Tips Meningkatkan Keuntungan Usaha Bengkel dengan Instan

meningkatkan keuntungan usaha bengkel dengan instan

Setiap bisnis memiliki cara yang berbeda untuk menghasilkan keuntungan tidak terkecuali pada usaha bengkel. Namun, bisnis bengkel mobil tidak sesederhana kelihatannya. Bisnis ini memiliki karakteristik yang harus dipahami dengan baik untuk membuat bengkel mobil menguntungkan. Dan pada artikel ini kita akan membahas tips untuk meningkatkan keuntungan usaha bengkel.

Beberapa bisnis bengkel mobil terkadang terlihat dengan sejumlah besar kendaraan di toko mereka tetapi tetap saja gagal membuat bengkel mobil itu menguntungkan.

Ini mungkin karena bengkel tersebut banyak mengeluarkan biaya yang tidak perlu, atau mungkin ada layanan dan proses yang sangat baik, tetapi tidak banyak orang yang menyadarinya.

Oleh karena itu banyak area yang perlu diperhatikan untuk menjalankan bengkel otomotif yang sukses. Beberapa orang mungkin memiliki kekhawatiran tentang seberapa menguntungkan bengkel mobil, tetapi jika pendekatan yang seimbang dilakukan dengan memperhatikan semua aspek bisnis, maka tentu bukan tugas besar untuk meningkatkan keuntungan bengkel mobil.

Meskipun mungkin ada banyak area dan aspek seperti itu yang perlu diperhatikan untuk meningkatkan margin keuntungan bengkel mobil, kami telah meringkas 7 cara terbaik untuk meningkatkan keuntungan pada usaha bengkel mobil Anda dan bisa dengan mudah Anda adaptasikan.

1. Mengisi tenaga kerja sesuai segmen pelanggan

meningkatkan keuntungan usaha bengkel

Biaya tenaga kerja harus didasarkan pada segmen pelanggan seperti pelanggan segmen mobil mewah tidak harus membayar harga yang sama seperti untuk pelanggan mobil hatchback.

Cara ini diterima dengan sangat baik di sebagian besar pasar. Ini akan menyeimbangkan margin dan profitabilitas Anda. Anda dapat mengalokasikan dan membedakan tim Anda sesuai dengan yang terbaik yang harus menangani segmen mobil mewah.

Biaya tenaga kerja yang sesuai dengan layanan pelanggan yang baik membantu dalam menarik dan mempertahankan lebih banyak pelanggan dengan margin yang lebih baik.

Baca juga: Apa Saja Tantangan Bisnis Event Organizer? Ini Jawabannya

2. Berikan pilihan suku cadang OEM & OES

Dengan kemajuan dalam kualitas suku cadang dan kondisi mengemudi, banyak pemilik mobil setuju dengan suku cadang after-market (OES) dari merek-merek terkenal yang berkualitas tinggi tetapi harga lebih rendah dan dilengkapi dengan margin yang lebih tinggi untuk bengkel.

Strategi yang lebih baik adalah memberikan kedua opsi dengan informasi yang tepat kepada pelanggan sehingga mereka memiliki pilihan.

Pastikan juga Anda mengetahui kualitas dari berbagai suku cadang yang Anda jual. Walaupun Anda memberikan pilihan suku cadang after market, jangan pernah berkompromi tentang mutu suku cadang tersebut karena kepercayaan pelanggan Anda di tangan Anda.

3. Miliki strategi upselling

Setiap pelanggan merawat kendaraan mereka berdasarkan persyaratan atau status mereka. Tetapi yang pasti, kendaraan tersebut mencerminkan kepribadian mereka.

Mengetahui pelanggan Anda dan menawarkan layanan atau aksesori tambahan saat kendaraan datang untuk diservis atau diperbaiki dapat meningkatkan margin keuntungan usaha bengkel Anda.

Anda dapat membuat paket yang dipersonalisasi dengan pesan yang tepat dan memberi tahu pelanggan. Pendekatan yang jelas dan personal untuk layanan pelanggan dapat membantu meningkatkan penjualan sehingga meningkatkan keuntungan.

Untuk membantu, Anda bisa menggunakan buyer persona untuk mengetahui pelanggan seperti apa saja yang mengunjungi pelanggan Anda, dan terapkan strategi upselling yang berbeda untuk setiap persona pelanggan yang berbeda.

Ingin mengetahui cara membuat buyer persona? Anda bisa mengaksesnya melalui tautan ini.

4. Fokus pada strategi retensi pelanggan

Memperoleh pelanggan baru tidak begitu mudah dan juga mahal, jadi cara terbaik adalah mempertahankan pelanggan yang sudah ada dan mendapatkan rujukan melalui mereka.

Program rujukan pelanggan membantu mempopulerkan bisnis bengkel mobil dan meningkatkan efektivitas promosi dari mulut ke mulut.

Pelanggan yang telah memanfaatkan layanan bengkel mobil dan puas dapat menyarankan beberapa teman dan kenalan mereka. Lalu mereka juga akan diberi imbalan untuk setiap rujukan ini melalui diskon setiap kali mereka mengunjungi toko berikutnya.

Ini menciptakan efek riak di antara orang-orang dan meningkatkan keuntungan usaha bengkel Anda.

5. Fokus pada memberikan layanan terbaik

Salah satu alasan utama bagi pelanggan untuk kembali menggunakan jassa Anda dalam bisnis perbaikan dan bengkel mobil adalah kualitas dari layanan yang Anda berikan.

