10 Rekomendasi Aplikasi Pencatatan Keuangan dan Tips Memilihnya

Rekomendasi Aplikasi Pencatatan Keuangan

Aplikasi pencatatan keuangan membantu bisnis mengotomatiskan pengumpulan data keuangan dan melacak tren yang berdampak pada tujuan bisnis secara lebih akurat.

Pencatatan keuangan yang benar dapat menghasilkan laporan keuangan yang baik dab memberikan pemilik bisnis visibilitas dan wawasan yang lebih besar tentang cara kerja bisnis mereka.

Ada banyak jenis aplikasi dan software di luar sana, tetapi tidak semuanya akan menjadi yang terbaik untuk bisnis Anda. Anda perlu menemukan program yang memiliki apa yang Anda butuhkan untuk kebutuhan spesifik Anda.

Pada artikel kali ini kami akan memberikan Anda rekomendasi aplikasi pencatatan keuangan dan juga tips yang bisa Anda gunakan sebelum memilih aplikasi yang tepat.

10 Rekomendasi Aplikasi Pencatatan Keuangan Terbaik

Rekomendasi Aplikasi Pencatatan Keuangan

Mengelola bisnis membutuhkan dedikasi dan usaha. Ini lebih dari sekadar mempertahankan pendapatan. Memastikan pencatatan keuangan yang akurat sangat penting untuk bisnis yang sukses.

Di situlah aplikasi pencatatan keuangan akan membantu Anda. Jenis aplikasi yang tepat dapat membuat tugas-tugas keuangan berjalan lebih lancar.

Berikut adalah 10 aplikasi terbaik yang bisa kami rekomendasikan untuk Anda:

1. Kledo

Kledo adalah software akuntansi dan aplikasi pencatatan keuangan buatan Indonesia yang sudah digunakan oleh lebih dari 35 ribu pengguna dari berbagai jenis dan skala bisnis di Indonesia.

Dengan menggunakan Kledo, Anda bisa dengan mudah melakukan pencatatan transaksi, membuat laporan keuangan dalam hitungan detik, manajemen persediaan yang mudah, terintegrasi dengan marketplace, sistem POS, dan software HR, dan masih banyak lagi fitur yang dimiliki Kledo.

Aplikasi pencatatan keuangan Kledo juga memiliki harga berlangganan yang paling terjangkau dibandingkan software akuntansi online lainnya dan juga tersedia di Playstore dan App Store.

Kledo sangat mudah digunakan, namun Anda juga akan mendapatkan pelatihan atau onboarding penggunaan aplikasi tersebut secara gratis sampai Anda bisa menggunakannya dengan mahir.

Jika tertarik menggunakan Kledo, Anda bisa mencobanya secara gratis selama 14 hari atau selamanya melalui tautan pada gambar di bawah ini:

Banner 1 kledo

Baca juga: Rekomendasi Software Invoice Terbaik untuk Bisnis Anda

2. Xero

Aplikasi pencatatan keuangan Xero yang dirancang untuk bisnis kecil dan berkembang.

Xero menghubungkan bisnis kecil dengan transparansi keuangan mereka dan memberikan pemilik bisnis visibilitas instan dari posisi keuangan mereka.

Sebagai solusi berbasis web, Xero dapat diakses dari perangkat apa pun dengan koneksi internet aktif. Dengan fitur akuntansi Xero yang baik, usaha kecil dapat melihat arus kas, transaksi, dan detail akun mereka dari lokasi mana pun.

Semua transaksi bank secara otomatis diimpor dan diberi kode. Pembayaran tagihan online membantu melacak pengeluaran dan tetap berada di atas tagihan yang jatuh tempo, meningkatkan hubungan dengan vendor yang menyediakan bahan bisnis penting.

Dengan Xero, pengeluaran pribadi juga dapat dikelola dengan perangkat seluler dan persetujuan setiap tanda terima. Xero menawarkan dukungan pengguna tanpa batas dan integrasi dengan berbagai sistem, termasuk ADP, Bill.com dan Vend.

Solusi ini dilengkapi dengan masa uji coba gratis 30 hari untuk pengujian produk dan evaluasi fitur.

Baca juga: Apa Itu Kas Kecil? Berikut Pengertian, Penggunaan dan Tips Mengaturnya

3. A2X

A2X adalah solusi pencatatan dan manajemen keuangan yang membantu bisnis mengotomatiskan akuntansi untuk beberapa platform eCommerce, seperti Walmart, Shopify, Etsy, Amazon, dan eBay.

