Investasi Deposito Terbaik yang Wajib Dicoba, Sangat Menguntungkan

Kawan Kledo lagi nyari produk investasi untuk masa depan? Untuk persiapan masa depan seperti menikah, membuka bisnis, atau traveling, investasi bisa menjadi salah satu jalan. Ada berbagai pilihan investasi yang bisa Kawan Kledo pilih, salah satunya adalah investasi deposito.

Investasi deposito akan memberikan keuntungan yaitu mendapatkan bunga yang dihitung besarannya per tahun. Bunga yang didapatkan dari investasi deposito tentunya akan lebih besar jika dibandingkan dengan bunga bank. Untuk lebih jelasnya, Kawan Kledo bisa membaca penjelasan terkait investasi deposito yang ada di bawah ini:

Apa Itu Deposito?

investasi deposito

Deposito adalah sebuah produk bank yang memberikan kesempatan kepada nasabah untuk menyimpan uang dalam waktu tertentu yang telah ditentukan. Dibandingkan dengan menabung biasanya, investasi deposito akan memberikan bunga yang lebih besar.

Kawan Kledo tidak bisa menarik uang yang telah disimpan di tabungan deposito sebelum jangka waktu yang telah ditentukan. Jika Kawan Kledo menarik uang tersebut sebelum waktu jatuh tempo, Kawan Kledo akan dikenakan potongan atau pinalti.

Waktu untuk penarikan deposito ini bervariasi, mulai dari 1 bulan, 3 bulan, 6 bulan, 12 bulan, hingga 24 bulan. Dengan bunga yang cukup besar, investasi deposito ini banyak diminati oleh para investor, khususnya investor pemula yang baru ingin memulai investasi.

Buat Kawan Kledo yang tidak menarik uang deposito saat jatuh tempo, maka waktu jatum tempo akan diperpanjang dengan sendirinya hingga pemilik menariknya. Dengan begitu, bunga deposito akan terus bertambah,

Jenis-Jenis Investasi Deposito

deposito

Ada beberapa jenis deposito yang bisa Kawan Kledo pilih, apa saja?

1. Deposito Berjangka

Jenis deposito yang pertama adalah deposito berjangka. Deposito berjangka ini merupakan deposito yang sering dipilih oleh nasabah. Seperti namanya, deposito berjangka ini merupakan tabungan dengan jangka waktu tertentu.

Jangka waktu ini dimulai dari 1 bulan, 2 bulan, 3 bulan, 6 bulan, 12 bulan, 18 bulan, dan 24 bulan. Penentuan jangka waktu ini diambil setelah terjadinya kesepakatan antara nasabah dengan pihak bank dan nasabah hanya bisa mengambil uang desposito jika jangka waktu deposito telah selesai.

2. Sertifikat Deposito

Berbeda dengan deposito berjangka, sertifikat deposito merupakan jenis deposito yang diberikan kepada nasabah dengan disertai sertifikat. Sertifikat yang didaftarkan ini pastikan tidak mengacu suatu nama atau lembaga.

Ini dikarenakan sertifikat ini akan dipindahtangankan atau dijual kepada pihak lain. Bunga dari sertifikat deposito ini dapat dicairkan dengan berbagai cara, bisa dibayarkan dimuka, setiap bulan, ataupun ketika tiba saatnya jatuh tempo. Kawan Kledo juga dapat memilih pencairan secara tunai ataupun non tunai.

3. Deposito On Call

Jenis deposito yang ketiga adalah deposito on call. Deposito on call ini merupakan deposito dengan jangka waktu tabungan minimal 7 hari dan paling lama kurang dari 1 bulan. Deposito on call ini akan diterbitkan atas nama nasabah dan berjumlah besar.

Besar bunga deposito on call ini dapat dihitung setiap bulan sesuai dengan kesepakatan antara pihak bank dengan nasabah. Bunga deposito on call ini dapat dicairkan ketika pencairan deposito on call. Ini dapat dilakukan dengan syarat nasabah telah memberikan informasi terkait deposito yang akan dicairkan tersebut.

Kekurangan dan Kelebihan Investasi Deposito

investasi deposito

Berikut beberapa kelebihan dan kekurangan dari investasi deposito:

Kelebihan Investasi Deposito

1. Deposito Merupakan Produk Investasi yang Baik

Deposito merupakan produk investasi yang diawasi oleh Lembaga Penjamin Simpanan atau LPS dan memiliki beberapa syarat serta ketentuan yang wajib untuk dipenuhi. Dengan deposito ini juga Kawan Kledo dapat menjaga uang pokok yang diinvestasikan.

Deposito ini berbeda dengan produk investasi obligasi dan saham. Investasi obligasi dan saham memiliki risiko yang cukup besar, yaitu berkurangnya nilai pokok yang disebabkan oleh beberapa hal. Nilai obligasi disesuaikan dengan nilai suku bunga, sedangkan saham nilainya tergantung dengan kondisi pasar saham saat itu.

2. Memiliki Suku Bunga yang Lebih Tinggi

Investasi deposito memiliki bunga yang lebih tinggi dibandingkan dengan bunga tabungan biasa. Dengan bunga yang lebih tinggi ini, nasabah deposito akan mendapatkan keuntungan yang lebih besar.

3. Mudahnya Akses Bunga Deposito

Walaupun Kawan Kledo hanya dapat menarik deposito setelah jangka waktu berakhirm namun ada bank yang memberikan kemudahan bagi nasabah yang ingin mengambil bunga deposito atau mentrasfer bunga tersebut ke rekening lain.

Ini artinya Kawan Kledo bisa mendapatkan pendapatan secara rutin dari bunga deposito.

4. Risiko akan Kerugian Cukup Kecil

Investasi deposito juga memiliki risiko kerugian yang cukup kecil. Ini dikarenakan deposito merupakan produk investasi yang telah dilindungi oleh LPS. Jadi, ketika bank bangkrut LPS akan bertanggung jawab terhadap uang deposito nasabah yang ada di bank tersbeut.

Kekurangan Investasi Deposito

1. Memiliki Penghasilan yang Rendah

Jika dibandingkan dengan tabungan biasa, tabungan desposito memiliki bunga yang lebih tinggi. Namun jika dibandingkan dengan produk investasi lain seperti saham, reksadana, obligasi, dan lainnya, deposito memiliki penghasilan yang lebih rendah. Rendahnya penghasilan ini sesuai dengan tingkat risiko yang lebih terbilang rendah.

2. Lemah akan Risiko Inflasi

Kekurangan kedua dari deposito adalah deposito lemah terhadap risiko inflasi. Ini artinya penyimpanan uang di deposito memiliki risiko terhadap inflasi. Karena inflasi ini bisa mengakibatkan nilai dari bunga deposito akan berkurang.

3. Tidak Ada Penambahan Nilai Investasi

Nasabah deposito tidak dapat menambah nilai investasi. Ini dikarenakan nasabah tidak memiliki kesempatan untuk terlibat langsung dengan tabungan yang didepositokan.

4. Terbatasnya Akses

Deposito memiliki akses yang terbatas. Nasabah hanya dapat menarik uang yang didepositokan setelah jatuh tempo. Di luar waktu tersebut, nasabah tidak dapat menarik uang yang didepositokan.

Cara Daftar Investasi Deposito

investasi

Berikut beberapa langkah yang dapat Kawan Kledo untuk daftar tabungan deposito:

  1. Kawan Kledo yang ingin mendaftarkan deposito harus memiliki rekening di bank tersebut.
  2. Penuhi persyaratan yaitu KTP dan NPWP.
  3. Persiapkan dana yang dibutuhkan untuk setoran awal dan biaya untuk pembelian materai.
  4. Pilih jenis tenor dan jenis deposito disesuaikan dengan produk-produk yang ditawarakan oleh tabungan deposito.
  5. Mengisi formulir pendaftaran deposito yang telah disediakan.
  6. Mengikuti arahan dari CS untuk pembukaan tabungan deposito.
  7. Jika telah berhasil, Kawan Kledo akan mendapatkan bilyet sebagai bukti kepemilikan dari deposito.
  8. Bukti tersebut harus disimpan karena akan digunakan untuk pencairan deposito.

Cara Memilih Bank untuk Investasi Deposito

tabungan berjangka

Memilih bank untuk deposito harus mempertimbangkan beberapa hal. Apa saja beberapa hal tersebut?

1. Perhatikan Reputasi Bank

Sebelum Kawan Kledo memutuskan untuk membuka tabungan deposito, pastikan Kawan Kledo memperhatikan reposito bank tempat Kawan Kledo akan membuka. Pastikan Kawan Kledo memiliki likuiditas yang baik, memiliki sistem keamanan yang berlapis, dan juga memiliki pelayanan yang baik. Dengan begitu, Kawan Kledo akan lebih merasa aman dan nyaman saat menabung deposito di sana.

2. Cek Suku Bunga Deposito

Selain reputasi bank, Kawan Kledo juga wajib cek suku bunga deposito di bank tersebut. Perlu diketahui, suku bunga deposito setiap bank berbeda-beda. Semakin tinggi suku bunga deposito suatu bank, semakin besar pula keuntungan yang akan Kawan Kledo dapatkan.

3. Perhatikan Jangka Waktu Deposito

Kawan Kledo juga wajib memperhatikan jangka waktu deposito. Jangka waktu deposito ini akan menentukan kapan Kawan Kledo dapat mencairkan tabungan deposito Kawan Kledo. Pilihlah deposito yang memiliki jangka waktu sesuai dengan tujuan Kawan Kledo berinvestasi.

4. Biaya yang Diperlukan untuk Tabungan Deposito

Setiap bank memiliki biaya tabungan deposito yang berbeda-beda, baik itu untuk jumlah uang yang didepositokan, biaya adminsitrasi, ataupun sistem pinalti jika nasabah ingin mengambil uang deposito sebelum waktu jatuh tempo. Jadi, pastikan Kawan Kledo mengetahui biaya ini sebelum memutuskan menabung deposito di suatu bank.

5. Sistem Penarikan Sebelum Jatuh Tempo

Selain biaya, setiap bank juga memiliki sistem penarikan sebelum jatuh tempo yang berbeda-beda. Ada yang menetapkan sistem pinalti dan ada pula yang menghilangkan bunga jika penarikan dilakukan sebelum jatuh tempo. Jadi, pastikan Kawan Kledo memahaminya sebelum memutuskan untuk membuka deposito di suatu bank.

6. Fitur-Fitur yang Ada

Kawan Kledo juga pelru mengetahui fitur-fitur yang dimiliki bank untuk tabungan deposito. Fitur-fitur ini antara lain fitur perpanjangan otomatis dan lainnya.

Investasi Deposito Terbaik yang Wajib Dicoba

tabungan berjangka

Untuk memudahkan Kawan Kledo dalam memilih tabungan deposito, berikut tabel deposito terbaik khusus untuk Kawan Kledo:

NoNama BankSuku BungaSetoran Pertama (Rp)Jangka Waktu
1Jenius5,25%10.000.0001-12 bulan
2BTPN6,25%10.000.0001-24 bulan
3Bank BJB4,25%10.000.0001,3,6, dan 12 bulan
4BRI4,75%5.000.0001-36 bulan
5BTN4,75%1.000.0001-24 bulan
6Panin Bank4,60%10.000.0007, 14 hari & 1-12 bulan
7Bank Mandiri3,50%10.000.0001-24 bulan
8CIMP NIAGA3,25%8.000.0001-12 bulan
9BCA3,10%8.000.0001-12 bulan
10BNI4,25%10.000.0001-24 bulan

Bunga yang didapatkan dari tabungan deposito ini, nanti akan dikenakan pajak sebesar 20% setiap kali dicairkan.

Kesimpulan

Itulah tadi penjelasan mengenai cara memulai investasi melalui tabungan deposito. Kawan Kledo bisa memilih tabungan deposito sebagai cara berinvestasi. Meskipun penghasilan atau bunga yang didapatkan cukup rendah, namun deposito memiliki risiko yang kecil sehingga cocok bagi Kawan Kledo yang belum berani ambil risiko kerugian.

Selain berinvestasi, buat Kawan Kledo yang memiliki bisnis, pastikan selalu mengelola keuangan bisnis dengan baik. Ada berbagai cara yang bisa dilakukan dan cara termudahnya adalah dengan software akuntansi dari Kledo. Kledo dilengkapi berbagai fitur yang pastinya akan memudahkan pengelolaan keuangan. Klik di sini untuk daftar Kledo sekarang juga!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *