Mengenal Promotion Mix Sebagai Strategi Marketing

promotion mix

Mengembangkan promotion mix atau strategi kombinasi promosi membutuhkan keterampilan dan pengalaman dalam pemasaran. Pemasar harus menyelesaikan berbagai studi dan mengumpulkan banyak data tentang perusahaan tertentu untuk menghasilkan kombinasi promosi yang efektif.

Misalnya, penting untuk mengidentifikasi audiens target Anda, menyusun anggaran yang Anda mampu untuk promosi, dan memutuskan saluran pemasaran yang paling efisien untuk audiens Anda.

Kombinasi promosi adalah pendekatan yang lebih diperluas menuju salah satu dari lima elemen marketing mix yaitu promosi. Faktor lainnya adalah orang, produk, tempat, dan harga.

Tanpa basa-basi lagi, kami akan menjelaskan secara mendalam mengenai promotion mix sebagai strategi pemasaran.

Mengenal Pengertian Promotion Mix

promotion mix

Promotion mix atau kombinasi promosi adalah kumpulan semua variabel promosi yang digunakan bisnis untuk menciptakan, mempertahankan, dan meningkatkan permintaan akan merek atau penawarannya.

Definisi kombinasi promosi ini dapat dipahami lebih baik dengan membaginya menjadi dua bagian

  • Kumpulan semua variabel promosi:  Kombinasi promosi menggabungkan semua alat, strategi, dan pendekatan yang digunakan bisnis untuk menyampaikan pesannya ke pasar sasaran. 
  • Menciptakan, memelihara, dan meningkatkan permintaan: Tujuan utama mengembangkan kombinasi promosi adalah untuk membuat audiens target mengetahui penawaran dan mempengaruhi mereka untuk membeli penawaran bisnis menggunakan variabel promosi.

Promosi adalah elemen keempat dari marketing mix 4P yang berfokus pada mengkomunikasikan merek dan penawaran kepada pelanggan sasaran dan mempengaruhi keputusan pembelian mereka.

Secara sederhana, ini merupakan semua aktivitas yang dilakukan oleh bisnis untuk membangkitkan minat pelanggannya untuk membeli produk atau layanan yang ditawarkan. 

Baca juga: Mengenal Price Mix Sebagai Strategi Pendongkrak Penjualan Bisnis

Pentingnya Promotion Mix bagi Bisnis

Kombinasi pemasaran berdiri di atas 4P karena suatu alasan. Setelah produk siap dan harga serta saluran distribusinya diputuskan, bisnis perlu menginformasikan kepada audiens target tentang keberadaannya. Di sinilah kombinasi promosi masuk menjadi bagian dari 4P.

Ini membantu bisnis mengembangkan dan membagikan pesan komunikasi yang tepat kepada audiens yang tepat menggunakan saluran yang tepat.

Sedangkan elemen kombinasi pemasaran lainnya memastikan bahwa produk yang dikembangkan sesuai dengan kebutuhan, persyaratan, dan daya beli pelanggan. Kombinasi promosi secara efektif menginformasikan kepada pelanggan bahwa penawaran semacam itu ada dan memberi mereka alasan untuk membeli yang sama.

Bahkan produk, harga, dan strategi tempat yang sempurna dapat menjadi sia-sia jika kombinasi promosi tidak dikonfigurasi dengan benar oleh bisnis.

Elemen Promotion Mix

Sebuah merek atau penawaran biasanya dipromosikan menggunakan tiga media yaitu:

  • Media yang Dimiliki: Ini mengacu pada penggunaan saluran milik bisnis untuk mempromosikan merek atau penawaran. Misalnya, menggunakan situs web perusahaan, profil media sosial, atau email untuk mengkomunikasikan penawaran merek kepada audiens target.
  • Media Berbayar: Ini melibatkan penggunaan saluran berbayar seperti iklan, pemasaran influencer, dll. untuk mempromosikan penawaran merek.
  • Media yang Diperoleh: Ini adalah promosi pihak ketiga seperti saluran berita, rumah media, pelanggan, pemberi pengaruh, dll., yang dilakukan secara sukarela tanpa dibayar untuk itu.

