10 Rekomendasi Software Akuntansi Bisnis Furnitur Terbaik

software akuntansi bisnis furnitur banner

Industri furnitur dan dekorasi rumah menghadirkan tantangan unik, seperti mengelola persediaan yang beragam, melacak penjualan di berbagai saluran, dan mengatasi fluktuasi permintaan musiman. Oleh karena itu, bisnis furnitur ini membutuhkan software akuntansi yang disesuaikan dengan kebutuhan spesifik mereka untuk mengoptimalkan proses keuangan dan meningkatkan kinerja secara keseluruhan.

Saat memilih software akuntansi terbaik, pasar dibanjiri banyak pilihan, tetapi tidak semuanya disesuaikan untuk memenuhi kebutuhan unik bisnis furnitur.

Pada artikel kali ini kami akan menguraikan fitur-fitur penting yang harus dicari dalam software akuntansi untuk bisnis furnitur dan memberikan 10 rekomendasi software yang bisa Anda pilih.

Fitur yang Perlu Diperhatikan dalam Memilih Software Akuntansi untuk Bisnis Furnitur

Langsung saja, berikut ini beberapa faktor utama yang perlu dipertimbangkan ketika mencari software akuntansi terbaik untuk bisnis furnitur.

Manajemen persediaan

Carilah software akuntansi yang menawarkan fitur manajemen inventaris yang baik dan lengkap, seperti melacak tingkat inventaris, mengelola pesanan pembelian, membuat bill of material, dan memberikan visibilitas real-time ke dalam pergerakan inventaris.

Penetapan biaya pekerjaan

Kebanyakan bisnis furnitur perlu melacak biaya yang terkait dengan produksi produk atau batch. Temukan software yang menawarkan fitur penghitungan biaya pekerjaan, seperti melacak biaya langsung dan tidak langsung, mengalokasikan biaya overhead, dan menghitung profitabilitas berdasarkan pekerjaan atau produk.

Pelaporan keuangan

Bisnis furnitur sering kali memiliki persyaratan pelaporan keuangan yang kompleks. Dapatkan software yang menawarkan kemampuan pelaporan keuangan yang baik, seperti membuat laporan khusus dan mengkonsolidasikan data keuangan dari berbagai entitas jika diperlukan.

Baca juga: Tips Mengembangkan Bisnis Furniture yang Sukses

Kemampuan integrasi

Pertimbangkan kemampuan integrasi software akuntansi dengan sistem bisnis lain, seperti HR sistem, manajemen inventaris, atau platform e-commerce.

Kemudahan penggunaan

Temukan software yang intuitif dan mudah digunakan, dengan antarmuka yang ramah pengguna dan navigasi yang jelas. Software akuntansi terbaik untuk bisnis furnitur juga harus memiliki sumber daya dukungan pelanggan yang bermanfaat, seperti basis pengetahuan atau komunitas pengguna.

Skalabilitas

Pilih software akuntansi yang dapat berkembang seiring dengan pertumbuhan bisnis Anda. Temukan software yang menawarkan fitur dan fungsionalitas yang akan memenuhi kebutuhan Anda saat ini dan di masa mendatang.

Keamanan dan regulasi

Software akuntansi berbasis cloud harus aman dan sesuai dengan standar dan peraturan industri, seperti aturan perpajakan dan PSAK yang berlaku di Indonesia.

Baca juga: Strategi Pemasaran Bisnis Furniture yang Wajib Digunakan

10 Rekomendasi Software Akuntansi untuk Bisnis Furnitur

software akuntansi bisnis furnitur 2

1. Software akuntansi Kledo

Kledo merupakan software akuntansi buatan Indonesia yang sudah banyak digunakan oleh bisnis retail atau manufaktur furnitur untuk membantu proses pembukuan.

Dengan menggunakan Kledo Anda bisa dengan mudah melakukan:

  • Pencatatan transaksi
  • Membuat lebih dari 50 jenis laporan keuangan
  • Manajemen persediaan
  • Mengelola multi cabang dan gudang
  • Manajemen approval transaksi
  • Mencatat biaya pembuatan produk (fitur manufaktur)
  • Gratis implementasi dan training selamanya

Karena berbasi online, Kledo bisa digunakan kapan saja dan dimana saja juga tersedia aplikasinya di Appstore dan Playstore. Software ini juga terintegrasi dengan solusi bisnis lainnya seperti sotware HR, aplikasi kasir atau POS, marketplace, dan masih banyak lagi.

