Point of Sales: Pengertian, Fungsi dan Manfaatnya untuk Bisnis

Point of Sales (POS)

Apakah Anda sudah tahu apa sih yang dimaksud point of sales? Point of sales (POS) merupakan sebuah sistem yang digunakan untuk merekam semua data bisnis supaya semuanya tersusun rapi. Dengan data yang tercatat rapi, akan membantu mempermudah para pelaku bisnis dalam mencatat pendapatan penjualan tiap bulannya.

Selain mereka data pendapatan, POS juga dapat membantu pelaku bisnis menentukan strategi penjualan, lho.

Jadi, bagaimana cara kerja POS? Yuk, pelajari selengkapnya di artikel berikut ini!

Apa yang Dimaksud Point of Sales?

aplikasi kasir

Point of Sales (POS) atau Titik Penjualan adalah suatu sistem yang digunakan dalam berbagai jenis bisnis untuk mempermudah proses transaksi jual beli secara cepat, aman, dan sistematis. POS juga merupakan versi modern dari mesin kasir konvensional yang masih sering digunakan di beberapa toko atau usaha.

Biasanya, bentuk perangkat POS yang sering kita jumpai berupa mesin, smartphone, tablet, mesin EDC, atau perangkat lain yang dapat digunakan untuk mencatat transaksi di toko.

Awalnya, POS hanya berfungsi sebagai mesin kasir yang digunakan untuk mencatat transaksi penjualan dan mencetak struk.

Namun, seiring perkembangan teknologi, fungsi POS menjadi lebih luas dengan menghadirkan fitur-fitur yang memanfaatkan teknologi internet.

Saat ini, POS dapat digunakan untuk menyimpan database pelanggan, menghitung laba rugi bisnis, bahkan bisa digunakan juga untuk menyusun laporan penjualan.

Baca juga: 15 Rekomendasi Software Kasir yang Cocok untuk Bisnis Anda

Sejarah Munculnya Aplikasi Point of Sales (POS)

Sejarah Sistem Point of Sale (POS) dimulai dari tahun 1800-an ketika James Ritty, seorang pemilik bar, yang menciptakan mesin kasir konvensional untuk mencegah tindakan korupsi oleh karyawannya. Namun, mari kita fokus pada perkembangan lebih lanjut yang membawa kita ke era modern Point of Sale.

Peluncuran Electronic Cash Registers (ECR)

Pada bulan Agustus tahun 1973, IBM mengumumkan 3650 dan 3660 Sistem Store. Ini adalah kerangka utama komputer yang dikemas sebagai store back end yang dapat mengontrol 128 IBM 3653/3663 Point of Sale Register.

Sistem ini merupakan penggunaan komersial pertama dari teknologi client-server, peer-to-peer komunikasi, Local Area Network (LAN), dan inisialisasi terpencil.

Pada pertengahan tahun 1974, sistem ini telah terpasang di Toko Pathmark di New Jersey dan Dillards Department Store.

Programabilitas dari sistem ini memungkinkan pengecer untuk lebih kreatif dalam mengelola transaksi.

Inovasi oleh Gene Mosher

Pada tahun 1979, Gene Mosher dari Old Canal Cafe di Syracuse, New York, menggunakan Point of Sale Software yang ditulis olehnya untuk menerima pesanan pelanggan di depan pintu masuk restoran.

Perangkat lunak ini beroperasi pada Apple II dan mencetak rincian persiapan makanan di dapur.

Pelanggan sering menemukan makanan mereka sudah menunggu di meja mereka berkat sistem ini.

Software ini juga mencakup laporan tenaga kerja dan biaya makanan secara real-time.

Baca juga: Cara Mudah Lacak Resi Shopee untuk Semua Jasa Pengiriman

Pengembangan Komputer Layar Sentuh dan Berwarna

Pada tahun 1985, Mosher memperkenalkan layar sentuh antarmuka pertama yang didorong oleh POS.

Software ini dioperasikan pada Atari ST, yang merupakan komputer grafis berwarna pertama di dunia untuk konsumen.

Sejak saat itu, promosi Mosher tentang paradigma perangkat lunak ini telah menyebabkan adopsi di seluruh dunia oleh banyak produsen kasir dan pengembang perangkat lunak Point of Sale sebagai standar de facto untuk POS Software Systems. 

Kini, sebagian besar pengecer besar dan kecil menggunakan POS Software untuk mengelola transaksi dan data penjualan mereka.

Baca juga: 11 Fitur yang Wajib Ada dalam Aplikasi Kasir Retail

Manfaat Aplikasi POS bagi Bisnis

Software POS: Touch Bistro

Aplikasi Point of Sale (POS) memiliki banyak manfaat bagi bisnis, terutama dalam mengelola transaksi dan operasional harian. Berikut adalah beberapa manfaat utamanya:

Efisiensi Transaksi

POS mempercepat proses transaksi penjualan. Dengan fitur seperti barcode scanner dan layar sentuh, kasir dapat memproses pembayaran lebih cepat. Selain itu, aplikasi POS juga dapat mengurangi antrian dan waktu tunggu pelanggan di meja kasir.

Pencatatan Otomatis

POS secara otomatis mencatat setiap transaksi penjualan, termasuk detail produk, harga, dan jumlah. Data ini membantu dalam mengelola stok barang, menghitung pendapatan, dan menghasilkan laporan keuangan.

Manajemen Stok

POS memantau stok barang secara real-time. Ketika suatu produk terjual, stok akan berkurang secara otomatis. Ini membantu pemilik bisnis untuk menghindari kehabisan stok atau kelebihan persediaan.

Pelacakan Pelanggan

POS dapat menyimpan informasi pelanggan, seperti nama, alamat, dan riwayat pembelian. Data ini memungkinkan bisnis untuk mengenal pelanggan lebih baik dan menargetkan promosi atau diskon khusus.

Laporan Analitik

POS menghasilkan laporan tentang penjualan harian, mingguan, atau bulanan. Analisis data ini membantu pemilik bisnis mengidentifikasi tren, mengukur kinerja, dan mengambil keputusan strategis.

Keamanan dan Akuntabilitas

POS membatasi akses ke data transaksi hanya untuk staf yang berwenang. Setiap transaksi dicatat dengan rinci, sehingga memudahkan audit dan mengurangi risiko kecurangan.

Integrasi dengan Sistem Lain

POS dapat terintegrasi dengan sistem keuangan, inventaris, dan manajemen pelanggan. Hal ini berguna untuk memastikan konsistensi data di seluruh departemen bisnis.

Fleksibilitas

POS modern berbasis cloud memungkinkan akses dari mana saja dengan koneksi internet. Bahkan, beberapa POS juga dapat digunakan di perangkat seluler.

Dengan menggunakan aplikasi POS, bisnis dapat meningkatkan efisiensi, mengoptimalkan operasional, dan memberikan pengalaman yang lebih baik kepada pelanggan.

Baca juga: 26 Istilah Jual Beli Online yang Wajib Anda Ketahui

5 Rekomendasi Aplikasi POS Terbaik untuk Bisnis

Kledo POS

Kledo POS

Kledo POS merupakan salah satu aplikasi kasir asli buatan Indonesia, yang dapat diintegrasikan dengan aplikasi akuntansi Kledo dan juga software HR Gajihub.

Kledo POS akan membantu penggunanya mencatat transaksi penjualan, mengelola database pelanggan, dan manajemen stok cukup dengan satu aplikasi saja. Kelebihan lainnya, Kledo POS sudah support untuk berbagai jenis pembayaran, termasuk QRIS dan jenis pembayaran digital lainnya.

Mulai dari Rp30 ribu per outlet, Anda sudah bisa menggunakan Kledo POS, jadi aplikasi ini sangat cocok digunakan bagi Anda yang memiliki banyak cabang bisnis karena harga langganannya yang terjangkau dan berbagai fiturnya mudah digunakan.

Jika Anda tertarik menggunakan Kledo POS, silakan kunjungi banner berikut:

kledo pos 2

Moka POS

aplikasi moka pos

Moka POS merupakan aplikasi keluaran GOTO Group, yang bisa digunakan untuk mengelola transaksi hingga manajemen stok.

Dikarenakan merupakan bagian dari GOTO, aplikasi ini bisa langsung diintegrasikan dengan layanan GOTO lainnya, seperti Tokopedia dan Gojek. Hal ini tentu sangat membantu para pelaku bisnis online dan kuliner, yang bermitra dengan 2 aplikasi tersebut.

Biaya langganan bulanan Moka POS berkisar antara Rp290 ribu hingga Rp799 ribu per outlet. Selain software, Moka POS juga meyediakan perangkat kasir seperti printer, scanner, tablet, dan cash drawer.

Baca juga: 10 Ide Bisnis Modal 10 Juta dan Alokasi Modalnya

Nuta POS

aplikasi nuta pos

Berbeda dengan 2 aplikasi sebelumnya, Nuta POS hadir khusus untuk para pelaku bisnis kuliner. Oleh karenanya, berbagai fiturnya menyesuaikan dengan kebutuhan usaha kuliner seperti fitur kasir, manajemen pelanggan, manajemen meja, manajemen karyawan, sistem display dapur, hingga pembuatan laporan keuangan sederhana.

Majoo POS

aplikasi majoo

Sudah digunakan lebih dari 40 ribu pelaku usaha di Indonesia, Majoo POS membantu proses operasional bisnis menjadi lebih efektif dan efisien. Fitur yang dimiliki pun sangat lengkap, mulai dari aplikasi kasir hingga manajemen stok.

Adapun biaya langganan bulanannya berkisar dari Rp249.000 – Rp999.000 per outlet.

Pawoon POS

aplikasi pawoon pos

Pawoon POS merupakan salah satu aplikasi paling populer di Indonesia dan dapat digunakan untuk berbagai jenis usaha.

Selain itu, Pawoon POS juga support untuk memproses berbagai opsi pembayaran digital dan dapat diintegrasikan dengan software akuntansi Kledo. Untuk memperoleh informasi yang lebih detail, Anda dapat mengunjungi tautan ini.

Baca juga: 13 Rekomendasi Buku Bisnis Terbaik di 2024

Kesimpulan

Itulah penjelasan seputar point of sales (POS), mulai dari pengertian, sejarah, manfaatnya, dan 5 rekomendasi aplikasi POS terbaik di Indonesia yang dapat Anda gunakan.

Aplikasi POS (Point of Sales) memiliki manfaat yang signifikan bagi perusahaan dan pebisnis. Dengan sistem POS, pengelolaan transaksi menjadi lebih efisien. Sehingga Anda dapat memberikan layanan yang lebih baik dan membangun basis pelanggan yang lebih loyal.

Untuk itu, Anda dapat menggunakan Kledo POS, sebuah software kasir gratis yang memiliki fitur lengkap, mudah digunakan, dan harga berlangganannya sangat terjangkau.

Jika tertarik, Anda bisa mencoba menggunakan Kledo Pos melalui tautan ini.

Annisa Herawati

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

two − two =