi juga memastikan bahwa pelanggan Anda tidak akan kecewa.

Selain itu, fitur manajemen persedaan yang canggih dapat memberikan wawasan tentang produk terlaris Anda, sehingga Anda dapat mengambil keputusan berdasarkan data untuk memperluas penawaran produk atau menyesuaikan strategi harga.

Baca juga: 10 Rekomendasi Software Akuntansi Bisnis Furnitur Terbaik

Pelacakan dan pelaporan penjualan

Pelacakan dan pelaporan penjualan yang akurat sangat penting untuk memahami kinerja pet shop Anda.

Dengan menganalisis data penjualan, Anda dapat mengidentifikasi produk mana yang terjual dengan baik dan produk mana yang mungkin membutuhkan perhatian ekstra.

Carilah software akuntansi yang memungkinkan Anda menganalisis data penjualan berdasarkan kategori produk, jenis pelanggan, atau periode waktu.

Dengan kemampuan ini, Anda dapat memperoleh wawasan berharga tentang preferensi pelanggan, mengidentifikasi tren, dan membuat keputusan yang tepat tentang inventaris dan strategi penetapan harga toko Anda.

Bayangkan jika Anda dapat membuat laporan terperinci yang menunjukkan kinerja penjualan kategori produk tertentu selama musim yang berbeda.

Berbekal informasi ini, Anda dapat menyesuaikan tingkat persediaan Anda, memastikan bahwa Anda selalu memiliki produk yang tepat yang tersedia ketika pelanggan Anda sangat membutuhkannya.

Selain itu, melacak penjualan berdasarkan jenis pelanggan dapat membantu Anda mengidentifikasi pelanggan yang paling setia dan menyesuaikan upaya pemasaran Anda dengan kebutuhan mereka, membina hubungan yang lebih kuat dan meningkatkan kepuasan pelanggan.

9 Rekomendasi Software Akuntansi untuk Pet Shop

Setelah kita memahami kebutuhan akan software akuntansi khusus dan fitur-fitur utama yang harus dicari, mari kita ketahaui beberapa opsi yang paling direkomendasikan:

1. Software akuntansi Kledo

Kledo adalah software akuntanis buatan Indonesia yang sudah digunakan oleh lebih dari 60 ribu pengguna termsuk digunakan oleh pemilik bisnis pet shop terkenal di Indonesia.

Kledo bisa digunakan dengan mudah dan memiliki dasbor yang sederhana dan mudah dimengerti sekalipun pemilik bisnis tidak memahami secara mendalam ilmu akuntansi.

Anda juga bisa menggunakan Kledo melalui PC, laptop, bahkan smartphone, karena berbasis online, Kledo bisa digunakan kapan saja dan dimana saja.

Tidak seperti software akuntansi lain di Indonesia, dengan menggunakan Kledo Anda akan mendapatkan training dan implementasi gratis selamanya sampai tim Anda sepenuhnya bisa menggunakan Kledo.

Fitur utama Kledo antara lain:

  • Kustom invoicing
  • 50 Laporan keuangan instant
  • Manajemen multi cabang dan gudang
  • Multi user dan approval
  • Manajemen persediaan terintegrasi
  • Integrasi POS dan marketplace Indonesia
  • Rekonsiliasi bank
  • Integrasi pajak
  • Integrasi sistem HR

Jika tertarik menggunakan Kledo, Anda bisa mencobanya secara gratis selama 14 hari melalui tautan pada gambar di bawah ini:

Banner 2 kledo

Baca juga: 10+ Rekomendasi Software Akuntansi Bisinis Otomotif Terbaik

2. Software akuntansi FreshBooks

FreshBooks sangat cocok untuk pemilik bisnis pet shop.

FreshBooks menawarkan kemampuan pengelolaan akuntansi yang sangat baik bahkan jika Anda tidak tahu ilmu akuntansi secara mendalam.

Platform ini juga baru-baru ini menambahkan opsi pembayaran ACH yang memudahkan pelanggan Anda membayar Anda secara online.

Fitur-fitur lain yang tersedia di FreshBooks meliputi:

  • Faktur kustom dengan kemampuan branding
  • Konektivitas bank
  • Manajemen pembayaran
  • Integrasi dengan lebih dari 100 aplikasi
  • Opsi dukungan langsung

3. Software akuntansi Zoho Books

Jika Anda tidak tahu apa-apa tentang akuntansi, Zoho Books adalah software yang tepat untuk Anda.

Sangat cocok untuk pemilik bisnis pet shop kecil. Zoho Books menawarkan tiga paket, semuanya dengan banyak fitur.

Sangat cocok untuk pet shop yang menjual produk dan perlu mengelola persediaan, Zoho Books juga bekerja dengan beberapa gateway pembayaran online untuk memudahkan pembayaran pelanggan.

Ketiga paket Zoho Books mencakup fitur-fitur berikut ini:

  • Alur kerja otomatis
  • Konektivitas dan rekonsiliasi bank
  • Faktur khusus, termasuk branding perusahaan
  • Pelacakan biaya
  • Transaksi berulang
  • Aplikasi seluler untuk perangkat iOS dan Android

Zoho Books menyertakan dasbor, di mana Anda bisa melihat metrik bisnis penting seperti total utang dan piutang, serta total pendapatan dan pengeluaran untuk tahun berjalan.

Jika Anda memilih untuk menggunakan paket Professional, Anda juga akan memiliki akses ke pesanan pembelian, pesanan penjualan, inventaris, dan portal klien, di mana Anda bisa berbagi dokumen dan menagih klien secara langsung.

Baca juga: 10 Rekomendasi Software Akuntansi Bisnis Konstruksi Terbaik

4. Software akuntansi AccountingSuite

AccountingSuite tidak seterkenal para pesaingnya, tetapi menawarkan banyak fitur yang sama yang dirancang untuk pemilik usaha pet shop kecil, termasuk individu wiraswasta dan pemilik tunggal.

Sangat cocok untuk Anda pemilik bisnis pet shop yang menjual produk atau jasa, AccountingSuite memiliki kemampuan manajemen penjualan dan inventaris yang sangat baik, ditambah dengan fitur pelacakan waktu.

Salah satu fitur yang membedakan AccountingSuite adalah kemampuan penganggarannya, yang memungkinkan Anda untuk membuat anggaran tahun ini atau tahun depan dengan kemampuan untuk memilih akun yang ingin Anda sertakan.

Untuk melihat seberapa akurat anggaran Anda, jalankan laporan Anggaran, yang membandingkan total yang dianggarkan dengan yang sebenarnya.

Fitur lain yang ditawarkan AccountingSuite meliputi:

  • Fitur akuntansi tingkat lanjut, seperti kemampuan penutupan periode dan entri jurnal berulang
  • Penawaran penjualan dan pesanan penjualan
  • Pembuatan faktur khusus
  • Penerimaan kas
  • Pembelian
  • Manajemen persediaan
  • Integrasi e-commerce (hanya tersedia untuk paket Pro)

AccountingSuite juga menyertakan opsi pelaporan yang baik, dengan laporan yang mudah disesuaikan agar lebih sesuai dengan kebutuhan Anda.

5. Software akuntansi OneUp

OneUp adalah software akuntansi lain yang kurang terkenal dibandingkan para pesaingnya.

Cocok untuk pemilik bisnis usaha pet shop kecil, OneUp menawarkan manajemen prospek dan modul manajemen inventaris yang solid, menjadikannya pilihan yang sangat baik jika Anda menjual produk.

OneUp memudahkan Anda untuk menganalisis data keuangan, dengan antarmuka pengguna yang intuitif dan dasbor informatif yang menyediakan tampilan cepat pada data penting, seperti laba rugi, arus kas, dan ringkasan pendapatan dan pengeluaran.

OneUp juga mencakup pengaturan produk dan layanan yang mudah, serta kemampuan untuk menghubungkan rekening bank dengan aplikasi.

Fitur-fitur lain yang tersedia di OneUp antara lain sebagai berikut:

  • Manajemen inventaris multi-lokasi
  • Manajemen pesanan pembelian
  • Pembayaran di muka pelanggan
  • Pembuatan faktur khusus
  • Aksesibilitas seluler

Opsi pelaporan di OneUp sangat bagus, dengan laporan yang tersedia dalam tiga kategori – laporan akuntansi dan keuangan, laporan pengeluaran, dan laporan inventaris. Pesanan pembelian dan laporan proyek juga tersedia.

Baca juga: 7 Rekomendasi Software Akuntansi Bisnis Kecantikan Terbaik

6. Software akuntansi QuickBooks Online

QuickBooks Online sangat cocok untuk bisnis per shop kecil dan yang sedang berkembang, meskipun ini juga merupakan pilihan yang baik untuk pemilik bisnis yang mencari aplikasi akuntansi yang lebih kuat.

Saat mengelola bisnis Anda di QuickBooks Online, Anda dapat memilih untuk mengaktifkan sebanyak atau sesedikit mungkin fitur yang tersedia, dengan opsi untuk kembali mengaktifkan fitur-fitur ini jika Anda membutuhkannya.

Ketersediaan fitur di QuickBooks Online tergantung pada versi yang Anda gunakan, meskipun fitur dasar seperti konektivitas bank, pelacakan pendapatan dan pengeluaran, dan manajemen arus kas disertakan dalam semua paket.

Dasbor pengguna menyertakan widget arus kas baru untuk manajemen kas yang lebih baik.

Fitur-fitur lain yang tersedia meliputi:

  • Faktur khusus
  • Penerimaan pembayaran
  • Estimasi pelanggan
  • Pelacakan pajak penjualan
  • Pembayaran tagihan (Paket Plus)
  • Pelacakan waktu (Paket Plus)
  • Manajemen inventaris (Paket Plus)
  • Aplikasi seluler untuk perangkat iOS dan Android

Opsi pelaporan QuickBooks Online bagus, dan semua laporan dapat disesuaikan sepenuhnya. Anda bisa mengekspor laporan ke Excel atau menyimpannya sebagai PDF.

7. Software akuntansi Xero

Xero merupakan pilihan yang baik untuk individu wiraswasta, serta mereka yang memiliki bisnis pet shop kecil dan berkembang.

Xero bekerja dengan baik di pasar khusus dan sangat cocok untuk penjual online yang menjalankan bisnis secara global.

Xero menawarkan berbagai fitur, termasuk faktur kustom yang lengkap, manajemen pengeluaran dan inventaris, dan opsi pembayaran tagihan, serta opsi multi-mata uang. Namun, ketersediaan fitur tergantung pada paket.

Fitur-fitur berikut ini juga dapat ditemukan di Xero:

  • Faktur khusus
  • Penawaran harga pelanggan
  • Pembayaran tagihan
  • Manajemen inventaris
  • Konektivitas rekening bank
  • Manajemen proyek
  • Kontak
  • Aplikasi seluler untuk perangkat iOS dan Android

Xero juga memiliki kemampuan penganggaran sehingga Anda bisa membuat anggaran organisasi serta anggaran departemen atau anggaran proyek jika diperlukan.

Ada juga opsi untuk mengimpor rincian anggaran dari aplikasi lain jika perlu.

Baca juga: 10 Rekomendasi Software Akuntansi Bisnis Travel Terbaik

8. Sage Business Cloud Accounting

Sebelumnya bernama Sage One, Sage Business Cloud Accounting adalah pilihan yang sangat baik untuk pemilik bisnis pet shop segala ukuran. Karena aplikasi ini cocok untuk mereka yang menjual produk atau jasa.

Software ini menawarkan dua paket, meskipun paket tingkat yang lebih rendah menawarkan fitur yang sangat terbatas dan oleh karena itu hanya cocok untuk bisnis yang sangat kecil.

Kedua paket Sage Business Cloud Accounting mencakup faktur, pelacakan, dan konektivitas bank, dengan versi lengkap dari aplikasi yang menawarkan fitur-fitur berikut:

  • Opsi faktur khusus
  • Pelacakan piutang usaha
  • Konektivitas bank
  • Estimasi dan penawaran pelanggan
  • Manajemen faktur pesanan pembelian
  • Penerimaan pembayaran online
  • Pembayaran tagihan online

Sage Business Cloud Accounting menawarkan manajemen produk dan layanan yang baik sehingga Anda dapat melacak item persediaan baik stok maupun nonstok atau mengatur layanan yang saat ini Anda tawarkan kepada pelanggan Anda.

Selain itu, fitur manajemen persediaan menawarkan berbagai tingkat harga dan dengan mudah menangani semua manajemen pajak penjualan untuk produk dan layanan yang dijual.

9. Software akuntansi Wave Accounting

Jika Anda mencari kemampuan akuntansi yang baik dengan harga yang terjangkau, Wave Accounting munhkin bisa Anda pilih untuk usaha pet shop Anda.

Sama seperti Kledo yang sudah kami sebuakan diatas, software akuntansi Wave bisa Anda gunakan secara gratis. Setelah Anda mendaftar ke Wave, Anda memiliki akses penuh ke semua fitur-fiturnya.

