Brand Activation: Pengertian, Fungsi, Jenis dan Strateginya

brand activation

Brand activation atau aktivasi merek mengacu pada penyediaan pengalaman unik dan tak terlupakan untuk meningkatkan kesadaran merek. Studi menunjukkan bahwa orang membutuhkan lima hingga tujuh kesan untuk mengingat suatu merek.

Aktivasi merek yang sukses memberikan pengalaman merek multi sentuh dengan beberapa elemen interaktif dan mengejutkan, yang membantu membuat proses lebih berkesan.

Aktivasi merek dapat berupa acara atau kampanye pengambilan sampel produk menggunakan solusi online. Ini sangat tergantung pada merek dan produk serta layanannya. Aktivasi merek bertujuan untuk menarik lebih banyak pelanggan setia dan memberikan pengalaman merek yang langgeng bagi audiens atau peserta.

Artikel ini akan membahas dasar-dasar aktivasi merek. Teruslah membaca untuk mempelajari lebih lanjut apa itu brand atvivation.

Apa yang Dimaksud Brand Activation?

brand activation

Sederhananya, brand activation atau aktivasi merek adalah apa yang Anda lakukan untuk membuat orang sadar akan merek Anda melalui pengalaman atau keterlibatan. Itulah yang Anda lakukan untuk membuat merek Anda lebih mudah diingat.

Pengalaman merek yang unik dapat terjadi dalam acara besar seperti fashion mode di hotel atau restoran mahal atau dengan cara yang khusus berdasarkan target hanya dengan mengirimkan sampel yang tepat kepada orang yang tepat.

Aktivasi merek sangat bergantung pada unsur kejutan dan kreativitas.

Dalam strategi pemasaran aktivasi merek, ide-ide kreatif memberikan pengalaman merek untuk menghubungkan merek lokal atau bahkan online baru ke audiens targetnya.

Aktivasi merek sangat berguna saat menjalankan lini produk baru atau meluncurkan bisnis baru, dan selalu membutuhkan pengalaman interaktif yang unik untuk menarik pelanggan setia.

Banyak merek memanfaatkan kampanye aktivasi merek untuk membedakan diri mereka dari pesaing mereka, menggunakan metode yang berbeda dari acara di dalam toko atau virtual hingga pemasaran influencer dan pengambilan sampel produk serta hadiah.

Dalam kebanyakan kasus, acara aktivasi merek seperti pesta di mana orang-orang bersenang-senang dan menikmati berbagi ide dan pengalaman mereka dengan merek.

Peserta aktivasi merek sering berinteraksi dengan merek atau produk atau layanannya selama acara dan, dalam banyak kasus, menikmati menerima sampel dan hadiah gratis. Kampanye aktivasi merek biasanya merupakan acara tunggal pada tanggal tertentu, yang membuatnya berbeda dari kampanye pencitraan merek reguler yang sedang berlangsung.

Baca juga: Tanda Daftar Perusahaan: Pengertian, Manfaat, dan Cara Mendapatkannya

Mengapa Brand Activation Penting?

Brand activation sangat penting ketika sebuah merek ingin membangun citra di benak penggunanya. Ada banyak kesempatan di mana sebuah merek mungkin perlu menarik ingatan penggunanya.

Namun, keadaan yang paling umum termasuk meluncurkan merek baru, meluncurkan lini produk baru, rebranding, dan jika terjadi persaingan di pasar.

Di bawah ini merupakan manfaat brand activation bagi bisnis:

  • Menciptakan dan meningkatkan interaksi dengan pelanggan menggunakan berbagai metode untuk meningkatkan loyalitas merek mereka.
  • Memberikan cara baru dan lebih baik untuk berkomunikasi dengan pelanggan dan tetap terhubung untuk memengaruhi mereka secara emosional.
  • Meningkatkan kesadaran merek dengan memberikan pengalaman merek yang unik dan luar biasa.
  • Digunakan untuk tujuan rebranding untuk memperkenalkan fitur atau layanan baru.
  • Langsung bawa kampanye pemasaran dan hadiah Anda ke audiens target Anda.
  • Menghemat biaya dan pengeluaran pemasaran menjadi interaksi yang lebih dikenal dan dapat diterapkan dengan pelanggan.
  • Lebih efektif, baik termasuk pemasaran lainnya dan kampanye pemasaran digital atau cukup untuk pelanggan individu di tingkat lokal.

Jenis-Jenis Brand Activation

Bergantung pada ukuran bisnis dan audiens targetnya, beberapa jenis aktivasi merek populer di kalangan merek baru dan mapan.

Merek bergengsi dengan anggaran besar sering menggunakan pemasaran eksperimental untuk memamerkan desain interaktif kreatif mereka di konser atau festival atau meningkatkan kesadaran merek atau meluncurkan produk baru. Sebaliknya, merek yang lebih kecil biasanya memilih metode yang lebih hemat biaya.

Berikut ini merupakan jenis-jenis brand activation yang umum digunakan oleh bisnis:

Pemasaran Eksperimental

Merek terkenal cenderung menggunakan pemasaran eksperimental untuk berinteraksi secara tatap muka dengan pelanggan mereka. Pemasaran eksperimental memberikan kesan merekh dan pengalaman interaktif yang unik dengan merek atau produk. 

Dalam contoh modern pemasaran eksperimental, sering kali kombinasi kampanye aktivasi merek online dan offline dapat dilihat.

Dari memiliki influencer di dalam toko atau di pesta hingga streaming online, live media sosial dan promosi giveaway, dan bahkan kontes langsung. Solusi ini membantu merek mencapai jutaan tayangan global.

Pemasaran Promosi

Merek dan startup baru mencoba pemasaran promosi untuk menarik pelanggan atau bahkan memasuki pasar baru melalui aplikasi pemasaran digital dan pemasaran media sosial. 

Menjalankan kampanye media sosial dan berbagai jenis pemasaran influencer adalah beberapa jenis pemasaran promosi yang digunakan oleh merek modern untuk mencapai tujuan aktivasi merek yang penting. 

Pemasaran promosi membantu mendapatkan basis pelanggan setia yang meningkatkan kesadaran merek melalui program loyalitas hadiah, hadiah sampel gratis, kontes, hadiah media sosial, penawaran khusus, dll.

Baca juga: Memahami Buku Kas Tabelaris dalam Proses Pembukuan

Media Sosial

Jaringan media sosial yang trendi memiliki banyak pengguna, dan merek baru menggunakan kapasitas ini untuk mencapai tujuan yang tak terbayangkan selama pemasaran aktivasi merek mereka. 

Pemasaran influencer media sosial biasanya dikuratori oleh merek yang memilih sendiri sekumpulan selebriti atau influencer untuk acara mereka, hanya untuk disiarkan ke jaringan pengikut mereka dan meningkatkan tingkat kesadaran merek mereka.

Influencer media sosial mengadakan kontes yang pada akhirnya berakhir dengan banyak keterlibatan pengguna, atau terkadang merek menawarkan sampel gratis atau kode diskon kepada pengikut mereka.

Brand Activation Ritel dalam Toko

Peluncuran toko-toko lokal dan toko-toko merek terkenal adalah contoh lain yang dapat menampilkan ide-ide kreatif dan membangun pengalaman yang mengejutkan.

Merek menggunakan ruang toko untuk berinteraksi dengan pelanggan mereka dengan cara yang unik dan kreatif. Mengundang beberapa influencer terkenal ke pembukaan toko meningkatkan perhatian dan kesan publik. 

Brand Activation Toko Pop up

Pemasaran di dalam toko memberikan beberapa keuntungan yang membuatnya menguntungkan bagi merek untuk menjalankan pemasaran aktivasi merek toko pop up. Orang-orang menganggap toko pop-up lucu dan mengejutkan, dan mereka sangat efektif dalam melibatkan pengguna media sosial.

Dari merek teknologi prestisius seperti Google hingga merek minuman teh dan kopi lokal di berbagai kota, pop-up store digunakan untuk menyasar target audiens. 

Beberapa aktivasi merek toko pop-up memanfaatkan teknologi modern seperti robot dan pengalaman realitas virtual untuk menarik lebih banyak perhatian.

Distribusi sampel adalah contoh umum di antara kampanye aktivasi merek toko pop-up, dan beberapa jenis pengecer lokal menggunakan ruang stasiun transportasi umum untuk menjual atau mendistribusikan sampel produk mereka. 

Pengambilan Sampel Produk

Setelah pandemi covid-19, beberapa jenis pengambilan sampel produk, terutama pada produk kecantikan dan perawatan kulit, mengalami perubahan struktural dengan mempertimbangkan masalah kebersihan dalam pengambilan sampel produk bersama di dalam toko. 

Saat ini, pengambilan sampel produk siap pakai individu adalah cara paling populer untuk berinteraksi dengan merek dan produknya di antara konsumen akhir.

Ada solusi fisik dan digital yang membantu merek menargetkan orang yang tepat untuk pengambilan sampel produk dan menjalankan kampanye aktivasi merek yang sukses.

Banner 3 kledo

Tips Melakukan Brand Activation

Langkah pertama dalam memberikan strategi aktivasi merek adalah menentukan tujuan acara, seperti meningkatkan kesadaran merek, memperoleh pelanggan baru, atau menyediakan kehadiran merek online.

Tujuan harus dapat dicapai dan sesuai dengan ukuran dan aktivitas bisnis. Menurut sasaran aktivasi merek, bisnis harus membuat anggaran untuk menyiapkan logistik acara, hosting, atau kampanye pengambilan sampel.

Solusi pemasaran digital seperti kampanye pengambilan sampel online dan offline memiliki keuntungan dapat diukur dimana merek baru dan inovatif dapat melacak ROI mereka.

Mereka juga menghasilkan umpan balik pelanggan dan meningkatkan keterlibatan pengguna media sosial dengan merek tertentu atau konten bersponsor. Aktivasi merek yang terkenal dan inovatif menggunakan kombinasi kampanye pemasaran online dan offline untuk meningkatkan pengaruh mereka dan meraih pelanggan baru.

Di bawah ini adalah langkah-langkah yang bisa Anda lakukan untuk melakukan brand activation:

1- Menetapkan Tujuan

Peristiwa aktivasi merek terjadi karena suatu alasan, seperti membuka cabang/toko lokal atau meluncurkan produk atau rangkaian produk baru yang memengaruhi tujuan mereka.

Merek baru menggunakan aktivasi merek untuk mengaktifkan bisnis mereka dan memberikan produk atau layanan mereka. Merek yang sudah mapan juga menggunakan kampanye aktivasi merek untuk meningkatkan kesadaran merek mereka atau sepenuhnya membentuk kembali citra merek mereka.

2- Buat Anggaran Aktivasi Merek

Kampanye brand activation tidak terlalu sulit untuk direncanakan jika merek baru Anda memiliki anggaran untuk bersaing dengan bisnis mapan seperti mengundang selebriti dan influencer ke acara brand activation Anda.

Baca juga: Kapasitas Produksi: Perencanaan dan Cara Mengukurnya

3- Tentukan Target Audiens

Karakter target audiens memiliki peran penting dalam memilih item yang tepat untuk menjadi viral di media sosial. Setiap merek memiliki basis pelanggan unik yang aktivasi merek menargetkan mereka menggunakan kampanye dan ide inovatif.

Tanpa pemahaman mendalam tentang masalah dan keinginan konsumen akhir, akan sulit bagi merek untuk mendapatkan perhatian mereka, yang merupakan tujuan utama dari setiap aktivasi merek.

Aktivasi merek mencoba membangun hubungan pribadi dengan setiap pelanggan untuk memiliki pelanggan setia jangka panjang yang membutuhkan definisi yang jelas tentang audiens target. Beberapa merek baru menggabungkan pengalaman merek lain dalam aktivasi merek mereka untuk menunjukkan dan membagikan nilai-nilai mereka.

4- Gunakan Solusi Online

Aktivasi merek di mana merek mencoba yang terbaik untuk meningkatkan pengaruh mereka dengan memberikan momen yang tak terlupakan. Umumnya, perusahaan biasanya menggunakan Internet dan jaringan media sosial dalam kampanye aktivasi merek untuk meningkatkan kesadaran merek atau mengaktifkan kehadiran merek secara online.

5- Kampanye Pengambilan Sampel Produk Digital

brand activation

Solusi digital membantu merek baru menemukan banyak pelanggan dan pengguna dalam waktu singkat. Merek baru mengeksplorasi metode pemasaran baru untuk mencapai sasaran dan metrik aktivasi merek tertentu.

Kampanye pengambilan sampel produk digital mencoba menemukan audiens target dalam basis data pelanggan dan pengguna yang besar menggunakan algoritme yang efektif.

Baca juga: Termin Adalah: Berikut Pembahasan Lengkapnya untuk Anda

Ide & Contoh Brand Activation

Brand activation adalah strategi pemasaran yang membantu meningkatkan kesadaran merek. Itu terjadi dalam situasi tertentu, seperti peluncuran produk, pembukaan toko, atau sekadar rebranding citra dan pengalaman merek sebelumnya.

Dalam kebanyakan kasus, brand activationadalah kombinasi dari jenis ide aktivasi merek berikut:

  • Memberikan pengalaman merek yang unik menggunakan elemen yang mengejutkan.
  • Promosi Giveaways dan Product Sampling menggunakan jaringan media sosial.
  • Menjalankan pemasaran media sosial seperti undian berhadiah dan memancing pengguna untuk membuat tagar aktivasi merek Anda menjadi viral.
  • Berpartisipasi dalam tren.
  • Jangan takut untuk menggunakan pengalaman merek lain yang menyenangkan pelanggan.
  • Menggunakan teknologi dan memamerkan produk baru merupakan bagian tak terpisahkan dari acara aktivasi merek teknologi.

Elemen yang mengejutkan dapat berupa pengalaman/acara lokal atau pengalaman individu langsung di rumah pelanggan yang mengambil bagian dalam kampanye pengambilan sampel produk digital.

Undang beberapa influencer untuk meningkatkan kesadaran merek media sosial Anda jika Anda memiliki acara lokal.

Baca juga: 20 Cara Untuk Meningkatkan Kepuasan Pelanggan

Kesimpulan

Untuk memastikan bahwa pemasaran brand activation Anda berhasil, penting untuk meluangkan waktu untuk merencanakan setiap langkah proses dengan hati-hati.

Dengan mengikuti praktik terbaik dalam strategi brand activation, Anda harus dapat menciptakan pengalaman yang menarik dan menarik bagi pelanggan Anda yang akan membantu mempromosikan produk atau layanan Anda.

Akan tetapi jangan lupa bahwa menjalankan strategi pemasaran ini membutuhkan anggaran yang harus dicatat secara rapi di dalam laporan keuangan.

Guna memudahkan pembuatan laporan keuangan tersebut, ada baiknya Anda menggunakan software akuntansi dari Kledo. Software berbasis website dan mobile ini menyediakan lebih dari 30 jenis keuangan yang bisa dibuat secara instan. Sehingga pengelolaan anggaran perusahaan menjadi lebih mudah, tepat, dan cepat.

Kledo juga dibekali dengan berbagai fitur lainnya seperti pengelolaan apajak, purchasing, pembuatan faktur, manajemen inventaris, dan masih banyak lagi.

Jadi, tunggu apalagi? Yuk tingkatkan level bisnis Anda dengan mengguakan Kledo sekarang juga! Anda juga dapat mencoba fitur Kledo gratis selama 14 hari melalui link ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

fifteen − 11 =