Komisi Sales: Manfaat, Jenis, dan Cara Menghitungnya

komisi sales

Komisi sales merupakan salah satu cara yang digunakan oleh perusahaan untuk meningkatkan produktivitas karyawan. Melalui komisi sales, karyawan akan mendapatkan kompensasi tambahan atas usaha yang telah dia lakukan untuk mencapai target yang ditetapkan.

Ini bisa menjadi motivasi tersendiri bagi para karyawan untuk berusaha lebih keras dan mencapai target yang ditetapkan. Dengan artikel ini, Anda akan melihat lebih mendalam tentang komisi sales dan bagaimana karyawan dapat memanfaatkannya untuk meningkatkan produktivitas mereka.

Apa Itu Komisi Sales?

komisi sales

Komisi sales atau komisi penjualan adalah jenis insentif yang diberikan kepada karyawan untuk meningkatkan jumlah penjualan. Komisi ini biasanya diberikan berdasarkan persentase dari penjualan yang dibuat oleh karyawan.

Komisi penjualan dapat dihitung jika karyawan memiliki target penjualan yang telah ditentukan. Komisi ini dapat juga dihitung berdasarkan jumlah penjualan yang dilakukan oleh karyawan.

Ini memungkinkan karyawan untuk mendapatkan lebih banyak uang dengan menjual produk atau jasa tertentu. Komisi sales dapat menjadi cara yang efektif untuk meningkatkan produktivitas dan motivasi karyawan.

Dengan komisi sales, karyawan tahu bahwa mereka akan mendapatkan kompensasi yang lebih tinggi jika mereka berhasil meningkatkan penjualan.

Baca juga: Utang Jangka Pendek dan Utang Jangka Panjang: Pembahasan dan Perbedaan Utamanya

Manfaat Komisi Sales

Sistem komisi memungkinkan perusahaan untuk meningkatkan motivasi dan kinerja karyawan, sehingga meningkatkan laba bisnis secara keseluruhan.

Berikut adalah beberapa manfaat komisi penjualan bagi bisnis dan karyawan:

Manfaat komisi sales bagi bisnis

1. Meningkatkan penjualan

Komisi penjualan merupakan metode yang efektif untuk meningkatkan penjualan perusahaan. Ini membantu meningkatkan kinerja karyawan, meningkatkan motivasi dan meningkatkan kemampuan penjualan.

Hal ini akan menghasilkan penjualan yang lebih tinggi dan laba yang lebih tinggi.

2. Mengurangi biaya

Komisi penjualan juga dapat membantu mengurangi biaya yang dikeluarkan oleh perusahaan.

Karyawan yang menerima komisi penjualan hanya dibayar untuk penjualan yang berhasil dicapai, sehingga memungkinkan perusahaan untuk mengurangi biaya gaji tetap.

3. Membantu meningkatkan reputasi

Komisi penjualan juga dapat membantu meningkatkan reputasi perusahaan.

Karyawan yang mendapatkan komisi penjualan akan lebih bersemangat bekerja dan memberikan layanan yang lebih baik kepada pelanggan, yang akan membantu membangun citra positif perusahaan.

Manfaat komisi sales bagi karyawan

1. Meningkatkan motivasi

Komisi penjualan merupakan metode yang efektif untuk meningkatkan motivasi karyawan.

Karyawan akan merasa lebih bersemangat dalam bekerja karena mereka tahu bahwa mereka akan mendapatkan komisi penjualan jika mereka berhasil mencapai tujuan penjualan.

2. Memberikan penghargaan

Komisi penjualan juga memberikan penghargaan kepada karyawan yang berhasil mencapai tujuan penjualan. Ini akan membantu meningkatkan rasa percaya diri dan kepuasan kerja mereka.

3. Memberikan pendapatan tambahan

Komisi penjualan juga akan memberikan pendapatan tambahan bagi karyawan. Ini akan membantu karyawan memenuhi kebutuhan mereka dan meningkatkan pendapatan mereka.

Baca juga: 8 Aplikasi Absensi Gratis dan Fitur yang Harus Ada di Dalamnya

Jenis-Jenis Komisi Sales

Komisi penjualan dapat berupa berbagai jenis yang berbeda, tergantung pada struktur perusahaan dan strategi penjualan. Berikut adalah beberapa jenis komisi penjualan yang sering digunakan oleh perusahaan untuk meningkatkan pendapatan:

1. Komisi berdasarkan jumlah penjualan

Komisi ini berdasarkan jumlah total penjualan yang dieksekusi oleh tim penjualan. Ini menawarkan karyawan insentif untuk mencapai atau melebihi target penjualan yang ditetapkan oleh perusahaan.