Namun, jika Anda memilih untuk menggunakan Wave Payments, Anda harus membayar sedikit biaya untuk pemrosesan kartu kredit, yang merupakan biaya yang sama dengan yang Anda bayarkan dengan aplikasi apa pun.

Anda juga harus membayar jika Anda menggunakan opsi penggajian, tetapi itu bukan masalah jika Anda seorang pemilik bisnis.

Wave menawarkan pilihan fitur yang bagus, termasuk penambahan akuntansi entri ganda baru-baru ini sehingga Anda dapat mengatur pembukuan Anda dengan baik.

Fitur-fitur tambahan yang ditemukan di Wave Accounting meliputi:

  • Estimasi pelanggan
  • Pembuatan faktur khusus
  • Pemrosesan faktur berulang
  • Pembayaran gelombang (dikenakan biaya tambahan)
  • Manajemen pembayaran tagihan
  • Konektivitas bank
  • Aplikasi seluler untuk iOS dan Android

Selain itu, semua pengguna baru Wave Accounting menerima dukungan pelanggan selama 60 hari.

Setelah periode awal tersebut, hanya pelanggan pembayaran dan penggajian yang akan memiliki akses ke dukungan obrolan, meskipun dukungan email tersedia untuk semua pengguna.

Baca juga: 10 Rekomendasi Software Akuntansi Bisnis Franchise Terbaik

Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Memilih Software Akuntansi yang Tepat

software akuntansi pet shop 1

Saat mempertimbangkan software akuntansi untuk pet shop Anda, penting untuk mengevaluasi biaya secara efektif:

Memahami model penetapan harga

Penyedia software akuntansi biasanya menawarkan berbagai model harga, seperti langganan bulanan atau pembelian satu kali.

Pertimbangkan faktor-faktor seperti jumlah pengguna, fitur tambahan, dan biaya dukungan berkelanjutan saat membandingkan harga.

Menilai value for money

Meskipun biaya merupakan pertimbangan penting, sama pentingnya untuk menilai nilai yang diberikan software ke pet shop Anda.

Pertimbangkan fitur-fitur software, kemudahan penggunaan, dukungan pelanggan, dan apakah software tersebut sesuai dengan tujuan bisnis dan rencana pertumbuhan jangka panjang Anda.

Baca juga: 10 Rekomendasi Software Akuntansi Bisnis Pakaian dan Tips Memilihnya

Menerapkan Software Akuntansi yang Anda Pilih

Setelah Anda memilih software akuntansi yang paling sesuai dengan kebutuhan pet shop Anda, sekarang saatnya menerapkannya secara efektif:

Mempersiapkan pet shop Anda untuk transisi

Sebelum implementasi, pastikan Anda memiliki salinan cadangan dari semua data keuangan yang diperlukan.

Komunikasikan perubahan yang akan terjadi kepada staf Anda dan berikan mereka pelatihan dan sumber daya yang diperlukan untuk beradaptasi dengan sistem yang baru dengan lancar.

Melatih staf tentang sistem baru

Investasikan waktu untuk melatih staf Anda tentang cara menavigasi dan menggunakan software akuntansi secara efektif.

Berikan mereka panduan pengguna, adakan sesi pelatihan, dan pertimbangkan untuk menerapkan sistem pendukung untuk menjawab pertanyaan atau masalah yang mungkin timbul selama masa transisi.

Baca juga: 10+ Rekomendasi Software Akuntansi Untuk Bisnis yang Baru Mulai

Kesimpulan

Menemukan software akuntansi terbaik untuk pet shop Anda sangat penting untuk manajemen keuangan yang efisien.

Software khusus yang dirancang khusus untuk pet shop menawarkan fitur-fitur yang tidak dimiliki oleh software umum.

Dengan mempertimbangkan fitur-fitur utama, menjelajahi opsi-opsi yang direkomendasikan, mengevaluasi biaya, dan secara efektif menerapkan software yang Anda pilih, Anda dapat menyederhanakan proses akuntansi Anda dan memastikan kesuksesan dan pertumbuhan pet shop Anda.

Jika Anda masih bingung software akuntansi mana yang cocok untuk bisnis pet shop Anda, Anda bisa menggunakan Kledo secara gratis selama 14 hari atau selamanya melalui tautan ini.

sugi priharto

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

20 + nine =