Reputasi bengkel identik dengan kualitas perbaikan dan jika memburuk maka dapat merusak bisnis secara permanen.

Memiliki pendekatan fix-it-right bahwa kendaraan diperbaiki dengan benar pertama kali dan tidak harus melakuka perbaikan berulang dapat membangun hubungan yang baik dan jangka panjang dengan pelanggan Anda.

Memberikan penawaran yang menjamin layanan yang Anda berikan akan membantu dalam mengembangkan kepercayaan di antara klien dan semakin memperkuat citra bisnis sehingga meningkatkan keuntungan toko.

Baca juga: Prinsip Ekonomi: 10 Prinsip dan Juga Contohnya yang Harus Anda Ketahui

6. Fokus pada peningkatan efisiensi dan produktivitas teknisi

Salah satu cara terbaik untuk meningkatkan margin keuntungan usaha bengkel adalah dengan mengurangi biaya.

Hal ini dimungkinkan dengan meningkatkan efisiensi teknisi dengan melatih dan memotivasi mereka untuk menjadi ahli sehingga teknisi yang sama sekarang dapat melakukan lebih banyak kendaraan atau pekerjaan yang sama dalam waktu yang lebih singkat.

Strategi yang baik adalah memiliki tenaga kerja yang sangat efisien sehingga bengkel Anda dapat melayani lebih banyak kendaraan tanpa investasi baru.

Hal ini juga akan menghemat waktu pelanggan Anda, karena semakin terampil teknisi yang Anda miliki, semakin cepat dan semakin baik hasil kerja mereka.

7. Ingatkan pelanggan Anda tentang layanan yang tepat secara akurat

meningkatkan keuntungan usaha bengkel

Perawatan kendaraan yang tepat dan teratur meningkatkan kinerja dan usianya, namun melacak dan melakukan perawatan sesuai interval yang diperlukan/disarankan merupakan suatu tantangan.

Jika bengkel melacak setiap penggunaan kendaraan dan mengingatkan pelanggan pada waktu yang tepat tentang layanan yang tepat dapat membantu dalam membangun hubungan yang baik dan juga meningkatkan bisnis.

Waktu terbaik untuk menetapkan, menjelaskan, dan mengambil kesepakatan pelanggan tentang jatuh tempo layanan berikutnya adalah ketika pelanggan mengambil pengiriman kendaraannya setelah layanan.

Hal ini memastikan keakuratan dan menjadi tanggung jawab bengkel untuk mengingatkannya melalui telepon, SMS, atau email tepat waktu. Jika pelanggan melewatkan layanan maka itu adalah kerugian bisnis untuk bengkel.

8. Gunakan proses otomasi pada usaha bengkel Anda

Waktu adalah uang, dan proses yang memakan waktu berarti mengurangi keuntungan pada usaha bengkel Anda. Dengan kemajuan teknologi, Anda bisa menggunakan alat atau tools yang memudahkan operasional bengkel Anda dan menghadirkan layanan yang lebih cepat.

Misalnya, Anda bisa mempertimbangkan untuk menggunakan alat hidrolik untuk mengecek bagian bawah kendaraan daripada menyuruh teknisi Anda untuk mengeceknya secara manual.

Lalu, untuk proses administrasi seperti pembukuan, Anda bisa menggunakan software akuntansi yang mudah digunakan dan harga yang terjangkau.

Kita semua tahu, proses pembukuan dan akuntnasi dalam sebuah bisnis adalah proses yang memakan waktu dan rentan kesalahan jika dilakukan secara manual. Dengan menggunakan software akuntansi, maka Anda bisa mengoptimalkan satu proses yang terjadi dalam bisnis Anda.

Sebagai pilihan, Anda bisa menggunakan software akuntnasi Kledo yang telah banyak digunakan untuk usaha bengkel di Indonesia.

Kledo adalah software akuntansi berbasis cloud yang memiliki fitur terlengkap seperti pencatatan penjualan atas barang dan jasa, manajemen stok dan aset yang mudah, mengirim tagihan melalui whatsapp, membuat faktur penjualan dengan praktis, otomasi lebih dari 30 jenis laporan keuangan, dan masih banyak lagi.

Jadi tunggu apalagi? Anda bisa menggunakan Kledo secara gratis selama 14 hari atau selamanya melalui tautan pada gambar di bawah ini:

Banner 3 kledo

Kesimpulan

Cara-cara yang tercantum di atas hanyalah beberapa cara di mana orang dapat melihat seberapa menguntungkan bengkel mobil atau dapat menjadi jika strategi yang tepat digunakan dan area yang tepat difokuskan.

Ada banyak cara lain bagaimana ini dapat dimanfaatkan untuk mengubah bengkel mobil menjadi usaha yang menguntungkan. Seiring dengan beberapa cara tradisional dalam berbisnis, perusahaan juga dapat menggunakan teknologi atau menganalisis data untuk membuat keputusan yang lebih baik.

Tren dan teknologi berubah seiring waktu dan karenanya bisnis juga perlu beradaptasi dengan waktu. Area tersebut membutuhkan investasi dan fokus yang tepat. Seperti yang kami jelaskan diatas, Anda bisa meningkatkan keuntungan usaha bengkel dengan melakukan otomasi pada proses pembukuan Anda dengan menggunakan Kledo.

Anda juga bisa menggunakan Kledo secara gratis selama 14 hari atau selamanya melalui tautan ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

16 + twenty =