10 Teknik Promosi yang Mudah Digunakan Pemilik Bisnis

teknik promosi

Teknik promosi adalah rencana dan taktik yang diterapkan oleh merek yang ingin mempromosikan diri mereka di pasar dan meningkatkan penjualan mereka, mendorong lebih banyak pendapatan, membangun ekuitas merek, dan membangun daya ingat untuk produk dan perusahaan mereka.

Penerapan teknik promosi bermacam-macam dan dapat digunakan dalam berbagai metode untuk mencapai tujuan yang berbeda. Bagian terbaik tentang promosi adalah bahwa mereka bisa dilakukan dengan berbagai cara

Jika Anda seorang pemasar, tentu Anda pernah mendengar tentang 4P marketing mix yaitu produk, harga, tempat, dan promosi.

Pada artikel ini, Anda akan belajar tentang P – Promosi terakhir. Saat ini, promosi telah menjadi bagian integral dari setiap bisnis.

Saat ini, perusahaan memilih berbagai teknik dan metode promosi untuk menarik pelanggan dan meyakinkan mereka untuk membeli produk mereka.

Pada artikel kali ini kami akan membahas berbagai teknik promosi yang bisa Anda adaptasikan dalam bisnis Anda dengan mudah.

Komponen Penting dalam Strategi Promosi

teknik promosi

Sebelum membahas secara mendalam teknik promosi yang akan gunakan, ada baiknya Anda mengetahui beberapa komponen penting dalam membuat strategi promosi yang efektif.

Berikut adalah beberapa komponen penting dalam membangun strategi promosi yang optimal:

1. Anggaran

Anggaran adalah salah satu faktor yang sangat mempengaruhi strategi promosi Anda. Terkadang Anda memiliki kebebasan untuk menentukan anggaran strategi Anda dan di lain waktu Anda akan diberikan anggaran oleh orang lain untuk merencanakan strategi promosi Anda.

Namun, apa pun situasinya, Anda harus mengetahui terlebih dahulu berapa banyak yang dapat Anda investasikan untuk promosi guna mendongkrak penjualan produk.

2. Pesan yang akan Anda sampaikan

Saat Anda menetapkan produk Anda dalam pemasaran, Anda memerlukan pesan yang akan membuat produk Anda menonjol di antara produk sejenis lainnya.

Apa kualitas sepatu joging Anda yang harus dimiliki semua orang? Ini bukan tugas yang mudah untuk menemukan pesan yang tepat untuk produk Anda. Ini akan membutuhkan banyak brainstorming.

3. Target pasar

Sebuah strategi promosi tidak lengkap tanpa target pasar. Misalnya, apakah produk Anda dirancang untuk wanita atau pria? dari umur berapa?

Anda harus memutuskan target pasar Anda sebelum menetapkan produk Anda di pasar.

jika Anda yakin dengan target pasar Anda pekerjaan Anda akan menjadi mudah untuk merencanakan strategi promosi Anda.

Baca juga: Variabel Costing: Pengertian, Rumus, dan Contoh Perhitungannya

4. Strategi

Ada berbagai jenis strategi promosi yang dapat Anda pilih untuk mempromosikan produk Anda.

Anda harus mencari tahu jenis strategi promosi yang akan meningkatkan penjualan Anda.

Anda juga dapat mengamati teknik promosi perusahaan yang menjual produk serupa. misalnya, Anda dapat menggunakan “push strategy” dari produk Nestle yang menggunakan iklan profil tinggi untuk mendorong produknya ke orang-orang.

Atau Anda dapat menggunakan strategi promosi Rolls -Royce, yang telah membangun nama merek bergengsi yang membuat orang ingin memiliki mobil mereka.

Strategi promosi yang digunakan oleh Rolls Royce disebut “pull strategy”, di mana hanya nama merek Anda yang akan menarik pelanggan. Pilih strategi Anda dengan bijak sebelum berinvestasi di dalamnya.

itu adalah empat komponen penting dari strategi promosu. Di bagian selanjutnya, Anda akan mempelajari tentang berbagai jenis teknik promosi yang bisa Anda adaptasikan dengan mudah.

Banner 1 kledo

Teknik Promosi yang Bisa Anda Gunakan dalam Bisnis

teknik promosi

1. Promosi melalui media sosial

Ada berbagai platform online di mana Anda dapat mempromosikan produk Anda dan dapat menjangkau banyak audiens.

Hampir tidak ada orang yang tidak menggunakan Facebook atau Instagram. Dengan menggunakan platform ini, Anda dapat membuat orang mengetahui produk Anda.

