Mengenal Berbagai Jenis Laporan Laba Rugi dalam Bisnis

jenis laporan laba rugi

Laporan laba rugi adalah laporan keuangan penting untuk semua bisnis yang menjual barang atau menawarkan jasa. Laporan laba rugi mencakup elemen-elemen seperti pendapatan, pengeluaran, laba kotor dan kerugian. Namun ada beberapa jenis laporan laba rugi berlaku dalam bisnis

Dalam artikel ini, kita akan membahas secara mendetail beberapa jenis laporan laba rugi dan memberi tahu Anda fungsi dari berbagai jenis laporan tersebut.

Apa itu Laporan Laba Rugi?

jenis laporan laba rugi

Laporan laba rugi adalah laporan yang digunakan dalam bisnis untuk mencantumkan kinerja keuangan suatu organisasi.

Laporan laba rugi mungkin mencakup angka-angka dari bulan lalu, dari beberapa bulan terakhir, selama kuartal tertentu atau selama setahun.

Setiap bisnis akan memilih metode organisasi dan pelaporan yang paling sesuai untuk industri mereka.

Untuk mengetahui pengertian dan pembahasan mendalam apa itu laporan laba rugi, Anda bisa membacanya secara lengkap melalui artikel ini.

Mengenal Beberapa Jenis Laporan Laba Rugi

Ada beberapa jenis format laporan laba rugi yang tersedia, yang dapat digunakan untuk menyajikan informasi ini dengan cara yang berbeda. Variasi utama pada laporan laba rugi dicatat di bawah ini.

Laporan laba rugi terklasifikasi

Laporan laba rugi terklasifikasi adalah jenis laporan laba rugi yang menunjukkan pendapatan, beban, dan laba, yang di dalamnya terdapat subtotal dari berbagai klasifikasi pendapatan dan beban.

Format berbeda digunakan untuk laporan laba rugi yang lebih kompleks, agar lebih mudah dibaca oleh pengguna. Sebuah laporan laba rugi diklasifikasikan biasanya berisi tiga blok, yaitu sebagai berikut:

Bagian margin kotor

Mengurangi harga pokok penjualan dari pendapatan, untuk sampai pada margin kotor. Informasi ini berguna untuk memastikan jumlah keuntungan yang dihasilkan secara ketat dari penjualan barang dan jasa. Item baris yang biasanya disertakan dalam bagian ini adalah:

  • Pendapatan kotor
  • Dikurangi: Diskon dan potongan penjualan
  • Biaya bahan langsung
  • Biaya tenaga kerja langsung
  • Biaya overhead pabrik

Bagian biaya operasional

Meringkas biaya semua item baris biaya operasi menjadi subtotal, diikuti dengan laba atau rugi dari item baris operasi.

Informasi ini berguna untuk menentukan kemampuan bisnis untuk menghasilkan keuntungan dari kegiatan operasi intinya. Item baris yang biasanya disertakan dalam bagian ini adalah:

  • Biaya akuntansi dan hukum
  • Biaya komisi
  • Biaya kompensasi dan manfaat
  • Biaya asuransi
  • Biaya sewa
  • Biaya persediaan
  • Biaya utilitas

Baca juga: Financial Modeling: Pengertian, Manfaat, dan Contohnya pada Bisnis

Bagian biaya non-operasional

Meringkas semua biaya yang tidak terkait dengan operasi. Informasi ini menyesuaikan pendapatan operasional dengan faktor tambahan apa pun untuk mencapai laba atau rugi bersih untuk seluruh entitas.

  • Item baris yang biasanya disertakan dalam bagian ini adalah:
  • Keuntungan/kerugian penjualan aset
  • Pendapatan bunga dan beban bunga
  • Pajak
Banner 1 kledo

Laporan laba rugi komparatif

Laporan laba rugi komparatif menyajikan hasil beberapa periode akuntansi dalam kolom terpisah.

Maksud dari format ini adalah untuk memungkinkan pembaca membandingkan hasil dari beberapa periode sejarah, sehingga memberikan pandangan tentang bagaimana kinerja bisnis dari waktu ke waktu.

Format Presentasi

Format penyajian yang paling umum untuk laporan laba rugi komparatif adalah menunjukkan hasil periode akuntansi terbaru di kolom yang berbatasan langsung dengan judul baris, sedangkan hasil periode sebelumnya ditampilkan secara progresif lebih ke kanan.

Contoh format presentasi multi-bulan ini adalah Maret | Februari | Januari.

Format presentasi alternatif adalah kebalikannya, di mana hasil periode terbaru dicantumkan paling kanan.

Namun, ini adalah format yang kurang bermanfaat, karena jika banyak kolom digunakan, pembaca tidak dapat dengan mudah mengaitkan deskripsi baris di sisi paling kiri presentasi dengan hasil keuangan terbaru yang tercantum di sisi paling kanan.

Contoh format presentasi multi-bulan ini adalah Januari | Februari | Maret

Keuntungan dari Laporan Laba Rugi Komparatif

Lonjakan dan penurunan pendapatan dan pengeluaran segera terlihat ketika format ini digunakan, dan kemudian dapat diselidiki oleh manajemen.

Secara khusus, seseorang dapat menggunakan laporan tersebut untuk membedakan pola penjualan dari bulan ke bulan yang mungkin digunakan untuk meramalkan penjualan di masa mendatang.

Baca juga: Ingin Tahu Cara Menyusun Laporan Keuangan? Berikut Pembahasannya

Kekurangan dari Laporan Laba Rugi Komparatif

Hasil perbandingan ini mungkin tidak berguna jika akun telah dialihkan ke item baris yang berbeda di beberapa titik selama periode pelaporan.

Perubahan seperti itu akan menyebabkan lonjakan ke bawah pada satu item baris dan lonjakan ke atas pada item baris lainnya. Akibatnya, perubahan pelaporan seperti itu harus sejarang mungkin, atau semua mengelompok pada awal tahun fiskal.

Laporan laba rugi ringkas

jenis laporan laba rugi

Laporan laba rugi yang diringkas mengurangi banyak detail laporan laba rugi normal menjadi hanya beberapa baris.

Biasanya, ini berarti bahwa semua item baris pendapatan digabungkan menjadi satu item baris, sementara harga pokok penjualan muncul sebagai satu item baris, dan semua biaya operasional muncul di item baris lain. Format khas untuk laporan laba rugi ringkas adalah:

Pendapatan1.000,000
Biaya barang yang dijual350.000
Biaya penjualan, umum, dan administrasi580.000
Pendapatan dan pengeluaran pembiayaan20.000
Laba Bersih50.000

Pengaruh pajak penghasilan dapat dinyatakan dalam item baris terpisah.

Laporan laba rugi yang diringkas biasanya dikeluarkan untuk pihak eksternal, yang kurang tertarik pada sumber pendapatan perusahaan yang tepat atau biaya apa yang dikeluarkan, dan lebih peduli dengan kinerjanya secara keseluruhan.

Dengan demikian, bankir dan investor mungkin tertarik untuk menerima laporan laba rugi ringkas, sementara manajer perusahaan mungkin ingin melihat lebih detail.

Laporan laba rugi kontribusi

Laporan laba rugi margin kontribusi adalah jenis laporan laba rugi di mana semua biaya variabel dikurangkan dari penjualan untuk mencapai margin kontribusi.

Kemudian, semua biaya tetap dikurangkan untuk mendapatkan laba bersih atau rugi bersih untuk periode tersebut. Dengan demikian, pengaturan beban dalam laporan laba rugi sesuai dengan sifat beban.

Format laporan laba rugi ini merupakan bentuk penyajian yang baik, karena margin kontribusi dengan jelas menunjukkan jumlah yang tersedia untuk menutupi biaya tetap dan menghasilkan laba (atau rugi).

Intinya, jika tidak ada penjualan, laporan laba rugi margin kontribusi akan memiliki margin kontribusi nol, dengan biaya tetap dikelompokkan di bawah item baris margin kontribusi.

Ketika penjualan meningkat, margin kontribusi akan meningkat seiring dengan penjualan, sementara biaya tetap (kurang lebih) tetap sama.

Biaya tetap akan meningkat jika ada situasi biaya bertahap, di mana blok biaya harus dikeluarkan untuk memenuhi persyaratan peningkatan tingkat aktivitas.

Misalnya, penjualan dapat meningkat sedemikian rupa sehingga fasilitas produksi tambahan harus dibuka, yang akan menyebabkan timbulnya biaya tetap tambahan.

Baca juga: Akuntansi Perusahaan Dagang: Karakter dan Jenis Akun yang Digunakan

Perbedaan antara laporan laba rugi kontribusi dan laporan laba rugi biasa

Laporan laba rugi margin kontribusi bervariasi dari laporan laba rugi normal dalam tiga cara. Pertama, biaya produksi tetap diagregasi lebih rendah dalam laporan laba rugi, setelah margin kontribusi.

Kedua, beban penjualan dan administrasi variabel dikelompokkan dengan biaya produksi variabel, sehingga menjadi bagian dari perhitungan margin kontribusi.

Dan ketiga, margin kotor diganti dalam pernyataan dengan margin kontribusi.

Penyajian lapoan laba rugi kontribusi

Format laporan laba rugi margin kontribusi adalah sebagai berikut:

 +Penjualan
 –Biaya produksi variabel (seperti bahan, persediaan, dan overhead variabel)
 –Penjualan variabel dan biaya administrasi
 =Margin kontribusi
 –Biaya produksi tetap (termasuk sebagian besar overhead)
 –Penjualan tetap dan biaya administrasi
 =Laba bersih atau rugi

Dalam banyak kasus, tenaga kerja langsung dikategorikan sebagai beban tetap dalam format laporan laba rugi margin kontribusi, bukan sebagai beban variabel, karena biaya ini tidak selalu berubah dalam proporsi langsung dengan jumlah pendapatan yang dihasilkan.

Sebaliknya, manajemen perlu mempertahankan staf minimum tertentu di area produksi, yang tidak bervariasi untuk volume produksi yang lebih rendah.

Perbedaan utama antara margin kotor dan margin kontribusi adalah bahwa biaya produksi tetap termasuk dalam harga pokok penjualan untuk menghitung margin kotor, sedangkan mereka tidak termasuk dalam perhitungan yang sama untuk margin kontribusi.

Ini berarti bahwa laporan laba rugi margin kontribusi diurutkan berdasarkan variabilitas informasi biaya yang mendasarinya, bukan berdasarkan area fungsional atau kategori pengeluaran yang ditemukan dalam laporan laba rugi normal.

Di bawah laporan laba rugi margin kontribusi dan laporan laba rugi normal, laba atau rugi bersih akan sama, karena semua item pendapatan dan beban termasuk dalam kedua format; hanya urutan penyajiannya yang berbeda.

Sangat berguna untuk membuat laporan laba rugi dalam format margin kontribusi ketika Anda ingin menentukan proporsi pengeluaran yang benar-benar bervariasi secara langsung dengan pendapatan.

Di banyak bisnis, margin kontribusi akan jauh lebih tinggi daripada margin kotor, karena sebagian besar biaya produksinya bersifat tetap, dan sedikit dari biaya penjualan dan administrasinya bersifat variabel.

Laporan laba rugi single-step

Laporan laba rugi single step atau satu langkah menyajikan informasi dalam format yang disederhanakan.

Jenis laporan laba rugi ini menggunakan satu subtotal untuk semua item baris pendapatan dan satu subtotal untuk semua item baris pengeluaran, dengan laba atau rugi bersih muncul di bagian bawah laporan.

Format ini paling sering digunakan oleh bisnis yang memiliki operasi yang relatif sederhana, dengan sedikit item baris yang dilaporkan. Ini paling sering dilakukan oleh usaha sekelas UMKM.

Baca juga: Profit Margin: Pengertian, Jenis, Cara Hitung dan Contohnya

Format laporan laba rugi single step

Berikut ini adalah contoh format untuk laporan laba rugi satu langkah:

Pendapatan$ 1.000.000
Total pendapatan$ 1.000.000
  
Penghasilan 
Biaya barang yang dijual350,000
Iklan30,000
Depresiasi20,000
Sewa40,000
Pajak penggajian28,000
Gaji dan upah400,000
Persediaan32,000
Perjalanan dan hiburan50,000
Total Biaya$950,000
  
Laba Bersih$50.000

Kekurangan dari laporan laba rugi single step

Format satu langkah tidak banyak digunakan, karena memaksa pembaca laporan laba rugi untuk secara terpisah meringkas subset informasi dalam laporan laba rugi.

Misalnya, tidak ada perhitungan margin kotor, atau perincian biaya menurut departemen. Hal ini membuat lebih sulit bagi pengguna untuk mengekstrak informasi yang berguna dari laporan laba rugi.

Keuntungan dari Laporan Laba Rugi Multi-Langkah

Untuk format yang lebih mudah dibaca, cobalah format multi-langkah, yang merupakan format pilihan untuk organisasi yang lebih besar dan multi-departemen.

Bisnis yang lebih kecil dapat mulai melaporkan hasil keuangan mereka dengan laporan laba rugi satu langkah dan kemudian beralih ke format multi-langkah setelah operasi mereka menjadi lebih besar dan lebih kompleks.

Anda juga bisa membaca perbedaan laporan laba rugi perusahaan jasa dan perusahaan dagang pada artikel kami disini.

Kesimpulan

Itulah beberapa jenis laporan laba rugi dalam berbagai bisnis. Membuat laporan laba rugi adalah hal penting untuk mengetahui keuntungan bisnis dan kesehatan keuangan usaha Anda secara keseluruhan.

Jika Anda kesulitan dalam membuat laporan laba rugi secara manual, Anda bisa mencoba menggunakan software akuntansi seperti Kledo yang memiliki fitur otomatisasi pembuatan lebih dari 30 jenis laporan keuangan, termasuk laporan laba rugi, laporan arus kas, neraca, dan masih banyak lagi.

Jadi apalagi yang masih Anda ragukan? Buat proses pembukuan dan pembuatan laporan keuangan bisnis menjadi lebih mudah dan praktis dengan menggunakan Kledo secara gratis selama 14 hari atau selamanya melalui tautan ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

twelve + one =