2. Komisi berdasarkan jumlah unit

Komisi ini menawarkan insentif kepada tim penjualan untuk meningkatkan jumlah unit yang dijual.

Ini dapat mencakup jumlah unit total yang dijual dalam satu periode waktu atau jumlah unit yang dijual dalam berbagai kategori produk atau jasa.

3. Komisi berdasarkan penjualan langsung

Komisi ini menawarkan insentif kepada penjualan untuk meningkatkan penjualan melalui penjualan langsung. Ini dapat berupa penjualan langsung ke pelanggan atau penjualan melalui media online atau offline.

4. Komisi berdasarkan komitmen pelanggan

Komisi ini berdasarkan komitmen pelanggan yang dibuat oleh tim penjualan. Komitmen ini mencakup kesepakatan jangka panjang antara pelanggan dan perusahaan yang memungkinkan perusahaan untuk memperoleh pendapatan yang lebih tinggi dari pelanggan.

5. Komisi berdasarkan jasa tambahan

Komisi ini menawarkan insentif bagi tim penjualan untuk menawarkan jasa tambahan kepada pelanggan. Ini dapat berupa jasa konsultasi, pelatihan atau layanan perbaikan.

6. Komisi berdasarkan peringkat penjualan:

Komisi ini berdasarkan peringkat penjualan yang dicapai oleh tim penjualan. Ini menawarkan insentif bagi sales untuk mencapai atau melampaui target penjualan yang ditetapkan oleh perusahaan.

Baca juga: Hak Paten: Pembahasan Lengkap dan Cara Mendapatkannya

Skema Pembagian Komisi Sales

Ada beberapa poin yang harus diperhatikan saat membuat skala komisi penjualan:

1. Kebijakan komisi sales

Kebijakan komisi penjualan harus ditetapkan sebelum Anda mulai menawarkan komisi. Hal ini penting agar salesperson tahu bagaimana dan berapa besar komisi yang mereka dapatkan setiap kali mereka mencapai target.

Kebijakan komisi penjualan juga harus jelas mencantumkan persyaratan dan batasan yang harus dipenuhi oleh salesperson untuk memenuhi syarat untuk mendapatkan komisi.

2. Jumlah komisi sales

Komisi penjualan dapat ditentukan berdasarkan jumlah total penjualan yang dicapai oleh salesperson.

Misalnya, Anda dapat menetapkan bahwa setiap penjualan yang dibuat oleh salesperson akan mendapatkan komisi sebesar 10%. Anda juga dapat menetapkan jumlah komisi yang berbeda untuk setiap target yang dicapai oleh salesperson.

3. Tanggal pembayaran komisi sales

Saat membuat skala komisi penjualan, Anda harus menentukan tanggal pembayaran komisi. Tanggal pembayaran komisi penjualan berkaitan dengan siklus penjualan.

Jika siklus penjualan berlangsung selama satu bulan, Anda harus menentukan bahwa komisi penjualan harus dibayarkan pada akhir setiap bulan. Ini akan memberikan kepastian kepada salesperson bahwa mereka akan mendapatkan komisi penjualan mereka pada waktu yang tepat.

4. Sistem pelacakan komisi sales

Setelah Anda telah menetapkan skala komisi penjualan, sangat penting untuk memiliki sistem pelacakan yang baik.

Sistem pelacakan komisi penjualan akan membantu Anda untuk menentukan berapa banyak komisi yang harus dibayarkan kepada setiap salesperson dan waktu pembayarannya.

Sistem pelacakan komisi juga akan membantu Anda mengatur komisi penjualan dalam batas waktu yang tepat.

Baca juga: Cara Buat Jurnal Pengakuan Pendapatan dan Contoh Kasusnya

Bagaimana Cara Menghitung Komisi Sales?

Komisi penjualan merupakan salah satu bentuk pembayaran berbasis performa yang umumnya diberikan kepada tim penjualan. Komisi penjualan dapat menjadi sumber pendapatan yang signifikan, terutama bagi mereka yang memiliki target penjualan yang tinggi.

Meskipun komisi sales dapat menjadi motivasi yang kuat untuk melakukan penjualan, kesuksesan seorang sales dalam mendapatkan komisi tergantung pada bagaimana ia menghitungnya.

Berikut adalah langkah-langkah untuk menghitung komisi penjualan:

1. Tentukan jenis komisi

Pertama, Anda harus menetapkan jenis komisi yang akan diterapkan. Ini dapat berupa komisi yang diberikan berdasarkan jumlah penjualan, persentase dari penjualan, atau jumlah penjualan tertentu yang mencapai target.

2. Tentukan jumlah komisi

Pada tahap ini, Anda harus menentukan jumlah komisi yang akan diberikan untuk setiap penjualan. Jika komisi diberikan berdasarkan persentase penjualan, Anda harus menentukan berapa persen dari penjualan yang akan diberikan sebagai komisi.

3. Hitung jumlah komisi

Setelah Anda mengetahui jenis dan jumlah komisi yang akan diberikan, Anda dapat menghitung jumlah komisi yang diterima tim penjualan dengan mengalikan jumlah penjualan dengan jumlah komisi.

4. Tentukan jenis komisi khusus

Jika ada jenis komisi khusus yang diberikan untuk penjualan tertentu, Anda harus menentukan jumlah komisi yang akan diberikan untuk mencapai tujuan tersebut.

5. Hitung komisi khusus

Setelah Anda menentukan jenis dan jumlah komisi khusus, Anda dapat menghitung komisi yang diterima tim penjualan dengan mengalikan jumlah penjualan dengan jumlah komisi khusus.

6. Hitung total komisi

Total komisi yang diterima tim penjualandapat ditentukan dengan menambahkan komisi standar dan komisi khusus yang telah dihitung. Komisi penjualan dapat menjadi salah satu sumber pendapatan yang paling menarik bagi karyawan.

Baca juga: Penetapan Harga Markup, Cara Hitung, dan Bedanya dengan Markdown

Contoh Perhitungan Komisi Sales

Komisi penjualan yang diterima oleh karyawan merupakan salah satu cara untuk menghargai kinerja dan usaha yang telah dilakukan oleh seorang salesperson.

Oleh karena itu, penting bagi para pemilik bisnis untuk mengetahui cara menghitung komisi penjualan karyawan. Rumus menghitung komisi sales karyawan berbeda-beda tergantung pada jenis bisnis yang Anda jalankan.

Kebanyakan bisnis memiliki persentase komisi yang tetap untuk setiap penjualan yang dilakukan.

Misalnya, jika Anda memiliki toko retail, maka Anda mungkin memutuskan untuk memberikan komisi 5% untuk setiap penjualan yang dilakukan.

Untuk menghitung komisi sales karyawan, Anda harus mengetahui berapa total penjualan yang telah dicapai oleh karyawan Anda.

Sebagai contoh, jika Anda memiliki toko retail dan karyawan Anda telah mencapai penjualan sebesar Rp30.000.000 dalam periode tertentu, maka Anda dapat menghitung komisi penjualan karyawan dengan mengalikan Rp30.000.000 dengan persentase komisi yang telah Anda tetapkan sebelumnya, yaitu 5%.

Dengan demikian, komisi sales karyawan Anda untuk periode tersebut adalah Rp1.500.000. Ini berarti bahwa karyawan Anda akan menerima Rp1.500.000 untuk pencapaian penjualan tersebut.

Baca juga: Bagaimana Cara Membuat Roadmap untuk Bisnis?

Kesimpulan

Banner 2 kledo

Komisi sales merupakan salah satu cara untuk mendapatkan penghasilan yang menarik bagi karyawan. Dengan menggunakan sistem komisi, tim penjualan dapat mendapatkan gaji yang lebih tinggi jika mereka berhasil memenuhi target penjualan.

Dengan demikian, komisi penjualan adalah cara yang efektif untuk meningkatkan motivasi sales. Dengan memahami manfaat komisi penjualan dan mengikuti strategi yang tepat, Anda akan mampu meningkatkan keuntungan perusahaan dan menciptakan suasana produktif di antara tim Anda.

Untuk memantau penjualan, pastikan untuk melakukan pembukuan dengan menggunakan bantuan software akuntansi Kledo.

Kledo adalah salah satu software terbaik yang tersedia saat ini. Software ini memberikan fitur terlengkap dan mudah digunakan untuk membantu proses pembukuan bisnis.

Kledo juga memungkinkan Anda untuk mengelola pajak dan laporan keuangan lainnya, mengelola operasional bisnis, dan menciptakan laporan yang dapat Anda gunakan untuk mengambil keputusan yang tepat.

Kledo juga menyediakan layanan pelanggan yang responsif dan terpercaya. Dengan semua fitur ini, Kledo akan membantu bisnis Anda untuk menghemat waktu, tenaga, dan uang.

Jadi, tunggu apalagi? Yuk, gunakan Kledo gratis sekarang juga selama 14 hari melalui tautan ini.

Annisa Herawati

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

eleven + sixteen =