Anda dapat berbicara tentang kegunaannya dan bagaimana hal itu penting bagi mereka. Selain itu, Anda dapat menunjukkan kepada orang-orang bagaimana produk Anda lebih baik daripada produk sejenis lainnya.

Tidak seperti strategi promosi lain yang secara membabi buta mendorong produk mereka pada semua orang.

Anda dapat memastikan bahwa produk Anda dapat dijangkau oleh calon pelanggan Anda yang memiliki peluang tinggi untuk dikonversi.

2. Teknik promosi melalui panggilan telepon atau email

Menjangkau pelanggan Anda melalui panggilan telepon, email atau pesan teks untuk mengetahui tentang pengalaman mereka.

Anda melakukan tiga hal dengan teknik ini:

  • Membuat pelanggan Anda percaya bahwa Anda peduli pada mereka.
  • Membuka pintu kegiatan promosi.
  • Umpan balik pelanggan Anda dapat membantu Anda meningkatkan bisnis Anda.

Selama percakapan, Anda juga dapat mengedukasi pelanggan Anda tentang penawaran yang sedang berlangsung atau yang akan datang pada produk Anda dan jika mereka senang dengan layanan Anda.

Anda dapat dengan sopan meminta mereka untuk memberikan ulasan positif secara online. Ini akan meningkatkan citra bisnis Anda.

Baca juga: 11 Cara Memulai Usaha Dari Nol Hingga Sukses, Berani Coba?

3. Hadiah produk dan sampel gratis

Teknik promosi ini digunakan oleh perusahaan kecil maupun besar. Dengan menggunakan teknik ini, Anda dapat meningkatkan penjualan produk Anda secara instan.

Strategi ini banyak diadopsi oleh perusahaan makanan atau kosmetik. Mereka memberikan sample produk mereka secara gratis dan membuat orang mencoba produk baru.

Anda pasti pernah memperhatikan konter kecil dari beberapa merek di pusat perbelanjaan yang memberikan sampel produk kepada setiap orang yang lewat atau terkadang mereka meminta detail pribadi seperti alamat email dari orang yang mereka berikan sampel gratis.

Nantinya Anda bisa menggunakan informasi ini untuk mempromosikan produk Anda.

4. Program rujukan atau referral

Teknik promosi ini adalah dengan memberdayakan pelanggan Anda saat ini dan mendorong mereka untuk merujuk produk atau layanan Anda kepada keluarga dan teman mereka.

Anda dapat menawarkan mereka hadiah atau diskon untuk pembelian berikutnya sebagai imbalan atas rujukan mereka.

Misalnya, banyak perusahaan e-commerce menjalankan “Program referral pelanggan” untuk meningkatkan basis pelanggan mereka menggunakan pelanggan yang sudah ada. strategi ini jauh lebih murah daripada menggunakan periklanan tradisional.

5. Point of sale promotion

Di toko-toko, produk ditampilkan secara strategis sehingga menjadi yang pertama di mata pelanggan begitu mereka memasuki toko.

Toko melakukan ini karena dua alasan: kenyamanan dan dorongan hati. Sering kali, Anda memperhatikan rak yang memajang penawaran menarik pada produk tertentu atau banyak produk dipajang di dekat lorong toko.

Ada alasan mengapa toko melakukan ini. Mereka melakukan ini baik untuk meningkatkan penjualan produk atau ketika mereka ingin stok mereka terjual lebih cepat.

Teknik promosi ini membuat orang membeli produk tertentu secara impulsif sambil menunggu giliran untuk check out.

Baca juga: Metode Harga Pokok Pesanan: Pengertian Lengkap dan Cara Hitungnya

6. Promosi hadiah dengan merek

Ini adalah teknik efektif yang digunakan oleh banyak perusahaan untuk mempromosikan merek mereka.

Dalam strategi ini, alih-alih membagikan kartu nama, mereka mencetak nama bisnis, logo, dan informasi kontak pada hadiah fungsional.

Misalnya, perusahaan di Jepang mendistribusikan jutaan serbet dengan nama merek mereka tercetak di amplopnya.

Logika di balik melakukan ini adalah bahwa orang biasanya membuang kartu nama bahkan tanpa melihatnya, namun, serbet adalah barang yang berguna yang tidak dibuang orang dan ada kemungkinan serbet itu akan tetap berada di tangan orang yang menerimanya, untuk jangka waktu yang lebih lama.

Ini juga merupakan cara terbaik untuk membuat pelanggan Anda senang karena orang senang mendapatkan hadiah gratis dan pelanggan yang senang pasti akan memberi Anda lebih banyak bisnis.

7. Melakukan kegiatan amal

Orang ingin terhubung dengan perusahaan-perusahaan yang memberikan hal baik kepada masyarakat bersama dengan memberikan layanan terbaik.

