10 Rekomendasi Aplikasi Kasir Bengkel Terbaik untuk Bisnis

Rekomendasi aplikasi kasir bengkel

Mengelola bengkel bisa menjadi tugas yang menantang, terutama ketika harus memastikan setiap transaksi tercatat dengan akurat, persediaan suku cadang terkelola dengan baik, dan laporan keuangan tersusun rapi. Inilah mengapa aplikasi kasir menjadi alat bantu yang sangat penting bagi operasional bengkel Anda.

Aplikasi kasir tidak hanya mempermudah pencatatan transaksi, tetapi juga memberikan solusi komprehensif untuk berbagai aspek manajemen bengkel.

Selain itu, menggunakan aplikasi kasir di bengkel membuat proses pembayaran menjadi lebih cepat, sehingga pelanggan tidak perlu menunggu lama.

Kemudian, dengan adanya data yang terorganisir dengan baik, Anda juga dapat membuat keputusan bisnis yang lebih baik berdasarkan laporan keuangan dan analisis penjualan yang dihasilkan aplikasi.

Untuk itu, di artikel ini kami akan merekomendasikan 10 aplikasi kasir terbaik yang cocok digunakan para pelaku bisnis bengkel seperti Anda.

10 Aplikasi Kasir Terbaik untuk Bisnis Bengkel

Mengelola bisnis bengkel bukanlah tugas yang mudah. Dari pencatatan transaksi hingga manajemen inventaris, semua aspek harus dikelola dengan efisien.

Salah satu cara terbaik untuk memastikan operasional yang lancar adalah dengan menggunakan aplikasi kasir yang tepat.

Berikut adalah 10 aplikasi kasir terbaik yang cocok untuk bisnis bengkel, lengkap dengan informasi harga berlangganan, fitur, kelebihan, dan kekurangannya.

1. Kledo POS

Kledo POS

Kledo Pos merupakan salah satu aplikasi kasir buatan Indonesia yang memiliki fitur lengkap yang terintegrasi langsung ke software akuntansi Kledo.

Kledo Pos sangat cocok digunakan untuk bisnis berkembang seperti bengkel karena sangat mudah dioperasikan dan bisa digunakan gratis selamanya tanpa harus mengeluarkan biaya langganan.

Harga langganan

Gratis

Fitur yang ditawarkan

Kledo memiliki beragam fitur yang memudahkan pengelolaan transaksi bisnis bengkel Anda, mulai dari pencatatan transaksi penjualan, penjualan custom, database customer, manajemen inventori, pengaturan promo dan diskon, dan sudah support untuk berbagai macam jenis pembayaran. Selain itu, Kledo POS juga bisa digunakan secara offline tanpa harus tersambung dengan jaringan internet.

Kelebihan

Salah satu kelebihan utama Kledo POS ialah aplikasi ini dapat digunakan secara gratis selamanya sehingga bisnis tidak perlu mengeluarkan anggaran besar untuk menggunakan aplikasi ini.

Kledo POS juga cocok digunakan pada bisnis yang memiliki banyak serta cabang serta respon dukungan pelanggan yang cepat ketika Anda memerlukan bantuan.

Kekurangan

Kledo POS merupakan aplikasi kasir yang baru saja diluncurkan sehingga fitur-fitur yang dimiliki belum bisa mendukung kebutuhan perusahaan skala besar. Akan tetapi, Kledo POS terus melakukan pengembangan agar dapat menyediakan berbagai fitur sesuai dengan kebutuhan para penggunanya.

kledo pos 2

2. Vend

Aplikasi kasir Vend

Vend merupakan salah satu aplikasi kasir yang sangat populer di kalangan pembisnis, karena dikenal memiliki antarmuka yang intuitif dan kemampuannya untuk mengelola inventaris secara efektif.

Harga berlangganan:

  • Lite seharga $99 per bulan
  • Pro seharga $129 per bulan.

Fitur yang ditawarkan

Vend menyediakan berbagai fitur seperti manajemen inventaris, pelaporan dan analitik, integrasi dengan perangkat keras POS, serta dukungan pelanggan 24/7.

Selain itu, Vend juga dapat diintegrasikan dengan platform e-commerce, memungkinkan bisnis bengkel yang memiliki toko online untuk mengelola penjualan secara terpusat.

Kelebihan

Kelebihan utama Vend adalah antarmukanya yang mudah digunakan dan dukungan multi-outlet, ideal untuk bengkel dengan beberapa lokasi. Fitur integrasi yang luas juga memungkinkan penyesuaian sesuai kebutuhan bisnis.

Kekurangan

Namun, harga yang relatif tinggi bisa menjadi kendala bagi bengkel kecil. Beberapa fitur canggih seperti pelaporan lanjutan hanya tersedia di paket Pro, membuat Lite kurang optimal bagi bisnis yang membutuhkan lebih banyak fitur.

Baca juga: Point of Sales: Pengertian, Fungsi dan Manfaatnya untuk Bisnis

3. iReap POS

Aplikasi kasir bengkel Ireap POS

Harga berlangganan

  • Basic: Gratis
  • Pro: Rp199,000 per bulan per toko

Fitur

iReap POS menawarkan berbagai fitur seperti manajemen inventaris, pelaporan penjualan, multi-outlet support, dan sinkronisasi data real-time. Aplikasi ini juga memungkinkan pengelolaan diskon dan promosi serta pencatatan transaksi secara offline.

Kelebihan

iReap POS memiliki antarmuka yang user-friendly dan mudah digunakan. Versi gratisnya sudah cukup lengkap untuk kebutuhan dasar bisnis bengkel. Selain itu, dukungan multi-outlet sangat bermanfaat bagi bisnis dengan lebih dari satu lokasi.

Kekurangan

Beberapa fitur canggih hanya tersedia di versi Pro. Integrasi dengan perangkat keras tambahan juga bisa menjadi tantangan bagi beberapa pengguna.

Baca juga: 11 Tugas Kasir, Skill yang Dibutuhkan, dan Gajinya

4. Square POS

Square POS

Square POS terkenal dengan biaya awal yang rendah dan kemudahan penggunaan. Aplikasi ini menawarkan paket gratis juga paket berbayar dengan fitur lebih lengkap.

Harga berlangganan

  • Gratis (dengan biaya transaksi 2.6% + 10¢ per gesekan)
  • Plus: $60 per bulan per lokasi

Fitur yang ditawarkan

Square POS menyediakan fitur manajemen inventaris, pelaporan waktu nyata, pemrosesan pembayaran, serta program loyalitas pelanggan (dengan biaya tambahan). Integrasi dengan Square App Marketplace memungkinkan pengguna untuk menambahkan fungsi tambahan sesuai kebutuhan.

Kelebihan

Biaya langganan awal yang murah membuat Square POS sangat menarik bagi bisnis kecil. Aplikasi ini juga mudah diatur dan digunakan, dengan banyak opsi integrasi untuk menyesuaikan kebutuhan spesifik.

Kekurangan

Meskipun biaya awal rendah, biaya transaksi bisa bertambah signifikan seiring dengan volume penjualan. Selain itu, beberapa fitur lanjutan memerlukan paket berbayar, sehingga bisnis yang berkembang mungkin perlu mempertimbangkan upgrade.

Baca juga: Contoh SOP Kasir yang Efektif dan Panduan Membuatnya

5. Moka POS

aplikasi moka pos

Moka POS adalah aplikasi kasir berbasis cloud yang sangat populer di dunia bisnis, termasuk bengkel. Aplikasi ini menawarkan solusi komprehensif untuk manajemen operasional.

Harga berlangganan

  • Basic: Rp299,000 per bulan per perangkat
  • Pro: Rp599,000 per bulan per perangkat

Fitur yang ditawarkan

Moka POS menyediakan fitur lengkap seperti manajemen inventaris, pelaporan dan analitik, loyalty program, manajemen karyawan, dan integrasi dengan berbagai metode pembayaran. Aplikasi ini juga mendukung pemantauan penjualan secara real-time.

