14 Tips Instagram Ads Untuk Kesuksesan Pemasaran Produk

instagram ads

Jika Anda menjadikan Instagram ads sebagai salah satu saluran pemasaran dalam bisnis, Anda membutuhkan praktik terbaik dalam Instagram ads yang dapat berkembang selaras dengan audiens dan benar-benar tetap efektif dalam meningkatkan kinerja kampanye Anda, hingga hari ini.

Instagram saat ini adalah salah satu platform media sosial paling populer, dengan lebih dari satu miliar pengguna di aplikasi yang sangat visual ini. Jika Anda ingin sukses dalam pemasaran digital, Anda perlu mempelajari praktik terbaik Instagram ads teratas.

Pada artikel kali ini kami akan membahas 14 tips dalam mengelola Instagram ads untuk kesuksesan pemasaran produk atau merek Anda.

Pentingnya Instagram Ads untuk Bisnis Anda

instagram ads

Ada lebih banyak hal di platform media sosial ini daripada yang Anda bayawngkan.

Sebagai digital marketer atau pemilik bisnis, sangat penting untuk mengintegrasikan platform visual ini ke dalam strategi Anda.

Berikut adalah beberapa alasan mengapa Instagram ads menambah nilai lebih pada bisnis online Anda.

Terintegrasi dengan pelacakan kinerja Facebook

Fakta menarik: Instagram ads terintegrasi dengan Facebook Ads Manager. Jadi, Anda dapat memanfaatkan audiens di kedua platform melalui alat periklanan ini.

Tools pada Facebook ads seperti alat kustomisasi, pemformatan, dan penargetan juga siap membantu Anda melalui Instagram ads.

Mengubah postingan Instagram yang ada menjadi iklan

Dengan menggunakan opsi Promosikan platform, Anda dapat mengubah salah satu posting Anda yang ada menjadi iklan hanya dengan satu klik.

Anda dapat memaksimalkan media dengan bijak untuk menjangkau audiens baru dan mendorong kesuksesan online.

Baca juga: Lingkungan Pemasaran: Pengertian, Karakteristik, Jenis, dan Manfaatnya

Manfaatkan konten sesaat

Semakin banyak merek yang menggunakan penempatan Instagram Story. Ini karena melalui konten sesaat Anda dengan cepat muncul di depan audiens dan memikat mereka dengan konten yang menarik tetapi singkat.

Ini menjadi alasan untuk menggunakan praktik terbaik iklan Instagram Story untuk memikat lebih banyak audiens organik dan berbayar di platform ini.

Menjangkau dan terlibat dengan audiens baru

Riset media sosial dari Rival IQ menunjukkan bahwa tingkat keterlibatan organik menurun pada sejak tahun2020.

Karena tingkat keterlibatan ini terus menurun, merek Anda harus mempertimbangkan untuk melengkapi dengan upaya berbayar. Ini akan membantu Anda menjangkau dan terlibat dengan audiens baru dengan lebih baik di tahun ini.

Mengikuti kecepatan periklanan

Keinginan dan kebutuhan pengguna online terus berubah. Penting untuk tetap menjadi yang terdepan dengan melayani kebutuhan pengguna online ini.

Dengan opsi periklanan Instagram baru seperti video carousel, fitur Story, penargetan yang ditingkatkan, dan banyak lagi, Anda dapat mengikuti kecepatan periklanan digital melalui platform media sosial yang sangat visual dan sangat populer ini.

Baca juga: Rencana Pemasaran (Marketing Plan): Manfaat, Tujuan, Jenis, Contoh, dll

14 Tips Terbaik Instagram Ads untuk Proses Pemasaran yang Sukses

Ingin mendorong kesuksesan pemasaran secara online dengan Instagram ads Anda berikutnya?

Lihat 14 tips terbaik ini dari spesialis pemasaran digital untuk memandu Anda melalui perjalanan periklanan Instagram baru yang menarik.

1. Gunakan teks dengan bijak.

Menurut panduan periklanan resmi Instagram, Anda hanya dapat menggunakan hingga 2.200 karakter untuk salinan atau keterangan iklan Anda.

Selain itu, hanya dua baris teks Anda yang akan ditampilkan sebelum dipotong.

