Aplikasi Akuntansi dan Kegunaannya untuk Keuangan Bisnis

aplikasi akuntansi

Aplikasi akuntansi merupakan salah satu produk positif kemajuan teknologi di era yang menuntut kecepatan dan ketepatan. Dengan adanya aplikasi tersebut, bisnis pun dapat berjalan dengan lancar serta lebih efisien.

Coba bayangkan di masa lampau ketika belum ada kecanggihan pada bidang akuntansi! Akuntan zaman old harus melakukan pengidentifikasian, pencatatan, analisis, dan pelaporan secara manual.

Tak masalah apabila frekuensi transaksi dalam sehari hanya dalam hitungan jari. Namun, jika hal tersebut terjadi di perusahaan besar yang bisa melakukan ribuan transaksi dalam sehari, tentu menjadi sebuah masalah besar.

Masalah tersebut berkaitan dengan efektifitas waktu dan efisiensi sumber daya. Pencatatan secara manual membutuhkan waktu yang lama dan memerlukan banyak sumber daya.

Hal tersebut dapat membuat laju kinerja perusahaan lambat. Padahal dunia bisnis menuntut kinerja yang tepat, tangkas, dan cepat. Jika kalah cepat, maka perusahaan akan kalah saing dengan perusahaan kompetitor lainnya.

Untungnya, sekarang sudah tercipta aplikasi akuntansi yang membantu dan meringankan beban kinerja perusahaan. Agar lebih paham, sila baca artikel ini yang akan mengulik secara mendalam mengenai aplikasi di bidang keuangan ini!

Apa yang Dimaksud Aplikasi Akuntansi?

aplikasi akuntansi

Aplikasi akuntansi dapat disebut juga dengan sebutan software akuntansi. Yang dapat diartikan sebagai perangkat lunak yang melakukan berbagai tugas akuntansi dan pembukuan bisnis.

Software ini menyimpan data keuangan, bisnis, dan sering digunakan untuk melakukan transaksi bisnis.

Kawan Kledo, kebanyakan software akuntansi modern selalu terhubung dengan sambungan internet. Dengan demikian, Kawan Kledo dapat menggunakan perangkat teknologi apa pun asalkan tersambung dengan internet. Misalnya laptop atau smartphone.

Ruang online dimana Kawan Kledo mengakses data dinamakan cloud. Software akuntansi online secara otomatis akan meneriima dan melakukan pembaruan karena selalu tersambung dengan internet.

Antara perangkat lunak akuntansi yang satu dengan yang lain tentu saja berbeda. Namun, secara garis besar semua software akuntansi secara otomatis melakukan tugas untuk memasukkan, menyimpan, dan melakukan analisis data.

Selain itu, ada juga software akuntansi yang menyediakan menu pilihan yang mencatat transaksi rutin seperti faktur, pembayaran tagihan, penggajian, dan pelaporan keuangan. Hal ini sangat berguna untuk menghemat waktu dan biaya.

Mengapa Menggunakan Aplikasi Akuntansi ?

Software akuntansi mempunyai tujuan utama untuk memudahkan proses akuntansi di sebuah perusahaan. Oleh sebab itu, keberadaannya sangat penting bagi sebuah entitas bisnis.

Nah, selain tujuan di atas, software akuntansi juga mempunyai kegunaan lainnya. Berikut ulasan lengkapnya yang meliputi:

Membantu akuntan meningkatkan produktivitas kerja

Kinerja akuntan dapat menjadi lebih cepat karena adanya dukungan dari software akuntansi.

Dengan demikian, produktivitas akuntan akan semakin meningkat yang berdampak positif terhadap perusahaan.

Akuntan zaman now tidak perlu ribet dengan urusan pencatatan di lembaran kertas. Cukup dengan sekali klik, pekerjaan berat akuntan menjadi lebih ringan.

Terjaminnya keamanan data perusahaan

Data perusahaan yang meliputi data keuangan, strategi dan progres bisnis, data karyawan, dan sebagainya bersifat sangat rahasia dan haram hukumnya jika bocor ke pihak lain. Melalui aplikasi akuntansi, data tersebut dapat tersimpan dalam satu server dan tidak sembarang orang yang boleh mengaksesnya.

Menghemat biaya

Software akuntansi membuat pekerjaan akuntansi menjadi lebih mudah. Proses pendataan pun akan berjalan dengan otomatis dan cepat. Sehingga dapat memangkas sumber daya yang dibutuhkan sehingga perusahaan dapat mengurangi pengeluaran.