Kombinasi promosi menggabungkan media yang dimiliki, diperoleh, dan dibayar ini menjadi lima elemen dasar. Komponen promotional mix ini adalah:  

  • Periklanan
  • Hubungan Masyarakat
  • Penjualan pribadi
  • Promosi penjualan
  • Pemasaran langsung

Periklanan

Periklanan adalah metode promosi berbayar di mana sponsor meminta perhatian publik melalui pengumuman berbayar.  Komponen kombinasi promosi ini menggunakan saluran media berbayar seperti TV, radio, koran, billboard, atau bahkan saluran periklanan digital seperti platform media sosial dan mesin pencari.

Iklan memiliki ciri-ciri sebagai berikut:

  • Bentuk promosi berbayar.
  • Berfokus pada komunikasi satu arah dari merek ke pelanggan.
  • Bisa personal atau non personal, tergantung channel yang digunakan.
  • Memiliki jangkauan massa.

Hubungan Masyarakat

Hubungan masyarakat melibatkan komunikasi kepada audiens target dan mendapatkan perhatian mereka dengan menggunakan saluran media yang diperoleh seperti berita, dari mulut ke mulut, pengumuman pemerintah, dll.

Sederhananya, hubungan masyarakat adalah proses strategis untuk merilis informasi terkait organisasi kepada publik menggunakan saluran yang dapat dipercaya seperti berita untuk mempertahankan reputasi merek yang menguntungkan.

Humas melibatkan:

  • Sumber terpercaya,
  • Pesan komunikasi yang berorientasi pada misi merek, dan
  • Komunikasi dua arah, ketika merek merilis pesan dan menunggu respons publik untuk secara strategis merilis serangkaian pesan lainnya.

Baca juga: Apa Itu Bisnis FMCG? Jenis dan Contoh Perusahaannya

Promosi Penjualan

Promosi penjualan adalah promosi penawaran dengan menggunakan insentif jangka pendek yang menarik untuk merangsang permintaan dan meningkatkan penjualan.

Insentif jangka pendek sering digunakan untuk:

  • Mempromosikan produk baru di pasar
  • Promosikan inventaris yang tidak terjual
  • Menarik lebih banyak pelanggan
  • Angkat penjualan sementara

Adapun contoh pemberian insentif sebagai promosi penjualan meliputi:

  • Diskon musiman,
  • Skema keuangan,
  • Manfaat berbasis target untuk pengecer, grosir, pengecer, dan afiliasi
  • sampel gratis,
  • Skema pertukaran
  • Skema pengiriman
  • Diskon pembelian grosir,
  • Kesepakatan perdagangan, dll.

Penjualan Personal

Penjualan personal adalah promosi pribadi yang melibatkan interaksi orang-ke-orang antara perwakilan merek dan calon pelanggan. Ini melibatkan percakapan pribadi dan presentasi promosi oleh wiraniaga yang dikembangkan setelah memahami kebutuhan dan keinginan pelanggan sasaran yang mereka promosikan.

Tidak seperti periklanan, penjualan pesonal mengembangkan hubungan pribadi antara perwakilan merek dan pelanggan dan melibatkan lebih banyak biaya per orang yang dijangkau.

Dengan demikian, penjualan personal bisa disimpulkan memiliki karakteristik sebagai berikut:

  • Komunikasi pribadi dua arah antara perwakilan merek dan pelanggan sasaran,
  • Tergantung pada keterampilan mempengaruhi dan persuasi dari tenaga penjual,
  • Cara promosi yang sangat fleksibel, dan
  • Berfokus pada mendidik pelanggan lebih banyak tentang produk dan memberi mereka alasan pribadi untuk membeli.

Pemasaran Langsung

Pemasaran langsung adalah strategi promosi di mana pelanggan sasaran dihubungi langsung oleh merek daripada memiliki media tidak langsung seperti pengecer atau grosir.

Ini adalah alat promosi hebat yang membantu merek berkomunikasi langsung dengan calon pelanggan melalui saluran seperti:

  • Promosi dari pintu ke pintu,
  • Panggilan telepon promosi,
  • SMS, Email
  • Iklan yang ditargetkan, dll.

Tetapi pemasaran langsung berbeda dari penjualan pribadi. Meskipun melibatkan kontak langsung antara merek dan pelanggan, tidak sering melibatkan promosi penjualan yang sangat personal.

Pengaruh Pemasaran Digital Terhadap Promotion Mix

Dengan kemajuan teknologi, internet telah membuat dunia lebih kecil. Dampak internet dalam promotion mix saat ini sangat besar. Tetapi ini tidak berarti bahwa unsur-unsur bauran promosi telah berubah. Internet baru saja membuat saluran lebih efisien dan efektif. 

