Contoh Nota Kontan Penjualan yang Baik dan Benar, Gratis!

nota kontan

Dalam bisnis, nota kontan dapat menjadi bukti transaksi yang penting baik bagi pemilik bisnis ataupun konsumen. Bukti transaksi ini menjadi kekuatan jika terjadi masalah pada barang atau produk yang dibeli, seperti terjadi kerusakan saat pembelian atau untuk keperluan garansi produk.

Sedangkan bagi pemilik bisnis selain bisa dijadikan bukti ketika konsumen mengajukan komplain, bukti transaksi juga dapat digunakan untuk keperluan laporan keuangan.

Nota kontan penjualan biasanya diberikan oleh pemilik bisnis atau penjual kepada pembeli setelah pembeli menyelesaikan pembayaran. Nah, di sini Kledo akan membahas seperti apa sih contoh nota ini dan juga semua hal tentang nota penjualan ini.

Namun sebelum membahasnya, sebenarnya ada berapa jenis sih bukti transaksi pembelian itu? Buat Kawan Kledo yang belum tahu dan penasaran ingin mengetahuinya, wajib banget baca artikel ini sampai selesai.

Jenis-Jenis Bukti Transaksi Pembelian

nota kontan penjualan

Ada beberapa jenis bukti transaksi yang biasanya dikeluarkan ketika terjadi kegiatan bisnis, yaitu kuitansi, faktur, nota kredit, nota debit, dan nota kontan. Untuk lebih jelasnya Kawan Kledo bisa membaca penjelasannya di bawah ini:

Kuitansi

Kuitansi merupakan bukti yang diberikan bersamaan dengan penerimaan sejumlah uang yang ditandatangani oleh penjual dan diterima oleh pembeli. Pada kuitansi biasanya terdapat keterangan-keterangan seperti tempat, tanggal, dan tujuan penyerahan uang tersebut.

Agar semakin memperkuat tanda bukti traksaksi, biasanya akan ditambahkan materai di dekat tanda tangan penerima dengan nilai sesuai peraturan perpajakan.

Baca juga: Break Even Point (BEP): Pengertian, Fungsi, Penghitungan dan Contoh Kasus

Faktur

Faktur merupakan sebuah dokumen yang dikeluarkan untuk transaksi dengan pembayaran kredit. Ada dua jenis faktur yang biasanya digunakan yaitu faktur pembelian dan faktur penjualan.

Faktur ini dibuat dalam 3 (tiga) rangkap yang diberikan penjual kepada pembeli. Salinan pertama akan diberikan kepada pembeli, salinan kedua akan disimpan untuk keperluan penagihan, dan salinan ketiga akan disimpan dalam buku faktur.

Keterangan-keterangan dalam faktur biasanya berupa info penjual, rincian daftar barang, tanggal pemesanan, harga, jumlah yang harus dibayar, syarat pembayan, dan lainnya.

Jika Anda ingin membuat invoice atau faktur digital dengan mudah, Anda bisa membuatnya melalui halaman ini.

Nota Kredit

Nota kredit merupakan sebuah bukti penerimaan kembali barang yang telah terjual yang dikeluarkan oleh pihak penjual. Nota kredit ini dijadikan alat persetujuan dari pihak penjual atas permohonan pengurangan harga yang diajukan oleh pihak pembeli. Biasanya ini dilakukan karena barang yang diterima pembeli mengalami kerusakan atau tidak sesuai yang dipesan.

Baca juga cara mencetak faktur dot matrix pada tautan ini.

Nota Debit

Nota debit merupakan bukti transaksi atas permintaan pengurangan harga kepada penjual yang di dalamnya berisi pengiriman barang yang tidak sesuai pesanan. Nota debit ini dapat dijadikan sebagai pemberitahuan yang dikirimkan perusahaan kepada konsumen untuk memberikan informasi akunnya telah didebit dalam jumlah nominal tertentu.

Nota Kontan

Nota kontan merupakan sebuah bukti transaksi yang diberikan oleh penjual kepada pembeli setelah melakukan pembayaran secara cash atau lunas. Biasanya pemilik bisnis akan membuat nota ini dalam 2 (dua) rangkap, dimana satu untuk diberikan kepada pembeli dan satu lagi untuk disimpan oleh penjual.

Baca juga: 15 Strategi Pemasaran Terbaik untuk Meningkatkan Profit Bisnis

Nota Kontan Adalah

Seperti yang telah dijelaskan di atas, nota kontan adalah sebuah bukti transaksi yang dikeluarkan oleh pemilik bisnis atau penjual kepada pembeli setelah pembeli membayar barang tersebut secara kontan atau tunai.

Nota jenis ini biasanya akan diberikan secara langsung kepada pembeli yang melakukan pembelian secara langsung. Karena dibeli secara langsung, transaksi juga bisa dilakukan secara langsung tanpa harus menunggu waktu jatuh tempo. Dalam nota ini, ada beberapa hal yang harus dimasukan, yaitu antara lain:

  1. Hari dan tanggal dimana nota tersebut dikeluarkan
  2. Pemilik bisnis atau nama bisnis yang dikelola
  3. Jenis produk yang dijual kepada pembeli
  4. Jumlah produk yang dibeli
  5. Jumlah harga yang dibayar oleh pembeli
  6. Tanda tangan untuk bukti sahnya transaksi tersebut.

Ada pemilik bisnis yang membeli nota pembelian yang sudah jadi dan hanya perlu menulisnya. Ada juga pemilik bisnis yang membuat nota pembelian sendiri dengan menyertakan logo bisnisnya.

Baik nota kontan yang membeli atau membuat sendiri semuanya sah untuk dijadikan bukti pembayaran, dengan syarat terdapat tanda tangan di sana.

Fungsi Nota Kontan Penjualan

nota kontan penjualan

Nota ini memiliki fungsi yang sangat penting bagi perusahaan. Nota ini biasanya akan dijadikan dokumen acuan saat perusahaan membuat laporan keuangan. Lebih jelasnya Kawan Kledo bisa membaca penjelasan mengenai fungsi nota kontan di bawah ini:

  1. Sebagai alat untuk melakukan cross-check yaitu ketika perusahaan membandingkan jumlah yang terjual berdasarkan data di nota dengan keadaan yang ada di gudang.
  2. Sebagai alat bukti transaksi yang resmi atau sah.
  3. Sama hal dengan faktur yang di dalamnya terdapat beberapa informasi tentang pembelian, seperti harga, nama, model, alamat, nomor telepon, dan lainnya.

Dari fungsi-fungsi yang telah dijelaskan di atas, bisa dikatakan nota penjualan merupakan sesuatu yang sangat penting. Kawan Kledo wajib untuk menyimpannya dengan rapi agar mudah ditemukan saat dibutuhkan untuk leporan keuangan.

Membuat Nota Kontan Penjualan

Selain bisa membeli di toko alat tulis kantor atau di supermarket, Kawan Kledo juga bisa membuat nota ini sendiri. Dengan membuat sendiri, Kawan Kledo bisa membubuhkan logo perusahaan dan nama perusahaan pada bagian atas nota tersebut.

Cara pembuatan nota kontan penjualan sangat mudah, Kawan Kledo bisa membuatnya dengan Microsoft Excel. Berikut cara pembuatan nota kontan di Microsoft Excel yang bisa Kawan Kledo ikuti:

1. Isilah Kolom Kode Barang

Kawan Kledo bisa mengisi kolom kode barang secara manual tanpa perlu menggunakan rumus formula Microsoft Excel. Kawan Kledo bisa menyesuaikan dengan kode yang telah ditentukan sebelumnya.

2. Isilah Kolom Nama Barang

Pada bagian kolom nama barang, Kawan Kledo bisa mengisinya dengan nama barang yang Kawan Kledo jual. Agar lebih mudah, Kawan Kledo bisa menggunakan rumus VLOOKUP berikut:

=IFERROR(VLOOKUP(C10,’DATA BARANG’!$3:$D$100,2,FALSE),””).

3. Isilah Kolom Jumlah Barang

Isilah kolom jumlah barang sesuai dengan jumlah barang yang terjual.

4. Isilah Harga Satuan

Pada bagian harga satuan Kawan Kledo bisa menggunakan rumus:

=IFERROR(VLOOKUP(C10,’DATA BARANG’!$B$3:$D$100,3,FALSE””)

5. Isilah Kolom Total Harga

Kawan Kledo bisa mengisi kolom total harga dengan rumus berikut ini:

=IFERROR(E10*F10,””).

6. Isilah Jumlah Total

Pada bagian jumlah total Kawan Kledo bisa menggunakan rumus berikut ini untuk menghitung secara cepat:

=SUM(G10:G16).

7. Isilah Jumlah Diskon (Jika Ada)

Apabila bisnis atau toko Kawan Kledo memiliki diskon atau potongan harga, Kawan Kledo bisa menggunakan rumus formula berikut ini:

=IF(G17>=10000000,G17*20%,IF(G17>=1000000,G17*10%,0)).

8. Isilah Jumlah Total Dikurangi Diskon

Pada bagian jumlah total dikurangi diskon, Kawan Kledo bisa menggunakan rumus formula: =G17-G18.

Banner 1 kledo

Contoh Nota Kontan Penjualan

Berikut beberapa contoh nota kontan penjualan yang bisa Kawan Kledo jadikan acuan dalam membuat nota kontan penjualan untuk bisnis Kawan Kledo.

contoh satu
Contoh Nota Kontan Penjualan
contoh nota dua
Contoh Nota Kontan Penjualan
contoh tiga
Contoh Nota Kontan Penjualan

contoh empat
Contoh Nota Kontan Penjualan
contoh lima
Contoh Nota Kontan Penjualan

Kesimpulan

Nota kontan penjualan digunakan sebagai bukti adanya transaksi jual-beli antara penjual dengan pembeli secara kontan atau lunas. Nota kontan ini memiliki banyak fungsi, salah satunya adalah bisa dijadikan bukti saat melakukan komplain karena barang yang dibeli tidak sesuai pesanan.

Kawan Kledo ingin membuat nota kontan penjualan ini? Pastikan dulu Kawan Kledo sudah membaca cara-caranya di atas, ya!

Selain membuat nota kontan penjualan, pastikan juga Kawan Kledo telah melakukan pengelolaan keuangan dengan baik.

Kawan Kledo bisa menggunakan cara manual, atau bisa juga menggunakan cara paling mudah dan anti ribet dengan software akuntansi dari Kledo. Kledo dilengkapi berbagai fitur yang akan memudahkan pengelolaan keuangan. Jadi tunggu apa lagi, yuk daftar Kledo sekarang juga di sini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

five × 1 =