Rekomendasi 5 Aplikasi POS Terbaik untuk Berbagai Jenis Bisnis

aplikasi pos

Sedang mencari aplikasi POS terbaik untuk bisnis Anda? Artikel ini akan memmbagikan rekomendasi sistem POS untuk berbagai jenis usaha.

Kita yang berusia tertentu yang bekerja di ritel atau layanan makanan mungkin ingat hari-hari sebelum aplikasi sistem point of sale (POS) modern.

Zaman telah berubah, dan sekarang teknologi untuk mencatat transaksi dan melakukan penjualan secara mudah dan dapat digenggam di telapak tangan Anda. Inilah yang perlu Anda ketahui tentang aplikasi POS dan bagaimana memilih yang terbaik untuk bisnis Anda.

Apa Itu Aplikasi POS?

aplikasi pos

Pikirkan sistem POS (point of sale) sebagai titik di mana pelanggan dan bisnis membuat kesepakatan. Kata check out atau register dapat digunakan untuk merujuk ke POS, tetapi ini hanyalah stasiun tempat transaksi terjadi.

POS modern sangat bervariasi, mulai dari perangkat keras untuk memindai kartu kredit yang terhubung langsung ke ponsel cerdas Anda, hingga sistem lengkap untuk melakukan pembayaran secara tunai.

Baik sederhana atau kompleks, POS hari ini memungkinkan pedagang untuk menyelesaikan pembelian dalam hitungan detik, dan melakukan semuanya secara elektronik.

Terkadang istilah POS dapat digunakan secara bergantian dengan istilah service point, karena pelanggan dapat menggunakan teknologi yang sama untuk melakukan pengembalian.

Baca juga: 11 Cara Memulai Usaha Dari Nol Hingga Sukses, Berani Coba?

Rekomendasi Aplikasi POS untuk Berbagai Jenis Usaha

aplikasi pos

Sistem Point of Sale (POS) Terbaik untuk Usaha Kecil: Square

Square adalah aplikasi POS terbaik yang didirikan hampir satu dekade lalu. Aplikasi ini menyediakan paket fitur yang berlimpah tanpa biaya bulanan atau biaya awal untuk layanan paling dasar.

Selain itu, proses pembayaran sudah termasuk dalam paket layanan. Segera setelah Anda menerima card reader Anda, Anda akan bisa menggunakan aplikais ini hanya dengan pengaturan beberapa menit.

Square adalah salah satu sistem POS yang paling mudah digunakan dan kompatibel dengan Apple dan Android jika Anda menggunakan telepon untuk card reader Anda.

Jika struktu bisnis Anda ramping namun rumit, atau jika Anda sering menggunakan POS, Anda hanya akan membayar biaya pemrosesan sebesar 2,75% per tagihan untuk kartu kredit (biayanya sedikit lebih tinggi untuk pembayaran tunai).

Jika Anda membutuhkan paket register yang sebenarnya, pilih dari Square Stand untuk transaksi kartu ($169). Atau bisa juga memilih Square Register yang lebih permanen yang berharga $999 untuk pembelian langsung (ada juga opsi sewa untuk beli bulanan).

Fitur drag and drop pada Stand atau Register akan familiar bagi siapa saja yang saat ini menggunakan komputer, jadi pelatihan dengan produk ini cukup sederhana.

Square menawarkan rangkaian analitik yang relatif kaya. Dan sistem berbasis Cloud juga memungkinkan transaksi terjadi secara offline sehingga tidak pernah ada gangguan terkait POS Anda.

Untuk langganan $29 per bulan dan tarif per karyawan dengan Square Payroll, Anda dapat membayar karyawan dan kontraktor, menangani formulir pajak, melacak lembur, mengajukan pemotongan gaji, dan langsung menyetor cek gaji karyawan dan kontraktor.

Baca juga: Cara Memilih Partner Bisnis yang Menguntungkan

Sistem Point of Sale (POS) Terbaik untuk Restoran: Toast

Toast dibuat khusus untuk industri restoran. Dengan Toast, Anda membeli paket dasar mulai dari $79 per paket layanan, dengan beberapa diskon ditambahkan untuk pengguna dengan volume transaksi tinggi.

Dengan menggunakan aplikasi berkabel Toast berarti Anda tidak perlu khawatir tentang Wi-Fi, dan aplikasi tersebut dijamin berfungsi bahkan jika koneksi internet Anda terputus.

Toast juga menawarkan layanan berbasis Android dan dan layanan POS Toast Go (dengan biaya tambahan), yang memungkinkan server memasukkan pesanan langsung dari tabel.

Fitur tersebut sangat berguna bagi restoran yang sangat sibuk melayani penjualan. Toast Go juga berarti server dapat membaca kartu kredit pelanggan tepat di meja dan meminta tanda terima dikirim melalui email kepada mereka.

Perangkat lunak Toast dapat membantu bisnis dengan pengumpulan data di tingkat makro dan juga bisa menunjukkan apa yang menjadi makanan pembuka, menu utama dan makanan mana yang masih diproses.

Pada tingkat mikro, pemilik restoran dapat melacak pesanan individu pelanggan dari waktu ke waktu dan penjualan pasar langsung serta penawaran khusus kepada mereka.

Baca juga: Stok Barang Persediaan: Pengertian, Jenis, dan Teknik Mengelolanya

Sistem Point of Sale (POS) Terbaik untuk Bisnis Ritel: Shopkeeper

Shopkeeper adalah pilihan kami karena jika dibandingkan dengan pesaing, produk ini sedikit lebih mudah digunakan dan sedikit lebih murah. Selain itu, aplikasi ini dilengkapi dengan layanan pelanggan 24/7 yang tangguh, dan sesuai untuk pengecer kecil hingga menengah.

Shopkeeeper menggunakan sistem harga berdasarkan penawaran, jadi Anda harus meluangkan waktu dengan perwakilan di telepon untuk mendapatkan data yang Anda inginkan.

Untuk toko ritel online atau toko menengah, harga yang diberikan adalah $69 per bulan dengan kontrak 1 tahun untuk perangkat lunak untuk satu iPad, yang termasuk paket back office dasar.

Untuk layanan dengan harga $99 per bulan (juga kontrak selama setahun), pengguna akan mendapatkan paket back office yang lebih kuat yang melacak ukuran, opsi tambahan untuk kartu, notifikasi otomatis saat produk hampir habis, dan sebagian besar fitur yang Anda perlukan dalam menjalankan bisnis baik secara offline dan online.

Shopkeeper juga menjual produk perangkat keras. Tetapi, Anda tidak perlu membeli perangkat keras mereka karena perangkat lunak Shopkeep akan dijalankan dari iPad generasi baru Anda.

Namun, jika Anda baru memulai menggunakan POS atau Anda memiliki mesin lama yang tidak sesuai dengan kartu debit atau europay, mastercard adn visa (EMV), paket tersebut akan lebih baik jika Anda gunakan.

Seperti halnya POS hybrid dimana sebagian memanfaatkan perangkat lunak dan sebagian Cloud yang mengandalkan aliran data yang konsisten dan kuat. Jika bisnis Anda memiliki masalah dengan konektivitas, Anda mungkin mengalami masalah.

Namun, perangkat lunak Shopkeeper akan terus berfungsi jika koneksi Anda terputus dan akan dicadangkan saat konektivitas tersambung kembali.

Baca juga: Pentingnya Customer Support dan Tips Meningkatkannya

Sistem Point of Sale (POS) Terbaik untuk iPad: SalesVu

SalesVu melakukan banyak hal untuk uang dan dalam beberapa kasus bisa menghemat pengeluaran bisnis Anda. Mulailah dengan membuat akun gratis Anda. Jika Anda hanya membutuhkan produk POS dengan beberapa fitur (misalnya, perangkat lunak, fungsi check in, faktur pembelian, fitur daftar tunggu, dan kartu ), produk ini bisa digunakan sepenuhnya gratis.

Jika Anda memerlukan pelaporan, akuntansi, dan akses jarak jauh, ada SalesVu Cloud Basic, dengan biaya bulanan $79 per lokasi. Ingin melacak pembelian pelanggan dan kampanye surat langsung yang ditargetkan ke kelompok pelanggan tertentu? SalesVu Cloud Advanced seharga $150 per lokasi per bulan membawa Anda ke tempat yang Anda tuju.

Jika Anda tidak yakin tentang komitmen, coba Cloud Basic atau Cloud Advanced gratis selama 15 hari. SalesVu tidak memaksa perusahaan Anda untuk memperpanjang kontrak.

Transparansi perusahaan dalam penetapan harga cukup memudaahkan terutama ketika Anda mempertimbangkan bahwa penyedia lain tidak selalu terbuka tentang biaya.

Baca juga: Lingkungan Bisnis: Definisi, Ciri, Fungsi, Jenis, dan Komponennya

Sistem Point of Sale (POS) Terbaik untuk eCommerce/Pengecer Online: Shopify

Sistem berbasis Cloud Shopify bekerja dengan baik untuk bisnis kecil hingga menengah, meskipun perusahaan menawarkan Shopify Plus untuk pelanggan yang melakukan penjualan tahunan lebih dari $1 juta.

Di situs web perusahaan, Shopify mengumumkan bahwa ini adalah produk yang cocok untuk Anda apakah Anda “menjual online, di media sosial, di toko, atau di pinggir jalan”, dan itu tampaknya cukup akurat.

Ada beberapa tingkat layanan yakni Shopify Lite seharga $9 sebulan berfungsi jika Anda hanya ingin menjual barang Anda di media sosial atau situs web yang ada.

Anda akan mendapatkan tampilan berkualitas yang mencakup tombol buy yang sangat diinginkan di media sosial, kemampuan untuk membuat pesanan dan faktur khusus, serta layanan 24/7 yang sama yang ditawarkan dengan paket yang lebih mahal.

Jika Anda ingin Shopify membangun platform e-niaga Anda dari awal, pilih dari tiga opsi, mulai dengan paket Basic seharga $29 per bulan hingga Advanced Shopify dari $299 per bulan.

Biaya per transaksi Anda dibebaskan jika Anda menggunakan gateway pembayaran Shopify. Adapun biaya per transaksi Shopify adalah 2% pada awal penggunaan dan akan turun menjadi 0,5% untuk penggunaan anjutan.

Butuh POS seluler untuk toko fisik atau perangkat keras Anda untuk menerima uang tunai dan kartu kredit serta mencetak tanda terima? Tingkatkan ke Shopify Retail dengan tambahan $49 per bulan untuk paket Basic hingga Advanced. Dan Anda dapat mencoba produk secara gratis selama dua minggu tanpa memberikan nomor kartu kredit Anda.

Baca juga: Tips Menjadi Eksportir Sukses yang Harus Anda Tahu

Kesimpulan

Banner 2 kledo

Itulah 5 rekomendasi aplikasi POS terbaik untuk berbagai jenis usaha. Anda bisa memilih salah satu di antara mereka yang dirasa cocok dan sesuai dengan jenis dan kebutuhan bisnis Anda.

Selain membutuhkan aplikasi POS, Anda juga memperlukan software akuntansi seperti Kledo dalam menjalankan bisnis. Mengapa harus Kledo? Sebab, Kledo merupakan software all in one berbasis cloud pertama di Indonesia yang bisa diakses baik melalui dekstop maupun secara mobile melalui handphone.

Kledo menawarkan lebih dari 30 fitur akuntansti terbaik seperti invoice, purchase, manajemen stok barang, otomatisasi laporan keuangan, dan beragam fitur terbaik lainnya.

Jadi, tunggu apalagi? Yuk gunakan Kledo sekarang juga! Jika Anda ingin mencoba Kledo secara gratis selama 14 hari Anda bisa mengunjungi link ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

four + seventeen =