Jika tertarik menggunakan Kledo Anda bisa mencobanya secara gratis selama 14 hari melalui tautan pada gambar di bawah ini:

Banner 3 kledo

Baca juga: 10 Rekomendasi Software Akuntansi Bisnis Konstruksi Terbaik

2. Software akuntansi QuickBooks Online

QuickBooks Online (QBO) dikenal sebagai salah satu softwareakuntansi terbaik untuk bisnis manufaktur furnitur yang dikembangkan oleh Intuit.

Software ini melayani bisnis kecil dan menengah dan menawarkan fitur akuntansi penting seperti:

  • Pembuatan faktur
  • Pelacakan biaya
  • Rekonsiliasi bank
  • Pelaporan keuangan

QBO memungkinkan bisnis untuk mengelola keuangan mereka dari mana saja dengan koneksi internet, dan dapat diakses melalui browser web atau aplikasi seluler.

QBO adalah pilihan populer untuk bisnis dari semua ukuran karena kemudahan penggunaan, keterjangkauan, dan fleksibilitasnya.

Software akuntansi untuk bisnis furnitur ini menawarkan beberapa paket harga untuk bisnis dengan berbagai kebutuhan dan anggaran.

Software ini juga menawarkan uji coba gratis sehingga bisnis dapat mencobanya sebelum berkomitmen untuk berlangganan.

Dengan QuickBooks Online, kebutuhan untuk entri data manual dihilangkan, dan jumlah kesalahan input berkurang ketika pesanan penjualan tidak dilacak secara manual atau dimasukkan ke dalam spreadsheet Excel.

QBO memudahkan untuk mengakses informasi keuangan dengan cepat dan mudah – tidak perlu lagi menunggu hingga akhir bulan untuk mendapatkan gambaran akurat tentang keuangan perusahaan Anda.

Untuk membantu bisnis dalam merampingkan operasi mereka, software ini juga terintegrasi dengan berbagai program pihak ketiga, termasuk pemroses pembayaran, sistem point-of-sale, dan alat CRM.

Baca juga: 10+ Rekomendasi Software Akuntansi Bisinis Otomotif Terbaik

3. Software akuntansi Xero

Xero adalah software akuntansi berbasis cloud untuk bisnis furnitur yang dirancang untuk usaha kecil dan menengah.

Software ini dilengkapi dengan fitur-fitur seperti:

  • Pembuatan faktur
  • Pelacakan biaya
  • Rekonsiliasi bank
  • Pelaporan keuangan
  • Manajemen inventaris

Xero memungkinkan bisnis untuk mengelola keuangan mereka di mana saja dan dapat diakses melalui browser web atau aplikasi seluler.

Xero dikenal dengan antarmuka yang ramah pengguna dan kemudahan penggunaan, menjadikannya pilihan populer untuk bisnis dari semua ukuran.

Software ini menawarkan beberapa paket harga untuk bisnis dengan berbagai kebutuhan dan anggaran. Xero menyediakan sistem dukungan yang kuat yang mencakup sumber daya bantuan online, forum komunitas, dan dukungan pelanggan melalui email.

Xero tidak memiliki nomor telepon dukungan publik, tetapi Anda bisa meminta panggilan, dan mereka akan menghubungi Anda.

Dengan memanfaatkan fitur-fitur Xero, produsen dapat memperoleh wawasan tentang keuangan mereka, mengelola transaksi dengan cepat dan akurat, dan mengakses informasi dari mana saja – membuatnya lebih mudah untuk melacak keuangan dan operasi.

Dengan Xero, produsen furnitur dapat menjalankan bisnis mereka dengan lebih efisien sambil tetap mengendalikan laba.

Baca juga: 7 Rekomendasi Software Akuntansi Bisnis Kecantikan Terbaik

4. Software akuntansi FreshBooks

FreshBooks adalah software akuntansi berbasis cloud untuk produsen furnitur yang juga dirancang untuk membantu bisnis kecil, pekerja lepas, dan kontraktor independen mengelola keuangan mereka.

Software ini menawarkan fitur-fitur seperti:

  • Pembuatan faktur
  • Pelacakan biaya
  • Pelacakan waktu
  • Manajemen proyek
  • Pelaporan keuangan

Sistem ini menyederhanakan tugas-tugas yang memakan waktu yang terkait dengan pembuatan faktur, pembukuan, dan pelaporan biaya.

FreshBooks sangat cocok untuk produsen karena dapat dengan mudah membuat penawaran harga, melacak inventaris dan pesanan, dan menerima pembayaran dari pelanggan dengan cepat dan aman.

Sistem ini juga memberikan wawasan real-time tentang kinerja keuangan sehingga pemilik bisnis dapat membuat keputusan yang tepat tentang operasi mereka.

FreshBooks mengotomatiskan banyak proses manual seperti siklus penagihan dan pembayaran berulang – memungkinkan produsen menghabiskan lebih sedikit waktu untuk pekerjaan administratif dan lebih banyak waktu untuk fokus menjalankan bisnis mereka.

FreshBooks menawarkan cara mudah bagi pemilik bisnis furnitur untuk mengendalikan keuangan mereka sambil tetap terorganisir dan terbarui.

Dengan fitur-fiturnya yang komprehensif dan kemampuan otomatis, FreshBooks dapat membantu produsen merampingkan alur kerja mereka dan membawa bisnis mereka ke tingkat berikutnya.

Baca juga: 10 Rekomendasi Software Akuntansi Bisnis Travel Terbaik

5. Software akuntansi Wave

Wave Accounting adalah software akuntansi berbasis cloud gratis untuk usaha kecil.

Menawarkan antarmuka yang mudah digunakan dan fitur-fitur canggih untuk membantu produsen mengelola keuangan mereka secara sederhana dan efisien.

Dengan Wave Accounting, produsen dapat menganalisis data keuangan mereka dengan cepat, mengurangi waktu yang dihabiskan untuk tugas-tugas pembukuan, dan membuat keputusan bisnis yang lebih cerdas berdasarkan data yang akurat.

Mereka juga dapat dengan mudah:

  • Melacak pendapatan dan pengeluaran
  • Membuat faktur
  • Membuat laporan
  • Memantau arus kas
  • Mengakses penggajian

Software akuntansi ini menawarkan paket harga tunggal untuk fitur-fitur berbayar, termasuk penggajian dan pemrosesan pembayaran.

Menawarkan uji coba gratis, sehingga pengguna dapat mencobanya sebelum berlangganan.

Wave juga menyediakan sistem dukungan yang baik yang mencakup sumber daya bantuan online, forum komunitas, dan dukungan pelanggan melalui email dan telepon.

Wave Accounting juga menawarkan integrasi dengan aplikasi populer lainnya seperti Stripe dan PayPal untuk memudahkan Anda pemilik bisnis furnitur yang melakukan ekspor ke luar negeri.

Karena alasan ini, Wave Accounting adalah solusi ideal untuk bisnis furnitur yang mencari solusi akuntansi yang andal namun hemat biaya.

Baca juga: 10 Rekomendasi Software Akuntansi Bisnis Franchise Terbaik

6. Software Moon Invoice

software akuntansi bisnis furnitur 1

Moon Invoice menyediakan fitur manajemen keuangan yang komprehensif yang dapat membantu merampingkan operasi produsen sekaligus mudah digunakan dan hemat biaya.

Software ini menawarkan fitur-fitur akuntansi yang diperlukan seperti:

  • Faktur
  • Pelacakan waktu
  • Pelacakan biaya
  • Pemrosesan pembayaran
  • Pelaporan keuangan

Dengan alat bantu yang canggih, Moon Invoice menawarkan berbagai fitur yang menyederhanakan pengelolaan keuangan dalam industri furnitur.

Salah satu aspek terbaik dari Moon Invoice adalah kemampuannya untuk menyesuaikan faktur sesuai dengan spesifikasi pelanggan.

Hal ini memastikan keakuratan detail harga dan penagihan saat bertransaksi dengan pelanggan, yang menghemat waktu dan uang dalam jangka panjang.

Selain itu, ini memungkinkan produsen untuk melacak pengeluaran mereka dengan merinci setiap biaya yang terkait dengan produksi sehingga mereka tahu persis ke mana dana mereka pergi dan bagaimana mengelola anggaran mereka dengan lebih baik.

Moon Invoice dapat diintegrasikan dengan sejumlah aplikasi lain, termasuk alat keuangan lain seperti QuickBooks dan Xero, sehingga dapat dengan mudah dimasukkan ke dalam ekosistem akuntansi yang ada.

Hal ini memudahkan pemilik bisnis furnitur untuk tetap terorganisir dan melacak transaksi keuangan mereka.

Moon Invoice sangat berguna bagi produsen yang ingin merampingkan proses manajemen keuangan mereka. Dengan fitur-fiturnya yang mudah digunakan dan harga yang terjangkau, Moon Invoice adalah pilihan tepat bagi produsen yang ingin tetap berada di puncak keuangan mereka.

Baca juga: 10 Rekomendasi Software Akuntansi Bisnis Pakaian dan Tips Memilihnya

7. Software Paychex

Paychex adalah alat akuntansi yang dirancang untuk membantu bisnis dari semua ukuran mengelola keuangan mereka.

Paychex ,enawarkan berbagai layanan, termasuk:

  • Pemrosesan penggajian
  • Manajemen pajak
  • Administrasi tunjangan
  • Manajemen sumber daya manusia

Paychex menawarkan berbagai fitur yang memungkinkan pemilik bisnis furnitur untuk menyesuaikan proses penggajian sesuai dengan kebutuhan mereka.

Ini termasuk opsi untuk menjadwalkan pembayaran, mengatur setoran langsung untuk karyawan, dan melacak jam kerja karyawan secara efisien.

Dengan Paychex, produsen dapat dengan mudah melacak jam kerja karyawan dan tarif gaji atau mengelola informasi yang terkait dengan pajak dan potongan.

Paychex mengotomatiskan sejumlah prosedur yang jika tidak, akan membutuhkan banyak sumber daya untuk memasukkan data secara manual, sehingga bisnis dapat menghemat waktu sambil tetap menjaga pembukuan dan catatan mereka.

Dengan memanfaatkan rangkaian layanan dan alat Paychex yang komprehensif, pemilik bisnis furnitur dapat mengelola keuangan mereka dengan lebih baik tanpa mempekerjakan staf tambahan atau membayar perangkat lunak yang mahal.

Dengan Paychex, bisnis dapat dengan mudah melacak keuangan mereka dan memastikan bahwa mereka mematuhi semua hukum dan peraturan yang berlaku.

Secara keseluruhan, menggunakan Paychex adalah cara terbaik bagi produsen furnitur untuk menyederhanakan proses manajemen keuangan mereka dan memastikan kepatuhan tanpa biaya tambahan atau kerumitan.

Baca juga: 10+ Rekomendasi Software Akuntansi Untuk Bisnis yang Baru Mulai

8. Software Gusto

Gusto adalah alat akuntansi dan penggajian yang dirancang khusus untuk bisnis kecil.

Alat ini membantu produsen menyederhanakan tugas-tugas akuntansi mereka dengan mengotomatiskan proses-proses utama seperti:

  • Penggajian
  • Penagihan
  • Faktur
  • Pajak

Dengan platform terpadu yang menyederhanakan semua aktivitas terkait ini, produsen dapat menghemat waktu dan uang sambil tetap mematuhi peraturan terbaru.

Dasbor Gusto yang intuitif memudahkan untuk memantau arus kas, meninjau data keuangan secara real-time, dan mengelola berbagai akun dan mata uang.

Pada akhirnya, Gusto menawarkan kenyamanan dan efisiensi bagi bisnis furnitur kecil saat menangani tugas-tugas akuntansi sehari-hari.

Gusto juga merupakan sistem yang aman yang melindungi informasi keuangan sensitif dari peretas dan entitas jahat lainnya.

Dengan memanfaatkan alat yang kuat ini, produsen dapat memfokuskan energi mereka pada aspek-aspek yang lebih penting dari bisnis mereka, seperti inovasi dan pertumbuhan.

Karena alasan-alasan ini, banyak produsen memilih Gusto untuk membantu mereka mengelola keuangan dan membawa bisnis mereka ke tingkat berikutnya.