A2X memungkinkan bisnis untuk mengintegrasikan platform dengan beberapa solusi akuntansi pihak ketiga, seperti Xero, Sage, dan QuickBooks, merampingkan proses back-office dan membuka peluang di sektor e-commerce.

A2X menyediakan fitur rekonsiliasi terbaik dan memenuhi standar bagi para akuntan dan pemegang buku profesional.

Baca juga: Rekomendasi 10 Software Toko Terbaik untuk Bisnis yang Lebih Baik

4. QuickBooks Online

QuickBooks Online adalah salah satu aplikasi pencatatan keuangan dan akuntansi terbaik, dan merupakan tingkat atas dalam hal aplikasi pelaporan.

QuickBooks Online memiliki paket harga empat tingkat dari paket dasar hingga paket lanjutan. Paket advance memiliki setiap fitur yang dibutuhkan oleh pemegang buku atau akuntan.

QuickBooks Online lebih sering dikenal sebagai aplikasi akuntansi tingkat lanjutan daripada aplikasi pembukuan sederhana. Pemilik usaha kecil dan siapa pun yang menangani pembukuan dan akuntansi untuk sebuah perusahaan akan menemukan bahwa aplikasi ini sangat berharga.

QuickBooks Online dapat digunakan untuk membuat dan mengedit pelanggan, faktur, kuitansi penjualan, dan perkiraan. Data Anda kemudian segera tersedia di aplikasi.

Dibutuhkan data Anda dan mengembangkan laporan keuangan Anda. Laporan laba rugi, neraca, dan laporan arus kas menjadi tugas triwulanan atau tahunan yang mudah. Aplikasi ini kuat dari perspektif pajak. Ini juga membantu bisnis mengembangkan bagan dan grafik ilustratif.

Aplikasi pencatatan keuangan ini tersedia dalam aplikasi Windows seluler dan aplikasi Mac seluler dan 100% berbasis web.

Baca juga: Cara Membuat Pembukuan Sederhana Beserta Contoh dan Tipsnya

5. FreshBooks

FreshBooks, yang sering dibandingkan dengan QuickBooks. Ini adalah aplikasi pencatatan keuangan yang menyimpan data di cloud.

Penyimpanan cloud sangat bagus jika Anda sedang bepergian. FreshBooks sering dinilai luar biasa dan cocok untuk bisnis kecil dan pekerja lepas. Beberapa orang berpikir ini lebih intuitif daripada QuickBooks.

Kekuatan FreshBooks mungkin dalam menyesuaikan dan mengotomatisasi faktur Anda. Ini kompatibel dengan 84 aplikasi lain yang berbeda seperti Shopify, Zoom, dan G-Suite.

Alat ini juga memungkinkan Anda untuk membangun sistem penagihan yang disesuaikan sendiri untuk bisnis Anda jika Anda membutuhkannya.

FreshBooks memiliki fitur time tracking yang, jika Anda seorang freelancer, memungkinkan Anda untuk melacak jam yang dapat ditagih.

FreshBooks memiliki beberapa fitur yang tidak dimiliki QuickBooks Online. Sementara QuickBooks Online membatasi Anda untuk 1-5 pengguna simultan tergantung pada paket mana yang Anda pilih, Anda dapat memiliki pengguna simultan tak terbatas pada FreshBooks.

Fitur lain dari FreshBooks yang hanya tersedia pada paket QuickBooks tingkat atas adalah peran tim. Anda dapat menetapkan tingkat izin yang berbeda untuk orang yang berbeda.

Ini juga memungkinkan Anda untuk berkolaborasi dengan orang lain dalam proyek. Fitur itu tidak tersedia pada QuickBooks.

Baca juga: 13 Rekomendasi Software Laporan Keuangan yang Wajib Anda Coba

6. Wave Bookkeeping

Jika bisnis kecil Anda memiliki anggaran yang ketat, atau jika Anda adalah bisnis yang sangat kecil dengan kebutuhan terbatas, aplikasi pencatatan keuangan Wave mungkin cocok untuk Anda.

Dalam hal aplikasi pembukuan gratis, ini mungkin yang terbaik di pasaran. Aplikasi ini gratis untuk paket harga paling dasar dan memiliki beberapa fitur yang harus Anda cari dalam hal pembukuan seluler.

Wave melacak pendapatan dan pengeluaran Anda dan menggunakan akuntansi entri ganda, yang digunakan oleh sebagian besar bisnis.

Aplikasi ini memungkinkan Anda untuk menautkan rekening bank tanpa batas. Aplikasi ini juga memiliki untuk tanda terima.

Anda cukup mengambil gambar tanda terima dengan ponsel Anda. Wave bahkan memungkinkan pembuatan faktur khusus. Wave tidak memungkinkan Anda untuk melacak piutang dan hutang, melakukan fungsi penggajian, atau menerima pembayaran online.

Wave 100% berbasis web sehingga Anda dapat mengaksesnya dari mana saja. Ini berjalan pada PC dan Mac dan memiliki aplikasi yang kompatibel untuk membuat faktur dan memindai tanda terima.

Baca juga: Cara Membuat Laporan Keuangan bagi Pemula dan Contohnya, Lengkap!

7. Bill.com

Bill.com adalah aplikasi seluler yang dapat mengelola salah satu atau kedua fungsi hutang dan piutang untuk bisnis kecil.

Bisnis mungkin hanya ingin menggunakan aplikasi ini untuk fungsi hutang piutang yang baik.

Piutang usaha, yang mencakup pembuatan faktur kepada pelanggan Anda, dapat dengan mudah dikelola oleh aplikasi Wave Bookkeeping, QuickBooks Online atau FreshBooks Accounting.

Jika Anda menggunakan Bill.com hanya untuk akun hutang Anda, harganya jauh lebih murah daripada jika Anda menggunakannya untuk mengelola hutang dan piutang.

Baca juga: 10 Software HR Payroll Terbaik dan Cara Memilihnya

8. inDinero

InDinero adalah aplikasi penbcatatan keuangan dan penganggaran yang bekerja dengan berbagai aplikasi pembukuan seperti FreshBooks.

Aplikasi inDinero menarik laporan bank dan kartu kredit Anda dari semua bank Anda. Tidak perlu mengemas tanda terima karena fitur ini dan inDinero segera menempatkan pengeluaran Anda dalam kategori yang tepat untuk Anda.

Aplikasi ini melacak kebiasaan pengeluaran bisnis setiap bulan. Dengan cara ini, Anda dapat mengembangkan anggaran Anda dan inDinero akan menghasilkan laporan yang akan menunjukkan kepada Anda bagaimana kinerja Anda.

Aplikasi inDinero menawarkan banyak layanan untuk bisnis kecil. Selain membantu bisnis kecil dengan penganggaran, inDinero menyiapkan laporan keuangan seperti laporan laba rugi, laporan arus kas, dan membantu dalam peramalan keuangan.

Ini kompatibel dengan sebagian besar aplikasi akuntansi dan pembukuan seperti Bill.com dan QuickBooks Online.

9. Fluidly

Cash is king” adalah pepatah lama yang selalu terdengar dalam bisnis dan ini sangat relevan dengan bisnis kecil.

Bisnis kecil hidup dan mati oleh arus kas mereka. Tidak peduli apa yang dikatakan oleh laporan keuangan bisnis kecil, jika bisnis tidak memiliki posisi kas yang baik, maka bisnis tersebut akan gagal.

Fluidly adalah aplikasi pencatatan keuangan dan manajemen kas yang dapat digunakan oleh bisnis atau akuntan mana pun untuk tetap berada di atas arus kas.

Ini memberi bisnis peramalan arus kas waktu nyata sehingga dapat tetap berada di atas posisi kas dan perkiraan posisi kas di masa depan, Fluidly juga membantu bisnis Anda merencanakan berbagai skenario arus kas.

Baca juga: Sedang Mencari Software Akuntansi Kontraktor? Perhatikan Hal Ini!

10. Expensify

Expensify adalah salah satu aplikasi seluler utama untuk pengembangan dan manajemen akun pengeluaran.

Karyawan dapat memindai tanda terima yang mereka miliki dari penjualan sehari-hari, misalnya, serta tanda terima dari perjalanan jarak jauh dan perjalanan untuk tujuan bisnis.

Expensify dapat digunakan untuk melacak kuitansi dan pengeluaran untuk kepemilikan perseorangan atau bagi karyawan untuk melacak dan mengirim salinan kuitansi dan pengeluaran kepada manajer.

Expensify juga dapat digunakan pada tingkat perusahaan untuk bisnis kecil. Perusahaan menggunakan Expensify untuk pelaporan pengeluaran, persetujuan, dan penggantian biaya untuk manajer serta karyawan.

Aplikasi ini dapat diotomatisasi agar laporan secara otomatis dikirim ke manajer dan ke bagian akuntansi.

Tips Memilih Aplikasi Pencatatan Keuangan Terbaik

Ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan sebelum memilih aplikasi yang kami rekomendasikan diatas.

Beberapa hal yang harus Anda tanyakan pada diri sendiri atau organisasi Anda adalah sebagai berikut:

Apa tujuan akuntansi Anda?

Akuntansi melacak dan menganalisis transaksi keuangan dari setiap bisnis. Tanpa akuntansi yang tepat, bisnis tidak akan dapat menentukan analisis biaya yang tepat.

Perencanaan strategis yang terlibat dalam menetapkan tujuan-tujuan ini termasuk:

  • Tujuan Bisnis
  • Tujuan Keuangan
  • Strategi Model Pendapatan
  • Struktur dan Proses Organisasi
  • Risiko

Aplikasi pencatatan keuangan bisnis sederhana dapat membantu menentukan tujuan-tujuan ini dengan efisiensi.

Baca juga: Keuntungan Menggunakan Software Akuntansi Online Bagi Bisnis

Bagaimana Anda ingin membuat proses akuntansi Anda lebih efisien?

Proses akuntansi perlu efisien agar bisnis menemukan kesuksesan finansial. Layanan penagihan, faktur, dan laporan lainnya harus diajukan dengan cara yang mudah dilacak.

Aplikasi pencatatan keuangan bisnis dapat menghemat waktu, energi, dan uang dengan mengotomatisasi proses.

Otomatisasi dapat digunakan untuk penghitungan nilai transaksi, penjadwalan tugas dan pengingat, atau laporan bulanan.

Dengan menggunakan taktik otomatisasi dalam aplikasi ini, Anda dapat menghemat waktu untuk fokus pada tugas-tugas lain tanpa harus mengkhawatirkan rumus spreadsheet atau fungsi lainnya.

Tingkat layanan akuntansi apa yang Anda butuhkan?

Kebuuthan akuntansi terkadang bisa sangat banyak. Dengan aplikasi pencatatan keuang yang masing-masing menawarkan fitur yang berbeda, mencoba memilih mana yang tepat untuk perusahaan Anda dapat membingungkan.

Penting untuk terlebih dahulu memahami jenis layanan apa yang dibutuhkan perusahaan Anda. Ini akan membantu dalam pencarian untuk menemukan aplikasi yang memiliki fitur yang tepat dan Anda butuhkan.

Tiga level yang paling umum adalah-

  • Audit – yang memberikan tinjauan yang lebih komprehensif terhadap pembukuan Anda,
  • Persiapan pajak – yang berfokus pada persiapan pajak Anda, dan
  • Pembukuan – yang menangani operasi sehari-hari dalam menjalankan akun.

Baca juga: Sedang Cari Software Akuntansi Restoran? Perhatikan Hal Ini

Apakah Anda membutuhkan solusi berbasis cloud atau desktop?

Solusi berbasis cloud selalu dapat diakses sehingga menjadi pilihan yang nyaman bagi kebanyakan orang. Namun, memiliki aplikasi yang diunduh dan diinstal pada komputer pribadi juga membawa tingkat keamanan tertentu.

Untuk memutuskan opsi mana yang paling baik, sering kali tergantung pada preferensi pribadi. Jika Anda lebih suka memiliki perangkat lunak yang tersedia di mana saja dan kapan saja, maka sistem berbasis cloud mungkin merupakan pilihan terbaik.

Jika Anda memiliki file data dalam jumlah besar, atau lebih suka menyimpan informasi sensitif Anda pada drive lokal, solusi desktop mungkin lebih baik.

Pertimbangkan jumlah ruang penyimpanan yang Anda miliki dan butuhkan sebelum memutuskan jenis solusinya.

Baca juga: Tips Memilih Software Akuntansi untuk Bisnis Anda

Kesimpulan

Memilih aplikasi pencatatan keuangan bisnis yang tepat untuk perusahaan Anda bisa jadi menakutkan.

Dengan begitu banyak pilihan yang tersedia, mungkin sulit untuk menentukan mana yang paling sesuai dengan perusahaan Anda.

Tidak ada satu jawaban untuk mengatasi hal ini, namun ada beberapa cara untuk mempersempit pencarian.

Pertama, pikirkan tentang tujuan perusahaan yang Anda jalankan. Sebuah bisnis kecil mungkin hanya membutuhkan paket akuntansi sederhana yang tidak membutuhkan banyak usaha ekstra dari karyawan mereka.

Perusahaan yang lebih besar mungkin menginginkan sistem yang lebih kompleks yang mencakup fitur-fitur canggih seperti penggajian dan manajemen inventaris.

Setelah Anda menentukan tujuan organisasi Anda, akan lebih mudah untuk memilih dari sekian banyak pilihan aplikasi pencatatan keuangan yang sudah kami rekomendasikan di atas.

sugi priharto

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

4 + five =