Oleh karena itu, banyak perusahaan kecil dan besar menggunakan teknik ini untuk memperkuat basis pelanggan mereka.

Untuk melakukan ini, Anda perlu bekerja sama dengan beberapa organisasi amal atau LSM dan kemudian Anda dapat mengiklankan inisiatif Anda di pegangan media sosial, situs web, dan di toko Anda sehingga orang-orang mengetahuinya dan akan membeli produk Anda ke melakukan bagian mereka untuk masyarakat.

Contoh klasik dari teknik promosi ini digunakan oleh perusahaan Unilever yang akan mendonasikan 500 rupiah untuk pendidikan anak-anak tidak mampu untuk setiap produk yang Anda beli.

Strategi ini memanfaatkan emosi manusia untuk mendongkrak penjualan. Tidak ada salahnya mencoba strategi ini.

Baca juga: Pengertian, Cara Ukur, dan Tujuan Strategi Pemasaran

8. Survei pelanggan after sales

Pikirkan saja bahwa perusahaan Anda masih berjalan hanya karena pelanggan Anda.

Setelah pelanggan menggunakan produk Anda dan menyukainya, ada kemungkinan mereka akan terhubung dengan Anda untuk waktu yang lama.

Oleh karena itu, jangan pernah untuk mengabaikan pelanggan ini. Anda dapat meminta mereka untuk membagikan detail pribadi mereka dengan imbalan hadiah atau layanan gratis.

Anda dapat menggunakan informasi tersebut untuk mempromosikan produk Anda di pasar baru di mana orang sama sekali tidak menyadari keberadaan produk Anda.

9 Membuat acara untuk mengapresiasi pelanggan

Jenis teknik ini melibatkan mengadakan pesta kecil untuk pelanggan Anda. gerakan kecil ini tidak akan membebani Anda seperti biaya iklan mewah, tetapi itu pasti akan meningkatkan loyalitas pelanggan terhadap merek Anda.

Anda juga dapat mengatur kompetisi kecil di mana Anda dapat memberikan keranjang hadiah kepada pemenang atau Anda juga dapat memberi mereka diskon untuk pembelian berikutnya.

Untuk membuat acara semacam ini lebih menarik, Anda juga dapat menawarkan makanan seperti pizza, minuman ringan, atau makanan ringan lainnya.

Ini akan menarik pelanggan ke toko Anda. Pastikan untuk menampilkan produk yang ingin Anda promosikan secara strategis agar tampil di mata orang.

10. Mengadakan lomba untuk promosi

Jenis teknik promosi ini cukup sering digunakan oleh perusahaan untuk membuat tempat bagi produk mereka yang baru diluncurkan di pasar.

Anda pasti telah memperhatikan banyak blogger dan YouTuber memposting tentang kemitraan mereka dengan berbagai merek dan meminta pelanggan mereka untuk melakukan berbagai tugas untuk mendapatkan kesempatan memenangkan kontes.

Selain itu, perusahaan juga menawarkan diskon tertentu jika pelanggan memasukkan kode yang diberikan oleh YouTuber atau Blogger tertentu.

Atau Anda juga dapat menyelenggarakan kontes dengan cara tradisional seperti mengadakan kontes di toko dan meminta pelanggan untuk berpartisipasi agar berpeluang menang.

Baca juga: Memahami Perbedaan Barang dan Jasa Beserta Contohnya

Kesimpulan

Itulah pembahasan lengkap mengenai 10 teknik promosi yang mudah dilakukan oleh para pemilik bisnis dan juga komponen penting yang harus Anda perhatikan saat merencanakan strategi promosi.

Hampir setiap proses promosi dalam bisnis mememerlukan biaya, dan setiap pemilik bisnis harus bisa mengukur tingkat pengembalian biaya atau ROI dalam strategi promosinya untuk mengetahui seberapa efektif proses pemasaran yang bisnis lakukan.

Untuk memudahkan pemilik bisnis dalam melakukan pencatatan biaya dan proses pengelolaan keuangan yang lebih baik, Anda bisa mencoba menggunakan software akuntansi Kledo.

Kledo adalah software akuntansi berbasis cloud yang sudah digunakan oleh lebih dari 10 ribu pengguna dari berbagai jenis bisnis di Indonesia.

Dengan menggunakan Kledo, Anda bisa dengan mudah membuat laporan keuangan, membuat anggaran, melakukan manajemen persediaan dan aset, proses rekonsiliasi transaksi yang lebih mudah, dan masih banyak lagi.

Jadi tunggu apalagi? Anda bisa mencoba menggunakan Kledo secara gratis selama 14 hari melalui tautan ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

three × five =