Brand Management: Definisi, Prinsip, Strategi, dan Manfaatnya

brand management banner

Launching merek memungkinkan Anda menciptakan identitas unik untuk bisnis Anda-yang akan dikenali dan dipercaya oleh pelanggan. Proses pembuatan merek sangat bermanfaat dan menguras tenaga. Jika Anda melakukan brand management atau manajemen merek dengan baik, pelanggan Anda akan memahami dari apa yang ditawarkan bisnis Anda, misi Anda, dan apa yang dapat mereka harapkan dari perusahaan Anda.

Pada artikel ini, kami akan membahas semua yang perlu Anda ketahui untuk mulai membangun merek Anda melalui brand management yang efektif.

Apa itu Brand Management?

Branding sangat penting untuk bisnis karena melibatkan penciptaan identitas unik untuk produk dan layanan perusahaan.

Hal ini juga dapat membantu membangun loyalitas pelanggan dan hubungan emosional dengan perusahaan.

Branding bisa jadi rumit, tetapi penting untuk memahami dasar-dasarnya sebelum memulai strategi merek.

Brand management, juga dikenal sebagai marketing, bertanggung jawab atas keseluruhan manajemen dalam sebuah merek. Ini mencakup segala hal mulai dari pengembangan produk dan pemasaran hingga periklanan dan hubungan masyarakat.

Semua aspek ini bekerja sama untuk menciptakan citra atau reputasi tertentu untuk sebuah merek. Tujuan dari brand management adalah untuk menciptakan reputasi yang kuat dan positif untuk sebuah merek yang akan menghasilkan peningkatan penjualan dan pangsa pasar.

Proses ini membantu perusahaan menciptakan identitas unik untuk produk atau layanan mereka di pasar.

Strategi brand management yang sukses dapat membangun loyalitas pelanggan dan meningkatkan pangsa pasar. Perusahaan perlu memahami berbagai aspek brand management untuk menciptakan identitas merek yang kuat.

Baca juga: Perbebedaan Branding dan Marketing

Banner 3 kledo

Apa Manfaat dari Brand Management?

Ada beberapa alasan penting mengapa brand management sangat penting bagi bisnis dari semua ukuran. Beberapa manfaat utama dari brand management antara lain:

Ekuitas merek

Salah satu manfaat utama brand management adalah meningkatkan ekuitas merek atau brand equity, yang merupakan keseluruhan nilai dan persepsi yang terkait dengan merek Anda.

ROI dari membangun ekuitas merek dapat menjadi signifikan, yang mengarah pada peningkatan loyalitas pelanggan dan kemampuan untuk menetapkan harga premium.

Konsistensi

Brand management juga memudahkan organisasi untuk tetap konsisten di seluruh upaya pemasaran mereka dengan memastikan branding yang koheren di semua saluran dan titik kontak.

Konsistensi dapat dicapai melalui pedoman merek, yang dapat membantu membangun keakraban dan pengenalan merek.

Baca juga: Mission Statement: Fungsi, Karakteristik, dan Tips Membuatnya

Loyalitas pelanggan

Manfaat utama lain dari brand management adalah membangun loyalitas pelanggan.

Pengalaman merek yang konsisten dapat menumbuhkan kepercayaan dan hubungan emosional dengan audiens target Anda, yang dapat membantu meningkatkan retensi dan rujukan pelanggan, yang mengarah ke lebih banyak bisnis.

Manajemen risiko

Brand management juga dapat membantu organisasi memitigasi dan pulih dari krisis dengan memiliki lebih banyak sumber daya dan keahlian untuk menangani peristiwa negatif atau tantangan hubungan masyarakat.

Keterlibatan karyawan

Karyawan dapat menjadi lebih terlibat dengan nilai, visi, dan tujuan merek melalui brand management, karena mereka dapat lebih memahami dan mewujudkan identitas merek.

Perluasan pasar

Brand management yang efektif memungkinkan organisasi untuk memperluas penawaran produk dan layanan mereka, karena pelanggan setia sering kali lebih mudah menerima perluasan produk baru dari merek yang mereka percayai.

Baca juga: Mengenal Apa itu Modal Ventura, Tahapan, Kelebihan, dan Kekurangannya

Bagaimana Cara Brand Management Bekerja?

brand management 4

Bayangkan brand management sebagai sebuah kebun. Anda menanam benih (merek Anda) di kebun Anda, berharap untuk mendapatkan sayuran yang paling matang yang Anda impikan. 

Anda telah mengambil langkah pertama, namun sekarang Anda harus mencari tahu bagaimana cara menyirami benih Anda untuk memastikan benih tersebut tumbuh dan berkembang menjadi tanaman yang indah.

Berapa banyak air yang terlalu banyak? Apakah tanahnya perlu diganti? Bagaimana dengan sinar matahari? Faktor-faktor kecil ini adalah brand management Anda (tanaman sayuran) yang akan mengarah pada kesuksesan Anda pada akhirnya. 

Anda bisa saja memiliki produk terhebat di dunia, namun dengan brand management yang tidak efektif, tidak akan ada orang yang berkesempatan merasakannya.

Inilah yang membuat strategi manajemen Anda begitu penting. Pada dasarnya, brand management bekerja dengan memastikan bahwa produk atau layanan Anda beresonansi dengan pelanggan potensial – pelanggan yang bahagia, hidup yang bahagia.

Baca juga: Pengertian Tax Planning dan Skemanya dalam Bisnis

Prinsip Penting dalam Brand Management

Prinsip-prinsip brand management penting untuk dipahami sebelum melangkah lebih jauh dalam prosesnya.

Setelah Anda mengetahui cara kerja brand management, berikut ini adalah prinsip-prinsip utama untuk membuatnya bekerja:

Brand equity

Reputasi merek Anda adalah kuncinya. Anda ingin pelanggan mempercayai merek Anda, sehingga mereka akan membeli lebih banyak atau merekomendasikannya kepada teman. Nama merek Anda harus dikenali dengan cara yang positif, sehingga menarik perhatian orang.

Loyalitas merek

Loyalitas merek mirip dengan ekuitas merek ketika pelanggan membeli produk Anda semata-mata karena kesetiaan kepada Anda.

Hal ini membantu iklan dari mulut ke mulut dan reputasi untuk membuat orang terus kembali.

Brand recognition

Brand recognition masih merupakan faktor kunci untuk kesuksesan bisnis Anda. Anda ingin merek Anda dikenal oleh lebih banyak orang secara positif untuk menarik lebih banyak bisnis.

Brand recognition berhasil ketika dimana pelanggan Anda bahkan tidak perlu mengetahui nama merek Anda dan masih dapat mengenali produk Anda.

Baca juga: 15 Cara Meningkatkan Brand Awareness dalam Bisnis

Strategi dalam Membangun Brand Management yang Baik

Sekarang saatnya untuk beberapa strategi untuk membantu Anda memulai perjalanan brand management Anda.

Lakukan lebih banyak, jadilah unik

Apakah Anda memiliki sudut pandang yang unik dan menarik tentang apa yang Anda jual? Apa yang membedakan produk Anda dari kompetitor? Mengapa orang ingin membeli produk Anda?

Fokus pada alasan Anda. Ingatlah mengapa Anda menyukai merek Anda sejak awal, dan apa pun perasaan itu, gunakan itu untuk membantu branding Anda.

Evaluasi

Apakah Anda memiliki rencana evaluasi? Evaluasi apa yang bekerja dengan baik dan apa yang tidak. Bersiaplah untuk melakukan hal ini berulang kali selama umur bisnis Anda.

Jika ada yang berhasil, lakukan lebih banyak lagi. Jika ada yang tidak berhasil, evaluasi kembali bagaimana Anda bisa membuatnya lebih baik. Kunci dari branding adalah terus berkembang.

Lakukan digital marketing

Pemasaran digital atau digital marketing adalah kunci masa depan. Ada begitu banyak hal yang perlu dipertimbangkan saat memulai sebuah merek dan memiliki komponen pemasaran digital adalah salah satunya.

Dari visual yang luar biasa hingga strategi media sosial, pemasaran digital mencakup semuanya.

Mungkin ada baiknya Anda berinvestasi pada desainer grafis dan social media manager. Manusia (dan terutama mereka yang berbelanja) pada dasarnya adalah makhluk visual, jadi memiliki desain yang bagus sangat penting untuk branding yang baik. 

Demikian juga dengan pemasaran digital, semuanya serba online sekarang ini. Di sinilah pesan merek Anda akan berperan penting, karena Anda dapat benar-benar menyoroti apa yang Anda ingin brand Anda katakan. Jika bisnis Anda tidak tersedia secara online, Anda hampir tidak terlihat.

Baca juga: Brand Strategy: Pengertian, Manfaat, Tips, dan Contoh Suksesnya

Contoh Brand Management

brand management 1

Brand management adalah mengelola persepsi pelanggan terhadap suatu produk atau layanan. Beberapa contoh brand management adalah:

  • Periklanan
  • Pemasaran
  • Identitas perusahaan
  • Desain produk
  • Dukungan pelanggan
  • Hubungan masyarakat

Brand management sangat penting bagi setiap bisnis yang ingin meningkatkan keuntungan atau mencapai posisi terdepan dalam industrinya.

Ada banyak cara untuk mengelola merek, termasuk kegiatan periklanan dan hubungan masyarakat.

Berikut ini adalah contoh bagaimana perusahaan menggunakan brand management:

  • Sebuah perusahaan dapat berkolaborasi dengan perusahaan lain yang memiliki produk serupa untuk mendapatkan lebih banyak pelanggan.
  • Sebuah perusahaan dapat membuat akun media sosial sehingga dapat memposting gambar dan video tentang produknya tanpa harus khawatir tentang pelanggaran hak cipta atau masalah hukum lainnya.
  • Sebuah perusahaan mungkin ingin mengubah logo atau slogannya agar terlihat lebih terkini atau menarik bagi demografi tertentu.

Baca juga: Brand Activation: Pengertian, Fungsi, Jenis dan Strateginya

8 Tips Melakukan Brand Management yang Efektif

Brand management adalah proses yang membantu bisnis menciptakan dan mempertahankan identitas yang unik.

Brand yang kuat dapat membedakan perusahaan dari para pesaingnya dan membuatnya lebih menarik bagi pelanggan. Berikut adalah tujuh tips untuk brand management yang efektif: 

1. Sampaikan aturan yang jelas kepada tim Anda

Penting untuk memiliki pedoman untuk diikuti oleh anggota tim. Dengan adanya aturan yang ditetapkan akan memudahkan tim untuk bekerja sama secara efisien. Untuk membuat pedoman ini, pertimbangkan pertanyaan-pertanyaan berikut: Apa tujuan tim?

Ketika Anda bekerja dengan tim, kemungkinan besar Anda perlu mengirimkan file atau permintaan pada suatu saat.

Baik untuk sebuah proyek atau hanya untuk mengajukan pertanyaan, Anda harus mempelajari cara mengirimkan berkas dengan benar sehingga tim Anda dapat mengetahui apa yang Anda minta bantuannya dan dapat segera memberikan bantuan yang Anda butuhkan. 

2. Ciptakan brand strategy yang unik

Strategi merek atau brand strategy adalah rencana jangka panjang untuk mengembangkan merek yang sukses untuk mencapai tujuan tertentu.

Untuk membuat strategi merek yang unik, bisnis harus terlebih dahulu memahami apa yang membuat mereka berbeda dari pesaing mereka, dan mereka perlu mengetahui target audiens serta kebutuhan dan keinginan mereka.

Baca juga: 10 Tips Memilih Nama Brand Bisnis yang Dapat Anda Coba

3. Perhatikan pengalaman pelanggan

Strategi merek harus mempertimbangkan pengalaman pelanggan, dan menciptakan pengalaman pelanggan yang positif harus menjadi prioritas utama bagi bisnis apa pun.

Ada banyak cara untuk menciptakan pengalaman pelanggan yang positif, tetapi beberapa cara yang paling penting adalah memastikan bahwa pelanggan merasa dihargai, dihormati, dan didengar.

Menciptakan strategi merek yang mempertimbangkan pengalaman pelanggan sangat penting bagi bisnis apa pun yang ingin sukses.

4. Jadikan pelanggan sebagai prioritas utama Anda

Bisnis apa pun yang ingin sukses harus menjadikan pelanggan sebagai prioritas utama. Menciptakan strategi merek yang memperhitungkan pengalaman pelanggan sangat penting bagi setiap bisnis yang ingin sukses.

Dengan memperhatikan pengalaman pelanggan, bisnis dapat menciptakan basis pelanggan setia yang akan terus mendukung merek. Layanan pelanggan yang baik meliputi:

  • Memberikan tingkat kepuasan yang tinggi,
  • Memenuhi kebutuhan pelanggan, dan,
  • Menciptakan pengalaman pelanggan yang positif.

Baca juga: Pengertian Lengkap Brand Experience dan Contohnya

5. Menjaga brand asset

Sebuah merek memberikan panduan bagi sebuah organisasi dan produk serta layanannya untuk mempertahankan pesan yang konsisten.

Pedoman merek harus berisi logo, warna, tipografi, ikonografi, dan elemen lain yang membentuk identitas visual.

Membuat pedoman membantu memastikan konsistensi di antara semua orang yang menggunakan merek tersebut. Saat membuat pedoman merek, sangat penting untuk menjadi jelas dan ringkas.

6. Gunakan satu brand style untuk setiap konten Anda

Gunakan satu gaya merek atau brand style yang konsisten untuk konten Anda. Hal ini akan membantu menjaga pesan Anda tetap konsisten.

Penting untuk memiliki semua aset Anda di satu tempat untuk mengontrol tampilan dan nuansa dokumen Anda. Memiliki semua aset Anda di satu tempat juga akan memudahkan untuk melakukan perubahan.

7. Mendorong kolaborasi antar departemen

Kesuksesan perusahaan bergantung pada kemampuannya untuk memanfaatkan pengetahuan dan keterampilan dari setiap departemen untuk bekerja sama secara efisien.

Tujuan utama dari manajemen pengetahuan adalah untuk meningkatkan aliran informasi antar departemen sehingga perusahaan dapat beroperasi dengan lebih efektif.

Sistem Manajemen Pengetahuan (Knowledge Management System/KMS) adalah alat yang dapat digunakan untuk mengelola aliran informasi ini.

Agar KMS menjadi efektif, KMS harus dapat menangkap dan menyimpan pengetahuan karyawan perusahaan, membuatnya dapat diakses oleh mereka yang membutuhkannya dan menyediakan mekanisme bagi karyawan untuk menyumbangkan pengetahuan baru ke dalam sistem.

8. Mengikuti tren agar tetap relevan

Dunia pemasaran konten selalu berubah dan berkembang, jadi penting untuk selalu mengikuti tren dan metode terbaru.

Agar tetap relevan sebagai pemasar konten, Anda harus mengetahui perkembangan terbaru dalam industri Anda. Banyak alat yang dapat membantu Anda dalam hal ini – misalnya, analisis media sosial.

Tren penting untuk kesuksesan bisnis, dan tren dapat membantu kita tetap relevan dan memberi kita keunggulan dibandingkan pesaing.

Banyak tren yang populer dalam beberapa tahun terakhir, seperti personal branding atau storytelling. Namun, selalu ada tren baru yang muncul untuk menggantikannya.

Baca juga: Brand Image: Pengertian, Pentingnya, Cara Mengukurnya, dan Contohnya

Kesimpulan

Ketika Anda mengembangkan sebuah merek, cerita Anda adalah raja. Setelah Anda mengembangkan cerita merek dan pernyataan misi, Anda dapat menggunakan benih-benih ini untuk membentuk aspek-aspek lain dari merek Anda.

Pastikan untuk terus memantau pertumbuhan merek Anda di sepanjang jalan, dan jangan kaget jika karyawan Anda membutuhkan waktu untuk mengikuti perubahan untuk menciptkan brand management yang efektif.

Selain dalam melakukan pengelolaan merek yang baik, hal terpenting yang harus diperhatikan Anda sebagai pemilik bisnis adalah mengelola keuangan dalam bisnis.

Karena tanpa memiliki keuangan yang sehat, setiap rencana dalam pengembangan merek Anda tidak akan terealisasi.

Lakukanlah proses pembukuan yang baik dan benar untuk memastikan setiap pengeluaran dan pemasukan pada bisnis termonitor dengan jelas dan tidak ada pemborosan yang terjadi dalam bisnis.

Untuk proses pembukuan yang lebih mudah, Anda bisa mencoba menggunakan software akuntansi seperti Kledo yang mudah digunakan, memiliki fitur terlengkap, dan dengan harga terjangkau.

Kledo juga menyediakan implementasi gratis selamanya, jadi jika Anda tidak memahami akuntansi secara mendalam Anda masih bisa menggunakan Kledo untuk mempermudah proses pembukuan Anda.

Jadi tunggu apalagi? Anda bisa mencoba menggunakan Kledo secara gratis selama 14 hari atau selamanya melalui tautan ini.

sugi priharto

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

12 − 9 =