Mengenal Big 4 KAP, Cara Berkarir Disana, Kelebihan dan Kekurangannya

big 4 kap banner

Jika Anda tertarik untuk mengejar karier di bidang akuntansi dan keuangan, Anda mungkin memutuskan untuk menetapkan target untuk bekerja di salah satu perusahaan big 4 KAP atau Kantor Akuntan Publik.

“Big 4” adalah firma akuntansi terbesar, dan mereka terkenal dengan layanan terbaiknya dalam bidang audit, perpajakan, penasihat transaksi, dan penasihat risiko.

Bekerja di salah satu organisasi big 4 KAPdapat membantu Anda meningkatkan keterampilan Anda dan menjadikan diri Anda seorang profesional akuntansi yang terampil.

Dalam artikel ini, kami menjawab apa saja perusahaan yang termasuk big 4 KAP dan cara membangun karir disana beserta kelebihan dan kekurangannya

Apa yang Dimaksud dengan KAP Big 4?

KAP Big 4 adalah organisasi akuntansi terbesar di dunia yang menyediakan layanan akuntansi profesional.

Mereka terdiri dari jaringan akuntansi global Klynveld Peat Marwick Goerdeler (KPMG), Deloitte, Ernst and Young (EY), dan PricewaterhouseCoopers (PwC).

Mereka tersebar di seluruh dunia dan sering menghasilkan pendapatan miliaran dolar.

The Big Four adalah kantor akuntan publik bersertifikat yang sering menangani audit untuk sebagian besar perusahaan yang memperdagangkan saham secara publik.

Meskipun Big Four adalah perusahaan independen yang berbeda, mereka sepakat untuk bekerja di bawah nama yang sama dan hanya menawarkan layanan di satu negara di mana saingannya tidak ada.

Perusahaan-perusahaan ini memiliki ukuran yang sebanding tetapi lebih besar dari pasar lainnya dalam hal pendapatan dan tenaga kerja.

Mereka sering bekerja sama dengan perusahaan-perusahaan Fortune 500, menjadikan mereka perusahaan yang ideal untuk bekerja jika Anda tertarik untuk membangun karier di bidang keuangan dan akuntansi.

Baca juga: 8 Tantangan Industri Ritel dan Tips Sukses Menghadapinya

Sumber-sumber Pendapatan dari Big 4 KAP

Selain jasa audit keuangan, Big 4 KAP juga menghasilkan pendapatan dengan menawarkan jasa pajak, penilaian, riset pasar, penasihat hukum, dan asurans.

juga menyediakan jasa konsultasi, seperti konsultasi manajemen dan strategi. Selain itu, perusahaan-perusahaan ini mengaudit sebagian besar Fortune 500, yang merupakan pangsa pasar yang besar bagi perusahaan-perusahaan perdagangan teratas.

big 4 KAP 2

Sejarah dan Pendapatan yang Dihasilkan oleh Big 4 KAP

Berikut ini adalah cara perusahaan-perusahaan Big Four menghasilkan pendapatan pada tahun 2020:

Deloitte

Deloitte didirikan pada tahun 1985, dan meskipun telah melalui serangkaian merger dan akuisisi, Deloitte tetap mempertahankan nama aslinya.

Pada tahun 1995, perusahaan ini meluncurkan cabang konsultannya untuk memenuhi permintaan dan koordinasi sistem global.

Saat ini, perusahaan ini beroperasi sebagai perusahaan yang didirikan di Inggris dengan kantor pusatnya di New York. Beberapa layanan utama yang menjadi fokus organisasi ini meliputi:

  • Strategi dan operasi
  • Teknologi
  • Sumber daya manusia

Perusahaan ini bekerja untuk menciptakan perbedaan yang berarti bagi para kliennya.

Sebagai karyawan Deloitte, tim Anda dapat mendorong Anda untuk menantang diri sendiri. Anda juga memiliki kesempatan untuk menjadi mentor bagi orang lain, tergantung pada peran Anda.

Perusahaan berfokus pada peningkatan kemampuan kerja, dan Anda akan mendapatkan pelatihan lengkap dan kursus pengembangan profesional.