Iklan menjadi lebih dipersonalisasi karena sekarang menggunakan data untuk penargetan. Pemasaran langsung tidak selalu melibatkan hubungan manusia sekarang. Pelanggan tinggal SMS atau chat WhatsApp. Hal yang sama dapat dilakukan dengan menggunakan bot.

Tanggapan kampanye pemasaran sekarang lebih cepat, dan bisnis dapat merencanakan dan merilis informasi melalui lebih banyak saluran. Penjualan personal telah menemukan saluran baru di platform media sosial seperti LinkedIn.

Promosi penjualan kini lebih dinamis dan personal. Pelanggan yang berbeda sekarang bisa mendapatkan penawaran yang berbeda berdasarkan perilaku, niat, dan aktivitas online mereka.

Bahkan pemasaran langsung telah memperluas cakrawalanya dan sekarang menggunakan mesin pencari dan platform media sosial untuk jangkauan yang lebih baik.

Baca juga: Performance Marketing: Arti, Manfaat, Jenis, Cara Kerja, dan Contohnya

Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Promotion Mix

Banyak bisnis membuat kesalahan dengan mengasumsikan bahwa mereka harus fokus pada satu jenis promotion mix . Hal ini tidak selalu benar. Berbagai jenis promosi akan bekerja paling baik untuk bisnis yang berbeda. 

Unsur-unsur kombinasi promosi yang sukses bergantung pada sifat bisnis, tujuan dan sasarannya, anggaran, dan persaingan di pasar. Berikut adalah lima faktor utama yang mempengaruhi kombinasi promosi bisnis:

Sifat Produk

Berbagai jenis produk memerlukan jenis promosi yang berbeda. Produk industri yang kompleks dan teknis lebih mengandalkan personal selling karena membutuhkan manusia untuk menjelaskan sesuatu dengan lebih baik. Di sisi lain, produk konsumen sering dipromosikan menggunakan iklan, promosi penjualan, dll. 

Tahap Siklus Hidup Produk

Bauran promosi juga bergantung pada tahap siklus hidup produk. Jika produk baru saja diluncurkan, perpaduan yang baik antara alat pemasaran, periklanan, dan pemasaran langsung dapat digunakan untuk menyebarkan berita dan membuat pasar sasaran mengetahui produk tersebut.

Namun, produk yang sudah mapan mungkin hanya memerlukan sedikit iklan dan kampanye promosi penjualan. 

Sifat Pasar

Ukuran dan sifat pasar juga mempengaruhi pilihan kombinasi promosi. Sebuah merek yang beroperasi di pasar kecil dapat mengambil manfaat dari penjualan pribadi dan pemasaran langsung lebih dari iklan.

Namun, merek yang melayani pasar yang luas mungkin memerlukan strategi periklanan dan pemasaran yang baik . 

Persaingan 

Adanya persaingan dan alat promosi yang digunakan pesaing sangat mempengaruhi bauran promosi bisnis. Misalkan pesaing menggunakan promosi penjualan untuk mempromosikan penawarannya di tempat penjualan.

Dalam hal ini, bisnis terikat untuk menggunakan strategi serupa untuk menghentikan pesaing memburu pelanggannya.

Sifat Pelanggan

Demografi pelanggan, perilaku, geografi, dll., juga memengaruhi jenis promosi yang paling efektif. Generasi Z akan lebih merespons iklan yang dipersonalisasi daripada boomer. Milenial cenderung menanggapi kombinasi promosi yang berbeda sama sekali.

Demikian pula, mempromosikan produk teknis kepada pelanggan yang berasal dari desa akan membutuhkan lebih banyak upaya penjualan pribadi daripada iklan.

Anggaran

Anggaran bisnis juga memainkan peran penting dalam menentukan jenis kombinasi promosi yang harus digunakan. Jika bisnis memiliki anggaran terbatas, sebaiknya gunakan alat termurah untuk menghasilkan hasil yang maksimal.

Namun, bisnis dengan banyak uang mampu bereksperimen dengan berbagai alat dan taktik.

Banner 2 kledo

Manfaat Promotion Mix

promotion mix

Promotion mix akan memberikan manfaat yang signifikan bagi bisnis, di antaranya:

Meningkatkan Efektivitas Kampanye Promosi

Promosi adalah bagian penting dari bisnis apa pun, jadi perusahaan mengembangkan bauran promosi, menempatkan semua upaya untuk membuat promosi di tempat yang tepat, pada waktu yang tepat, dan kepada audiens yang tepat.

Ini membantu seseorang mendapatkan hasil maksimal dari sumber daya pemasaran mereka dengan mengoptimalkan anggaran dan menghemat waktu.

Membantu Menyegmentasikan Audiens

Untuk mengembangkan kombinasi promosi yang menarik, perusahaan perlu mengidentifikasi audiens targetnya. Pelanggan potensial dapat mencakup berbagai kelompok orang yang memiliki kesamaan, misalnya, usia, jenis kelamin, preferensi, dll., dan semuanya memerlukan pendekatan individual.

Kombinasi promosi adalah metode utama untuk menyampaikan pesan promosi yang relevan melalui saluran yang paling sesuai untuk setiap segmen.

Meningkatkan Komunikasi dengan Klien

Perusahaan mengembangkan promotion mix yang mencoba berbicara dalam bahasa konsumen mereka. Jika disiapkan dengan benar, ini membantu membangun kepercayaan antara merek dan pelanggannya.

Ini adalah faktor penting dalam pemeliharaan memimpin dan retensi pelanggan. Misalnya, kampanye email otomatis membantu mencapai sasaran ini dengan merespons tindakan orang secara instan.

Menginformasikan Pelanggan

Beberapa promosi, di Instagram misalnya, bertujuan untuk menampilkan produk dari sudut pandang terbaik, dan lainnya, seperti SMS, menekankan keunggulan layanan lokal.

Saat menggunakan kombinasi promosi, perusahaan menentukan cara terbaik untuk mendidik orang tentang produk dan layanan yang mereka sediakan.

Membedakan Diri dari Pesaing

Orang-orang dibombardir dengan segala macam iklan di setiap kesempatan. Dengan promotion mix, adalah mungkin untuk menonjol dari keramaian tanpa menciptakan kekacauan di kepala pelanggan Anda.

Perusahaan yang sukses membuat kualitas menang atas kuantitas, mempromosikan produk atau layanan mereka di tempat yang tepat dan waktu yang tepat.

Baca juga: Pengertian Shrinkflation, Produk, Penyebab, Dampak dan Contohnya

Tips Melakukan Promotion Mix

Di bawah ini merupakan langkah-langkah yang harus dilakukan bagi pemasar yang ingin menerapkan strategi promotio mix, yaitu:

Identifikasi Target Audiens

Tentukan audiens target Anda dan manfaatkan taktik bauran promosi. Buat profil pelanggan Anda untuk mengetahui cara menyediakan produk yang mereka butuhkan kepada orang-orang.

Ikuti Aturan 5P

Lima faktor yang membentuk keberhasilan pemasaran promosional: apa yang Anda jual ( Product/Produk), berapa banyak yang Anda inginkan (Price/Harga), bagaimana Anda menawarkannya (Promotion/Promosi), di mana Anda menjualnya (Place/Tempat), dan kepada siapa Anda menjualnya (People/Orang).

Kerjakan lima P pemasaran ini dan berikan pelanggan Anda apa yang mereka butuhkan pada waktu yang paling nyaman.

Berikan Informasi yang Berguna kepada Orang-Orang

Tunjukkan produk dan layanan yang Anda jual. Jelaskan apa yang membuatnya begitu unik dan mengapa pelanggan harus memilih produk Anda dan bukan produk orang lain. Buat ulasan yang membandingkan produk Anda dengan produk pesaing.

Gunakan Saluran Pemasaran yang Sesuai

Cari tahu saluran komunikasi mana yang paling nyaman bagi audiens Anda. Coba sampaikan pesan yang sama melalui saluran yang berbeda dan periksa mana yang berkinerja terbaik dengan pelanggan Anda.

Andalkan Komponen Promotion Mix yang Tepat

Penjualan personal biasanya hanya berguna untuk usaha kecil karena biayanya yang tinggi dan jangkauannya yang rendah. Namun, setiap bisnis mampu menampilkan iklan dan pemasaran email.

Kembangkan sistem komunikasi yang seimbang dengan audiens Anda yang sesuai dengan bisnis Anda.

Menerapkan Segmentasi

Alat ini menargetkan audiens dengan membaginya menjadi kelompok-kelompok kecil berdasarkan kesamaan.

Memantau Tren Pemasaran

Seiring berkembangnya pemasaran internet, saluran baru untuk komunikasi dengan pelanggan muncul. Ikuti tren pemasaran untuk dapat menjangkau pelanggan Anda seperti yang mereka suka.

Contoh Promotion Mix

Mari kita lihat bagaimana beberapa bisnis menggunakan alat ini untuk mencapai tujuan pemasaran mereka. Perhatikan contoh hipotetis berikut:

Sebuah bisnis menghasilkan gadget berteknologi tinggi yang memungkinkan orang mendengarkan musik tanpa menggunakan headphone. Ini menjalankan iklan dan kampanye tanggapan langsung untuk menghasilkan minat dari pelanggan.

Kemudian, ia menggunakan penjualan personal untuk menutup penjualan dan membuat pasar sasaran menyadari keberadaannya. Ini adalah contoh yang baik tentang bagaimana kampanye penjualan pribadi dapat bekerja.

Untuk contoh khusus ini, kami telah membuat beberapa asumsi. Kami berasumsi bahwa bisnis ini menjual produk yang unik, tidak ada persaingan, pelanggan melek teknologi, dan pelanggan memiliki daya beli yang tinggi. Berdasarkan asumsi ini, kami telah mengidentifikasi lima faktor utama yang mempengaruhi kombinasi promosi bisnis.

Contoh nyata dari kombinasi promosi yang efektif adalah Coca-Cola. Perusahaan menggunakan kombinasi promosi yang berbeda untuk setiap pasar tempat ia beroperasi. Biasanya, kombinasi promosi tersebut adalah:

  • Periklanan: Perusahaan bermitra dengan selebriti dan influencer dan mengiklankan mereknya di TV, papan iklan, radio, dll.
  • Promosi penjualan: Promosi sering merilis kampanye promosi penjualan selama musim perayaan. 
  • Hubungan masyarakat: Perusahaan terus memeriksa citra merek positifnya menggunakan hubungan masyarakat, di mana ia mencoba mengatasi masalah pencemaran lingkungan dengan botol plastiknya. Perusahaan secara efektif menggunakan media yang diperoleh untuk menampilkan program daur ulangnya kepada publik dan pemangku kepentingan penting.
  • Karena Coca-Cola adalah merek FMCG, Coca-Cola jarang menggunakan pemasaran langsung dan penjualan personal.

Baca juga: Pengertian CPC (Cost Per Click) Adalah? Ini Pembahasan Lengkapnya

Kesimpulan

Demikian pembahasan mengenai promotion mix yang perlu Anda ketahui. Dari penjelasan di atas, bisa disimpulkan bahwa promotion mix adalah strategi promosi yang melibatkan berbagai macam elemen dan metode untuk memperkenalkan produk dan layanan kepada konsumen.

Cara ini terbukti efektif yang bisa kita lihat dari perusahaan-perusahaan besar yang sukses menggunaan kombinasi promosi. Dengan menjalankan tips yang telah kami bagikan, diharapkan bisnis Anda semakin berkembang dan menjadi lebih sukses.

Langkah selanjutnya adalah memeriksa bagaimana kinerja promosi yang telah dilakukan. Hal ini bisa dilakukan dengan menganalisis informasi keuangan yang tersaji pada laporan keuangan. Dengan begitu, Anda memperlukan laporan keuangan yang tepat dan akurat supaya bisa menilai kondisi bisnis yang sesungguhnya.

Apabila proses penyusunan laporan keuangan bisnis Anda rumit dan memakan waktu lama, inilah saatnya bagi Anda untuk mencoba menggunakan software akuntansi terbaik dari Kledo.

Dengan menggunakan software ini, Anda bisa mengotomatisasikan lebih dari 30 jenis laporan keuangan. Selain itu, Kledo juga menawarkan berbagai fitur lainnya seperti pembuatan faktur, manajemen stok, purchasing, dan masih banyak lagi.

Jadi, tunggu apalagi? Yuk tingkatkan level bisnis Anda dengan menggunakan Kledo sekarang juga. Anda juga bisa mencoba berbagai fitur Kledo gratis selama 14 hari melalui link ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

two × one =