15 Cara Meningkatkan Brand Awareness dalam Bisnis

meningkatkan brand awareness banner

Meningkatkan brand awareness dalam sebuah merek atau bisnis itu penting karena 92% konsumen lebih mempercayai rekomendasi dari orang ke orang daripada bentuk iklan.

Hal ini karena ketika akan melakukan pembelian, orang ingin mendengar apa yang dikatakan orang lain. Dan sebagai pemilik bisnis, itu adalah kabar baik.

Namun, bagaimana cara Anda membuat orang mulai membicarakan merek Anda? Meningkatkan brand awareness dalam produk Anda adalah salah satu caranya.

Mulai dari menggunakan media sosial hingga menjalankan iklan dan segala sesuatu di antaranya, ada beberapa cara untuk meningkatkan brand awareness.

Pada artikel kali ini kami akan memberikan Anda 15 tips untuk meningkatkan brand awareness dengan efektif.

Apa itu Brand Awareness?

Sebelum kita membahas strateginya, mari kita mundur sejenak dan mendefinisikan apa itu brand awareness.

Brand awareness atau kesadaran merek adalah sejauh mana konsumen mengenal merek tertentu dan asosiasinya.

Dengan kata lain, ini adalah seberapa baik orang mengetahui dan mengenali merek Anda.

Meskipun Anda mungkin berpikir bahwa brand awareness hanya penting untuk bisnis besar, namun kenyataannya tidak demikian.

Faktanya, hampir 37% marketer mengatakan bahwa brand awareness adalah salah satu prioritas utama pemasaran mereka.

Mengapa Brand Awareness Penting?

Sekarang setelah kita mengetahui apa itu brand awareness, mari kita bahas mengapa hal itu penting.

Ada beberapa alasan mengapa brand awareness sangat penting, tetapi berikut ini adalah beberapa alasan yang paling penting:

Membangun kepercayaan

Ketika orang mengenal merek Anda, mereka cenderung mempercayainya. Dan ketika orang mempercayai merek Anda, mereka lebih cenderung berbisnis dengan Anda.

Baca juga: 10 Ide Usaha untuk Pensiunan dan Tips Agar Tetap Produktif

Membantu Anda lebih dikenal daripada kompetitor

Di dunia yang tampaknya memiliki banyak pilihan, penting untuk memastikan bahwa audiens target Anda mengetahui tentang merek Anda dan apa yang Anda tawarkan.

Jika orang tidak mengetahui merek Anda, mereka cenderung berbisnis dengan salah satu pesaing Anda.

Menghasilkan lebih banyak prospek

Brand awareness yang lebih tinggi biasanya menghasilkan lebih banyak prospek.

Semakin banyak orang yang mengenal merek Anda, semakin besar kemungkinan mereka akan menghubungi Anda saat mereka membutuhkan produk atau layanan Anda.

Dan tentu saja, lebih banyak prospek biasanya berarti lebih banyak penjualan.

Baca juga: Kenali Berbagai Istilah Audit dalam Laporan Keuangan Berikut Ini

meningkatkan brand awareness 2

Apakah Brand Awareness adalah Strategi Pemasaran?

Setelah mengetahui apa itu brand awareness dan mengapa hal ini sangat penting, Anda mungkin bertanya-tanya apakah ini merupakan strategi pemasaran.

Jawabannya adalah ya.

Meskipun brand awareness sering dianggap sebagai produk sampingan dari pemasaran yang hebat, namun brand awareness juga dapat menjadi tujuan dari proses pemasaran itu sendiri.

Misalnya, jika tujuan Anda adalah untuk meningkatkan brand awareness, Anda dapat mengukur hal-hal seperti jangkauan, tayangan, atau volume pencarian merek.

15 Strategi Untuk Meningkatkan Brand Awareness

1. Membangun social media presence

Hampir semua konsumen menggunakan media sosial, jadi merek harusberada di tempat pelanggan mereka berada.

Platform seperti Facebook, Instagram dan Tiktok menawarkan peluang untuk terhubung dengan pelanggan secara pribadi, membangun brand awareness, dan menciptakan komunitas online di sekitar produk atau layanan Anda.

Pastikan perusahaan Anda memiliki social media presence yang baik, dan gunakan mereka untuk membagikan pesan merek Anda dan terhubung dengan pelanggan baru.

Anda dapat mencoba beberapa teknik berikut ini untuk memaksimalkan eksposur media sosial Anda:

  • Posting konten yang menarik dan menarik secara teratur
  • Berinteraksi dengan followers dan penggemar produk
  • Gunakan tagar untuk menjangkau audiens yang lebih luas
  • Adakan kontes dan hadiah media sosial

Baca juga: 15 Tips Untuk Membuat Usaha Daycare yang Menguntungkan

2. Mensponsori acara atau kegiatan yang berkaitan dengan merek Anda

Mensponsori acara atau kegiatan yang terkait dengan merek Anda adalah cara yang bagus untuk membuat nama Anda dikenal.

Anda dapat mensponsori acara secara langsung atau memberikan sumbangan produk atau diskon sebagai imbalan untuk promosi.

Pastikan untuk menentukan apa yang Anda cari dalam perjanjian sponsorship apa pun sehingga kedua belah pihak mengetahui ekspektasi Anda.

Pastikan merek Anda ditampilkan dengan jelas di semua acara yang disponsori, dan ucapkan terima kasih kepada para sponsor dalam siaran pers atau postingan media sosial yang relevan.

Jenis kampanye brand awareness ini juga dapat membantu Anda menciptakan asosiasi positif dengan merek Anda di benak calon pelanggan.

3. Manfaatkan tools digital marketing

Tools digital marketing seperti newslettter email, blog, dan iklan bertarget dapat membantu Anda menjangkau audiens yang lebih luas dengan pesan merek Anda.

Memanfaatkan alat-alat ini memungkinkan Anda untuk secara khusus menargetkan pelanggan yang tertarik dengan apa yang Anda tawarkan.

Anda dapat menjangkau audiens yang lebih luas selama kampanye brand awareness dan mengarahkan lebih banyak lalu lintas ke situs web Anda.

Baca juga: 10 Cara Membuat Postingan Menarik di Instagram

4. Rancang logo dan elemen pencitraan merek yang kuat

Logo dan elemen branding Anda memainkan peran penting dalam menciptakan brand awareness.

Pastikan logo Anda dirancang dengan baik dan mudah diingat, serta gunakan elemen branding yang konsisten di seluruh materi pemasaran Anda.

Hal ini akan membantu pelanggan dengan cepat mengasosiasikan merek Anda dengan produk atau layanan Anda.

Selain itu, gunakan nama merek dan logo Anda secara bebas di semua materi pemasaran Anda, termasuk situs web, kartu nama, dan kemasan produk.

Baca juga: Memahami Rekapitulasi Jurnal dalam Akuntansi dan Contohnya

meningkatkan brand awareness 1

5. Kembangkan Unique Selling Proposition (USP)

Unique Selling Proposition (USP) dalam bisnis membedakan perusahaan Anda dari pesaing. Inilah yang membuat pelanggan memilih produk atau layanan Anda daripada pesaing Anda.

Pastikan USP Anda jelas dan menonjol di semua materi branding Anda, dan sering-seringlah membicarakannya dalam komunikasi pemasaran Anda.

Jika Anda bisa membuat calon pelanggan melihat mengapa mereka membutuhkan produk atau layanan Anda, Anda akan berhasil meningkatkan pengenalan merek.

6. Pastikan website Anda ramah pengguna

Situs web Anda sering kali merupakan kesan pertama yang dimiliki pelanggan terhadap merek Anda.

Jika situs web Anda tidak ramah pengguna, calon pelanggan akan segera kehilangan minat. Pastikan situs web Anda mudah dinavigasi dan semua informasi penting mudah ditemukan.

Selain itu, gunakan bahasa yang jelas dan ringkas di seluruh situs web Anda sehingga pengunjung tidak perlu menebak-nebak apa yang Anda lakukan atau jual.

Skema warna, tata letak, dan desain keseluruhan situs web Anda juga harus konsisten dengan merek Anda. Anda juga harus memastikan situs web Anda dioptimalkan untuk mesin pencari sehingga muncul di bagian atas hasil pencarian yang relevan.

Baca juga: Contoh Proposal Usaha, Komponen, Jenis, dan Tips Membuatnya

7. Berinvestasi dalam materi pemasaran berkualitas tinggi

Materi pemasaran berkualitas seperti iklan cetak, iklan TV, dan buletin email dapat membantu Anda menonjol dalam persaingan dan menciptakan citra profesional untuk merek Anda.

Materi-materi tersebut dapat membantu Anda dalam meningkatkan brand awareness. dengan memperkuat pesan merek Anda.

Pastikan materi pemasaran Anda berkualitas tinggi dan gunakan desain yang konsisten di semua media. Hal ini akan membantu pelanggan mengingat siapa Anda dan apa yang Anda lakukan.

Selain itu, ukur keberhasilan strategi brand awareness dengan menggunakan materi-materi ini di seluruh platform media sosial dan sumber lainnya

Baca juga: Brand Strategy: Pengertian, Manfaat, Tips, dan Contoh Suksesnya

8. Konsisten dengan pesan branding Anda

Jika pesan branding Anda bervariasi dari satu komunikasi ke komunikasi berikutnya, pelanggan akan bingung tentang apa yang Anda perjuangkan.

Pastikan untuk tetap konsisten dengan komunikasi branding Anda dan pastikan semua materi pemasaran Anda selaras dengan strategi brand awareness Anda.

9. Gunakan testimoni pelanggan yang positif

Testimoni pelanggan bisa menjadi cara yang bagus untuk meningkatkan brand awareness.

Pastikan Anda menampilkan pelanggan yang puas di situs web, materi pemasaran, dan media sosial Anda.

Hal ini akan membantu calon pelanggan melihat bagaimana orang lain mendapatkan manfaat dari penggunaan produk atau layanan Anda.

Baca juga: 10 Tips Memilih Nama Brand Bisnis yang Dapat Anda Coba

10. Berikan layanan pelanggan yang sangat baik

Menyediakan layanan pelanggan yang sangat baik adalah salah satu cara terbaik untuk menumbuhkan brand awareness.

Jika Anda memastikan bahwa semua pelanggan Anda senang dan puas, mereka akan lebih cenderung memberi tahu teman dan keluarga mereka tentang perusahaan Anda.

Pemasaran word of mouth atau dari mulut ke mulut adalah salah satu bentuk pemasaran yang paling efektif, jadi pastikan Anda memanfaatkannya.

Ini adalah kunci untuk mengembangkan basis pelanggan setia. Selain itu, pastikan Anda memiliki proses untuk menangani keluhan dan pertanyaan pelanggan, dan selalu berusaha menyelesaikan masalah dengan cepat dan memuaskan.

Baca juga: Brand Strategy: Pengertian, Manfaat, Tips, dan Contoh Suksesnya

11. Adakan kontes media sosial

Salah satu cara terbaik untuk membangun brand awareness adalah dengan mengadakan kontes media sosial.

Ini bisa menjadi cara yang bagus untuk membuat orang tertarik dengan produk atau layanan Anda, dan juga dapat membantu menghasilkan buzz di media sosial.

Pastikan untuk memilih kontes yang relevan dengan target audiens Anda, dan pastikan peraturannya jelas dan mudah dimengerti.

Anda juga harus mencoba menjalankan survei brand awareness dan program rujukan serta menggunakan saluran media sosial untuk meningkatkan suara merek Anda. Ini akan membantu Anda menjangkau audiens target pasar baru dan brand awareness yang tinggi.

12. Buat guest post yang mengesankan

Guest post dapat menjadi salah satu upaya brand awareness positif yang bagus untuk bisnis Anda.

Mengirimkan konten berkualitas tinggi ke publikasi yang dihormati di industri Anda dapat membantu menetapkan Anda sebagai ahli di bidang Anda.

Selain itu, hal ini juga dapat menghasilkan lebih banyak pengunjung situs web dan pelanggan potensial.

Banner 3 kledo

Baca juga: Pengertian Lengkap Brand Experience dan Contohnya

13. Cobalah membuat infografis

Infografis adalah cara yang bagus untuk menyampaikan pesan Anda kepada audiens target Anda.

Infografis menarik secara visual dan dapat membantu mengkomunikasikan informasi yang kompleks secara sederhana.

Jika Anda ingin membangun merek, pertimbangkan untuk menggunakan infografis sebagai bagian dari strategi pemasaran brand awareness Anda.

14. Pertimbangkan menggunakan influencer marketing

Jika Anda ingin meningkatkan brand awareness, Anda mungkin ingin mempertimbangkan menggunakan influencer marketing.

Hal ini melibatkan kerja sama dengan orang-orang yang memiliki banyak pengikut di media sosial atau di tempat lain secara online.

Dengan bermitra dengan orang-orang yang berpengaruh, Anda dapat menjangkau audiens yang lebih besar dan menghasilkan lebih banyak buzz tentang produk atau layanan Anda.

15. Gunakan keterampilan storytelling

Storytelling adalah alat yang ampuh yang dapat digunakan untuk terlibat dan terhubung dengan audiens target Anda.

Ketika Anda bercerita tentang produk atau layanan Anda, Anda membantu menciptakan hubungan emosional dengan calon pelanggan.

Ini bisa menjadi cara yang bagus untuk menonjol dari persaingan, menarik perhatian bisnis Anda, dan meningkatkan visibilitas merek dan upaya pemasaran.

Baca juga: Brand Image: Pengertian, Pentingnya, Cara Mengukurnya, dan Contohnya

Kesimpulan

Seperti yang Anda lihat, ada banyak cara untuk meningkatkan brand awareness bisnis Anda.

Beberapa di antaranya lebih mudah daripada yang lain, dan beberapa hal membutuhkan lebih banyak waktu dan usaha.

Namun jika Anda bersedia untuk berusaha, strategi-strategi ini dapat membantu Anda membangun fondasi yang kuat untuk merek Anda yang akan membuahkan hasil dalam jangka panjang.

Kami harap sekarang Anda sudah memahami mengapa brand awareness itu penting dan strategi pemasaran apa saja yang bisa Anda gunakan.

Selain proses pemasaran, hal yang tidak kalah penting dalam membanuns bisnis yang sukses dan berkelanjutan adalah dengan mengelola keuangan bisnis dengan baik.

Untuk proses yang lebih optimal dalam proses pengelolaan keuangan, Anda bisa mencoba menggunakan software akuntansi online seperti Kledo yang memiliki fitur terlengkap dan mudah digunakan.

Kledo adalah software akuntansi online berbasis cloud yang sidah digunakan oleh lebih dari 45 ribu pengguna dari berbagai jenis dan skala bisnis di Indonesia.

Anda juga bisa mencoba menggunakan Kledo secara gratis selama 14 hari atau selamanya melalui tautan ini.

sugi priharto

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

three + four =