Ikuti Aturan Baku Pembuatan Surat Penolakan Lamaran Kerja Ini

surat-penolakan-lamaran-kerja

Surat penolakan lamaran pekerjaan merupakan surat yang dikeluarkan oleh perusahaan yang membuka lowongan pekerjaan kepada pihak pelamar untuk memberitahu bahwa lamaran yang diajukan ditolak oleh perusahaan. Mendapatkan surat penolakan lamaran pekerjaan tentunya tidak diinginkan oleh semua pelamar kerja, namun bagi perusahaan surat ini menjadi hal yang biasa karena dari beberapa lowongan pekerjaan yang dibuka, biasanya jumlah pendaftarnya melebihi yang dibutuhkan. Surat penolakan lamaran pekerjaan ini dibutuhkan agar pelamar kerja mendapatkan kejelasan mengenai lamaran yang diajukan. Setidaknya dengan adanya surat penolakan ini pelamar tidak akan berharap kepada pekerjaan yang dilamarnya.

Setelah mendapatkan surat penolakan lamaran kerja, pasti Kawan Kledo banyak yang bertanya-tanya apa sebenarnya alasan Kawan Kledo ditolak pekerjaannya dan apa yang harus dilakukan agar lamaran pekerjaan Kawan Kledo diterima. Buat Kawan Kledo yang ingin mengetahui hal-hal terkait penolakan lamaran kerja, bisa membacanya di sini.

Surat Penolakan Lamaran Kerja

Berikut contoh surat penolakan lamaran kerja yang biasanya diberikan oleh perusahaan kepada pelamar kerja yang ditolak:

surat

Hal-Hal yang Harus Diperhatikan dalam Surat Penolakan Lamaran Kerja

Dalam membuat dan mengirimkan surat penolakan lamaran kerja, ada beberapa hal yang harus diperhatikan oleh perusahaan. Apa saja hal-hal yang harus diperhatikan tersebut? Berikut penjelasnnya:

Subjek Surat

Sebagai pihak yang mengirimkan surat penolakan lamaran kerja, Kawan Kledo tidak perlu terang-terangan menuliskan ‘Penolakan Lamaran Kerja’ di bagian amplop atau subjek email. Selain terasa kasar, pelamar kerja akan merasa malas untuk membacanya karena sudah patah hati terlebih dahulu. Sebagai gantinya, Kawan Kledo bisa menuliskannya dengan ‘Job Application – Nama Kandidat’.

Template

Kawan Kledo cukup membuat satu surat penolakan lamaran kerja untuk semua pelamar yang ditolak atau biasa disebut dengan template. Kawan Kledo tinggal menyesuaikan nama pelamar dan posisi yang dilamar pada setiap surat.

Ucapan Terima Kasih dan Apresiasi

Pastikan pembuka dan penutup surat penolakan lamaran kerja yang Kawan Kledo berisi ucapan terima kasih dan juga apresiasi untuk pelamar kerja. Perusahan tetap harus menghargai kandidat yang telah memilih dan membuat surat lamaran pekerjaan. Terlebih buat pelamar yang telah rela meluangkan waktu untuk mengikuti sesi wawancara.

Pastikan Surat yang Dibuat Tegas dan Jelas

Kawan Kledo harus membuat surat penolakan lamaran kerja yang tegas dan jelas. Inti dari penolakan lamaran kerja ada di paragraf kedua. Pada paragraf ini perusahaan memberikan informasi bahwa posisi yang dilamar telah terisi. Perusahaan tidak perlu menjelaskan alasan pelamar tidak terpilih sebagai pegawai.

Alasan Penolakan Lamaran Kerja

penolakan lamaran kerja

Meskipun perusahaan tidak menuliskan alasan tidak menerima lamaran pekerjaan Kawan Kledo, namun Kawan Kledo pasti penasaran alasan yang membuat perusahaan menolak lamaran pekerjaan Kawan Kledo. Berikut alasan yang bisa menjadi penyebab lamaran pekerjaan Kawan Kledo ditolak oleh perusahaan:

1. Subjek Email Tidak Diisi

Kesalahan pertama yang sering dilakukan oleh pelamar pekerjaan pemula adalah mengosongkan subjke email atau menuliskan sesuatu yang tidak jelas. Kesalahan ini sering menjadi penyebab email yang Kawan Kledo kirimkan untuk melamar pekerjaan tidak dilirik oleh perusahaan. Pihak HRD perusahaan tidak mau membuang-buang waktu melihat email yang tidak ada subjeknya.