Kelebihan

Keunggulan utama Moka POS adalah kemudahan dalam pemantauan penjualan dan pengelolaan inventaris secara real-time. Aplikasi ini juga mendukung berbagai metode pembayaran, memudahkan transaksi bagi pelanggan.

Kekurangan

Namun, harga berlangganannya cukup tinggi dibandingkan dengan aplikasi lain. Beberapa fitur hanya tersedia di paket Pro, sehingga versi Basic mungkin tidak mencukupi untuk bisnis yang berkembang pesat.

Baca juga: Tips Mengelola Keuangan Untuk Usaha Bengkel

6. Lightspeed Retail

Lightspeed POS

Lightspeed Retail adalah solusi kasir yang menawarkan manajemen inventaris yang canggih, sangat cocok untuk bengkel yang membutuhkan pengelolaan stok yang detail.

Harga berlangganan

  • Basic: $69 per bulan
  • Standard: $99 per bulan
  • Advanced: $169 per bulan

Fitur yang ditawarkan

Dengan Lightspeed Retail, pengguna mendapatkan manajemen inventaris yang mendalam, pelaporan dan analitik yang detail, manajemen pesanan dan faktur, serta dukungan multi-lokasi. Selain itu, aplikasi kasir ini juga bisa diintegrasikan dengan e-commerce.

Kelebihan

Fitur manajemen inventaris yang kuat dan dukungan multi-lokasi menjadikan Lightspeed Retail pilihan ideal bagi bisnis yang berkembang. Pelaporan yang mendalam juga membantu dalam pengambilan keputusan yang lebih baik.

Kekurangan

Namun, harga yang cukup tinggi mungkin bisa menjadi kendala bagi bengkel kecil. Selain itu, mempelajari semua fitur yang ditawarkan bisa memakan waktu, memerlukan investasi waktu dalam pelatihan.

Baca juga: Tips Untuk Mengurangi Pengeluaran Usaha Bengkel

7. Olsera POS

Aplikasi kasir bengkel Olsera POS

Olsera POS adalah aplikasi kasir yang menawarkan solusi lengkap untuk berbagai jenis bisnis, termasuk bengkel. Aplikasi ini memiliki fitur-fitur yang mendukung operasional bisnis sehari-hari.

Harga berlangganan

  • Standard: Rp150.000 per bulan per perangkat
  • Pro: Rp250.000 per bulan per perangkat

Fitur

Olsera POS menawarkan fitur seperti manajemen inventaris, pelaporan penjualan, multi-store management, integrasi e-commerce, dan dukungan offline mode. Aplikasi ini juga menyediakan fitur CRM untuk mengelola hubungan dengan pelanggan.

Kelebihan

Olsera POS memiliki fitur yang sangat lengkap dengan harga yang cukup terjangkau. Integrasi dengan e-commerce sangat cocok untuk bengkel yang juga menjual produk secara online. Dukungan offline mode memastikan operasional tetap berjalan meskipun tanpa koneksi internet.

Kekurangan

Beberapa pengguna melaporkan bahwa antarmuka bisa terasa sedikit kompleks bagi pengguna baru. Selain itu, beberapa fitur canggih hanya tersedia di paket Pro.

Baca juga: Tips Meningkatkan Keuntungan Usaha Bengkel dengan Instan

8. Shopify POS

Shopify POS

Selanjutnya, Shopify POS bisa dijadikan sebagai aplikasi kasir usaha bengkel Anda, karena fiturnya yang akan memudahkan operasional bisnis.

Harga berlangganan

  • Basic Shopify: $29 per bulan
  • Shopify: $79 per bulan
  • Advanced Shopify: $299 per bulan

Fitur yang ditawarkan

Shopify POS menyediakan manajemen produk dan inventaris, integrasi dengan toko online Shopify, pelaporan dan analitik, serta dukungan pelanggan 24/7. Integrasi dengan berbagai aplikasi memungkinkan penyesuaian sesuai kebutuhan bisnis.

