Mencari Software Akuntansi yang Cocok untuk Bengkel Anda? Perhatikan Hal Ini

software akuntansi bengkel

Ketika Anda adalah seorang pemilik bisnis yang menjalankan bengkel otomotif, memiliki software akuntansi yang benar akan membantu Anda untuk menangkap tidak hanya biaya yang terkait dengan perbaikan tetapi semua jam kerja dalam bengkel Anda.

Memilih software akuntansi yang tepat dapat membuat estimasi, penagihan, dan pengumpulan menjadi mudah dan membuat perhatian Anda tetap fokus pada bisnis Anda dan bukan pada perangkat lunak Anda.

Software akuntansi terbaik memiliki fitur-fitur ini dikembangkan untuk memenuhi kebutuhan khusus para pemilik bisnis, tidak terkecuali untuk usaha jasa seperti bengkel.

Saat Anda mempertimbangkan untuk menggunkan software akuntansi untuk usaha bengkel Anda, penting untuk meninjau semua fitur yang ada di dalamnya.

Pada artikel ini, kita akan membahas beberapa hal yang perlu Anda pertimbangkan sebelum memilih software akuntansi untuk usaha bengkel Anda.

Mengapa Bengkel Memerlukan Software Akuntansi?

software akuntansi bengkel

Sama seperti bisnis lain, usaha bengkel juga perlu memastikan keuangan mereka baik-baik saja. Tanpa keadaan finansial yang baik, semua bisnis tidak bisa berjalan dengan semesetinya.

Sayanngnya masih banyak bisnis, terutama bengkel di Indonesia tidak menggunakan software akuntansi bahkan tidak melakukan proses pembukuan untuk memastikan kesehatan keuangannya.

Mereka masih beranggapan bahwa melakukan pembukuan adalah proses adalah yang memakan waktu dan menyulitkan.

Mungkin alasan ini benar jika Anda menggunakan proses manual, namun jika Anda menggunakan software akuntansi seperti Kledo, Anda bisa dengan mudah melakukan proses pembukuan dan pengelolaan keuangan usaha Anda dengan mudah dan praktis tanpa harus mengetahui ilmu akuntnasi secara mendalam.

Dengan menggunakan software akuntansi untuk bengkel, Anda bisa dengan mudah melakukan pencatatan seluruh transkasi, memeriksa pos pemborosan pada bisnis, memastikan rencana Anda berjalan dengan maksimal dengan data keuangan yang faktual, dan memudahkan Anda dalam mengambil keputusan bisnis.

Lebih jauh, mari kita ketahui beberapa fitur yang bisa menjadi pertimbangan saat Anda memilih software akuntansi yang tepat untuk bengkel Anda.

Hal yang Harus Dipertimbangkan Saat Memilih Software Akuntansi untuk Bengkel Anda

software akuntansi bengkel

Untuk memastikan bahwa software akuntansi yang Anda pilih sesuai dengan kebutuhan usaha bengkel yang Anda miliki, pastikan mereka memiliki beberapa hal atau fitur berikut ini:

Pencatatan Pengeluaran dan Pemasukan

Ini adalah fitur utama yang harus ada dalam setiap software akuntansi untuk bisnis apapun. Ingatlah, Anda tidak bisa nilai apa yang tidak bisa Anda ukur. Maka dari itu pastikan software akuntansi yang Anda pilih bisa melakukan pengeluaran dan pemasukan agar Anda bisa mengetahui berapa keuntungan yang Anda dapatkan.

Untuk bisnis bengkel, pastikan software akuntansi tersebut juga bisa mencatat penjualan jasa atau item per paket. Hal ini karena bisnis bengkel tidak hanya menjual produk seperti sparepart namun juga bisnis bengkel menjual layanan seperti service.

Jadi jika Anda berencana untuk menggunakan software akuntansi, tanya pada penyedia layana tentang fitur pencatatan jasa agar Anda tidak salah memilih software akuntansi untuk bisnis Anda.

Baca juga: Tips Meningkatkan Keuntungan Usaha Bengkel dengan Instan

Membuat Invoice dan Mencatatnya Secara Otomatis

Ini juga merupakan fitur dasar yang harus dimiliki setiap software akunansi, membuat invoice atau faktur secara otomatis. Jika Anda melakukan penjualan atau pembelian, invoice sangat dibutuhkan sebagai dasar hukum transkasi tersebut.

Jika Anda menggunakan cara manual dalam membuat invoice tentu akan memakan waktu. Dengan menggunakan Kledo, Anda bisa memilih lebih dari 50 template invoice yang sesuai dengan karakteristik bengkel Anda dan tercatat dalam sistem secara otomatis.

Selain itu, Anda juga bisa mengirim invoice tersebut melalui email atau whatsapp sehingga Anda tidak harus mencetaknya dan membuat bisnis Anda lebih hemat dan ramah lingkungan.

Memiliki Fitur Manajemen Persediaan yang Lengkap

Seperti yang kami bilang sebelumnya, usaha bengkel juga menyediakan produk seperti suku cadang, aksesoris otomotif, dan sejenisnya. Untuk itu, penting bagi Anda memilih software akuntansi yang memiliki fitur manajemen persediaan terlengkap untuk memastikan semua stok yang Anda jual berada dalam pantauan.

Dengan Kledo, Anda bisa memantau seluruh stok di banyak gudang dengan fitur multi gudang dan memudahkan Anda dalam mencatat dan memeriksa stok yang tersedia dengan menggunakan barcode scanner.

