Jangan Sewa Akuntan Sebelum Lakukan Beberapa Hal Ini

menyewa akuntan

Bagi sebuah perusahaan, jasa seorang akuntan dibutuhkan untuk memberikan saran tentang permasalahan keuangan, penghitungan pajak, dan melakukan analisis keuangan usaha yang berujung pada perencanaan keuangan untuk periode selanjutnya.

Dikarenakan pentingnya tugas seorang akuntan bagi perusahaan dan biaya yang harus dikeluarkan untuk menyewa seorang akuntan, untuk itu perusahaan harus mempertimbangkan beberapa hal sebelum memutuskan untuk sewa seorang akuntan. Kira-kira apa saja pertimbangan tersebut?

Pentingnya Akuntan dalam Bisnis

sewa akuntan

Posisi akuntan sangat penting bagi sebuah perusahaan karena berhubungan langsung dengan pengelolaan keuangan perusahaan tersebut. Berikut manfaat akuntan bagi sebuah perusahaan:

1. Untuk Menghemat Waktu

Bagi sebuah perusahaan, waktu merupakan sesuatu yang berharga. Perusahaan ingin menggunakan waktu yang dimiliki sebaik-baiknya untuk mengembangkan perusahaan.

Sedangkan pengelolaan keuangan menjadi sesuatu yang menguras banyak waktu. Untuk itu menyewa jasa akuntan dapat menjadi solusi menghemat waktu dalam pengelolaan bisnis perusahaan.

Dengan menyewa jasa akuntan tugas-tugas dan tanggung jawab dalam pengelolaan keuangan seperti pembukuan, pencatataan penerimaan, pengembalian pajak, penetapan target keuangan, dan sebagainya.

2. Dapat Mengatasi Permasalahan Akuntansi Paling Rumit

Memang, beberapa tugas akuntan tergolong sederhana namun ada tanggung jawab yang diembankan kepadanya membuat masih banyak permasalahan akuntansi rumit lain harus tetap diselesaikan.

Akuntan juga harus memastikan tugas dapat terlaksana dengan baik. Hal ini dikarenakan adanya kesalahan dalam perhitungan keuangan dapat memberikan pengaruh buruk terhadap perusahaan.

Dengan adanya akuntan dalam perusahaan dapat mengatasi permasalahan perusahaan paling rumit sekalipun dan mencegah terjadinya kerugian, denda, ataupun pinalti bahkan menyelamatkan perusahaan dari ancaman kebangkrutan.

3. Dapat Menghemat Anggaran

Dengan menyewa akuntan, perusahaan dapat menghemat anggaran. Hal ini dikarenakan tugas akuntan memperhatikan dan mengawasi keluar masuk keuangan perusahaan dan memastikan keuangan perusahaan tetap terjaga.

Dengan adanya kegiatan-kegiatan tersebut akuntan memberi manfaat pada perusahaan untuk mengontrol keuangan agar dibelanjakan untuk hal-hal yang dibutuhkan perusahaan.

Banner 2 kledo

4. Memberikan Nasihat dan Saran Bisnis

Akuntan yang memiliki pengalaman dalam pengelolaan keuangan berbagai perusahaan dapat memberikan saran ketika sebuah perusahaan membutuhkan saran untuk mengembangkan perusahaan mereka.

Dengan begitu perusahaan dapat menangani berbagai permasalahan keuangan yang dialaminya dari nasihat dan saran yang diberikan akuntan.

5. Memiliki Kemampuan dalam Perpajakan

Mengurus pajak perusahaan bukan sesuatu yang mudah, bukan sekadar melengkapi kotak dengan data-data. Akuntan yang memiliki kemampuan dalam pengurusan pajak dapat membantu perusahaan untuk perhitungan pajak seefisien mungkin namun tetap tidak melanggar peraturan pajak yang berlaku.

Baca juga: Mengapa 7 Software Akuntansi Gratis Ini Lebih Keren Dari Yang Berbayar

Macam-Macam Akuntan

sewa akuntan publik

Setelah mengetahui apa saja manfaat sewa akuntan, berikut macam-macam akuntan yang bisa disewa oleh sebuah perusahaan:

1. Akuntan Publik

Akuntan publik merupakan akuntan yang bekerja secara personal atau independen dan biasanya akuntan publik memiliki kantor sendiri dan menawarkan jasanya kepada masyarakat umum.

Jasa-jasa yang ditawarkan oleh akuntan publik antara lain perpajakan, menyusunan sistem keuangan, konsultasi manajemen perusahaan, dan menyusun laporan keuangan perusahaan untuk tujuan pengajuan kredit.

2. Akuntan Pemerintah

Akuntan pemerintah merupakan akuntan yang bekerja di lembaga pemerintahan, seperti Badan Pemeriksaan Keuangan (BPK) dan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP). Tugas-tugas seorang akuntan pemerintah antara lain melakukan pemeriksaan dan pengawasan terhadap aliran keuangan negara dan juga melakukan perancangan sistem akuntansi untuk pemerintahan.

3. Akuntan Pendidik

Berbeda dengan profesi akuntan lainnya yang fokus melakukan praktik akuntansi, akuntan pendidikan merupakan profesi yang berfokus di dunia pendidikan.

Seorang akuntan pendidik memiliki tugas melakukan pengajaran dan menyusun kurikulum pendidikan akuntansi. Tidak hanya itu, akuntan pendidik juga diemban tugas untuk melakukan penelitian dan pengembangan ilmu akuntansi.

4. Akuntan Internal

Akuntan internal merupakan profesi akuntan yang paling sering ditemukan dalam perusahaan.

Seperti layaknya susunan organisasi pada perusahaan, akuntan internal ini juga mendidikan sebuah posisi jabatan, yaitu staf dan bagian kepala bagian akuntansi atau direktur keuangan.

Akuntan internal perusahaan memiliki tugas menyusun sistem akuntan perusahaan, menyusun laporan untuk pihak luar, menyusun anggaran hingga menangani masalah pajak.

5. Akuntan Syariah

Akuntan syariah bisa dibilang profesi yang masih baru di Indonesia dan masih jarang ditemukan di Indonesia.

Akuntan syariah biasanya dipekerjakan di perusahaan yang memegang prinsip-prinsip syariah dalam pengelolaan keuangan. Akuntan syariah ini melakukan pekerjaannya sesuai dengan Standar Akuntansi Syariah dan berpegang pada keputusan MUI.

6. Akuntan Pajak

Akuntan pajak merupakan akuntan yang memiliki fokus pada pencatatan dan pembukuan pajak. Akuntan pajak dibutuhkan oleh perusahaan untuk menghitung pajak perusahaan dan akan melaporkannya ke Direktorat Jenderal Pajak.

Tugas Akuntan

sewa akuntan perusahaan

Setelah mengetahui jenis-jenis akuntan, lalu apa saja tugas yang harus dilakukan oleh akuntan? Berikut tugas-tugas yang harus dilakukan oleh seorang akuntan:

1. Akuntansi Umum

Seorang akuntan memiliki tugas akuntansi umum yaitu mencatat transaksi keuangan, menyusun laporan manajemen, dan juga laporan keuangan umum yang terdiri dari neraca, laba-rugi, perubahan modal, dan aliran kas yang sesuai dengan siklus akuntansi.

2. Akuntansi Biaya

Tugas kedua dari akuntan adalah akuntansi biaya. Akuntansi biaya memiliki tugas untuk menganalisis biaya atau pengeluaran untuk membantu manajemen dalam pengawasan biaya.

Akuntansi biaya tidak hanya menekankan pada biaya produksi, namun termasuk di dalamnya pembayaran gaji karyawan dan biaya pemasaran yang meningkat dikarenakan persaingan yang tinggi sehingga dibutuhkan strategi pemasaran.

Baca juga: Contoh Nota Kontan Penjualan yang Baik dan Benar, Gratis!

Hal-Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Menyewa Akuntan

akuntansi

Dengan segala manfaatn dan besarnya tugas yang diemban akuntan, apakah Kawan Kledo sudah memutuskan untuk menyewa akuntan? Keputusan menyewa akuntan merupakan keputusan yang tepat, namun jangan buru-buru. Setidaknya Kawan Kledo harus memperhatikan hal-hal berikut ini sebelum memutuskan untuk menyewa seorang akuntan:

Pengalaman yang Dimiliki

Hal pertama yang harus Kawan Kledo perhatikan sebelum memutuskan menyewa seorang akuntan adalah pengalaman yang dimiliki oleh akuntan tersebut. Pengalaman merupakan keunggulan. Sebelum memutuskan menyewa seorang akuntan pastikan Kawan Kledo mengetahui apa saja pengalaman yang dimiliki oleh akuntan tersebut.

Kawan Kledo bisa mengatahuinya dengan cara mengajukan pertanyaan yang cukup kompleks. Misalnya, menguji pengalamannya dalam penanganan keuangan pada industri yang sedang berkembang, bagaimana mendapatkan keringanan pajak, dan pengalamannya menangani perusahaan di industri yang sama.

Pelayanan yang Diberikan

Sebagai perusahaan yang membutuhkan jasa seorang akuntan, Kawan Kledo membutuhkan pelayanan terbaik. Kawan Kledo dapat mengajukan pertanyaan pelayanan apa saja yang bisa diberikan oleh akuntan tersebut, misalnya apakah akuntan ini menawarkan jasa pembukuan, atau hanya persiapan pajak.

Tanyakan juga pelayanan mereka dalam penyediaan dukungan audit. Kawan Kledo juga bisa menanyakan kesanggupan akuntan melakukan pekerjaan pada saat perhitungan pajak atau sepanjang tahun. Selain itu, tanyakan juga apakah akuntan tersebut memiliki kerja sama dengan pengacara pajak jika sewaktu-waktu dibutuhkan. Semakin banyak pelayanan yang dapat diberikan, maka semakin baik bagi perusahaan.

Biaya dan Penagihan

Biaya dan penagihan merupakan hal yang sangat penting saat menyewa jasa akuntan. Kawan Kledo bisa menanyakan apakah akuntan menetapkan biaya per jam atau biaya tetap. Jika akuntan tersebut menetapkan biaya tetap, maka Kawan Kledo harus mengetahui waktu yang disediakan untuk melakukan konsultasi. Jangan lupa untuk menanyakan siklus faktur atau invoice dan tanggal pembayaran supaya perusahaan dapat mengatur anggaran yang sesuai.

Sertifikat Profesi

Seseorang yang menyebut dirinya seorang akuntan, pasti memiliki sertifkat profesi yang mendukungnya. Kawan Kledo dapat menanyakan tentang Akuntan Publik Bersertifikat yang harusnya dimiliki oleh seorang akuntan. Seorang akuntan yang berkualitas akan dengan senang hati membagikan informasi sertifikat tersebut. Tanyakan juga bagaimana cara akuntan mengikuti undang-undang pajak dan tren terbaru. Dengan memiliki sertifikat, akuntan akan lebih mudah diterima di perusahaan atau di lembaga pemerintah, sehingga dapat membantu jika ada proses audit pada perusahaan.

Teknologi

Pastikan akuntan memahami teknologi akuntansi yang digunakan oleh perusahaan sebelum memutuskan menyewa akuntan. Dengan memahami teknologi yang digunakan oleh perusahaan, akuntan dapat melakukan pekerjaannya dengan lebih cepat dan mudah, dan juga akan memberikan keringanan bagi perusahaan dalam hal waktu dan biaya. Perusahaan juga tidak perlu menjelaskan panjang lebar terkait sistem keuangannya yang akan berimbas pada biaya konsultasi dengan akuntan yang mahal.

Pedoman Profesi Akuntan

sewa akuntan

Seorang akuntan harus memperlajari dan memahami standar akuntansi yang berlaku. Selain itu, akuntan juga dituntut untuk memahami aturan baku yaitu kode etik profesi dan standar dari kegiatan pekerjaan akuntan. Kode etik profesi sendiri merupakan kaidah-kaidah yang menjadi landasan bagi eksistensi profesi dan sebagai dasar terbentuknya kepercayaan masyarakat. Kode etik akuntan di Indonesia ada dalam Ikatan Akuntan Indonesia (IAI), yang memuat beberapa prinsip akuntan yaitu sebagai berikut:

  1. Akuntan memiliki tanggung jawab profesi yaitu selalu menggunakan pertimbangan moral dan profesional dalam seluruh kegiatan yang dilakukan.
  2. Kepentingan publik, seorang akuntan memiliki kewajiban untuk bertindak dalam kerangka pelayanan kepada publik, menghormati kepecayaan publik, dan menunjukan segala komitmen atas profesionalisme yang dimiliki.
  3. Integritas, seorang akuntan dalam usahanya memelihara dan meningkatkan kepercayaan publik harus memenuhi tanggung jawab profesionalnya dengan integritas setinggi mungkin.
  4. Objektivitas, seorang akuntan harus menjaga objektivitas, bersikap netral, dan terbebas dari benturanm kepentingan dalam memuhi kewajiban profesional.
  5. Memiliki kompetisi dan kehati-hatian yang tinggi.
  6. Kerahasiaan, seorang akuntan harus menghormati kerahasiaan yang didapatkan saat melakukan jasa akuntan profesional.
  7. Standar teknis, seorang akuntan harus melaksanakan jasa profesionalnya sesuai dengan standar teknis dan juga standar profesional yang relevan.

Software Akuntansi Terbaik untuk Akuntan

Salah satu kemampuan yang harus dimiliki seorang akuntan adalah memahami teknologi yang digunakan oleh perusahaan.

Salah satu teknologi dalam bidang akuntansi adalah penggunaan software akuntansi. Software akuntansi merupakan sebuah software yang di dalamnya dilengkapi berbagai fitur akuntansi yang akan memudahkan pengelolaan keuangan.

Salah satu software terbaik yang ada di Indonesia adalah software akuntansi dari Kledo. Kledo merupakan software akuntansi yang tidak hanya dilengkapi berbagai fitur yang akan memudahkan pengelolaan keuangan, namun juga memiliki basis cloud dimana untuk menggunakannya Kawan Kledo tidak perlu melakukan download dan menginstalnya di komputer.

Kawan Kledo bisa langsung menggunakannya dengan mengaksesnya melalui https://kledo.com. Dengan basis cloud ini, pengguna tetap bisa menggunakan Kledo meski sedang bepergian di luar kota atau luar negeri, selagi masih ada koneksi internet. Gampang, bukan? Jadi, tunggu apa lagi, yuk daftar Kledo sekarang juga!

Kesimpulan

Menyewa akuntan dibutuhkan perusahaan untuk memberikan saran mengenai permasalahan keuangan dan perhitungan pajak. Posisi akuntan ini memiliki beberapa manfaat dan tugas yang sangat penting bagi keuangan perusahaan.

Karena perannya yang sangat penting, untuk itu Kawan Kledo tidak boleh asal menerima akuntan untuk perusahaan Kawan Kledo, setidaknya sebelum Kawan Kledo melakukan beberapa hal di atas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

three × 5 =