Baca juga: 10 Software Akuntansi Bisnis Online dan Tips Memilihnya

9. Software AvidXchange

AvidXchange adalah alat akuntansi yang dirancang untuk menyederhanakan proses pengelolaan dan pembayaran tagihan.

Ini adalah platform berbasis cloud yang membantu perusahaan mengotomatiskan proses hutang piutang mereka, menyederhanakan entri data, dan melihat arus kas secara real-time.

AvidXchange terintegrasi langsung dengan software akuntansi perusahaan yang sudah ada, sehingga prosesnya menjadi lebih cepat dan sederhana:

  • Pembuatan faktur
  • Perutean persetujuan
  • Pemrosesan pembayaran
  • Kemampuan pelaporan
  • Analisis data

Mengotomatiskan proses utang usaha dapat membantu mengurangi biaya yang terkait dengan dokumen dan tenaga kerja manual karena tidak perlu lagi memasukkan faktur secara manual atau merekonsiliasi pembayaran, sehingga membebaskan waktu dan sumber daya untuk fokus pada tugas-tugas lain.

AvidXchange membantu produsen furnitur mendapatkan visibilitas keuangan ke dalam akun mereka dengan menyediakan analitik real-time dan kemampuan pelaporan, memungkinkan pengguna untuk melacak arus kas dengan lebih baik dan membuat keputusan yang tepat.

Platform ini menawarkan metode pembayaran yang aman untuk vendor, membantu memastikan bahwa pembayaran vendor diterima dengan cepat dan akurat. Dengan AvidXchange, produsen dapat menghemat waktu dan uang sekaligus meningkatkan akurasi dalam semua aspek akuntansi mereka.

Baca juga: 10 Contoh Software Akuntansi Desktop untuk Bisnis Anda

10. Software akuntansi Deskera

Deskera Books adalah solusi software akuntansi berbasis cloud yang lengkap untuk usaha kecil dan menengah, termasuk bisnis furnitur.

Ini membantu pengguna merampingkan operasi keuangan mereka dengan menyediakan alat untuk mengelola mereka:

  • Akun
  • Faktur
  • Tagihan
  • Pembayaran
  • Pajak

Dengan Deskera Books, produsen dapat dengan mudah melacak penjualan dan pengeluaran mereka untuk selalu memiliki gambaran akurat tentang kinerja keuangan mereka.

Software akuntansi ini menyediakan fitur-fitur yang berguna, seperti layanan rekonsiliasi bank otomatis, sehingga pengguna dapat menghemat waktu untuk memasukkan data secara manual.

Selain itu, software ini juga menawarkan transaksi online yang aman dengan dukungan untuk berbagai gateway pembayaran dan tetap mematuhi hukum pajak setempat.

Melalui antarmuka dasbor yang intuitif, pengguna dapat dengan cepat mengakses informasi penting dan membuat keputusan yang tepat berdasarkan data keuangan terkini.

Deskera Books juga terintegrasi dengan aplikasi bisnis lainnya sehingga produsen dapat dengan mudah mengakses informasi mereka dari satu platform, yang semakin menyederhanakan proses akuntansi.

Baca juga: 10 Software Akuntansi Terbaik untuk UMKM

Kesimpulan

Daftar singkat rekomendasi software akuntansi terbaik di atas sangat cocok untuk bisnis furnitur dari berbagai skala bisnis. Anda sekarang memahami apa yang harus dicari ketika memilih software terbaik untuk bisnis manufaktur.

Namun, jika kami dapat memberikan satu saran terakhir sebelum artikel ini selesai, saran tersebut adalah ini:

Temukan sistem akuntansi bisnis furnitur yang mudah digunakan dan terintegrasi dengan alat bisnis yang lain.

Salah satu yang kami rekomendasikan adalah dengan menggunakan software akuntansi Kledo.

Selain terintegrasi dan mudah digunakan, Anda juga akan mendapatkan layanan pelanggan terbaik di Indonesia dan kami janjikan Anda akan mendapatkan layanan tersebut secara gratis. Tanpa mengeluarkan biaya.

Jika tertarik, Anda bisa mencoba mencoba menggunakan Kledo secara gratis selama 14 hari melalui tautan ini.

sugi priharto

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

eleven + 7 =