Mencari Aplikasi Pembukuan Usaha? Perhatikan Hal ini

aplikasi pembukuan usaha

Sebagian besar bisnis memerlukan aplikasi pembukuan usaha untuk melacak pengeluaran dan pendapatan mereka sehingga mereka dapat tetap terus mengetahui kesehatan keuangan bisnis mereka.

Ada banyak jenis aplikasi pembukuan usaha yang berbeda di luar sana, tetapi tidak semuanya akan menjadi yang terbaik untuk bisnis Anda.

Anda perlu menemukan aplikasi yang memiliki fitur yang Anda butuhkan untuk kebutuhan spesifik Anda. Baik Anda mencari sesuatu yang intuitif atau memiliki fitur canggih, menemukan aplikasi pembukuan usaha terbaik bukanlah tugas yang mudah.

Perhatikan hal dibawah ini sebelum Anda mencari aplikasi pembukuan usaha yang cocok untuk Anda.

10 Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Mencari Aplikasi Pembukuan Usaha

aplikasi pembukuan usaha

1. Apa tujuan proses pembukuan dan akuntansi Anda?

Secara garis besar, proses akuntansi dan pembukuan adalah untuk melacak dan menganalisis transaksi keuangan bisnis apa pun.

Tanpa akuntansi yang tepat, bisnis tidak akan dapat menentukan analisis biaya yang tepat. Jadi pastikan Anda mengetahui area utama dalam bisnis yang perlu Anda fokuskan ketika merencanakan tujuan jangka panjang.

Perencanaan strategis yang terlibat dalam menetapkan tujuan ini termasuk-

  • Tujuan Bisnis
  • Tujuan Keuangan
  • Strategi Model Pendapatan
  • Struktur dan Proses Organisasi
  • Risiko dan Keuntungan

Baca juga: Tips Mengelola Keuangan Perusahaan Bagi Pemula

2. Bagaimana Anda ingin membuat proses pembukuan Anda lebih efisien?

Pembukuan perlu efisien bagi bisnis untuk menemukan kesuksesan finansial.

Layanan penagihan, faktur, dan laporan lainnya harus diajukan dengan cara yang mudah dilakukan dan dilacak. Software pembukuan usaha menghemat waktu, energi, dan uang dengan mengotomatiskan proses.

Otomatisasi tidak dapat digunakan untuk spreadsheet, penjadwalan tugas dan pengingat, serta laporan bulanan. Dengan menggunakan taktik otomatisasi dalam software akuntansi, ini membebaskan waktu untuk fokus pada tugas lain tanpa harus khawatir tentang rumus spreadsheet atau fungsi lainnya.

Artikel ini akan membahas cara membuat proses akuntansi perusahaan Anda lebih efisien menggunakan perangkat software akuntansi bisnis dan manajemen persediaan

3. Apa fitur atau layanan akuntansi yang Anda butuhkan?

Layanan akuntansi terkadang bisa membuat Anda kewalahan. Dengan masing-masing kantor akuntan menawarkan tingkat layanan yang berbeda, mencoba memilih mana yang tepat untuk perusahaan Anda dapat membingungkan.

Penting untuk terlebih dahulu memahami jenis layanan apa yang dibutuhkan perusahaan Anda.

Ini akan membantu dalam pencarian untuk menemukan kantor akuntan yang memiliki keahlian yang tepat yang Anda butuhkan.

Tiga tingkat yang paling umum adalah-

  • Audit – yang memberikan ulasan yang lebih komprehensif tentang buku Anda,
  • Persiapan pajak – yang berfokus pada persiapan pajak Anda, dan
  • Pembukuan – yang menangani operasi sehari-hari dalam menjalankan pencatatan dan pengelolaan akun.

Memilih kantor akuntan yang tepat adalah keputusan penting. Pastikan untuk mempelajari dan mendapatkan informasi tentang layanan yang ditawarkan setiap perusahaan.

Baca juga: Cara Efektif Menghemat Keuangan Pemilik Bisnis UMKM, Pasti Bisa!

4. Apakah Anda memerlukan solusi berbasis cloud atau software akuntansi desktop?

Solusi berbasis cloud selalu dapat diakses menjadikannya pilihan yang nyaman bagi kebanyakan orang. Namun, mengunduh dan menginstal perangkat lunak di komputer pribadi juga membawa tingkat keamanan tertentu.

Untuk memutuskan opsi mana yang paling sesui, seringkali tergantung pada preferensi pribadi. Jika Anda lebih suka memiliki perangkat lunak yang tersedia di mana saja kapan saja, maka sistem berbasis cloud mungkin menjadi pilihan terbaik.

Jika Anda memiliki file data dalam jumlah besar, atau lebih suka menyimpan informasi sensitif Anda di drive lokal, solusi akuntansi desktop mungkin lebih baik. Pertimbangkan jumlah ruang penyimpanan yang Anda miliki dan butuhkan sebelum memutuskan jenis solusi.

5. Apa manfaat menggunakan aplikasi pembukuan tertentu?

Bagi mereka yang mencari software pembukuan untuk usaha tertentu, mereka mencari fitur yang dikhususkan untuk industri yang memiliki kebutuhan khusus. Dengan menggunakan software akuntansi untuk industri tertentu, Anda bisa mempertahankan catatan keuangan yang akurat dan ini sangat penting untuk bisnis apa pun.

Bahkan software akuntansi bisnis gratis seperti Kledo akan memudahkan Anda untuk memastikan tidak ada kesalahan keuangan saat melacak keuangan perusahaan Anda.

Jika Anda tertarik menggunakan Kledo, Anda bisa mencoba menggunakannya secara gratis selama 14 hari melalui tautan pada gambar di bawah ini:

Banner 3 kledo

Karena ini adalah proses bisnis yang sangat penting, banyak perusahaan beralih ke software akuntansi sebagai cara untuk menyimpan catatan yang tepat dan tetap berada di puncak keuangan mereka.

Baca juga: 15 Keuntungan Menggunakan Aplikasi Faktur Dibanding Manual

6. Apa batasan penggunaan aplikasi pembukuan usaha tertentu?

Software akuntansi adalah alat yang efektif digunakan untuk mengelola keuangan dan akuntansi untuk perusahaan.

Informasi yang dikumpulkan dapat melacak pendapatan, pengeluaran, dan inventaris untuk laporan perusahaan. Itu dapat disimpan di cloud atau dicetak untuk akses mudah.

Perangkat lunak akuntansi digunakan lebih dari sebelumnya sebagai alat bisnis yang efektif. Namun, ada kemungkinan keterbatasan perangkat lunak akuntansi yang dapat menghambat keberhasilan dalam menggunakannya.

Batasan yang mungkin termasuk-

  • Kehilangan Data atau Layanan
  • Informasi yang salah
  • Sistem konfigurasi
  • Biaya
  • Terjadinya fraud

7. Aplikasi pembukuan mana yang tepat untuk perusahaan Anda?

Memilih aplikasi pembukuan usaha mana yang tepat untuk perusahaan Anda dapat menjadi hal yang menakutkan.

Dengan begitu banyak pilihan yang tersedia, mungkin sulit untuk menentukan mana yang paling sesuai dengan perusahaan Anda. Tidak ada satu jawaban untuk memecahkan ini, namun ada beberapa cara untuk mempersempit pencarian.

Pertama, pikirkan tentang tujuan perusahaan yang Anda jalankan. Sebuah usaha kecil mungkin hanya membutuhkan paket akuntansi sederhana yang tidak memerlukan banyak usaha ekstra dari karyawan mereka.

Perusahaan yang lebih besar mungkin menginginkan sistem yang lebih kompleks yang mencakup fitur-fitur canggih seperti penggajian dan manajemen persediaan

Setelah Anda menentukan tujuan organisasi Anda, akan lebih mudah untuk memilih dari banyak pilihan perangkat lunak akuntansi yang tersedia.

Baca juga: Cara Efektif Melakukan Kontrol Keuangan dalam Bisnis

8. Apa manfaat terbaik dari aplikasi pembukuan usaha yang Anda pilih?

Aplikasi pembukuan usaha adalah alat penting yang digunakan di sebagian besar bisnis saat ini. Software akuntansi bisnis mencakup database digital yang dapat melacak dan mengelola informasi keuangan penting dari sebuah perusahaan.

Informasi yang dikumpulkan dapat mencakup inventaris, faktur, penggajian, dan banyak lagi.

Jenis perangkat lunak akuntansi tertentu juga memungkinkan bisnis mengotomatiskan tugas untuk membantu merampingkan alur kerja mereka.

Berikut adalah daftar manfaat terbaik dari perangkat lunak akuntansi bisnis untuk organisasi mana pun-

  • Mengotomatiskan Tugas – Dengan cara ini, pengusaha yang sibuk lebih mudah mengatur waktu mereka dengan mendelegasikan tugas tertentu ke komputer, membebaskan mereka dari tugas manual seperti entri data
  • Membantu Anda Mengatur Waktu Anda Lebih Efektif – Seperti yang dinyatakan di atas, ini membantu wirausahawan mendelegasikan tugas dengan lebih efisien
  • Membantu Menghemat Waktu – Jika dibandingkan dengan entri data manual, menggunakan software akuntansi memang lebih menghemat waktu.

9. Ketahui seberapa sering aplikasi pembukuan usaha Anda melakukan pembaruan

Pembaruan penting untuk fitur perangkat lunak dan perangkat keras. Untuk perusahaan mana pun, memiliki perangkat lunak akuntansi yang up to date adalah solusi terbaik untuk untuk melacak keuangan dan membangun rencana bisnis yang kuat.

Inilah sebabnya mengapa penting bagi perusahaan mana pun, besar atau kecil, untuk mengetahui seberapa konsistenperangkat lunak akuntansi bisnis mereka melakukan pembaruan.

Jika aplikasi pembukuan yang Anda pilih out of date, kuno, atau tidak berfungsi dengan benar, Anda tidak bisa mengoperasikan aplikasi tersebut dengan baik.

Selain itu, aplikasi yang tidak melakukan pembaruan secara berkala terutama dari segi keamanan dapat dengan mudah diretas dan akan membahayakan informasi keuangan bisnis Anda. Ini adalah masalah yang dapat diatasi dengan secara teliti mengetahui kapan pembaruan aplikasi tersebut terjadi.

Baca juga: 10 Tips Kelola Stok Barang yang Bisa Efektif dan Mudah Digunakan

10. Pertimbangan beberapa faktor sebelum memilih aplikasi pembukuan usaha terbaik

Saat memilih perangkat lunak akuntansi atau aplikasi pembukuan untuk bisnis Anda, sangat penting untuk mempertimbangkan semua faktor yang dibutuhkan bisnis Anda.

Faktor-faktor tertentu di atas yang lain perlu dijelaskan agar perangkat lunak akuntansi paling sesuai dengan kebutuhan perusahaan Anda.

Beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum memilih software akuntansi bisnis antara lain-

  • Kemudahan penggunaan
  • Fitur
  • Kesesuaian
  • Harga

Hal lain yang perlu diperhatikan adalah multi pengguna. Aplikasi pembukuan usaha seperti Kledo memungkinkan beberapa pengguna seperti manajer keuangan, akuntan, dan pemegang buku untuk menggunakannya sekaligus akan sangat membantu.

Baca juga: Terbukti Efektif! Ini 15 Cara Meningkatkan Profit Bisnis Anda

Jadi Aplikasi Pembukuan Mana yang Tepat untuk Usaha Anda?

aplikasi pembukuan usaha

Jawabannya akan tergantung pada jenis bisnis yang Anda jalankan, layanan yang diberikannya, dan tujuan yang ingin Anda capai.

Melakukan penelitian mendalam untuk semua aplikasi dan software yang tersedia di pasar saat ini akan membantu Anda menentukan pilihan yang tepat untuk kebutuhan perusahaan Anda.

Software akuntansi adalah cara yang lebih mudah untuk melacak keuangan perusahaan. Itu dapat membuat laporan keuangan, mengelola laba rugi, dan lebih banyak lagi melalui tugas otomatis.

Ada banyak pilihan perangkat lunak akuntansi untuk menyesuaikan berbagai jenis bisnis, baik kecil maupun besar.

Software akuntansi bisnis terbaik akan dapat menghemat waktu dan uang Anda. Pelaporan dan analitik real-time yang nyaman memungkinkan Anda menghasilkan laporan sesuai keinginan Anda.

Salah satu software akuntansi yang bisa Anda coba gunakan secara gratis adalah Kledo. Kledo adalah software akuntansi berbasis cloud yang sudah digunakan oleh lebih dari 10 ribu pengguna dari berbagai jenis dan skala bisnis di Indonesia.

Anda juga bisa mencoba menggunakan Kledo secara gratis selama 14 hari melalui tautan ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

3 + seventeen =