Kelebihan

Integrasi yang kuat dengan e-commerce membuat Shopify POS sangat ideal untuk bisnis yang ingin menjual secara online. Aplikasi ini juga mudah digunakan dan disesuaikan, dengan dukungan pelanggan yang solid.

Kekurangan

Beberapa fitur POS lanjutan hanya tersedia di paket yang lebih mahal. Selain itu, biaya tambahan untuk aplikasi pihak ketiga bisa meningkatkan biaya operasional.

Baca juga: Mencari Software Akuntansi yang Cocok untuk Bengkel Anda? Perhatikan Hal Ini

9. Kasir Pintar

Kasir Pintar

Kasir Pintar merupakan aplikasi kasir yang menawarkan layanan dengan biaya terjangkau dan fitur-fitur yang cocok untuk bisnis kecil hingga menengah, tak terkecuali bisnis bengkel.

Harga berlangganan:

  • Basic: Gratis
  • Pro: Rp50,000 per bulan per perangkat

Fitur

Kasir Pintar menawarkan fitur manajemen inventaris, pencatatan penjualan, pelaporan dan analitik, serta dukungan multi-outlet. Aplikasi ini juga mendukung berbagai metode pembayaran dan menyediakan fitur CRM.

Kelebihan

Harga berlangganan Kasir Pintar sangat terjangkau dan mudah digunakan, terutama untuk bisnis kecil. Versi gratisnya sudah mencakup fitur dasar yang cukup lengkap. Aplikasi ini juga mendukung berbagai metode pembayaran, memudahkan transaksi.

Kekurangan

Namun, fitur yang tersedia di versi gratis cukup terbatas dibandingkan versi Pro. Selain itu, integrasi dengan perangkat keras tambahan juga harus memerlukan biaya tambahan.

Baca juga: 10 Rekomendasi Software POS Terbaik untuk Bisnis Anda

10. Toast POS

Toast POS

Toast POS adalah sistem kasir yang dikenal dengan keandalan dan fleksibilitasnya. Berikut rincian paket dan harga berlangganannya:

Harga berlangganan

  • Core: Mulai dari $69 per bulan
  • Essentials: Mulai dari $99 per bulan
  • Growth: Mulai dari $189 per bulan

Fitur yang ditawarkan

Toast POS menawarkan manajemen inventaris dan menu, pelaporan dan analitik, program loyalitas pelanggan, serta dukungan multi-lokasi. Integrasi dengan sistem pembayaran memastikan proses transaksi yang lancar.

Kelebihan

Sistem yang kuat dan dapat diandalkan dengan banyak pilihan fitur yang dapat disesuaikan sesuai kebutuhan bisnis. Dukungan pelanggan yang baik juga menjadi salah satu kelebihan utama Toast POS.

Kekurangan

Harga yang cukup mahal, terutama untuk paket dengan fitur lengkap, bisa menjadi kendala bagi bengkel kecil. Selain itu, proses setup bisa memakan waktu, memerlukan waktu dan usaha dalam proses implementasi.

Baca juga: 10 Cara Menarik Pelanggan untuk Meningkatkan Penjualan Bisnis

Kesimpulan

Memilih aplikasi kasir yang tepat adalah langkah penting untuk memastikan operasional bengkel berjalan lancar dan efisien. Dari 10 aplikasi kasir yang telah diulas, masing-masing memiliki fitur, kelebihan, dan kekurangan yang unik, namun semuanya dirancang untuk mendukung kebutuhan spesifik bisnis bengkel.

Dengan mengevaluasi kebutuhan spesifik bengkel Anda dan mempertimbangkan fitur serta harga berlangganan masing-masing aplikasi, Anda dapat memilih aplikasi kasir yang paling sesuai untuk mendukung kesuksesan operasional dan pertumbuhan bisnis Anda.

Nah, jika Anda sedang mencari aplikasi kasir gratis dengan fitur yang tangguh, yuk coba Kledo POS sekarang juga melalui tautan ini dan buktikan sendiri bagaimana Kledo POS akan memudahkan jalannya operasional transaksi bisnis!

Annisa Herawati

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

twelve − eight =