Pembukuan dan manajemen persediaan adalah dua hal yang tidak bisa dipisahkan. Proses pengelolaan stok yang buruk akan berdampak pada laporan keuangan bengkel, dan membawa Anda pada kerugian bisnis.

Penghitungan Penyusutan Aset

Bisnis apapun tentu memiliki aset, terlebih bisnis jasa seperti bengkel. Aset Anda seperti bangunan, peralatan, dan persediaan harus dihitung nilainya secara rutin untuk memastikan semua aset tersebut selalu dalam kondisi prima.

Jika Anda menggunakan Kledo, Anda juga bisa menghitung penyusutan aset secara otomatis dengan mudah. Dengan begitu Anda bisa menentukan nilai jual aset sesuai yang ada pada sistem Kledo. (Jika Anda ingin menjualnya)

Banyak pemilik bisnis yang tidak mengetahui betapa pentingnya penghitungan aset, padahal nilai ini juga disertakan dalam laporan keuangan dan berguna saat Anda ingin mengajukan pinjaman kepada Bank atau investor.

Baca juga: Tips Untuk Mengurangi Pengeluaran Usaha Bengkel

Pastikan Skalabilitasnya

Bagi setiap pemilik bisnis, tentu ingin melihat bisnisnya berkembang. Namun apakah alat yang Anda gunakan akan menunjang perkembangan tersebut?

Nyatanya diluar sana banyak software yang dikembangkan hanya untuk skala tertentu saja. Dan saat bisnis berkembang dengan semua proses yang ada di dalamnya, software tersebut tidak bisa memenuhi kebutuhan bisnis tersebut.

Jika Anda menggunakan Kledo, Anda bisa memilih paket yang sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda, mulai dari gratis sampai dengan berbayar.

Jadi dengan menggunakan software akuntansi Kledo, Anda tidak perlu meragukan skalabilitas untuk usaha Anda bersama Kledo, karena Kledo memang dirancang untuk setiap jenis dan skala bisnis.

Baca juga: Strategi Marketing Usaha Bengkel Terbaik yang Bisa Anda Lakukan

Terintegrasi dengan Software Lain

Untuk proses kerja yang lebih optimal, tentu bengkel Anda juga membutuhkan ekosistem yang saling melengkapi seperti penggunaan software POS atau terintegasi ke marketplace jika Anda menjual produk di marketplace dan toko online.

Dengan menggunakan software akuntansi Kledo misalnya, Anda bisa dengan mudah melakukan integrasi dari seluruh aplikasi lain yang Anda gunakan dalam bengkel Anda, dan mendapatkan informasi yang menyeluruh dari dashboard Kledo.

Anda bisa melakukan integrasi ke marketplace, software POS atau kasir, dan masih banyak lagi aplikasi atau software bisnis yang terinegrasi ke depannya.

Jadi tunggu apalagi? Anda bisa menggunakan Kledo secara gratis selama 14 hari atau selamanya melalui tautan pada gambar di bawah ini;

Banner 3 kledo

Laporannya Mudah Dimengerti

Ingat, tidak semua pemilik bisnis harus paham tentang pembukuan, namun setiap bisnis harus memiliki pembukuan. Jadi pastikan Anda mencari software akuntansi yang memiliki fitur laporan yang mudah di mengerti agar memudahkan Anda dalam mengambil keputusan berdasarkan data keuangan yang valid.

Dengan menggunakan Kledo, Anda bisa dengan mudah mendapatkan lebih dari 30 jenis laporan keuangan secara praktis dan hanya dalam beberapa kali klik.

Tidak hanya itu, dashboard di Kledo juga memiliki tampilan yang sederhana dan intuitif yang berisi data informasi bisnis yang mudah dipahami sekalipun bagi mereka yang tidak mengerti akuntansi sekalipun.

Dengan menggunakan seluruh data ini, nantinya Anda bisa melakukan pengambilan keputusan yang lebih baik berdasarkan data keuangan yang valid dan sesuai dengan kenyataan yang terjadi di bengkel Anda.

Baca juga: Tips Untuk Mengurangi Pengeluaran Usaha Bengkel

Memiliki Layanan Pelanggan yang Baik

Jika Anda adalah pemilik bengkel yang baik, Anda pasti tahu layanan pelanggan adalah segalanya bagi bisnis jasa, dan itu yang membedakan bengkel Anda dan bengkel lainnya.

Hal itu juga sama saat Anda memilih software akuntansi untuk usaha bengkel Anda. Pastikan mereka memiliki layanan pelanggan yang baik sehingga Anda tidak menyesal saat menggunakan software tersebut.

Ingatlah, pengembang software pasti akan berkata bahwa software mereka memiliki pengoperasian yang termudah, namun kemudahan itu relatif, terutama jika Anda adalah pemilik bisnis yang buta dengan pembukan.

Untuk Itu layanan pelanggan penting saat Anda berusaha memahami keseluruhan fitur dari software akuntansi yang Anda pilih dan fungsinya dalam alur operasi bengkel Anda.

Kledo memiliki layanan pelanggan yang disebut Tim Hebat Kledo. Seperti namanya, tim hebat kami akan berusaha semaksimal mungkin untuk membantu Anda mengoperasikan Kledo sampai Anda memahami semua fitur yang ada di dalamnya.

Kami juga menyediakan layanan on boarding gratis dan konsultasi 1 on 1 agar Anda bisa mengetahui fitur Kledo secara lebih mendalam. Layanan bisa diakses melalui whatsapp atau chat melalui website.

Jadi tunggu apalagi? Jadwalkan demo untuk mengenal Kledo lebih jauh dan buat proses pembukuan dan operasional bisnis Anda menjadi lebih mudah melalui tautan ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

three × four =