Memudahkan jalannya bisnis

Poin keempat ini merupakan fungsi utama keberadaan software akuntansi, lho. Nah, software akuntansi ini dapat menimilasir terjadinya human eror. Dalam dunia bisnis, salah memasukkan satu “0” saja dapat menjadi masalah besar. Namun, hal tersebut dapat dihindari dengan adanyaa software akuntansi.

Selain empat fungsi di atas, software akuntansi juga dapat memaksimalkan kinerja semua komponen sumber daya perusahaan. Yang pada akhirnya dapat menciptakan iklim kerja positif yang dapat mendorong kemajuan bisnis perusahaan.

Apa Saja yang Dilakukan Aplikasi Akuntansi?

Sebenarnya bagaimana sih cara kerja software akuntansi? Dan fitur apa saja yang ditawarkan? Jawabannya tergantung dari jenis software akuntansi apa yang Kawan Kledo gunakan. Hal ini dikarenakan masing-masing software akuntansi mempunyai kebijakan yang berbeda-beda.

Namun, secara umum ada delapan tugas yang bisa dikerjakan software akuntansi. Apa saja? Berikut ulasan lengkapnya!

Kemudahan akuntansi

komponen utama yang ditawarkan oleh semua jenis software akuntansi. Berbagai pekerjaan seperti penyusunan jurnal, buku besar, laporan keuangan, maupun rekonsiliasi bank dapat dikerjakan software akuntansi dengan cepat dan tepat.

Penagihan dan Faktur

Ada beberapa software akuntansi yang sudah menawarkan penyelesaian penagihan dan faktur, lho. Dengan demikian, akuntan dapat memantau arus utang dan piutang dengan mudah.

Penganggaran dan Peramalan

Software akuntansi juga dapat melakukan tugas analisis kinerja keuangan pada tahun yang sedang berjalan serta membantu menyusun perkiraan anggaran pada tahun berikutnya, lho. Dengan begitu, perusahaan terbantu dalam mempersiapkan strategi dan target pencapaian bisnis pada tahun berikutnya.

Manajemen Aset Tetap

Software akuntansi dapat membantu monitoring aset tetap perusahaan dengan menggabungkan beberapa fitur seperti riwayat audit, catatan biaya, penyusutan aset tetap, dan sebagainya.

Manajemen Penggajian

Aplikasi akuntansi juga dapat membantu transaksi rutin penggajian, lho. Dengan kemudahan yang ditawarkan, Kawan Kledo dapat menghitung dan memproses pembayaran secara mudah.

Akuntansi Proyek

Adapun tugas dari fitur ini yaitu mempekirakan dan menangani biaya overhead yang terkait dengan tenaga kerja, bahan baku, dan lainnya.

Akuntansi Dana

Fitur ini dapat ditemukan pada software akuntansi untuk organisasi pemerintahan dan nirlaba yang meliputi pelacakan pengeluaran donasi, manajemen hibah, dan sebagainya.

Manajemen Inventaris

Fitur ini melakukan tugas pengendalian stok, mengontrol persediaan barang dagang, menghindari segala macam masalah pengiriman seperti salah jenis dan kuantitas prosuk yang dikirim.

Faktor Penting Sebelum Memilih Aplikasi Akuntansi

Lingkup Bisnis

Hal pertama dan terpenting yang harus diperhatikan pemilik bisnis sebelum memilih aplikasi akuntansi adalah ruang lingkup bisnis dan tugas akuntansi apa yang idealnya harus dilakukan oleh sebuah perangkat lunak.

Selain persyaratan akuntansi dasar, buatlah daftar item lain yang Anda inginkan untuk ditangani oleh perangkat lunak akuntansi, seperti penggajian, manajemen inventaris, dan akuntansi biaya.

Pertimbangkan masa depan bisnis dalam keputusan Anda serta operasi saat ini.

Aplikasi yang cocok hari ini mungkin tidak cukup setahun dari sekarang. Ingatlah pertumbuhan dan ekspansi bisnis saat membuat daftar cakupan Anda, oleh sebab itu memilih aplikasi akuntansi berbasis cloud daripada desktop sangat kami rekomendasikan.

Modul yang Ada di Dalamnya

Setelah Anda menentukan ruang lingkup bisnis dan tujuan paket akuntansi, menyaring kemungkinan perangkat lunak menjadi tugas yang lebih mudah, karena Anda dapat dengan mudah menghilangkan hal-hal yang tidak mencakup item dalam daftar cakupan Anda.

Untuk setiap paket akuntansi yang mencakup ruang lingkup Anda, tentukan modul mana yang termasuk dalam harga dasar dan modul mana yang memiliki biaya tambahan.