Biasanya, perusahaan menuliskan prosedur pengiriman lamaran pekerjaan saat menuliskan info lowongan pekerjaan, termasuk ketentuan penulisan subjek email. Pastikan Kawan Kledo membaca dengan teliti prosedur tersebut dan mengirimkan lamaran sesuai ketentuan yang berlaku. Namun tidak semua perusahaan menuliskan prosedur pengiriman lamaran pekerjaan, untuk hal ini Kawan Kledo tetap harus menuliskan subjek email. Kawan Kledo bisa menuliskannya dengan posisi pekerjaan yang Kawan Kledo lamar, sehingga pihak HRD akan lebih mudah untuk menyeleksinya.

2. Tidak Menuliskan Sesuatu di Badan Email

Kesalahan berikutnya yang sering dilakukan oleh pelamar kerja adalah tidak menuliskan sesuatu di badan email dan membiarkan badan email kosong. Meskipun perusahaan tidak membuat prosedur tersebut dalam info lowongan kerja, namun Kawan Kledo harus tetap tidak boleh membiarkan badan email kosong. Kawan Kledo bisa menuliskan maksud dan tujuan mengirimkan email, yaitu untuk melamar pekerjaan. Jangan lupa untuk mengenalkan diri Kawan Kledo dan juga apa keinginan Kawan Kledo untuk menjadi bagian dari perusahaan.

Selain itu, buat seprofesional mungkin email yang Kawan Kledo kirimkan. Lengkapi dengan salam pembuka dan penutup. Meskipun hal ini tampak cukup sederhana, namun bisa menjadi poin tambahan Kawan Kledo di mata perusahaan.

3. Ada Kesalahan dalam CV

Kawan Kledo harus membuat CV atau curriculum vitae dengan baik dan benar. Adanya kesalahan seperti salah pengetikan atau typo dapat mengurangi poin Kawan Kledo di mata HRD. Kesalahan ini bisa membuat HRD malas membaca CV yang Kawan Kledo kirimkan, menulis saja masih ada kesalahan, apalagi bekerja. Kawan Kledo harus menulisnya dengan baik dan memeriksanya kembali sebelum mengirimkan ke perusahaan. Pastikan Kawan Kledo menggunakan kata baku dan hindari kesalahan meskipun hanya kecil.

4. Menuliskan Informasi yang Tidak Berhubungan dengan Posisi yang Dilamar

Kesalahan selanjutnya yang jangan sampai Kawan Kledo lakukan adalah menuliskan informasi yang tidak berhubungan dengan posisi yang dilamar. Misalnya Kawan Kledo menuliskan prestasi menang lomba lari untuk melamar pekerjaan staf keuangan. Informasi tersebut tidak relevan dengan posisi yang dilamar, sehingga Kawan Kledo tidak perlu memasukannya ke dalam CV. Kawan Kledo harus memasukan informasi yang memang berkaitan dengan posisi yang dilamar, misalnya Kawan Kledo pernah mengikuti pelatihan keuangan saat melamar di bagian staf keuangan atau prestasi memenangkan lomba menulis untuk posisi pekerjaan sebagai wartawan atau penulis konten.

5. Melamar Banyak Posisi dalam Satu Perusahaan

Salah satu kesalahan yang sering dilakukan oleh fresh graduate adalah melamar banyak posisi dalam satu perusahaan. Hal ini dilakukan karena fresh graduate ingin segera mendapatkan pekerjaan dan merasa semakin banyak pekerjaan yang dilamar maka akan semakin banyak peluang diterima. Padahal sebenarnya ini sesuatu yang salah karena dengan begitu manajemen akan menganggap Kawan Kledo tidak tahu arah dan tujuan untuk bekerja. Jadi lebih baik Kawan Kledo memantapkan hati pada satu posisi dan melamar pekerjaan di sana.

6. Memiliki Kesan Buruk di Media Sosial

Sebelum melamar pekerjaan, pastikan mengecek terlebih dahulu apa saja postingan yang ada di media sosial Kawan Kledo. Ada atau tidak postingan yang aneh atau terkesan negatif di sana. Jika ada, segera hapus postingan tersebut sebelum melamar pekerjaan. Hal ini dikarenakan selain memeriksa CV dan portofolio, HRD juga akan memeriksa media sosial yang dimiliki oleh Kawan Kledo. Jika terdapat postingan yang negatif dan tidak sesuai dengan kriteria yang dicari perusahaan, maka Kawan Kledo tidak akan diterima untuk mengisi posisi tersebut. Jadi, pastikan Kawan Kledo memiliki image yang baik di media sosial ya!

Tips Melamar Pekerjaan

penolakan lamaran kerja

Setelah mengetahui alasan yang menyebabkan lamaran pekerjaan Kawan Kledo sering ditolak, pasti Kawan Kledo ingin mengetahui cara yang harus dilakukan agar cepat diterima kerja. Nah, berikut tips yang bisa Kawan Kledo lakukan agar diterima kerja dan terbebas dari status pengangguran:

1. Perluas Koneksi

Tips pertama yang perlu Kawan Kledo lakukan adalah memperluas koneksi atau kenalan Kawan Kledo di dunia kerja. Tips ini merupakan tips yang telah diketahui banyak orang dan bukan lagi sebuah rahasia. Kawan Kledo seharusnya melakukannya sebelum lulus atau saat masih kuliah atau sekolah. Memperluas koneksi membuat Kawan Kledo mendapatkan informasi lebih cepat dibandingkan yang lainnya. Bahkan tidak jarang, Kawan Kledo mendapatkan tawaran langsung untuk bekerja di sana saat ada lowongan kerja.

2. Manfaatkan Internet yang Ada

Dengan adanya internet seperti saat ini, melamar pekerjaan jauh lebih mudah. Kawan Kledo tidak perlu melamar kerja door to door dari satu perusahaan ke perusahaan lainnya. Kawan Kledo bisa mendapat informasi mengenai lowongan pekerjaan di internet dan juga bisa mengajukan lamaran melalui internet. Tapi dimana saja sebenarnya Kawan Kledo bisa mendapatkan informasi lowongan pekerjaan?

Bagi Kawan Kledo yang memiliki akun media sosial seperti Instagram, jangan hanya menggunakannya untuk upload foto atau kepo-in Instagram artis idola, tapi gunakan untuk mengikuti akun-akun lowongan pekerjaan. Ada banyak akun lowongan pekerjaan yang sering membagikan info, mulai dari @lokerjakartainfo, @lowongankerja, dan akun-akun lowongan kerja sesuai kota seperti @loker.bandung atau @infolokerjogja. Kawan Kledo bisa mengikuti semua akun-akun tersebut agar mendapatkan informasi sebanyak-banyaknya tentang lowongan pekerjaan. Selain melalui Instagram, Kawan Kledo juga bisa mencari lowongan di website khusus lowongan kerja atau bisa juga melalui OLX.

3. Hadiri Event Job Fair

Menghadiri job fair akan membuat Kawan Kledo mendapatkan banyak informasi lowongan pekerjaan. Biasanya dalam satu job fair ada puluhan bahkan ratusan pekerjaan yang ditawarkan. Bahkan banyak perusahaan yang melakukan seleksi pada acara job fair termasuk mengadakan walk in interview saat itu juga. Siapkan beberapa CV dan surat lamaran kerja saat menghadiri job fair agar Kawan Kledo bisa melamar ke beberapa pekerjaan yang Kawan Kledo kuasai.

4. Kirim CV secara Online

Selain mengirimkan lamaran pekerjaan secara langsung di perusahaan, Kawan Kledo juga bisa mengirimkan lamaran kerja secara online. Cara ini merupakan cara paling mudah karena Kawan Kledo tidak perlu mengeluarkan biaya untuk mencetak lamaran atau CV. Kawan Kledo bisa memanfaatkan koneksi internet yang ada dan juga bisa melamar di beberapa perusahaan sekaligus.

5. Tunjukan Keahlian yang Dimiliki

Menunjukan keahlian yang dimiliki akan menjadi poin plus Kawan Kledo di mata perusahaan. Pastikan keahlian tersebut relevan dengan pekerjaan yang Kawan Kledo lamar. Misalnya, Kawan Kledo melamar kerja bagian desain grafis dan Kawan Kledo memiliki kemampuan keahlian editing Photoshop atau CorelDraw. Pastikan Kawan Kledo menuliskan keahlian tersebut di CV.

Kesimpulan

Surat penolakan lamaran kerja merupakan surat yang tidak ingin diterima oleh semua pelamar kerja. Agar Kawan Kledo tidak mendapatkan surat penolakan lamaran kerja ini, Kawan Kledo harus melakukan tips-tips di atas dan hindari alasan yang sering membuat perusahaan menolakan lamaran pekerjaan Kawan Kledo. Ingin mendapatkan info lowongan pekerjaan lainnya? Kawan Kledo bisa mengunjungi Kledo Karir dan jika Kawan Kledo memenuhi semua kualifikasi yang diinginkan, yuk langsung kirimkan lamaran ke Kledo sekarang juga!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *