10 Rekomendasi Aplikasi Penjualan dan Tips Memilihnya

aplikasi penjualan

Dengan tenaga penjualan yang bisa bekerja dimana saja, lebih penting dari sebelumnya bagi bisnis untuk berfungsi secara fleksibel. Dalam panduan ini, kami akan membahas fitur, manfaat, dan pertanyaan mengenai beberapa aplikasi penjualan terbaik yang ada di pasaran saat ini.

Kami juga akan membahas bagaimana cara Anda untuk memilih aplikasi penjualan terbaik yang dapat membantu Anda dalam melakukan penjualan yang lebih mudah.

Jadi, baca terus artikel ini sampai selesai untuk mengetahui rekomendasi aplikasi penjualan untuk bisnis dan juga tips untuk memilihnya dalam bisnis Anda.

Mengapa Bisnis Membutuhkan Aplikasi Penjualan?

Tenaga penjualan harus melakukan lebih dari sekadar melakukan penjualan. Ada rapat yang harus dihadiri, laporan yang harus ditulis, keluhan yang harus diselesaikan, dan sejumlah besar tugas yang tidak menghasilkan pendapatan, tetapi masih diperlukan untuk menjalankan bisnis dengan lancar.

Berbagai macam aplikasi penjualan di luar sana mencerminkan berapa banyak tugas yang ditangani oleh tenaga penjualan setiap hari.

Tergantung pada bisnis Anda, Anda akan memiliki kebutuhan yang lebih besar untuk beberapa aplikasi kontrol penjualan daripada yang lain. Namun, jenis aplikasi penjualan tertentu adalah kebutuhan dasar di seluruh papan.

Berikut adalah beberapa alasan mengapa bisnis Anda membutuhkan aplikasi penjualan, apa pun bisnis Anda.

Pelanggan Anda membutuhkan perhatian

Jika Anda tidak memiliki pelanggan, Anda tidak memiliki bisnis. Mampu merawat pelanggan Anda adalah kuncinya, jadi penting bagi Anda untuk memiliki aplikasi manajemen hubungan pelanggan yang kuat yang dapat Anda bawa ke mana-mana.

Aplikasi penjualan terbaik adalah aplikasi database penjualan juga: agen Anda mengelola seluruh database kontak mereka dari mana saja.

Hal itu memungkinkan mereka mengatasi masalah secara real-time, langsung berbagi data dengan pemasaran dan layanan pelanggan, dan mengakses tampilan terbaru dari saluran penjualan mereka dengan sekali askes.

Baca juga: Tips Mencari Modal Usaha dan Hal yang Harus Diperhatikan

Sales Anda membutuhkan lebih banyak waktu

Agen penjualan Anda hanya memiliki begitu banyak jam dalam sehari, yang berarti mereka hanya dapat melakukan begitu banyak penjualan.

Tujuan dari banyak aplikasi penjualan adalah untuk memberikan waktu yang lebih banyak kepada agen Anda dengan mengotomatiskan tugas sehari-hari dan memungkinkan perwakilan untuk melakukan tugas mereka saat jauh dari meja mereka.

Aplikasi manajemen penjualan, fitur presentasi video, dan aplikasi komunikasi semuanya menghemat waktu, sehingga setiap orang memiliki lebih banyak ruang dalam jadwal mereka untuk fokus pada pembeli, bukan kesibukan.

Kepedulian dan waktu. Kehilangan keduanya akan membuat bisnis Anda tidak bisa berfungsi. Untungnya, ada banyak aplikasi penjualan yang dirancang untuk memaksimalkan keduanya.

Apa manfaat Aplikasi Penjualan Mobile?

aplikasi penjualan

Perangkat seluler Anda seperti komputer berjalan, dan aplikasi di dalamnya adalah semua alat berbeda yang Anda butuhkan untuk melakukan bisnis saat Anda tidak berada di tempat.

Tetapi Anda tidak ingin membebani diri Anda dengan sabuk yang jatuh di sekitar pergelangan kaki Anda.

Apakah Anda menjalankan bisnis dari perangkat perusahaan atau perangkat Anda sendiri, Anda harus berkomitmen hanya pada aplikasi yang kuat, mudah digunakan, dan aman.

Di bawah ini adalah beberapa manfaat dari menempatkan aplikasi penjualan yang tepat di tangan yang tepat.

Baca juga: Tips Bisnis Minimarket dan Berapa Modal yang Dibutuhkan

Komunikasi yang lebih baik

Ketika tim Anda tersebar atau terus-menerus bepergian, mampir ke kantor seseorang untuk mengajukan pertanyaan sederhana bukanlah suatu pilihan.

Anggota tim harus dapat saling menghubungi di mana pun mereka berada, dan berbagi data penting (termasuk metrik penjualan) dari berbagai saluran.

Aplikasi penjualan yang hebat dibuat agar tim Anda tetap terhubung dalam satu platform yang mudah diintegrasikan.

Ketika semua orang tahu cara yang paling efisien untuk menjangkau satu sama lain, keputusan dan informasi bergerak dengan lancar antara agen dan departemen, yang berarti hanya sedikit hal yang tidak terselesaikan saat pelanggan Anda bergerak di sepanjang saluran penjualan.

Peningkatan penjualan

Tidak ada aplikasi penjualan yang secara ajaib meningkatkan penjualan. Merampingkan seluruh proses penjualan, mulai dari prospek hingga penutupan, adalah hal yang memungkinkan agen menutup transaksi lebih cepat dan lebih andal.

Aplikasi penjualan memungkinkan perwakilan untuk menghemat waktu, menyederhanakan alur kerja harian, dan mengakses data terkini di mana pun mereka berada atau perangkat apa pun yang mereka gunakan.

Dengan lebih banyak waktu yang tersedia untuk fokus pada penjualan, agen dapat benar-benar, Anda tahu, menjual.

Organisasi yang lebih baik

Ingatan manusia tidaklah sempurna, itulah sebabnya sebagian besar aplikasi kontrol penjualan dirancang untuk menyimpan dan mengatur data penting Anda.

Banyak aplikasi penjualan memberikan bantuan dengan manajemen waktu, penjadwalan, pembayaran, faktur, dan tugas administratif lainnya.

Dan dengan semua data Anda tersimpan dengan aman dan dapat diakses di mana saja, tim Anda akan jauh lebih kecil kemungkinannya untuk melakukan kesalahan yang mahal atau membuang-buang waktu.

Baca juga: Ingin Berbisnis? Ini 15 Bisnis yang Laku Setiap Hari

Pelanggan yang lebih bahagia

Setiap bisnis, baik B2B atau B2C, perlu membuat pelanggan mereka senang. Perangkat lunak dan aplikasi manajemen kontak memungkinkan perwakilan Anda untuk menyimpan semua data pelanggan mereka di satu tempat yang aman, mencatat dan mencatat interaksi, dan berbagi informasi pelanggan yang berharga dengan pemasar dan departemen layanan pelanggan Anda.

Ketika seluruh tim Anda dapat mengakses preferensi pribadi, riwayat pembelian, dan ulang tahun, Anda akan lebih mampu membuat kesan yang abadi dan mengangkat diri Anda di atas persaingan.

Tenaga penjualan yang lebih bahagia

Sebagian besar tenaga penjualan sudah menggunakan perangkat seluler dalam kehidupan sehari-hari mereka, yang membuatnya mudah untuk mengintegrasikan aplikasi penjualan saat menjalankan bisnis.

Mengatur alat penjualan pada platform seluler membuatnya mudah untuk membawa bisnis saat bepergian, daripada kembali ke meja setiap kali ada informasi penting yang hilang.

Tim penjualan yang mendukung seluler dapat menangani bisnis dari mana pun mereka berada dan mengotomatiskan tugas-tugas yang membosankan, mengurangi sakit kepala dan meningkatkan fleksibilitas.

Baca juga: 22 Cara Meningkatkan Keuntungan dalam Bisnis, Berani Coba?

10 Rekomendasi Aplikasi Penjualan Terbaik

Ada banyak aplikasi penjualan di luar sana, dan setiap platform memiliki bidang keahliannya sendiri.

Berikut adalah daftar 10 aplikasi penjualan teratas yang dapat merampingkan berbagai tugas yang ditangani oleh perwakilan penjualan Anda setiap hari.

1. Leadfeeder

Leadfeeder adalah aplikasi penjualan yang dirancang untuk bisnis B2B untuk membantu mereka menangkap lebih banyak prospek.

Aplikasi ini mengumpulkan data tentang lalu lintas situs web dan melaporkan bagaimana pengguna berinteraksi dengan konten situs, memberikan perwakilan penjualan tampilan yang lebih baik pada perilaku pelanggan.

Fungsi utama: menghasilkan prospek

Fitur

  • Manajemen kampanye
  • Atribusi saluran
  • Segmentasi pelanggan
  • Lead nurturing
  • Pelaporan/analisis

Baca juga: Ingin Membangun Bisnis Online? Yuk Cek 20 Rekomendasi Ini!

2. Mailshake

Mailshake adalah aplikasi penjualan seluler untuk penjangkauan email dingin dan terlibat dengan prospek.

Pengguna dapat mengirim email drips, mengkonfigurasi email mereka untuk melewati filter spam, dan melacak prospek dengan fitur penangkap prospek mereka.

Fungsi utama: manajemen penjualan & email

Fitur

  • Pengujian A/B
  • Manajemen kampanye
  • Kampanye drip email
  • Manajemen prospek
  • Email yang dioptimalkan untuk seluler

3. Right Inbox

Right Inbox adalah ekstensi Gmail yang dirancang khusus untuk tenaga penjualan, dan mencakup fungsi-fungsi seperti templat email, pengingat, dan pelacakan email.

Fungsi utama: manajemen email

Fitur

  • Pemantauan email
  • Pengarsipan dan retensi
  • Manajemen tanda tangan
  • Manajemen antrean
  • Perencanan respon

Baca juga: Contoh Peluang Bisnis Online, Tantangan, & Tips Mengembangkannya

4. Vidyard

Vidyard adalah platform pembuatan dan berbagi video yang memungkinkan tenaga pemasaran dan penjualan untuk berbagi visual yang dipersonalisasi dan terkini dengan calon klien.

Fungsi utama: pembuatan & manajemen media

Fitur

  • Pelacakan analitik/ROI
  • Distribusi multi-saluran
  • Branding yang dapat disesuaikan
  • Pengeditan & streaming video
  • Brand overlay

5. Zendesk Sell

Zendesk Sell menawarkan platform CRM penjualan terdepan di industri untuk repetisi saat bepergian, termasuk antarmuka pengguna yang efisien, geolokasi dan arah, dan verifikasi kunjungan penjualan.

Platform berbasis cloud yang kuat ini memungkinkan perwakilan penjualan mengotomatisasi tugas-tugas administratif yang berulang-ulang, mengakses laporan sekali klik untuk mengidentifikasi peluang yang terlewatkan, dan melacak interaksi pelanggan secara real-time.

Pelacakan hubungan dan analitik Zendesk Sell sangat berguna bagi tim yang perlu mengakses informasi secara offline.

Untuk manajer, verifikasi kunjungan penjualan melacak agen untuk memastikan Anda mencakup wilayah secara efisien. Dan meskipun sarat dengan fitur, Zendesk Sell menawarkan antarmuka yang mudah dinavigasi.

Fungsi utama: manajemen hubungan pelanggan, manajemen penjualan, CRM untuk bisnis kecil.

Fitur

  • Pelacak penjualan: Pelacakan hubungan dan analitik
  • Dasbor penjualan
  • Kunjungan penjualan dan verifikasi kunjungan
  • Geolokasi dan petunjuk arah
  • Penyimpanan dokumen
  • Pelacakan dan edukasi prospek
  • Penghasil prospek
  • Self-service portal

6. Expensify

Expensify mengelola penerimaan dan melacak pengeluaran bisnis, baik Anda adalah operasi satu orang atau perusahaan tingkat enterprise.

Fungsi utama: pelacakan pengeluaran

Fitur

  • Kontrol pengeluaran
  • Pelaporan/analisis
  • Penagihan & faktur
  • Manajemen penggantian biaya

Baca juga: Laporan Penjualan Harian: Pengertian, Manfaat, dan Contohnya

7. ZoomInfo

ZoomInfo menyediakan profil pelanggan 360 derajat kepada pengguna, menggunakan generasi prospek berbasis cloud mereka untuk mengumpulkan dan menganalisis data pelanggan saat masuk.

Fungsi utama: menghasilkan prospek

Fitur

  • Atribusi saluran
  • Profil pelanggan
  • Basis data kontak
  • Integrasi basis data prospek
  • Manajemen pipeline

8. SalesRabbit

Dibangun untuk sales yang melakukan penjualan door to door, SalesRabbit adalah CRM yang juga bertindak sebagai alat untuk meningkatkan motivasi dan efisiensi tim dengan fitur-fitur untuk pelacakan kinerja dan pelatihan.

Fungsi utama: manajemen penjualan

Fitur

  • Basis data kontak
  • Lead nurturing
  • Manajemen kinerja
  • Segmentasi
  • Manajemen wilayah

9. Vainu

Vainu adalah basis data B2B yang memungkinkan bisnis melakukan pencarian mendalam tentang bisnis lain untuk menghasilkan lebih banyak prospek dan membuat kampanye pemasaran yang ditargetkan.

Fungsi utama: menghasilkan pemimpin untuk perusahaan B2B

Fitur

  • Basis data kontak
  • Impor/ekspor data
  • Penangkapan prospek
  • Verifikasi/validasi prospek
  • Alat pencarian prospek

10. Moka POS

Moka adalah sistem point-of-sale multi platform berbasis cloud yang membantu usaha Anda untuk berkembang dan naik kelas.

Moka tidak hanya mengoptimalkan operasional bisnis, tetapi juga memperluas akses untuk menjangkau lebih banyak pelanggan melalui platform penunjang bisnis lainnya dalam bentuk fitur bagi para pelaku usaha untuk memudahkan mereka dalam melakukan operasi penjualan.

Fungsi utama: aplikasi pos

Fitur

  • Manajemen multi outlet
  • Manajemen inventaris
  • Program loyalitas pelanggan
  • Pengelolaan tata letak meja

Baca juga: 12 Strategi Penjualan Online agar Bisnis Semakin Berkembang

Tips yang Perlu Anda Perhatikan Saat Memilih Aplikasi Penjualan

Aplikasi penjualan yang berbeda dilengkapi untuk menangani tugas-tugas yang muncul di hari-hari biasa seorang tenaga penjualan, jadi kemungkinan besar Anda akan mengunduh dan menggunakan beberapa aplikasi untuk menjalankan bisnis.

Mungkin Anda akan menggunakan Zoom untuk rapat dan aplikasi lain untuk menunjukkan kepada klien tatap muka presentasi video produk baru Anda yang menarik.

Apa pun aplikasi kontrol penjualan yang Anda putuskan untuk digunakan, jangan lupakan karakteristik penting ini.

Kemampuan integrasi

Tidak ada satu platform pun yang dapat melakukan semua yang Anda butuhkan dari aplikasi penjualan, jadi penting bahwa aplikasi apa pun yang Anda gunakan memiliki kemampuan integrasi.

Integrasi memungkinkan Anda menghubungkan aplikasi Anda satu sama lain, sehingga mudah untuk mentransfer data dari satu platform ke platform lain tanpa kehilangan informasi atau mengacaukan format dokumen.

Misalnya, akan lebih baik bagi Anda untuk menggunakan aplikasi penjualan dengan sistem akuntansi untuk menghadirkan laporan lengkap mengenai data penjualan dan laporan keuangan secara terintegrasi.

Salah satu software akuntansi yang memiliki fitur integrasi dengan sistem penjualan seperti aplikasi POS atau toko online adalah Kledo.

Jika Anda tertarik, Anda bisa mencoba menggunakan Kledo secara gratis selama 14 haria atau selamanya melalui tautan pada gambar di bawah ini:

Banner 2 kledo

User experience yang ramah pengguna dan efisien

Aplikasi terbaik adalah aplikasi dengan antarmuka yang intuitif. Aplikasi penjualan menangani banyak tugas, tetapi harus dirancang sedemikian rupa sehingga perwakilan penjualan Anda dapat menavigasi mereka tanpa terlalu banyak kebingungan atau sakit kepala.

Jika sebuah aplikasi membutuhkan waktu terlalu lama untuk dipelajari, atau membutuhkan lebih banyak keterampilan TI daripada yang dapat ditangani oleh tim Anda, itu akan menghambat bisnis alih-alih membantunya.

Baca juga: Panduan Pembukuan Penjualan bagi Pelaku Bisnis, Wajib Dicoba!

Keamanan data

Masalah dengan perangkat seluler adalah bahwa perangkat tersebut dapat ditinggalkan di mana saja dan digunakan oleh siapa saja.

Aplikasi yang baik akan aman, sehingga sales Anda dapat menghindari peretasan dan pelanggaran yang merusak.

Aplikasi penjualan dirancang untuk menyimpan data sensitif, dan pelanggan Anda mempercayai bisnis Anda untuk menjaga keamanan data tersebut.

Aplikasi kontrol penjualan apa pun yang Anda gunakan harus memiliki langkah-langkah keamanan ekstensif untuk memastikan bahwa meskipun perangkat seluler salah tempat, data pelanggan Anda tetap aman.

Dapat digunakan di semua perangkat

Tidak semua aplikasi dibuat untuk bekerja di setiap perangkat. Aplikasi penjualan terbaik kompatibel dengan semua perangkat dan jaringan, dan akan memungkinkan Anda berbagi data penjualan dengan semua orang di tim Anda, apa pun perangkat keras yang mereka gunakan.

Dapat diskalakan dan disesuaikan

Setiap perusahaan itu unik, yang berarti masing-masing akan menggunakan aplikasi penjualan secara berbeda. Aplikasi penjualan seluler terbaik adalah aplikasi yang dapat disesuaikan agar sesuai dengan model bisnis dan proses penjualan unik Anda.

Aplikasi penjualan yang baik juga akan memberi Anda pilihan untuk memiliki lebih banyak atau lebih sedikit fitur tergantung pada kebutuhan Anda, sehingga Anda tidak dipaksa untuk membeli paket yang menyertakan fungsi yang tidak Anda gunakan.

Baca juga: Pahami Konsep Promosi Ini untuk Tingkatkan Penjualan Bisnis

Kesimpulan

Itulah beberapa contoh aplikasi penjualan yang bisa Anda pilih untuk memudahkan proses penjualan dalam bisnis Anda.

Teknologi saat ini memang sangat membantu banyak pemilik bisnis dalam mempermudah proses operasional bisnis dan menghadirkan solusi yang adaptif.

Selain proses penjualan, mudahkan juga proses pengelolaan pembukuan dan akuntansi dalam bisnis dengan menggunakan software akuntansi yang memiliki fitur terlengkap dan mudah digunakan seperti Kledo.

Kledo adalah software akuntansi berbasis cloud yang sudah digunakan oleh lebih dari 35 ribu pengguna untuk memaksimalkan proses pembukuan usaha yang lebih efisien.

Jika tertarik, Anda bisa mencoba menggunakan Kledo secara gratis selama 14 hari atau selamanya melalui tautan ini.

sugi priharto

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

eight − 8 =