Misalnya, beberapa produsen perangkat lunak membebankan harga tambahan untuk modul penggajian. Catat seluruh biaya setiap paket perangkat lunak sehingga Anda dapat membandingkan paket secara akurat.

Akses dan Portabilitas

Jika Anda memiliki satu lokasi bisnis dan tidak berharap itu berubah, paket akuntansi apa pun yang diinstal pada server jaringan cocok untuk bisnis Anda.

Tetapi jika Anda memiliki, atau berniat memiliki, beberapa lokasi, Anda perlu mempertimbangkan bagaimana karyawan lapangan akan mengakses perangkat lunak akuntansi, jika diperlukan.

Jika Anda tidak memiliki karyawan teknologi informasi, pengaturan login server pertukaran mungkin merupakan proses yang terlalu rumit untuk diinstal atau dipecahkan saat Anda mengalami masalah.

Dalam kasus bisnis kecil dengan banyak lokasi, atau karyawan yang bekerja dari rumah, aplikasi akuntansi pnline mungkin merupakan pilihan terbaik.

Pengetahuan yang Dibutuhkan

Aplikasi akuntansi yang andal dan serba bisa tetap tidak berguna jika karyawan Anda tidak dapat belajar menggunakannya.

Saat memilih perangkat lunak akuntansi, Anda harus mempertimbangkan tingkat pendidikan karyawan Anda dan kesulitan pemilihan perangkat lunak.

Beberapa perangkat lunak akuntansi memerlukan pengetahuan akuntansi tingkat tinggi untuk penyiapan dan penggunaan, sementara software akuntansi seperti Kledo ditujukan untuk pemilik bisnis dan karyawan yang tidak memiliki pendidikan atau pengalaman akuntansi.

Biaya

Setelah Anda memilih paket perangkat lunak berdasarkan cakupan, portabilitas, modul, dan persyaratan pengetahuan, faktor terakhir yang perlu dipertimbangkan adalah biaya paket perangkat lunak yang tersisa.

Saat mempertimbangkan biaya, pertimbangkan biaya untuk peningkatan, lisensi tahunan, dan dukungan.

Bandingkan paket dukungan teknis dan masukkan paket dukungan biaya tambahan ke dalam biaya keseluruhan perangkat lunak akuntansi.

Jika Anda tidak dapat melakukan sendiri penginstalan dan penyetelan perangkat lunak akuntansi, dapatkan perkiraan untuk penginstalan dan penyetelan dan faktorkan angka-angka tersebut ke dalam biaya keseluruhan.

Dari semua faktor dalam memilih software akuntansi berdasarkan cakupan bisnis, fitur, kemudahan penggunaan, dan harga, Anda bisa memilih Kledo untuk proses pembukuan bisnis yang lebih mudah dengan harga terjangkau.

Mengapa Harus Kledo?

kledo

Kledo merupakan software akuntansi yang dapat Kawan Kledo gunakan dalam menjalankan bisnis. Dengan Kledo, semua pekerjaan bisnis dapat terselesaikan secara mudah dan cepat.

Fitur yang ditawarkan Kledo pun sangat lengkap mulai dari pencatatan pengeluaran dan pendapatan, aset, hutang dan piutang, pembelian, penjualan, tagihan, faktur, hingga rekonsiliasi bank.

Kledo dapat membantu Kawan Kledo menampilkan laporan akuntansi dengan tampilan yang ciamik. Selain itu, Kledo dapat membantu Kawan Kledo dalam mengambil keputusan bisnis kapanpun dan dimanapun.

Yang lebih menggembirakan, Kledo merupakan software akuntansi all in one yang tersedia secara gratis, lho. Luar biasa keren, bukan? Kledo adalah solusi bisnis Anda. Karena melalui Kledo, hanya dengan sekali “klik”, ratusan pekerjaan akuntansi yang rumit akan terselesaikan dengan mudah dan cepat.

Banner 2 kledo

Kesimpulan

Aplikasi akuntansi merupakan sistem perangkat lunak yang menawarkan berbagai kemudahan dalam melakukan tugas-tugas akuntansi.

Dengan software tersebut, pekerjaan akuntansi yang rumit akan terasa mudah. Proses penyelesaiannya pun hanya memerlukan sedikit waktu yang berbeda dengan sistem akuntansi manual yang membutuhkan waktu yang lama untuk menyelesaikan tugas tersebut.

Software akuntansi dapat memaksimalkan kinerja perusahaan. Dengan demikian, kemajuan bisnis Kawan Kledo akan semakin mudah untuk digapai. Yuk daftar Kledo sekarang juga!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

20 − eighteen =