Fidusia Adalah: Berikut Pembahasan Lengkap dan Contohnya

fidusia adalah

Fidusia adalah orang atau lembaga yang secara hukum diwajibkan untuk bertindak demi kepentingan terbaik Anda ketika mengelola keuangan Anda. Bekerja dengan fidusia membantu memastikan bahwa nasihat keuangan yang Anda terima transparan.

Seorang fidusia secara hukum berkewajiban untuk menempatkan kepentingan keuangan Anda di atas kepentingan mereka sendiri. Mereka memiliki kewajiban untuk menghilangkan atau mengungkapkan potensi konflik kepentingan bila memungkinkan.

Pada artikel ini, kami akan membahas apa itu fidusia dan pembahasan lengkapnya.

Pengertian Fidusia Adalah

fidusia adalah

Fidusia adalah profesi atau lembaga yang memiliki kekuasaan untuk bertindak atas nama pihak lain dan wajib melakukan apa yang terbaik untuk kepentingan pihak lain guna menjaga itikad baik dan kepercayaan.

Contoh fidusia yang paling umum adalah wali amanat. Jika Anda berjanji untuk membantu seseorang dalam situasi di mana mereka menaruh kepercayaan penuh dan kepercayaan pada Anda, Anda memiliki kewajiban fidusia kepada orang itu.

Pejabat perusahaan adalah fidusia bagi pemegang saham mereka, seperti juga pengacara dan agen real estat untuk klien mereka. Beberapa, tetapi tidak semua, penasihat keuangan adalah fidusia.

Ketika Anda adalah penerima manfaat dari hubungan fidusia, Anda memberikan otoritas diskresi fidusia atas aset Anda.

Jadi penasihat keuangan fidusia dapat membeli dan menjual sekuritas di akun Anda atas nama Anda tanpa memerlukan persetujuan tegas Anda sebelum setiap perdagangan. Karena fidusia memiliki otoritas diskresioner ini, mereka memiliki standar yang lebih tinggi daripada penasihat nonfidusia.

Catatan: Tidak semua profesional keuangan adalah fidusia. Sementara penasihat investasi atau perencana keuangan mana pun dapat memilih untuk bertindak demi kepentingan terbaik klien, profesional keuangan bukanlah fidusia kecuali mereka terikat secara hukum untuk menegakkan standar fidusia.

Baca juga: Cara Menghemat Biaya Operasional Agar Bisnis Untung

Tugas dan Kewajiban Fidusia

Kewajiban fidusia adalah kewajiban yang harus dilakukan seseorang atau organisasi untuk kepentingan terbaik orang atau kelompok orang lain. Ada tiga kewajiban utama fidusia, yaitu kewajiban kesetiaan, kewajiban kehati-hatian, dan kewajiban itikad baik.

Jika ada pelanggaran kewajiban fidusia, pemegang fidusia dapat diminta untuk membayar ganti rugi kepada klien atau penerima manfaat.

1. Kewajiban Loyalitas

Sebuah kewajiban loyalitas membutuhkan fidusia untuk menempatkan kepentingan klien di atas kepentingan mereka sendiri.

Lebih khusus lagi, fidusia tidak boleh memiliki transaksi keuangan atau pribadi yang tidak diungkapkan yang dapat menimbulkan konflik kepentingan dengan klien. Jika ada kemungkinan konflik kepentingan, fidusia harus mengungkapkannya kepada klien.

2. Kewajiban Kehati-hatian

Standar tugas kehati-hatian membutuhkan fidusia untuk melakukan penelitian dan analisis dalam jumlah yang tepat sebelum membuat rekomendasi kepada klien.

Mengenai perencanaan keuangan, penasihat diharuskan untuk mengumpulkan dan menganalisis informasi tentang tujuan dan preferensi keuangan klien sebelum merekomendasikan tindakan investasi.

3. Kewajiban Itikad Baik

Untuk memenuhi kewajiban itikad baik, fidusia akan meneliti dan menilai berbagai pilihan dan merekomendasikan opsi yang diyakini dapat melayani kepentingan terbaik klien.

Misalnya, penasihat investasi fidusia akan mempertimbangkan beberapa pilihan investasi sebelum membuat rekomendasi yang paling sesuai dengan kebutuhan klien.

Baca juga: 10 Kesalahan Pembukuan, Solusi, dan Cara Mencegahnya

Standar Tanggung Jawab Fidusia

Ada dua standar tanggung jawab utama yang mungkin dimiliki penasihat keuangan mengenai klien dan ini termasuk standar fidusia dan standar kesesuaian. Sebelum menyewa penasihat keuangan, penting untuk memahami perbedaan antara kesesuaian dan standar fidusia.

Standar Fidusia

Mengharuskan penasihat keuangan menempatkan kepentingan klien di atas kepentingan mereka sendiri dan memilih investasi yang paling sesuai untuk klien.

Misalnya, fidusia tidak boleh memiliki konflik kepentingan yang tidak diungkapkan, seperti keuntungan ekonomi (yaitu, komisi penjualan) untuk menjual produk atau layanan keuangan tertentu di atas yang lain.

Standar Kesesuaian

Membutuhkan penasihat untuk membuat rekomendasi investasi yang sesuai berdasarkan usia klien tertentu, toleransi risiko, dan tujuan keuangan. Misalnya, investasi berisiko rendah, seperti reksa dana obligasi, cocok untuk klien pensiunan dengan toleransi risiko rendah.

Namun, tidak seperti fidusia, penasihat bisa mendapatkan komisi, dan reksa dana bisa menjadi yang berkinerja terburuk di kategorinya dan masih memenuhi standar kesesuaian.

Baca juga: Pembahasan Lengkap Key Activities dalam Business Model Canvas

Manfaat Bekerja Dengan Penasihat Fidusia

Meskipun pialang dan profesional keuangan yang bukan fidusia dapat memberikan perhatian etis tingkat tinggi kepada klien mereka, ada banyak manfaat bekerja dengan penasihat fidusia, termasuk:

  • Saran yang berpusat pada klien: Hubungan penasihat klien dengan fidusia berpusat pada klien, sedangkan penasihat non-fidusia berpusat pada produk dan penjualan.
  • Tidak ada konflik kepentingan: Saat bekerja dengan fidusia, klien dapat yakin bahwa rekomendasi investasi adalah untuk kepentingan klien terlebih dahulu dan bukan untuk penasihat. Jika ada potensi kepentingan yang bersaing, fidusia diharuskan untuk mengungkapkannya kepada klien.
  • Kualitas investasi: Karena fidusia memilih investasi yang terbaik untuk klien, dan bukan untuk keuntungan ekonomi penasihat, pemilihan investasi cenderung mencakup lebih banyak sekuritas investasi berkualitas tinggi dan berbiaya lebih rendah, dibandingkan dengan banyak sekuritas berbasis komisi.

Baca juga: Tips Pengelolaan Profit Agar Bisnis Terus Berkembang

Contoh Fidusia

Contoh umum dari fidusia adalah penasihat keuangan atau Penasihat Investasi Terdaftar. Namun, ada profesional lain dengan tanggung jawab fidusia, termasuk pengacara, agen real estat, anggota dewan perusahaan, dan wali amanat.

  • Penasihat Investasi Terdaftar: Memberi nasihat kepada klien tentang investasi dan dapat mengelola aset mereka.Namun, perhatikan bahwa mereka juga dapat didaftarkan sebagai broker-dealer, dan memberikan nasihat non-fidusia melalui broker mereka.
  • Pengacara: Pengacara memiliki kewajiban fidusia kepada klien mereka dan harus memberikan nasihat hukum tanpa konflik kepentingan.
  • Agen Real Estat: Umumnya dianggap sebagai fidusia, agen harus mengungkapkan konflik kepentingan atau hal-hal terkait yang dapat memengaruhi nilai properti. Misalnya, agen real estat dapat mewakili pembeli dan penjual jika kedua klien diberi tahu dan menandatangani perjanjian.
  • Anggota Dewan Perusahaan: Ini adalah fidusia yang harus membuat keputusan yang terbaik untuk kepentingan pemegang saham perusahaan.
  • Wali Amanat: Orang yang bertanggung jawab atas perwalian, atau wali amanat, memiliki kewajiban fidusia untuk mengelola aset perwalian semata-mata demi kepentingan terbaik penerima perwalian dan bukan untuk kepentingan mereka.

Baca juga: Rekomendasi 10 Software Toko Terbaik untuk Bisnis yang Lebih Baik

Cara Menentukan dengan Hubungan Fidusia

Hubungan fidusia dapat ditentukan sebagai berikut:

  1. Fidusia berkomitmen untuk bertindak demi kepentingan terbaik penerima manfaat.
  2. Penerima manfaat rentan terhadap kebijaksanaan atau kontrol fidusia.
  3. Fidusia dapat menggunakan kekuatannya untuk merugikan kepentingan hukum dan praktis penerima manfaat.

Contoh Pelanggaran Kewajiban Fidusia

fidusia adalah

Pelanggaran kewajiban fidusia terjadi jika pemegang fidusia menempatkan kepentingannya sendiri di atas kepentingan penerima manfaat. Contohnya termasuk menyembunyikan informasi, memperoleh manfaat rahasia, atau mengambil untung dengan biaya penerima.

Contoh – Direktur dan Perusahaan

Mari kita perhatikan contoh direktur dan perusahaan. Direksi memiliki kewajiban fidusia terhadap perusahaan.

Seorang direktur dipilih oleh pemegang saham untuk bertindak demi kepentingan terbaik perusahaan. Mereka harus memastikan keberhasilan jangka panjang perusahaan atas pengambilan keputusan yang secara temporer meningkatkan keuntungan dan nilai saham.

Direksi tidak diharapkan untuk bertindak demi kepentingan terbaik semua pemangku kepentingan, tetapi pelanggan, pemasok, karyawan, dan kreditur harus diperlakukan secara adil. Direksi dapat menentang keinginan pemegang saham mayoritas jika mereka bertindak demi kepentingan terbaik perusahaan.

Untuk bertindak demi kepentingan terbaik perusahaan, seorang direktur harus mengungkapkan semua konflik kepentingan yang mengganggu tugasnya terhadap perusahaan. Ada kemungkinan bahwa perjanjian direktur dengan pihak ketiga mengancam independensi mereka dalam urusan perusahaan. Informasi tersebut harus diungkapkan kepada dewan.

Direksi dipercayakan untuk menjaga kerahasiaan informasi perusahaan. Bahkan setelah seorang direktur mengundurkan diri dari dewan, mereka tidak dapat mengungkapkan informasi tentang perusahaan. Kewajiban untuk menjaga kerahasiaan informasi adalah seumur hidup dan berlanjut setelah direktur keluar dari perusahaan.

Dalam beberapa keadaan, direksi melanggar kewajiban fidusia mereka kepada perusahaan. Skenario paling umum yang terjadi adalah:

1. Transaksi dengan Perusahaan

Seorang direktur yang menjual barang atau jasa kepada perusahaan akan menjualnya dengan harga tertinggi. Namun, sebagai direktur perusahaan, mereka harus membeli barang dan jasa dengan harga murah.

Secara historis, transaksi tersebut dianggap batal karena konflik langsung antara kepentingan direksi dan perusahaan. Namun, seiring waktu, beberapa transaksi antara direktur dan perusahaan telah diizinkan.

Transaksi diperbolehkan jika:

  • Direktur memberi perusahaan pemberitahuan. Rapat direktur harus mencatat bahwa pemberitahuan telah diberikan.
  • Pemegang saham dan direktur lainnya menyetujui transaksi tersebut.
  • Transaksi itu adil bagi perusahaan.

Dalam beberapa kasus, transaksi mungkin diperbolehkan meskipun persyaratan di atas tidak terpenuhi. Secara khusus, kepentingan direktur harus diungkapkan kepada pemegang saham secara rinci, transaksi harus disetujui oleh pemegang saham melalui resolusi khusus, dan transaksi harus hanya untuk perusahaan pada saat persetujuan.

Jika tidak satu pun dari persyaratan ini terpenuhi, maka direktur telah melanggar kewajiban fidusianya dengan melakukan transaksi dengan perusahaan. Dalam kasus pelanggaran, keuntungan harus dicairkan.

2. Intersepsi Peluang Perusahaan

Pelanggaran kewajiban fidusia akan terjadi jika seorang direktur mengambil kesempatan dari perusahaan. Seringkali, direktur menandatangani kontrak untuk keuntungan pribadi dengan mencegah perusahaan memasuki kontrak itu. Oleh karena itu, kepentingan terbaik perusahaan dikompromikan.

3. Bersaing dengan Perusahaan

Direksi tidak diperkenankan melakukan kegiatan yang bertentangan dengan bidang usaha perusahaan. Jika seorang direktur bersaing dengan perusahaan, mereka akan diminta untuk membayar keuntungan yang diperoleh melalui usaha kembali ke perusahaan.

Baca juga: Contoh dan Cara Membuat Jurnal Penyesuaian Dagang

Kesimpulan

Banner 2 kledo

Fidusia adalah individu atau perusahaan yang memiliki kewajiban hukum untuk menempatkan kepentingan terbaik klien mereka di atas kepentingan mereka sendiri.

Orang yang membuat keputusan keuangan, hukum, atau medis atas nama Anda biasanya memiliki kewajiban fidusia. Ini biasa terjadi dalam situasi di mana seseorang tidak mampu atau tidak dapat mengurus diri sendiri.

Kewajiban fidusia mensyaratkan agar pemegang fidusia menghindari segala benturan kepentingan. Mereka harus bertindak dengan kejujuran, integritas, loyalitas, dan dengan itikad baik untuk melayani kepentingan terbaik penerima manfaat.

Keuangan merupakan aspek bisnis yang harus dikelola dengan tepat dan penuh kehati-hatian. Untuk itu, Anda memerlukan software akuntansi terbaik dari Kledo yang memiliki lebih dari 30 fitur akuntansi dan keuangan.

Dengan menggunakan Kledo, Anda bisa melakukan banyak pekerjaan cukup dari satu platform saja. Mulai dari pembuatan laporan keuangan, mengelola arus kas, menjaga stok persediaan, dan beragam fitur lainnya bisa Anda selesaikan cukup menggunakan Kledo saja.

Mulai dari 140 ribu saja, Anda sudah bisa menikmati paket terlengkap dari Kledo. Anda juga bisa menggunakan Kledo gratis selama 14 hari melalui link ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

4 × three =