Setiap karakter penting, jadi gunakan teks Anda dengan bijak untuk terlibat dengan audiens dan meyakinkan mereka untuk menyelesaikan konversi untuk perusahaan Anda.

2. Uji, ukur, dan optimalkan.

Seperti halnya jenis strategi pemasaran online apa pun, konversi media sosial adalah tujuan akhir.

Jadi, untuk memastikan bahwa iklan Anda benar-benar mendorong konversi tersebut, terus-menerus menguji, mengukur, dan mengoptimalkan kampanye iklan Anda.

Ad Manager dapat membantu Anda melihat apakah kampanye Anda memenuhi tujuan yang dimaksudkan.

Dengan menguji dan mengukur kampanye ini secara teratur, Anda dapat dengan mudah mengidentifikasi cara-cara untuk mengoptimalkan konten, audiens target, anggaran, dan banyak lagi.

Tingkatkan kinerja Anda dengan menggunakan alat periklanan yang ditawarkan oleh platform media sosial ini.

Baca juga: GAP Analysis Adalah: Manfaat, Jenis, Panduan, Template dan Contohnya

3. Tunjukkan merek, produk, atau layanan Anda dalam tiga detik pertama.

Perhatian pelanggan bisa sulit ditangkap, di mana pun Anda beriklan. Jadi untuk setiap posting IGTV, video Instagram, atau carousel yang Anda buat, ingatlah untuk menunjukkan merek, produk, atau layanan Anda dalam tiga detik pertama untuk dengan cepat menarik perhatian audiens Anda.

Penting untuk memberi tahu audiens Anda dengan tepat siapa Anda dan apa yang Anda iklankan segera sehingga mereka tetap bertahan untuk menyelesaikan konversi.

Jika Anda meninggalkan proposisi penjualan unik Anda menjelang akhir iklan video, audiens mungkin tidak akan terlibat dengan merek Anda sama sekali.

Tangkap perhatian audiens dengan iklan video Instagram dengan segera menunjukkan proposisi penjualan unik Anda kepada mereka.

Dengan begitu, mereka akan tetap tinggal untuk mencari tahu lebih banyak tentang perusahaan Anda secara online.

4. Buat video yang sesuai merek dan tidak terlihat seperti iklan.

Tips menarik lainnya untuk membuat iklan di Instagram ads adalah membuat iklan video yang tidak terlihat seperti iklan sama sekali.

Ini mungkin tampak berlawanan dengan tujuan Anda mempromosikan bisnis Anda, tetapi sebenarnya dapat membantu Anda menjangkau lebih banyak pemirsa organik.

Bagaimana cara kerjanya?

Ketika Anda membuat video asli yang tidak secara langsung menjual apa pun, algoritme platform lebih cenderung menayangkannya kepada audiens baru secara organik.

Dengan membuat konten sesuai merek yang tidak terlihat seperti iklan, Anda dapat menjangkau lebih banyak audiens organik yang mungkin tertarik dengan merek Anda.

5. Bangun narasi dengan iklan video Instagram.

Buat audiens Anda tetap terlibat di seluruh rangkaian iklan rahasia dengan membangun narasi dengan iklan video Instagram Anda.

Dengan memandu audiens melalui kisah yang menarik di Stories atau korsel posting Anda, Anda dapat mengarahkan mereka menuju konversi yang lebih pasti di akhir iklan Anda.

Baca juga: Saluran Distribusi: Pengertian, Jenis, Perantara, dan Tips Mengoptimalkannya

6. Tambahkan closed captions ke konten video Anda.

Semua video Anda di platform ini akan diputar otomatis dalam keadaan bisu saat pengguna menggulir.

Pastikan untuk menambahkan closed captions ke konten video Anda sehingga pengguna dapat membaca video Anda dan tidak langsung mengabaikan postingan Anda.

Penting juga untuk diingat bahwa beberapa pelanggan potensial Anda mungkin sulit mendengar.

Jadi, jaga agar konten Anda tetap dapat diakses dan inklusif hanya dengan menambahkan teks tertutup ke iklan video Instagram Anda.

Banner 1 kledo

7. Selalu uji format iklan yang berbeda.

Ada begitu banyak jenis Instagram ads yang bisa Anda jelajahi. Ini termasuk, tetapi tidak terbatas pada, format berikut:

  • Iklan story;
  • Iklan foto;
  • Iklan video;
  • Iklan collection;
  • Iklan carousel;
  • Iklan IGTV;
  • Explore ads, dan;
  • Shopping Instagram ads.

Kemungkinannya tidak terbatas dengan platform visual yang luas ini. Jika merek Anda baru mengenal aplikasi ini, Anda pasti ingin bereksperimen dengan format yang berbeda untuk menemukan praktik terbaik untuk bisnis Anda.

Temukan salah satu yang paling cocok untuk Anda, untuk memastikan keselarasan dengan tujuan dan batasan Anda untuk kampanye.

8. Fokusnya adalah pada visual.

Visual adalah kunci untuk raksasa media sosial ini, jadi Anda harus memastikan bahwa fokus Anda adalah pada aspek spesifik dari iklan Anda.

Foto, video, cerita, atau materi iklan Anda lainnya harus berbicara sendiri di tengah-tengah postingan lainnya di platform ini.

Pastikan untuk fokus pada aspek ini sehingga Anda dapat membuat visual yang menginformasikan audiens Anda dan menampilkan merek Anda dengan cara baru yang unik.

Baca juga: Usaha Ekstraktif Adalah: Manfaat, Karakteristik, dan Contohnya

9. Pastikan copy iklan Anda melengkapi gambar Anda.

Jika fokusnya ada pada visual di sini, lalu apa yang dapat Anda lakukan untuk copy atau teks salinan Anda?

Salah satu praktik terbaik Instagram ads yang dapat Anda coba adalah memastikan copy iklan Anda melengkapi tujuan gambar Anda.

Jika Anda ingin pengguna membeli produk, misalnya, pastikan copy Anda memanggil mereka langsung ke tindakan spesifik itu.

Tempatkan diri Anda pada posisi audiens Anda dan tanyakan:

  • Apa yang ingin Anda rasakan ketika Anda melihat iklan?
  • Apakah Anda ingin membeli produk hanya dengan satu klik?
  • Apakah Anda ingin mempelajari lebih lanjut tentang apa yang Anda lihat?

Dengan memastikan bahwa copy Anda melengkapi gambar, Anda dapat mengarahkan calon pelanggan untuk menjadi konversi dengan satu klik.

10 Pertahankan titik fokus yang kuat dengan elemen merek pilihan Anda.

instagram ads

Selain hanya menampilkan merek, produk, atau layanan Anda dalam tiga detik pertama iklan video, pastikan untuk fokus pada elemen merek pilihan Anda dengan konten apa pun yang Anda iklankan.

Pertahankan titik fokus yang kuat di seluruh iklan Anda di aplikasi ini. Baik itu produk, layanan, atau logo Anda, jaga agar audiens Anda tetap fokus pada nilai jual unik Anda untuk meningkatkan peluang konversi.

Baca juga: Strategi Retargeting Ads untuk Meningkatkan Pendapatan

11. Tulis keterangan yang dapat ditindaklanjuti.

Ini telah kita bahas sebelumnya, tetapi hanya untuk mendorong poin ini ke rumah: selalu tulis teks yang dapat ditindaklanjuti untuk iklan Instagram Anda.

Dengan menyertakan ajakan bertindak spesifik atau call to acton (CTA) pada posting Anda, Anda akan secara efektif melibatkan audiens dan meningkatkan konversi.

CTA biasanya mencakup teks spesifik, ringkas, dan dapat ditindaklanjuti yang dapat diikuti oleh calon pelanggan untuk memenuhi kebutuhan mereka.

Ini harus menarik perhatian audiens Anda dan mendorong mereka untuk segera mengambil tindakan. Tulis teks yang dapat ditindaklanjuti dengan menyertakan CTA yang selaras dengan tujuan kampanye iklan Anda.

12. Dapatkan inspirasi dari merek lain.

Jika Anda ingin mengikuti perkembangan pemasaran online, maka lihatlah pesaing Anda dan dapatkan inspirasi dari iklan mereka.

Dengan melakukan ini, Anda akan mengetahui apa yang diinginkan audiens bersama Anda dari bisnis Anda secara keseluruhan.

Jangan takut untuk mendapatkan inspirasi dari pesaing. Apakah mereka mengeksplorasi konten buatan pengguna untuk melibatkan pasar mereka?

Apakah mereka mempromosikan penjualan atau penurunan harga? Ikuti perkembangan pemasaran digital dengan memeriksa praktik terbaik Instagram ads mereka sendiri.

Baca juga: Coba Cara Ini untuk Memasang Iklan di Facebook, Anti Ribet!

13. Terlibat dengan audiens Anda.

Tentu saja, sumber inspirasi lain untuk kampanye Anda adalah audiens Anda.

Jangan lupa untuk terlibat dengan mereka untuk mencari tahu apa kebutuhan mereka yang terus berkembang, sehingga Anda dapat mengatasinya dalam kampanye Anda.

Anda dapat dengan mudah melibatkan audiens Anda dengan Instagram ads Anda. Dorong mereka untuk menyukai, berkomentar, menyimpan, atau bahkan mengikuti akun merek Anda melalui iklan Anda.

Lakukan tanya jawab di cerita Anda, minta mereka menjawab pertanyaan, dan banyak lagi.

Kemungkinan untuk melibatkan pelanggan potensial tidak terbatas pada platform yang sangat visual ini.

14. Menjadi lebih baik dengan setiap iklan.

Kita tidak dapat menyangkal pengaruh dan jangkauan platform ini. Dengan lebih dari satu miliar pengguna aktif tahun ini, Instagrami telah menciptakan pengalaman sosial yang menarik bagi Anda dan audiens Anda melalui jenis Iklan Instagram yang dinamis.

Optimalkan tujuan Anda dengan setiap iklan. Gunakan informasi yang Anda kumpulkan dari kampanye sebelumnya untuk mendapatkan hasil yang lebih baik dengan iklan baru.

Dengan panduan komprehensif seperti ini, Anda bisa menjadi lebih baik dengan setiap iklan dan menemukan kesuksesan luar biasa di platform yang fantastis ini.

Baca juga: Iklan Gratis yang Bisa Anda Gunakan Dalam Bisnis Secara Online

Kesimpulan

Praktik terbaik Instagram ads dapat membantu Anda memastikan kesuksesan pemasaran produk Anda secara online, baik Anda seorang pemula di dunia digital atau seorang pemilik bisnis.

Berikut adalah ringkasan singkat dari 14 tips dari panduan periklanan komprehensif ini:

Iklan Instagram menambah begitu banyak nilai pada bisnis online Anda. Jangan lewatkan peluang pemasaran yang ditawarkan platform ini kepada merek Anda.

Dalam platform ini, fokusnya adalah pada visual. Saat membuat kampanye di platform ini, fokuslah pada visual sambil melibatkan pelanggan dengan ajakan bertindak yang efektif.

Dengan begitu banyak opsi iklan Instagram yang tersedia, jangan pernah ragu untuk berpikir out of the box. Jangan ragu untuk bermain-main dengan berbagai format yang ditawarkan platform ini sehingga Anda dapat melibatkan audiens dengan cara baru, menarik, dan berfokus pada konversi.

Lalu pastikan juga Anda mencatat setiap anggaran pengeluaran dalam proses pemasaran termasuk pada Instagram ads untuk mengetahui tingkat pengembalian keuntungan dari kampanye yang Anda lakukan.

Untuk melakukan pencatatan pengeluaran dan pemasukan lebih mudah, Anda bisa mencoba menggunakan software akuntansi seperti Kledo yang mudah digunakan, memiliki fitur terlengkap, dan harga yang terjangkau.

Dengan menggunakan Kledo, Anda bisa mencatat dan memeriksa transaksi keuangan kapanpun dimanapun, membuat laporan keuangan secara instant, melakukan manajemen persediaan, memantau multi gudang dan cabang, dan masih banyak lagi.

Jadi tunggu apalagi? Anda bisa mencoba menggunakan Kledo secara gratis selama 14 hari atau selamanya melalui tautan ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

nineteen − twelve =