Baca juga: Tahap Pengikhtisaran Akuntansi Perusahaan Jasa dan Dagang

PwC

Dengan lebih dari 280 ribu pekerja di 157 negara, PwC adalah perusahaan terbesar kedua di antara Big 4 KAP.

Perusahaan ini dimulai ketika dua perusahaan, Price Waterhouse dan Coopers & Lybrand, bergabung pada tahun 1998. Perusahaan ini telah mempertahankan layanan pelanggan yang sangat baik sejak saat itu, dan pendapatan yang dihasilkan terus meningkat.

Perusahaan ini berkantor pusat di London, tetapi memiliki mitra independen di AS. Layanan utama perusahaan ini meliputi:

  • Konsultasi strategi
  • Konsultasi manajemen
  • Konsultasi risiko
  • Konsultasi teknologi

PwC dapat menjadi tempat yang baik untuk bekerja jika Anda adalah seorang ahli teknologi yang senang memecahkan masalah.

Organisasi ini dapat memberi Anda banyak kesempatan untuk bekerja dan belajar dari para ahli dengan pengalaman bertahun-tahun. Anda juga dapat bertemu dengan berbagai macam klien, dan Anda dapat mengerjakan berbagai macam proyek.

Jika Anda sedang kuliah, Anda dapat mendaftar untuk program pelatihan lulusan terbaru yang ditawarkan perusahaan.

E&Y

Pada tahun 1989, Ernst dan Whinney bergabung dengan Arthur Young untuk menciptakan Ernst and Young.

Organisasi ini memiliki kantor cabang di lebih dari 150 negara di seluruh dunia dan mempekerjakan lebih dari 300 ribu pekerja.

Kantor pusat perusahaan ini juga berlokasi di London, dan menduduki peringkat ke-11 sebagai perusahaan terbesar di dunia. Layanan utama yang ditawarkan perusahaan ini meliputi:

  • Peningkatan kinerja
  • Analisis risiko
  • Risiko dan jaminan TI
  • Penasihat silang

E&Y memfokuskan upayanya pada layanan transformatif dan membantu kliennya memenuhi persyaratan regulasi.

Proses rekrutmennya mungkin menantang. Pertimbangkan untuk melakukan riset tentang perusahaan dan sistem perekrutannya sebelum melamar posisi setelah lulus dari universitas.

Baca juga: Pahami Bagaimana Sejarah Akuntansi Dunia dan Indonesia

KPMG

KPMG dimulai ketika Klynveld Main Goerdeler bergabung dengan Peat Marwick pada tahun 1987.

Organisasi ini melayani lebih dari 147 negara dengan lebih dari 227 ribu karyawan di seluruh dunia.

Kantor pusatnya berlokasi di Belanda, meskipun juga didirikan di Inggris. Sumber pendapatan utama perusahaan ini meliputi audit keuangan, pajak, dan layanan konsultasi. Bidang konsultasi utamanya meliputi:

  • Kinerja bisnis
  • Perlindungan bisnis
  • Adopsi dan transformasi digital
  • Lingkungan, sosial dan tata kelola

KPMG mencari kandidat dengan talenta khusus, dan perusahaan ini sering melakukan wawancara dan tes yang ketat untuk memeriksa apakah Anda memiliki kepercayaan diri dan keterampilan praktis yang baik.

Organisasi ini juga berfokus pada layanan konsultasi dan konsultasi, jadi pertimbangkan untuk mengembangkan keterampilan interpersonal dan teknis Anda sebelum melamar.

Cara Menjadi Konsultan di Big 4 KAP

Pertimbangkan untuk mengikuti langkah-langkah berikut untuk membantu Anda menjadi konsultan di Big Four:

Mulailah lebih awal

Menjadi konsultan di firma Big 4 KAP bisa jadi menantang, tetapi Anda bisa mendapatkan posisi di salah satu firma tersebut jika Anda bertekad dan pekerja keras.

Pertimbangkan untuk memulai proses lamaran di awal masa kuliah Anda untuk membantu meningkatkan peluang keberhasilan Anda.

Disarankan agar Anda bekerja sebagai pekerja magang paruh waktu untuk mempelajari pengetahuan dan keterampilan yang dapat Anda kembangkan untuk membantu Anda bergabung dengan organisasi.

The Big Four sering merekrut lulusan, pekerja magang, dan orang-orang dengan gelar master di bidang akuntansi.

Baca juga: Market Value Added (MVA): Pengertian, Fungsi dan Cara Menghitungnya

Dapatkan nilai yang baik

Nilai yang baik di universitas dapat membantu Anda memenuhi syarat untuk mendapatkan posisi di Big Four.

Jika Anda memenuhi kriteria ini, universitas Anda dapat membantu Anda mengatur materi aplikasi Anda. Universitas Anda juga dapat menyediakan sumber daya untuk membantu Anda menyelesaikan proses wawancara.

Sebagai alternatif, Anda dapat melamar posisi konsultan lainnya di perusahaan yang lebih kecil atau melalui agen konsultan independen.

Hal ini dapat membantu Anda mendapatkan pengalaman sebelum masuk ke posisi Big Four.

Tampil dengan baik selama wawancara

The Big Four terutama berfokus pada mempekerjakan orang-orang dengan tekad dan keterampilan yang luar biasa.

Mereka sering mengadakan serangkaian wawancara untuk membantu tim perekrutan menilai kualifikasi Anda.

Pertimbangkan untuk mempersiapkan diri menghadapi wawancara ini dan berlatih beberapa kali untuk membantu meningkatkan peluang Anda mendapatkan peran.

Pilih firma yang tepat untuk Anda

Penting untuk memilih perusahaan dengan persyaratan yang paling sesuai dengan keahlian Anda.

Dengan memilih organisasi yang tepat, Anda dapat memastikan bahwa Anda bekerja di perusahaan lebih lama, dan Anda mungkin merasa lebih nyaman di tempat kerja.

Hal ini dapat membantu Anda menjaga keseimbangan kehidupan kerja yang sehat.

Baca juga: Tahapan dan Prosedur Audit Persediaan yang Harus Anda Ketahui

Pelajari keterampilan yang tepat

Beberapa keterampilan utama yang dapat Anda kembangkan untuk membantu Anda menjadi konsultan Big Four termasuk tekad, komitmen terhadap visi perusahaan dan klien, komersialitas, kepemimpinan dan manajemen, keterampilan berpikir, kecerdasan emosional, kepercayaan diri, dan ketahanan.

Baru-baru ini, perusahaan-perusahaan tersebut mulai menawarkan layanan konsultasi transformasi digital untuk membantu perusahaan memenuhi kebutuhan era digital.

Anda dapat mengembangkan keterampilan komputer teknis untuk membantu Anda menyelesaikan tugas-tugas ini.

Anda juga dapat mengembangkan pemahaman tentang standar akuntansi dan audit serta undang-undang perpajakan di negara tempat Anda bekerja.

big 4 KAP 1

Bagaimana Big 4 KAP Memilih Karyawan Mereka?

Pertimbangkan untuk menanyakan kepada setiap perusahaan untuk mempelajari lebih lanjut tentang proses perekrutan.

Berikut adalah kriteria yang mungkin dipertimbangkan oleh KAP Big Four ketika merekrut anggota tim baru:

Deloitte

Deloitte mungkin mencari kandidat dengan gelar sarjana atau master. Perusahaan ini tidak spesifik mengenai universitas tempat Anda lulus.

Perusahaan ini mungkin mencari karyawan yang dapat mengikuti kode etik. Jika Anda mencari awal yang baik untuk karir Anda, ini bisa menjadi tempat yang sangat baik untuk bekerja.

Selain itu, Anda juga dapat bekerja dengan perusahaan-perusahaan Fortune 500, yang dapat memberikan Anda eksposur yang luar biasa.

Baca juga: Contoh Flowchart Penjualan dan Tahapan Pembuatannya

PwC

PwC dapat membantu mahasiswa mempersiapkan karier mereka dengan menawarkan magang paruh waktu yang melengkapi studi mereka.

Selama magang ini, peserta magang berpartisipasi dalam pertemuan dengan klien dan para ahli di bidangnya, memungkinkan mereka untuk menyerap informasi sebanyak mungkin sambil tetap belajar.

Sepert Big 4 KAP lainnya, PwC adalah firma yang tepat untuk memulai karier Anda dan memperkuat keterampilan Anda di area praktik firma mana pun.

EY

E&Y sering kali menargetkan sarjana dan pascasarjana dengan gelar master di bidang administrasi bisnis.

Biasanya, perusahaan ini mencari kandidat yang memiliki setidaknya tiga tahun pengalaman.

Jika Anda seorang mahasiswa, perusahaan ini dapat menempatkan Anda pada posisi associate di mana Anda dapat menerima pelatihan dan penempatan langsung di bidang yang Anda minati.

Hal ini dapat membantu Anda mengembangkan karier, keterampilan dan koneksi sosial Anda.

Baca juga: 12 Cara Mengelola Utang Bisnis Jadi Lebih Efektif

KPMG

KMPG umumnya mencari kandidat dengan pengetahuan analitis dan teknis yang sangat baik. Anda mungkin dapat bekerja sama dengan perusahaan-perusahaan yang masuk dalam daftar Fortune 500.

Ini berarti Anda bisa mendapatkan kesempatan langsung untuk mengembangkan pemahaman Anda tentang apa yang dibutuhkan oleh Fortune 500 dan bagaimana Anda dapat melayani bisnis serupa.

KPMG juga menargetkan lulusan universitas dan pascasarjana dengan gelar BA. Anda juga dapat menerima pelatihan dan pendidikan tambahan tentang cara menangani klien.

Keuntungan Bekerja di Big 4 KAP

Bekerja di kantor akuntan Big Four memiliki lebih banyak manfaat daripada sekadar gaji.

Jika Anda memutuskan untuk mengejar posisi di salah satu firma akuntansi terbesar di dunia, Anda dapat menantikan pelatihan yang komprehensif, spesialisasi yang beragam, pertumbuhan karier, peluang jaringan, dan banyak fasilitas gaya hidup kantor.

Pelatihan di tempat kerja

Kantor akuntan Big Four cenderung memiliki ekspektasi yang tinggi terhadap karyawannya, tetapi mereka juga menawarkan banyak kesempatan pelatihan untuk membantu Anda mencapai tujuan Anda.

Sebagai contoh, Deloitte University berfungsi sebagai pusat pelatihan internal yang menawarkan program, seminar, dan magang untuk karyawan.

PwC juga menawarkan berbagai peluang pelatihan dan pendidikan, dan perusahaan ini bahkan menyediakan beberapa kursusnya jika Anda ingin mendapatkan kredit pendidikan profesional berkelanjutan (CPE).

Baca juga: Memahami Creative Accounting dalam Proses Akuntansi Bisnis

Spesialisasi yang beragam

Seperti yang Anda harapkan dari bisnis yang sudah mapan, Big 4 firma akuntansi menyediakan banyak layanan untuk klien mereka.

Mereka mencari profesional akuntansi yang sangat terampil seperti Anda yang memiliki daftar panjang spesialisasi untuk memenuhi berbagai kebutuhan klien.

Sebagai contoh, PwC mengkhususkan diri dalam audit, sementara Deloitte berfokus pada konsultasi. KPMG dikenal dengan spesialisasi perpajakannya, sementara EY menyediakan layanan konsultasi dan asuransi.

Terlepas dari spesialisasi akuntansi Anda, Anda mungkin dapat menemukan posisi di KAP Big Four yang sesuai dengan fokus Anda.

Peluang pertumbuhan

Semua kantor akuntan terkemuka mendorong pertumbuhan dan memberikan kesempatan untuk maju di perusahaan.

Menurut Hamza di LinkedIn, rekanan akuntansi firma terbesar cenderung menerima promosi atau pindah ke peran lain di industri ini.

Itu berarti, sebagai seorang profesional akuntansi yang bercita-cita tinggi, Anda dapat potensi kenaikan gaji tahunan dan pertumbuhan karier yang berkelanjutan, tergantung pada kinerja.

Terlepas dari apakah Anda tetap di satu perusahaan atau membawa keahlian Anda ke tempat lain, kinerja positif Anda di salah satu dari empat firma akuntansi besar ini dapat membantu Anda mendapatkan peluang karier baru di masa depan.

Baca juga: Bagaimana Prospek Kerja Lulusan Akuntansi dan Gajinya

Banner 2 kledo

Tantangan Bekerja di Big 4 KAP

Peluang karier yang menguntungkan dapat muncul dari bekerja dengan Big 4 KAP tetapi penting juga untuk menyadari risikonya.

Bekerja untuk organisasi yang menuntut ini dapat berdampak negatif pada kehidupan pribadi Anda.

Saat bekerja di salah satu firma akuntansi terbesar di dunia, Anda mungkin akan kesulitan untuk menyeimbangkan antara kehidupan profesional dan pribadi Anda karena sifat pekerjaan Anda yang penuh tekanan.

Selain itu, budaya perusahaan yang kompetitif, di mana karyawan merasa tertekan untuk bekerja di tingkat yang lebih tinggi daripada rekan-rekan mereka, juga dapat berdampak negatif pada kesehatan pribadi dan kesejahteraan profesional Anda.

Work life balance

Baik Anda seorang akuntan baru atau ingin menjadi partner senior, ada kemungkinan Anda akan merasa terpaksa dengan jam kerja yang panjang di firma-firma Big Four.

Jam kerja bisa lebih panjang lagi selama musim pajak dan waktu sibuk lainnya dalam setahun, yang dapat menyulitkan untuk menjaga keseimbangan kehidupan kerja yang sehat.

Meskipun banyak karyawan firma akuntansi Big Four menerima paket cuti berbayar yang berlimpah, Anda mungkin akan kesulitan untuk menyesuaikan hari libur dengan jadwal kerja yang padat.

Sebelum Anda memutuskan untuk bekerja di salah satu dari empat firma akuntansi teratas, penting untuk mempertimbangkan komitmen kehidupan pribadi Anda dan apakah Anda bersedia mengorbankannya untuk profesi ini.

Baca juga: Profesi Akuntan: Jenis dan Cara Menjadi Akuntan Profesional

Budaya perusahaan

Budaya perusahaan bervariasi dari satu perusahaan ke perusahaan lainnya, tetapi karyawan saat ini dan mantan karyawan memiliki kepedulian tertentu yang konsisten di seluruh industri.

Sebagai contoh, eFinancialCareers melaporkan bahwa budaya di Deloitte bisa jadi formal, sementara lingkungan di EY bisa jadi kompetitif.

Jika Anda berencana untuk mencari peluang karier di salah satu dari empat firma akuntansi terbesar, Anda harus siap menghadapi lingkungan berintensitas tinggi yang formal, menuntut, dan kompetitif.

Jika Anda mencari budaya perusahaan yang lebih santai dan bersahabat, Anda harus mempertanyakan apakah firma Big Four adalah pilihan yang tepat untuk Anda.

Baca juga: 8 Jenis Sertifikasi Akuntansi dan Cara Mendapatkannya

Kesimpulan

Sebagai seorang profesional yang mencari karier bergengsi di industri akuntansi, karier Anda sangat penting bagi Anda.

Apakah Anda memilih untuk berkarir di Big 4 KAP atau menggunakan keahlian akuntansi Anda di tempat lain, pengetahuan bidang akuntansi dapat membantu Anda membangun kemahiran dan pemahaman di berbagai kompetensi, termasuk pengoperasioan software akuntansi untuk mempermudah proses kerja.

Anda bisa mencoba menggunakan software akuntansi Kledo sebagai untuk memudahkan Anda melakukan pencatatan akuntansi, penjurnalan, dan membuat laporan keuangan dengan lebih mudah dan praktis.

Jika tertarik, Anda bisa mencoba menggunakan software akuntansi Kledo secara gratis selama 14 hari atau selamanya melalui tautan ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

13 − six =