Comparative Advertising: Definisi, Pro Kontra, Tips dan Contohnya

comparative advertising

Ketika Anda memasarkan barang dan jasa Anda dengan membandingkannya dengan merek lain, maka ini disebut dengan comparative advertising atau iklan komparatif. Tidak diragukan lagi, dalam keadaan tertentu, ini bisa menjadi cara yang bagus untuk menarik perhatian, tetapi ada banyak risiko yang terkait dengannya.

Di bawah strategi periklanan ini, Anda membandingkan produk Anda dengan pesaing Anda untuk menunjukkan mengapa Anda adalah pilihan yang lebih baik daripada mereka. Ketika digunakan dalam arti yang tepat, iklan komparatif bisa sangat menguntungkan bagi kedua pihak. Ini membawa percikan positif persaingan, yang meningkatkan efisiensi mereka.

Dalam artikel ini, kami akan membahas lebih dalam ke dalam dunia comparative advertising dan memahami fitur-fitur utamanya, pro, kontra, tip, dan contohnya. Jadi, tanpa basa-basi lagi, mari kita mulai mengulas strategi iklan yang satu ini.

Pengertian Comparative Advertising

comparative advertising

Comparative advertising atau periklanan komparatif adalah prosedur periklanan yang mempromosikan barang atau jasa Anda dengan membandingkannya dengan barang atau jasa pesaing Anda. Tujuan dari bentuk iklan ini adalah untuk menunjukkan mengapa Anda akan menjadi pilihan yang lebih baik dibandingkan dengan pesaing Anda.

Praktik periklanan komparatif pertama kali dicetuskan oleh Federal Trade Commission (FTC) pada tahun 1972. Tujuan mereka adalah untuk meningkatkan praktik periklanan yang mendidik dan informatif sehingga konsumen dapat membuat keputusan yang lebih tepat.

FTC berpikir ini akan memulai persaingan positif di pasar untuk mengoptimalkan generasi prospek dan penjualan. Cara membandingkan produk dan layanan ini dapat menghubungkan atau memisahkan Anda atau merek Anda dari pesaing.

Berbeda dengan sentimen yang ada, pesan yang Anda kirim melalui iklan komparatif juga tidak perlu negatif. Misalnya, Bing it On Challenge menggambarkan Bing dan Google sebagai dua mesin pencari terbaik. Tujuan Bing adalah untuk menunjukkan mengapa mereka bisa menjadi keputusan yang lebih baik. Seperti yang ditunjukkan oleh penelitian mereka, dan strategi itu berhasil .

Mari kita pahami ini dengan contoh lain dari iklan “I am Mac and I am PC”.

Pada saat Apple menghadapi penjualan yang rendah, mereka memulai kampanye iklan “Get a Mac“. Hanya dalam rentang waktu 30 hari, Apple melihat ekspansi 200.000 Mac terjual, dan pada Juli 2006, Apple melaporkan telah menjual 1,3 juta Mac. Pada akhir September 2006, Apple melaporkan peningkatan penjualan sebesar 39% dari tahun sebelumnya.

Baca juga: Apa itu Q Commerce? Berikut adalah Pembahasan Lengkapnya

Apakah Comparative Advertising Legal Dilakukan?

Comparative advertising merupakan strategi pemasaran yang sah untuk dilakukan oleh siapapun. Jika tidak, merek yang sangat populer tidak melakukan ini. Tetapi banyak merek telah dituntut karena iklan komparatif. Jadi Anda harus berhati-hati saat mempromosikan produk Anda dengan membandingkannya dengan produk pesaing Anda.

Untuk melakukan iklan komparatif, pastikan Anda memiliki sumber yang cukup untuk membuktikan apa yang Anda klaim. Seharusnya iklan yang Anda tampilkan tidak menyesatkan atau menipu.

Meskipun setiap daerah memiliki undang-undang perdagangannya sendiri, maka Anda harus melaluinya sebelum Anda ingin melakukan ini.

Singkatnya, jika Anda melakukan hal yang benar melalui iklan komparatif Anda, maka Anda aman. Anda tidak boleh membuat klaim palsu melainkan memiliki cukup bukti untuk mendukung apa yang Anda katakan.

Pentingnya Comparative Advertising dalam Bisnis

Periklanan komparatif dapat memberikan keuntungan bagi banyak bisnis, akan tetapi juga bisa menjadi bencana bagi banyak orang. Tergantung bagaimana Anda mengejarnya.

Melalui iklan komparatif, Anda dapat mengarahkan pelanggan untuk membeli merek Anda. Jika produk Anda sangat baik dan dapat mengalahkan pesaing Anda dalam segala hal, maka iklan komparatif dapat membawa merek Anda ke puncak.

Untuk memahami efisiensi iklan komparatif mempertimbangkan situasi. Anda ingin membeli laptop tapi sangat bingung antara dua merek. Sekarang, jika Anda menemukan kampanye iklan komparatif, Anda akan memilih merek yang telah memenangkan perbandingan itu. Anda punya cara mudah untuk memilih yang terbaik dari pilihan Anda.

Pelanggan tidak ingin bingung dan iklan komparatif yang didukung oleh bukti yang cukup, membantu mereka memilih yang terbaik. Ketika iklan komparatif didukung dengan teknik SEO yang tepat, itu dapat memberikan keajaiban bagi merek.

Baca juga: Pain Point: Pengertian, Jenis, dan Cara Identifikasinya

Kelebihan dan Kekurangan Comparative Advertising

Berikut adalah beberapa kelebihan dari iklan komparatif, yaitu:

1. Citra Merek yang Lebih Baik

Melalui iklan komparatif, Anda dapat menonjol dari merek lain dengan sangat mudah. Anda dapat membangun citra merek Anda di pasar melalui ini dengan cara yang efektif. Anda dapat menggunakan kekurangan produk pesaing Anda untuk keuntungan Anda. Pastikan Anda dapat menyampaikan pesan dengan baik.

2. Menarik Perhatian Pelanggan

Iklan komparatif adalah sesuatu yang menarik banyak perhatian karena semua orang ingin membuat keputusan yang lebih baik.

Jika Anda baru mengenal industri ini dan membandingkan diri Anda dengan merek yang lebih besar, itu bisa menarik banyak perhatian ke arah Anda. Pastikan Anda memiliki informasi yang cukup untuk mendukung apa yang Anda klaim.

3. Lebih Banyak Pelanggan

Tujuan akhir dari setiap kampanye pemasaran adalah untuk menghasilkan penjualan. Konversi adalah tujuan setiap pemasar.

Melalui iklan komparatif yang tepat, Anda dapat meningkatkan basis pelanggan Anda. Yang terbaik dari semuanya adalah Anda dapat menarik pelanggan pesaing Anda ke arah Anda, terutama mereka yang sudah frustrasi.

Sementara itu, berikut adalah beberapa kekurangan dari iklan komparatif:

1. Memperburuk Citra Merek

Ya, iklan komparatif bisa melakukan kebalikan dari apa yang kita lihat sebagai keuntungannya. Jika iklan tidak diterima oleh audiens dengan benar, itu dapat menghambat citra merek Anda.

Jika Anda melakukan iklan komparatif yang buruk, itu dapat menyebabkan dampak negatif pada penjualan Anda dan membuat Anda terlihat sangat membutuhkan perhatian.

2. Masalah Hukum

Masalah hukum adalah salah satu risiko paling signifikan yang terkait dengan iklan komparatif. Jika Anda akhirnya membuat klaim palsu, Anda mungkin mendapatkan masalah hukum.

3. Kehilangan Basis Pelanggan

Anda mungkin kehilangan pelanggan melalui iklan komparatif. Jika Anda melakukan hal-hal dengan cara yang negatif/salah, hal itu dapat membuat pelanggan Anda untuk mencari alternatif yang lebih baik.

Baca juga: Mengenal Promotion Mix Sebagai Strategi Marketing

Tips Melakukan Comparative Advertising

comparative advertising

Ikuti kiat-kiat ini untuk melakukan iklan komparatif dengan cara yang benar agar Anda memperoleh manfaat yang maksimal dari strategi ini:

  1. Lakukan dengan cara yang benar. Tip pertama dan paling berguna yaitu jangan pernah membuat klaim palsu. Bandingkan produk Anda dengan alasan yang dapat Anda buktikan.
  2. Pilih produk yang penting bagi pelanggan Anda. Pelanggan tidak ingin melihat perbandingan untuk semua produk. Sebaliknya, mereka hanya membutuhkan perbandingan beberapa jenis produk tertentu.
  3. Jika pasar memiliki konsepsi negatif tentang merek Anda, maka melakukan iklan komparatif bisa sangat membantu Anda. Hapus semua kesan negatif itu dan dapatkan hal positif darinya.
  4. Jangan pernah membuatnya terlalu serius – pelanggan akan lebih terpengaruh jika dilakukan dengan cara yang menyenangkan. Mayoritas orang tidak menyukai pengganggu; Anda sebaiknya menghindari itu. Tetapi Anda harus objektif dengan apa yang Anda lakukan. Humor itu bagus, tapi kehilangan dasar bukanlah ide yang bagus.
  5. Jangan berlebihan karena Anda akan terlihat seperti merek putus asa yang mencari perhatian, dan hal itu justru tidak akan membantu perkembangan bisnis Anda.

Contoh Comparative Advertising yang Sukses

1. Mac Vs. PC

Ini adalah salah satu contoh paling umum dari iklan komparatif. Apple pernah mengiklankan PC Mac-nya dengan menjalankan berbagai iklan TV komparatif yang menampilkan Mac dan PC dalam berbagai cara yang lucu. Mac yang santai dan modis dan PC yang ketinggalan zaman dan konvensional.

Di salah satu iklan mereka, PC terkena virus sementara Mac aman. Saat berhadapan dengan virus, PC mengendus membersihkan hidungnya, dan sementara Mac, yang digambarkan oleh Justin Long, tetap tenang dan tidak terkena virus.

Selain memberi tahu audiens bahwa Mac tidak dapat ditembus virus, iklan tersebut dengan cerdik mengusulkan bahwa menggunakan Mac adalah cara termudah untuk menjadi lebih keren dan lebih cerdas.

2. Wendy’s Vs McDonald’s

Di tempat kedua muncul kampanye iklan media sosial yang mahir menggunakan iklan komparatif untuk melakukan brandingnya. Setelah Marvel Studios ‘Avengers: Infinity War, Twitter dibanjiri oleh meme berbeda yang diidentifikasi dengan akhir film.

Dikenal dengan branding online mereka yang ceria dan aneh, tim sosial Wendy’s membuat tweet yang menarik.

Tweet mereka yang akan menjadi sensasi web menunjukkan Big Mac McDonald’s berubah menjadi debu. Meskipun gambar itu akan menghibur dengan sendirinya, keterangannya- “[Perasaan itu ketika] daging sapi Anda masih beku.

Wendy’s telah membuat mereknya terkenal dengan penggunaan daging sapi segar dan tidak pernah beku. Dengan tweet ini, mereka memutuskan untuk menyampaikan pesan branding mereka dengan membandingkannya dengan McDonald’s.

3. BMW Vs Mercedes

Inilah contoh lain dari iklan komparatif di Twitter. Di salah satu waktu Halloween, BMW mendapat banyak re-tweet dan like ketika mereka membuat lelucon tentang pesaing mereka Mercedes-Benz. Tweet mereka termasuk gambar mobil sport Mercedes-Benz mengenakan kostum BMW.

Tagline di sini adalah bahwa BMW adalah pahlawan bagi Mercedes. Itu menggambarkan bahwa masing-masing Mercedes lebih suka menjadi BMW sama seperti setiap anak di New York City ingin menjadi SpiderMan.

Tim pemasaran media sosial BMW membuatnya ringan dan penuh kesenangan sambil tetap menganjurkan bahwa BMW lebih baik. Sesuai statistik, sekitar 55% pembeli suka mengingat iklan lucu, dan tweet semacam itu pasti menghargai dampak jangka panjangnya.

4. Samsung Vs Apple

Samsung datang dengan iklan menggelikan yang menggambarkan perbandingan antara iPhone dengan Samsung Galaxy II.

Dengan menargetkan orang-orang yang menunggu dalam antrian yang sangat panjang untuk pengenalan iPhone baru, iklan tersebut menunjukkan bahwa klien Apple kewalahan bertemu dengan orang-orang di jalan yang menggunakan telepon alternatif: Samsung.

Mereka semua bertanya-tanya tentang ukuran layar Galaxy II dan berfantasi tentang akomodasi kecepatan 4G. Para pengikut Apple mulai memahami bahwa gadget alternatif juga memiliki berbagai kelebihan untuk ditawarkan.

Video iklan terkait 60 detik ditutup dengan pesan mendasar namun fantastis: “Hal besar berikutnya sudah ada di sini.

Baca juga: Pahami Apa Itu Evangelism Marketing dalam Proses Pemasaran Bisnis

Kesimpulan

Banner 1 kledo

Jadi, ini adalah beberapa contoh iklan komparatif hebat yang dilakukan secara legal dan positif. Anda juga dapat memanfaatkan teknik pemasaran yang luar biasa ini, tetapi pastikan niat Anda jelas, dan Anda melakukan hal-hal dengan cara yang benar.

Jika kampanye iklan komparatif digunakan dengan baik dengan kombinasi humor dan keterampilan yang tepat, itu pasti akan mampu menciptakan kesan jangka panjang pada audiens target Anda, yang pada akhirnya akan mengoptimalkan jangkauan, generasi prospek, dan tingkat penjualan Anda.

Apabila Anda seorang pelaku bisnis, Anda tentu membutuhkan pembukuan untuk melacak dan mencatat semua aktivitas keuangan bisnis Anda. Bila proses pembukuan bisnis Anda masih dilakukan secara manual, inilah saatnya bagi Anda untuk beralih menggunakan software akuntansi terbaik dari Kledo.

Dengan menggunakan Kledo, Anda bisa melakukan pembukuan cukup dengan beberapa klik saja. Sehingga menjadi lebih mudah, hemat, cepat, dan dijamin akurat.

Kledo merupakan software yang memanfaatkan teknlogi cloud dengan berbagai fitur terbaik seperti pembuatan faktur, manajemen stok dan multi gudang, otomatisasi laporan keuangan, perpajakan, purchasing, penagihan piutang, dan masih banyak lagi.

Mulai dari 140 ribu saja, Anda sudah bisa menikmati layanan dengan fitur terlengkap dari Kledo. Jadi, tunggu apalagi? Yuk, tingkatkan level bisnis Anda dengan menggunakan Kledo sekarang juga. Anda juga bisa mencoba Kledo gratis selama 14 hari melalui link berikut ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

4 × 2 =