Cara Investasi Saham Ini Sangat Mudah bagi Pemula, Berani Coba?

Investasi bisa menjadi salah persiapan finansial bagi Kawan Kledo yang memiliki rencana di masa depan, baik itu menikah, melakukan passion (traveling), membeli rumah, ataupun membangun bisnis. Ada banyak pilihan investasi, salah satu investasi yang cukup terkenal dan menjanjikan banyak keuntungan adalah investasi saham. Karena keuntungan yang besar ini, tidak heran jika banyak orang mulai tertarik dan ingin mengetahui cara investasi saham.

Mungkin Kawan Kledo salah satu orang yang penasaran bagaimana sih caranya memulai investasi saham. Sebagai seorang pemula, tentunya Kawan Kledo tidak boleh asal memulai investasi saham. Hal ini dikarenakan risiko investasi saham sebanding dengan keuntungan yang dijanjikan.

Berikut cara yang dapat Kawan Kledo lakukan untuk memulai investasi saham, namun sebelumnya yuk ketahui apa sih itu investasi saham di bawah ini:

Pengertian Investasi Saham

trading

Buat Kawan Kledo yang ingin memulai investasi saham, pastikan Kawan Kledo memahami apa itu saham. Saham merupakan tanda kepemilikan seseorang atas pembelian yang dilakukannya pada sebuah perusahaan atau perseroan terbatas.

Dengan adanya saham pada sebuah perusahaan, investor memiliki hak atas pendapatan perusahaan, aset yang dimiliki perusahaan, dan juga memiliki hal hadir dalam rapat perusahaan.

Apa Keuntungan Investasi Saham?

cara investasi saham

Seperti yang dijelaskan di atas, dengan memiliki saham di sebuah perusahaan, Kawan Kledo memiliki hak atas pendapatan perusahaan, aset perusahaan, dan juga hak hadir di rapat perusahaan. Lebih jelasnya berikut beberapa keuntungan yang akan didapatkan dari investasi saham:

1. Mendapatkan Penghasilan Deviden

Keuntungan pertama yang akan Kawan Kledo dapatkan dari investasi saham adalah penghasilan deviden. Deviden merupakan pembagian pendapatan yang didapatkan perusahaan kepada para pemegang saham sesuai besarnya saham yang dimiliki di perusahaan tersebut.

Semakin besar saham yang Kawan Kledo miliki di perusahaan tersebut, semakin besar pula penghasilan deviden yang akan Kawan Kledo dapatkan. Dari penghasilan deviden ini, Kawan Kledo

2. Diversifikasi Saham

Dengan investasi saham, Kawan Kledo juga akan mendapatkan diversifikasi saham. Diversifikasi saham merupakan sebuah cara yang dilakukan agar dapat mengurangi risiko dengan cara mengalokasikan dana ke instrumen-instumen keuangan lainnya, seperti properti dan obligasi.

Dengan adanya diversifikasi saham ini, Kawan Kledo akan terbantu dalam mengatasi kerugian yang terjadi karena produk investasi lainnya. Selain itu, diversifikasi saham juga dapat menambah risiko pada portofolio yang akan memberikan keuntungan yang lebih cepat dan juga besar.

3. Kepemilikan Atas Perusahaan

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, dengan membeli saham Kawan Kledo akan memiliki perusahaan sesuai saham yang Kawan Kledo miliki di sana. Dengan begitu, bisa dikatakan bahwa Kawan Kledo adalah pemilik sebuah bisnis. Semakin besar saham yang dimiliki Kawan Kledo, semakin penting pula keberadaan Kawan Kledo di perusahaan tersebut. Kawan Kledo juga akan diberi kesempatan hadir dalam rapat perusahaan.

Kawan Kledo yang memiliki saham di tempat Kawan Kledo bekerja akan memberikan tambahan keuntungan kepada Kawan Kledo yaitu Kawan Kledo dapat mendukung kesuksesan perusahaan secara maksimal.

4. Mendapatkan Transparansi

Kawan Kledo akan mendapatkan transparansi saat menginvestasikan uang yang dimiliki dalam bentuk saham. Transparansi ini merupakan sistem kerja yang diterapkan oleh pasar saham agar dapat memenuhi semua komponen pasar saham. Transparansi ini juga akan memberikan kepastian bahwa dana yang dinvestasikan tetap aman dari risiko propaganda atau masalah internal dari perusahaan.

5. Memiliki Kesempatan Berinvestasi di Saham Internasional

Dengan memulai investasi saham, Kawan Kledo juga berkesempatan untuk berinvestasi di saham internasional. Dengan transparansi yang dimiliki oleh pasar saham, Kawan Kledo dapat menanamkan modal di perusahaan-perusahaan yang terdaftar di bursa efek.

Ini juga berlaku pada perusahaan internasional. Kawan Kledo berkesempatan melakukan ekspansi bisnis di perusahaan internasional agar dapat mengurangi persaingan dan harga masih relatif murah.

Cara Investasi Saham Bagi Pemula

cara investasi saham tervaik

Setelah mengetahui keuntungan-keuntungan yang akan didapatkan dari investasi saham, sekarang saatnya Kawan Kledo mengetahui cara investasi saham bagi pemula. Berikut langkah-langkah yang dapat Kawan Kledo lakukan untuk mulai investasi saham:

1. Memilih Perusahaan Sekuritas

Langkah pertama yang harus dilakukan ketika ingin memulai investasi saham adalah memilih perusahaan sekuritas. Memilih perusahaan sekuritas ini nantinya akan digunakan saat Kawan Kledo ingin membuka rekening efek dan Rekening Dana Nasabah (RDN).

Rekening efek akan digunakan untuk menyimpan saham yang Kawan Kledo punya. Sedangkan, rekening dana nasabah difungsikan untuk menyimpan uang yang Kawan Kledo gunakan untuk jual-beli saham. Saat ini ada 16 bank yang mengelola RDN dan telah bekerja sama dengan Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI).

Pastikan Kawan Kledo memilih perusahaan sekuritas yang mempunya kinerja baik dan pastikan juga perusahaan sekuritas tersebut telah diawasi oleh OJK atau Otoritas Jasa Keuangan untuk memastikan legalitas perusahaan tersebut.

2. Lengkapi Dokumen Persyaratan

Setelah memilih perusahaan sekuritas, langkah selanjutnya yang bisa Kawan Kledo lakukan untuk memulai investasi saham adalah melengkapi dokumen persyaratan. Apa saja dokumen yang wajib dipersyaratkan saat memulai investasi saham?

  1. Kartu Tanda Penduduk (KTP).
  2. Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP).
  3. Fotokopi buku tabungan atau buku rekening.
  4. Materai 6 ribu.

Dokumen-dokumen yang ada di atas akan dikirimkan bersamaan dengan formulir pendaftaran ke kantor perusahaan sekuritas. Setelah pengiriman tersebut, pengajuan renieng dana nasabah dan rekening efek Kawan Kledo akan segera diproses.

3. Menyetorkan Dana ke Rekening Dana Nasabah (RDN)

Setelah rekening efek dan rekening dana nasabah jadi, Kawan Kledo diwajibkan menyetorkan dana ke rekening dana nasabah. Dari dana yang disetorkan ini nantinya Kawan Kledo dapat menggunakannya untuk membeli saham.

4. Mengunduh Aplikasi Saham

Dimana tempat Kawan Kledo akan membeli saham? Buat Kawan Kledo yang masih awal di dunia saham, pasti cukup bingung dengan tempat membeli saham. Kawan Kledo dapat membeli saham dengan mengunduh aplikasi di smartphone atau komputer.

Unduh aplikasi trading melalui Google Playstore atau melalui Apps Store. Perusahaan-perusahaan sekuritas biasanya memiliki aplikasi di smartphone untuk memudahkan jual beli saham.

5. Mulai Lakukan Transaksi Saham

Saat memulai transaksi saham, Kawan Kledo harus mengatahui jam operasional pasar saham. Pasar saham menerima pembelian dan penjualan saham dari hari Senin hingga hari Jumat selama 2 sesi. Sesi I berlangsung antara pukul 09.00 hingga pukul 12.00. Sedangkan sesi II berlangsung antara pukul 13.30 hingga pukul 16.00 dan khusus hari jumat dimulai pukul 14.00.

Kawan Kledo dapat membeli saham minimal 1 lot atau 100 lembar. Jika per lembar saham dihargai Rp1.000, maka minimal pembelian akan dihitung sebagai berikut:

100×1.000= 100.000 (biaya belum termasuk biaya transaksi sekuritas).

Agar lebih memahami mengenali jual-beli saham, berikut beberapa istilah di dunia saham yang mesti Kawan Kledo ketahui:

1. Buy dan Sell

Istilah pertama yang akan Kawan Kledo temui saat melakukan transaksi saham adalah buy dan sell. Menu buy dan sell ini digunakan saat Kawan Kledo ingin membeli dan menjual saham. Saat Kawan Kledo ingin membeli atau menjual saham, Kawan Kledo akan diminta untuk memasukan jumlah lot yang ingin dibeli atau dijual.

Ini juga berlaku saat Kawan Kledo ingin menjual saham di bawah atau sesuai harga pasaran. Kawan Kledo tinggal memasukan harga yang diinginkan di kolom. Jika ada investor yang membeli atau menjual saham yang Kawan Kledo incar, secara otomatis saham tersebut akan masuk ke portofolio Kawan Kledo.

2. Bid dan Offer

Di bawah harga saham dari perusahaan, Kawan Kledo akan menemukan istilah bid dan offer. Menu bid dan offer ini berfungsi saat Kawan Kledo ingin membeli saham. Bid berfungsi saat Kawan Kledo ingin membeli saham dengan harga murah atau di bawah pasaran, sedangkan offer digunakan saat Kawan Kledo ingin membeli saham dengan harga yang telah tertera.

3. Settlement

Bursa efek atau pasar saham memiliki sistem transaksi T+2. Maksudnya, ketika Kawan Kledo menjual saham, dalam dua hari pihak sekuritas akan mentransfer uang hadil penjualan ke RDN. Dari RDN ini nantinya Kawan Kledo dapat mentransfer ke rekening pribadi.

Kesimpulan

Itulah tadi penjelasan cara investasi saham yang wajib dicoba oleh Kawan Kledo yang ingin memulai investasi saham. Pastikan sebelum Kawan Kledo memahami poin-poin di atas agar untung yang diinginkan dari investasi saham tidak berubah menjadi buntung.

Buat Kawan Kledo yang memiliki bisnis, pastikan Kawan Kledo mengelola keuangan bisnis dengan baik. Kawan Kledo dapat menggunakan software akuntansi dari Kledo. Kledo dilengkapi berbagai fitu yang akan memudahkan pengelolaan keuangan. Yuk daftar Kledo sekarang juga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *