15 Tahapan dan Cara Mengembangkan Usaha yang Bisa Anda Lakukan

cara mengembangkan usaha

Membuat bisnis Anda lebih besar, membangun tim Anda, dan memperluas basis pelanggan Anda semuanya penting jika Anda ingin mengembangkan bisnis Anda. Namun, menemukan cara dalam mengembangkan usaha untuk membangun keberhasilan jangka panjang bukanlah perkara yang mudah.

Jika Anda berkomitmen untuk mencara cara untuk mengembangkan usaha dan mencapai kesuksesan yang langgeng, berikut adalah 15 tips yang dapat Anda terapkan dalam bisnis untuk membawa Anda ke jalur kesuksesan dan pengembangan yang berkelanjutan.

1. Pekerjakan Orang yang Tepat

cara mengembangkan usaha

Bahkan sebelum Anda memikirkan cara untuk mengembangkan usaha, Anda harus memiliki staf yang solid untuk membantu Anda mencapai tujuan Anda.

Mempekerjakan orang-orang terbaik yang Anda bisa adalah cara yang pasti untuk memastikan pertumbuhan yang cepat.

Dengan karyawan pekerja keras yang didedikasikan untuk kesuksesan perusahaan Anda, bisnis Anda akan lebih siap untuk pertumbuhan yang berkelanjutan.

Selain itu, mendelegasikan tugas untuk fokus pada pekerjaan penting akan membebaskan waktu dan energi Anda, memungkinkan Anda untuk melakukan yang terbaik dan menumbuhkan budaya kerja kolaboratif.

2. Fokus Pada Sumber Pendapatan yang Potensial

Daripada mencoba mendapatkan pelanggan baru, arahkan perhatian Anda ke pelanggan inti yang sudah Anda miliki.

Anda dapat melakukannya dengan menerapkan program referral atau loyalitas pelanggan atau mencoba strategi pemasaran berdasarkan perilaku pembelian sebelumnya untuk mendorong bisnis yang berulang, katanya.

Fokus pada pasar Anda yang sudah mapan ini sangat penting jika Anda mencoba mendapatkan pendanaan.

Baca juga: Cost Plus Pricing: Pengertian, Cara Hitung, Manfaat, dan Contohnya

3. Kurangi Risiko Anda

Risiko adalah bagian tak terelakkan dari memulai dan mengembangkan bisnis. Tidak mungkin untuk mengendalikan semuanya, tetapi ada banyak cara untuk membatasi ancaman internal dan eksternal terhadap perusahaan Anda dan pertumbuhannya.

Salah satu sumber daya penting untuk membantu Anda mencapai hal ini adalah penyedia asuransi bisnis Anda.

Usaha kecil perlu mengelola pertumbuhan mereka untuk mencegah gangguan yang dapat menghentikan bisnis. Misalnya, pencurian data karyawan, catatan pelanggan, dan desain produk dapat menghancurkan bisnis kecil, menghasilkan biaya yang signifikan, dan mengikis kepercayaan dan loyalitas pelanggan.

Tidak semua kebijakan pemilik bisnis mencakup pelanggaran data atau kerugian dunia maya lainnya.

Usaha kecil harus bersiap-siap dengan mencari produk asuransi yang membantu mereka pulih, termasuk yang menutupi biaya pemulihan dan tuntutan hukum.

Seiring pertumbuhan bisnis kecil Anda, Anda dapat menambah ruang atau peralatan, membuat produk atau layanan baru, atau meningkatkan proses operasi dan distribusi Anda, jadi pastikan untuk meninjau kebijakan Anda secara berkala untuk memastikan Anda memiliki cakupan yang tepat.

Baca juga: Apa itu Biaya Langsung? Berikut Pengertian dan Bedanya dengan Biaya Tidak Langsung

4. Dapat Beradaptasi

Salah satu ciri yang dimiliki oleh banyak bisnis yang sukses adalah kemampuan untuk berbalik arah dengan cepat dalam menanggapi perubahan di pasar.

Pendekatan pengembangan yang agile, baik dalam produk dan perusahaan Anda, akan membantu Anda tumbuh lebih cepat.

Dengan membiarkan diri Anda beradaptasi dan berubah dengan cepat, Anda dapat menguji berbagai pendekatan bisnis dan mencari tahu apa yang terbaik,. Ini memungkinkan Anda untuk gagal lebih cepat, bangkit kembali dan terus maju.

Terutama saat internet telah membawa perubahan dalam setiap lini bisnis. Anda harus mencari setiap kesempatan yang potensial, memanfaatkannya untuk bisnis Anda, dan jadikan hal tersebut sebagai langkah penting dalam pengembangan bisnis Anda kedepannya.

5. Fokus pada Pengalaman Pelanggan Anda

Persepsi pelanggan dapat membuat bisnis Anda sukses atau menghancurkan bisnis Anda. Memahami pelanggan adalah cara terpenting dalam mengembangkan usaha.

Berikan pengalaman dan produk berkualitas, dan mereka akan dengan cepat memberikan pujian Anda di media sosial; sebaliknya jika Anda mengacaukannya, mereka akan memberitahu dunia lebih cepat.

Pertumbuhan yang cepat bergantung pada membuat pelanggan Anda saat ini dan calon pelanggan senang dengan pengalaman mereka.

Dibandingkan dengan perusahaan besar, usaha kecil yang agile seringkali lebih mampu melihat, mengantisipasi, dan menanggapi kebutuhan pelanggan mereka.

Usaha kecil yang paling sukses memanfaatkan keunggulan ini dengan membawa produk dan layanan baru dan inovatif ke pasar lebih cepat dan mengembangkan serta memelihara hubungan pelanggan jangka panjang.

Jadi jika Anda adalah pemilik bisnis baru, penting untuk mendengarkan pelanggan Anda dan memberi mereka apa yang mereka inginkan.

Diversifikasi penawaran Anda sehingga Anda dapat memenuhi selera pelanggan yang berubah-ubah, Ingat, Anda di sini untuk melayani pelanggan – itu sebabnya Anda membuka bisnis

Meskipun terlibat dengan audiens Anda sangat penting, mempersonalisasi pengalaman dapat meningkatkan dan memperkuat hubungan itu.

6. Selalu Berinvestasi dalam Bisnis Anda Sendiri

Pada tahap awal bisnis Anda, kemungkinan besar Anda akan melihat margin keuntungan yang sangat tipis (atau tidak ada keuntungan sama sekali), jadi setiap uang yang Anda hasilkan harus langsung digunakan untuk membantu Anda tumbuh.

Kemampuan usaha kecil untuk berinvestasi dalam dirinya sendiri membantu mempercepat pertumbuhan.”Pada tahun-tahun awal itu, sangat penting untuk memastikan bahwa Anda “memutarkan” kembali pendapatan yang Anda dapatkan ke perusahaan. Sangat penting untuk berinvestasi lebih awal dan besar-besaran untuk tumbuh dengan cepat.

Meskipun selalu ada godaan untuk mengantongi semua keuntungan Anda, lebih baik berinvestasi dalam pertumbuhan bisnis Anda sehingga Anda dapat menuai keuntungan yang lebih besar nantinya.

Tentukan bagian mana dari bisnis Anda yang membutuhkan perhatian lebih: Misalnya, apakah Anda perlu mempekerjakan lebih banyak pekerja, memperluas upaya pemasaran Anda, atau mendapatkan dana tambahan?

Ketika Anda menemukan area penting yang perlu ditingkatkan, berikan area itu dukungan keuangan Anda.

Baca juga: Cara Menyusun Laporan Keuangan Dengan Mudah Beserta Tahapannya

7. Selalu Berpikir ke Depan

Meskipun agile adalah kualitas yang penting untuk sebuah usaha baru, Anda tidak dapat sukses begitu saja dalam memulai sebuah bisnis, oleh sebab itu perencanaan yang baik adalah salah satu cara terbaik dalam mengembangkan usaha.

Merencanakan langkah Anda selanjutnya – untuk mengantisipasi semua kemungkinan skenario terburuk – adalah cara terbaik untuk tetap membumi dan aman saat bisnis Anda berkembang.

Berpikir ke depan bisa berarti sangat luas, tetapi bisa sesederhana meninjau semua kontrak yang sedang berlangsung, seperti membandingkan tarif dengan pemroses kartu kredit terbaik dan melihat apakah Anda dapat menegosiasikan kesepakatan yang lebih baik.

8. Tingkatkan Layanan Pelanggan Anda

Metode hebat lainnya untuk mengembangkan bisnis Anda adalah dengan berfokus pada penyediaan layanan pelanggan yang unggul.

Ketika Anda melebihi harapan pelanggan, mereka cenderung memberi tahu teman, keluarga, dan pengikut mereka tentang bisnis Anda.

Ketika Anda bekerja ekstra, seperti dengan menawarkan diskon jika pelanggan memiliki pengalaman buruk atau menindaklanjuti untuk memastikan klien puas dengan produk atau layanan dalam bisnis, Anda membangun reputasi untuk layanan pelanggan yang hebat.

9. Fokus pada Media Sosial

Metode lain untuk mengembangkan bisnis Anda adalah dengan membuat profil di semua platform media sosial utama (Instagram, Facebook, Twitter, dll.).

Profil aktif memungkinkan Anda untuk memasarkan bisnis Anda dengan lebih baik dan berinteraksi dengan lebih banyak pelanggan potensial.

Ketika bisnis Anda memiliki akun yang Anda perbarui secara teratur di platform media sosial utama, konsumen dapat menemukan bisnis Anda dengan lebih mudah dan cenderung membagikan bisnis Anda dengan teman-teman mereka.

Anda juga akan menciptakan pengalaman yang lebih menarik bagi audiens Anda, membantu mereka merasa lebih terhubung dengan merek Anda dan menumbuhkan kepercayaan.

Baca juga: Metode Penetapan Harga: Pengertian dan Berbagai Jenisnya

10. Pantau dan Kelola Keuangan Bisnis dengan Baik

cara mengembangkan usaha

Keuangan dalam sebuah bisnis seperti nafas dalam hidup. Tanpa dana yang memadai, bisnis Anda akan mengalami kesulitan operasional dan akan berakhir pada kegagalan.

Jika Anda adalah pemilik bisnis skala kecil, pastikan Anda mengetahui cara mengelola pengeluaran dan biaya yang terjadi dalam bisnis. Jangan pernah mencampur pengeluaran pribadi dengan pengeluaran bisnis, karena ini akan membuat Anda kesulitan dalam mengelola data keuangan.

Pastikan juga Anda melakukan pencatatan pembukuan untuk mendapatkan informasi keuangan yang faktual dan mempermudah Anda dalam mengambil keputusan bisnis.

Hindari proses pembukuan manual, selain memakan waktu, proses ini juga rentan kesalahan dan berakibat buruk bagi bisnis.

Sebagai solusi, Anda bisa mencoba menggunakan software akuntansi berbasis cloud yang memiliki fitur terlengkap dan mudah digunakan seperti Kledo yang bisa Anda coba secara gratis melalui tautan pada gambar di bawah ini:

Banner 3 kledo

11. Bangun Saluran Penjualan yang Baik

Cara selanjutnya untuk mengembangkan usaha Anda dengan cepat adalah dengan membangun saluran penjualan yang baik.

Jika Anda tidak memiliki saluran penjualan, Anda membuat kesalahan besar.

Sales funnel dapat membantu mengotomatiskan bisnis Anda. Ini membantu Anda untuk meningkatkan skala dan tumbuh dengan cepat dan mudah. Tentu, ada beberapa pekerjaan teknikal yang terlibat. Tapi, begitu proses ini berjalan, Anda akan merasakan perkembangan bisnis yang signifikan.

Setiap saluran penjualan perlu dikonseptualisasikan dengan cermat sebelum dibuat.

Pertimbangkan funnel yang berbeda terlebih dahulu dan yang selama ini Anda gunakan dalam bisnis. Baik itu penawaran gratis-plus-pengiriman atau coba gratis.

Dalam persaingan bisnis yang sangat kompetitif saat ini, penting untuk membangun mesin penjualan otomatis Anda untuk meningkatkan skala dan mengembangkan bisnis Anda dengan cepat.

12 Membuat Program Loyalitas Pelanggan

Program loyalitas pelanggam adalah cara yang bagus untuk meningkatkan penjualan.

Biayanya untuk mendapatkan pelanggan baru lebih besar tiga kali lipat daripada menjual sesuatu kepada pelanggan yang sudah ada, itulah sebabnya sangat penting membuat pelanggan Anda saat ini mereasa puas dan kembali kepada Anda, karena seperti yang kita tahu pelanggan baru itu mahal.

Membangun program loyalitas pelanggan akan membantu Anda mempertahankan pelanggan. Ini mungkin juga membantu Anda menarik yang baru juga.

Jika ada insentif yang jelas untuk membelanjakan lebih banyak uang dengan bisnis Anda, itu akan terbayar dalam jangka panjang.

Bangun program loyalitas yang menarik dan buat itu dapat diakses dengan mudah oleh pelanggan Anda yang sudah ada dan saksikan penjualan meroket dari waktu ke waktu.

Baca juga: Porter Five Forces: Pengertian, Analisis, dan Contohnya pada Bisnis

13. Identifikasi Peluang Baru

Analisis peluang baru dalam bisnis Anda dengan memahami demografi Anda dengan lebih baik.

Pahami semuanya, mulai dari saluran distribusi hingga pesaing langsung Anda, dan bahkan analisis pasar luar negeri dan industri potensial lainnya.

Kemungkinan ada lusinan peluang baru yang dapat Anda kejar segera dengan jumlah analisis yang tepat.

14. Bangun Passive Income

Menumbuhkan bisnis membutuhkan upaya yang terarah dan juga terencanan. Jika Anda berurusan dengan margin keuntungan yang tipis, pertimbangkan untuk membangun aliran pendapatan pasif.

Penghasilan pasif akan memberi Anda kesempatan untuk membuat Anda lebih banyak bereksplorasi dalam keputusan bisnis dan tidak harus takut kehilangan keuntungan Anda.

Ini akan membuat Anda tetap menguntungkan dalam bisnis dan memberikan dasar untuk tumbuh dan mengembangkan usaha dengan cepat dengan memberi Anda banyak sumber daya.

15. Mengakuisisi Bisnis Lain

Terkadang, mengakuisisi bisnis lain adalah cara yang sangat cepat untuk mengembangkan usaha Anda sendiri.

Jika Anda dapat menemukan pesaing atau bisnis di industri lain yang akan melengkapi industri yang saat ini sedang Anda bangun, Anda dapat menggunakannya sebagai platform untuk meningkatkan pengembangan dengan cepat.

Lihatlah di dalam industri Anda dan bahkan di luarnya untuk menemukan potensi peluang potensial.

Kesimpulan

Itulah berbagai cara yang bisa Anda gunakan dalam mengembangkan usaha agar lebih menguntungkan

Menumbuhkan bisnis kecil Anda berarti Anda harus mengambil risiko dan harus memperhitungkan dengan cermat setiap keputusan yang Anda ambil.

Anda harus melihat rencana bisnis Anda dan membuat perkiraan yang realistis dan akurat tentang bagaimana menurut Anda strategi tertentu dapat memengaruhi bisnis Anda.

Memantau kemajuan melalui data keuangan Anda secara teratur dan membuat pembaruan adalah kunci untuk memiliki bisnis yang sukses.

Untuk proses pencatatan pembukuan dan pengelolaan sistem akuntansi yang lebih baik dalam bisnis, Anda bisa mencoba menggunakan software akutansi yang mudah digunakan seperti Kledo.

Kledo adalah software akuntansi berbasis cloud yang sudah digunakan oleh lebih dari 10 ribu pengguna dari berbagai jenis bisnis dan memiliki fitur terlengkap dengan harga yang paling terjangkau.

Anda juga bisa mencoba menggunakan Kledo secara gratis selama 14 hari melalui tautan ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

16 − sixteen =