Marketing Channel (Saluran Pemasaran): Fungsi, Jenis, dan Contohnya

marketing channel

Sebuah bisnis paling menguntungkan ketika mengembangkan strategi pemasarannya untuk memenuhi kebutuhannya dan pasar sasarannya. Salah satu elemen terpenting dari strategi pemasaran ini adalah marketing channel (saluran pemasaran). Ini adalah jalur yang diambil barang atau jasa dari titik produksi ke pengguna akhir.

Tapi apa sebenarnya saluran pemasaran itu, apa fungsinya, dan mengapa itu penting? Yuk, cari jawabannya di artikel ini.

Memahami Pengertian Marketing Channel

Marketing channel atau saluran pemasaran adalah jalur atau rute yang diambil produk dan layanan perusahaan dari titik produksi hingga ke pengguna akhir.

Itu dibuat melalui serangkaian hubungan antara perantara, atau perantara, yang menjual produk atau layanan atas nama perusahaan.

Saluran pemasaran mencakup campuran orang, organisasi, dan aktivitas yang memungkinkan perusahaan membawa produk atau layanannya ke pasar. Seringkali, campuran ini mencakup pengecer, agen, grosir, pialang, perusahaan transportasi, dan lain-lain.

Baca juga: Rekomendasi Invoice Terbaik untuk Bisnis Anda

Jenis-Jenis Marketing Channel

marketing channel

Saluran pemasaran dapat dikategorikan menjadi saluran langsung dan tidak langsung tergantung pada struktur salurannya. Saluran tidak langsung dibagi lagi menjadi tiga jenis: saluran satu tingkat, dua tingkat, dan tiga tingkat berdasarkan jumlah perantara yang ada.

Saluran Langsung

Produser → Pelanggan

Saluran langsung atau saluran adalah saluran di mana produsen menjual langsung ke pengguna akhir tanpa melibatkan perantara. Jenis saluran ini sering digunakan oleh bisnis yang memproduksi barang yang mudah rusak, barang mahal, atau yang target pasarnya kecil dan terkonsentrasi.

Model D2C yang serba baru di mana produsen menjual langsung ke pelanggan melalui saluran bermerek online-nya sedang diikuti oleh banyak perusahaan akhir-akhir ini.

Saluran Tidak Langsung

Produser → Perantara → Pelanggan

Ketika produsen mengambil bantuan dari satu atau lebih perantara untuk mencapai pengguna akhir, itu dikenal sebagai saluran tidak langsung. Jenis saluran ini terbagi lagi menjadi:

Saluran Satu Tingkat

Produsen → Pengecer → Konsumen

Saluran satu tingkat hanya memiliki satu perantara – pengecer – antara produsen dan pengguna akhir. Dalam jenis saluran ini, produsen menjual langsung ke pengecer, yang kemudian menjual produknya ke konsumen. Saluran jenis ini sering digunakan untuk berbelanja barang-barang seperti pakaian, makanan, dan perabot rumah tangga.

Saluran Dua Tingkat

Produsen → Pedagang Besar → Pengecer → Pelanggan

Saluran dua tingkat memiliki dua perantara – grosir dan pengecer – antara produsen dan pengguna akhir. Dalam jenis saluran ini, produsen menjual ke pedagang grosir yang selanjutnya menjual ke pengecer yang kemudian menjual ke konsumen.

Peran grosir adalah untuk memecahkan sebagian besar dan mengirimkan produk ke pengecer. Peran pengecer adalah menjangkau konsumen akhir.

Barang yang dijual di saluran dua tingkat biasanya tahan lama, memiliki umur simpan yang lama, dan menargetkan audiens yang tidak terbatas pada area terbatas. Ini termasuk barang-barang seperti peralatan rumah tangga dan suku cadang mobil.

Saluran Tiga Tingkat

Produser → Agen/Broker → Grosir atau Pengecer → Pelanggan

Saluran tiga tingkat memiliki tiga perantara – agen, grosir, dan pengecer – antara produsen dan pengguna akhir. Dalam jenis saluran ini, produsen menjual ke agen yang berperan memecah massal untuk grosir atau pengecer. Agen kemudian menjual ke grosir di seluruh negara atau wilayah.

Peran grosir adalah mendistribusikan produk ke pengecer yang menjualnya ke konsumen. Agen di saluran ini sering memberikan layanan seperti kredit, pembiayaan, dan informasi pasar.

Keuntungan utama dari jenis saluran ini adalah memungkinkan produsen menjangkau lebih banyak pasar lebih cepat dan membangun hubungan dengan beberapa pengecer sekaligus.

Produk yang dijual dalam saluran tiga tingkat meliputi produk pertanian, bahan baku, dan komoditas.

9 Media Marketing Channel

Sebagai pemasar, Anda dapat menggunakan berbagai jenis saluran dan teknik. Pasarkan produk di platform media sosial, promosikan webinar melalui kampanye email, dan terima pembayaran melalui chatbots.

Di bagian ini, kami akan meninjau media marketing channel paling populer dan efektif yang akan mengubah bisnis Anda selamanya.

Pemasaran Email

Pemasaran email memungkinkan Anda untuk mengomunikasikan pesan promosi Anda kepada audiens target secara efektif. Dengan kampanye email, Anda dapat memperbarui klien tentang penjualan dan diskon, mempromosikan program rujukan dan loyalitas, dan berbagi materi pendidikan.

Pemasaran Influencer

Marketing channel ini memungkinkan Anda untuk bermitra dengan para influencer di industri terkait. Sebagai pemasar, Anda memberi influencer konten yang harus mereka bagikan untuk mempromosikan produk perusahaan Anda.

Setelah menerapkan pemasaran influencer, Anda akan menghasilkan traffic situs web yang berkualitas. Selain itu, influencer membantu meningkatkan kesadaran merek dan membawa bukti sosial ke khalayak pengikut yang luas.

Orang-orang lebih mempercayai rekomendasi dari influencer yang berwenang daripada pemasar, jadi Anda harus mempertimbangkan saluran ini.

Media Sosial

Manfaatkan saluran media sosial yang berbeda berdasarkan audiens target dan tujuan bisnis Anda. Dengan media sosial, Anda akan dapat mendukung keterlibatan, mengikuti acara merek, berbagi di balik layar, memberikan dukungan, dan menunjukkan manfaat produk.

Marketing channel ini memungkinkan Anda untuk memberi tahu pelanggan tentang produk dan melakukan penjualan langsung dengan berbagi informasi, foto, video, testimoni, dll.

SEO

Pemasaran SEO mengacu pada posisi situs web Anda dalam hasil pencarian. Untuk membuat situs web dan konten Anda terlihat oleh calon pelanggan, Anda perlu mengoptimalkan hasil mesin pencari berdasarkan prinsip-prinsip SEO.

Publikasikan konten berkualitas yang relevan, gunakan tautan, lakukan riset kata kunci, optimalkan halaman, perbaiki struktur situs, dll. Jika Anda ingin pengguna Anda menemukan situs web Anda dengan cepat, Anda perlu memahami maksud mereka, cara mereka mencari, dan masalah yang mereka inginkan menyelesaikan.

Situs Web dan Blog

Memiliki situs web sangat penting untuk setiap bisnis karena ini adalah tempat yang sempurna untuk mendidik pelanggan Anda tentang perusahaan dan produk Anda. Untuk mendekati pengunjung, Anda perlu mengembangkan strategi pemasaran konten yang tepat berdasarkan preferensi pelanggan potensial Anda.

Sebuah situs web memperkenalkan produk, mengomunikasikan keunggulannya, dan memberikan ulasan dan studi kasus. Sebuah blog akan membantu Anda mengetahui cara terbaik menggunakan produk untuk mencapai hasil terbaik.

Pemasaran Podcast

Ada baiknya mempertimbangkan podcast sebagai salah satu saluran pemasaran Anda untuk promosi produk. Dalam pemasaran podcast, pemasar membuat konten audio untuk memasarkan produk dan perusahaan mereka.

Episode percakapan dan pembawa acara yang ramah akan melakukan pekerjaan mereka dan membangun kesadaran merek dan hubungan positif dengan pelanggan Anda.

Pemasaran Video

Video adalah alat yang sempurna untuk mendidik pelanggan dan mengkomunikasikan pesan yang diperlukan. Ini menunjukkan cara menggunakan produk, menyampaikan manfaat, dan memberikan demo.

Pemasaran video adalah pilihan sempurna jika Anda ingin meningkatkan konversi, meningkatkan ROI, dan membangun interaksi yang baik dengan klien Anda.

Dengan membuat video untuk akun media sosial, situs web, dan iklan Anda, Anda dapat membangun kesadaran merek, dan kesan pertama yang positif, serta membangun hubungan yang kuat dengan audiens target Anda.

Event

Event selalu merupakan ide yang baik untuk mengadakan acara online dan offline untuk terhubung dengan target pasar Anda. Pertimbangkan untuk mengadakan acara untuk merayakan peluncuran produk baru atau menghadirkan lini produk baru.

Selain itu, Anda dapat membuat webinar untuk mendidik orang tentang topik tertentu secara online, berbagi konten berharga, dan membawa pengetahuan dan informasi baru kepada pelanggan Anda. Dengan cara ini, Anda akan memahami preferensi, kebutuhan, dan permasalahan yang dialami konsumen.

Iklan Digital

Anda dapat membuat iklan dalam berbagai format untuk platform digital seperti Instagram, YouTube, Facebook, situs web, layanan streaming, dll. Iklan tersebut membantu menjangkau audiens target secara efektif dan mempromosikan produk tertentu.

Baca juga: Pengertian Akuntansi Adalah? Berikut Pembahasan Lengkap dan Mendalam

Pentingnya Marketing Channel bagi Bisnis

Marketing channel adalah hubungan nyata antara perusahaan dan pelanggannya. Mereka adalah penggerak bisnis yang memungkinkan perusahaan mengirimkan produk atau layanan mereka kepada pelanggan akhir.

Saluran pemasaran penting untuk bisnis karena:

  • Membawa penawaran ke pasar
  • Bantu bisnis mencapai target audiens yang dituju
  • Bantu merek membangun hubungan dengan pelanggan
  • Mempromosikan dan menjual produk atau layanan atas nama produsen

Selain itu, saluran pemasaran tidak hanya penting bagi bisnis yang ingin menjangkau pelanggan dan menghasilkan pendapatan, tetapi juga bagi konsumen karena memungkinkan mereka memiliki akses ke berbagai produk atau layanan dengan cara yang nyaman dengan harga yang kompetitif.

Fungsi Marketing Channel

Saluran pemasaran memainkan peran yang sangat penting dalam keberhasilan bisnis. Beberapa fungsi utama saluran pemasaran adalah:

Logistik dan Distribusi

Saluran pemasaran memainkan peran penting dalam mengangkut produk atau layanan dari produsen ke konsumen akhir. Mereka bertanggung jawab untuk memastikan bahwa produk yang dipilih mencapai pelanggan melalui jaringan distribusi mereka dengan harga yang terjangkau dan tepat waktu.

Promosi

Saluran pemasaran juga mempromosikan produk lebih lanjut dengan memberikan pesan pemasaran dan iklan lainnya kepada audiens yang ditargetkan, yang membantu mereka membangun citra dan reputasi merek yang kuat.

Fungsi Transaksional

Saluran ini sangat penting untuk memungkinkan transfer kepemilikan produk dari produsen ke konsumen. Mereka membantu bisnis dalam penagihan, pembuatan faktur, dan pengumpulan pembayaran dari pelanggan.

Fungsi Fasilitas

Saluran pemasaran juga menawarkan layanan penting lainnya seperti penyimpanan, pengemasan, fasilitas kredit, dan layanan purna jual yang menambah nilai produk atau layanan yang ditawarkan.

Pembagian Risiko

Saluran pemasaran membantu bisnis untuk berbagi risiko dengan bergandengan tangan dengan mereka, karena mereka dapat mengurangi risiko dan kerugian mereka sendiri dengan mengurangi paparan terhadap semua jenis ketidakpastian.

Ini mengurangi keseluruhan biaya penjualan produk atau layanan karena produsen tidak menanggung seluruh kerugian itu sendiri.

Efisiensi dan Efektivitas dalam Distribusi

Dengan bekerja menggunakan saluran pemasaran, bisnis dapat memastikan bahwa produk atau layanan mereka menjangkau pelanggan yang tepat pada waktu dan tempat yang tepat. Ini membantu meningkatkan tingkat kepuasan pelanggan serta efisiensi dan efektivitas bisnis.

Baca juga: Rasio Nilai Pasar: Pengertian, Jenis, Manfaat dan Cara Hitungnya

Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pilihan Marketing Channel

marketing channel

Setiap bisnis harus hati-hati mempertimbangkan faktor-faktor yang mempengaruhi saluran pemasaran mereka untuk memastikan bahwa mereka membuat keputusan terbaik. Beberapa faktor penting tersebut antara lain:

Karakteristik Produk

Jenis produk atau jasa yang ditawarkan oleh bisnis memainkan peran penting dalam menentukan saluran mana yang paling cocok untuknya. Misalnya, sebuah merek menggunakan saluran pendek untuk produknya jika produknya:

  • Kompleks
  • Mahal
  • Mudah rusak dan busuk

Artinya, produk yang mudah rusak seperti makanan atau bunga yang perlu sampai ke pelanggan sesegera mungkin menggunakan saluran yang lebih pendek.

Demikian pula, produk kompleks seperti barang industri yang memerlukan lebih banyak penjelasan dan demonstrasi sebelum membeli, dan produk mahal seperti perhiasan di mana pelanggan membutuhkan waktu untuk berpikir dan memutuskan sebelum melakukan pembelian juga bergantung pada saluran yang lebih pendek untuk bekerja lebih baik.

Karakteristik Pasar

Pasar di mana bisnis beroperasi juga memiliki dampak besar pada pilihan saluran pemasaran. Misalnya, sebuah merek memilih saluran pemasaran yang lebih pendek jika:

  • Penawaran ini ditargetkan untuk pengguna bisnis
  • Pelanggan terkonsentrasi secara geografis
  • Pelanggan membutuhkan pengetahuan teknis yang luas
  • Servis rutin diperlukan untuk produk
  • Kuantitas pesanan besar

Demikian pula, sebuah merek menggunakan saluran pemasaran yang lebih panjang ketika menjual barang belanjaan kepada individu di pasar yang tersebar secara geografis.

Karakteristik Kompetisi

Pilihan saluran pemasaran juga dipengaruhi oleh sifat persaingan di pasar itu.

Saluran yang digunakan pesaing memainkan peran penting dalam keputusan ini. Jika sebuah merek melihat bahwa pesaingnya menggunakan saluran pemasaran yang lebih pendek, sebaiknya mereka mengikuti jalan yang sama agar tidak kehilangan pelanggan potensial.

Di pasar dengan persaingan rendah, merek mungkin memilih untuk menggunakan saluran pemasaran yang lebih panjang untuk menciptakan penawaran yang lebih berbeda bagi pelanggannya.

Karakteristik Perusahaan

Sumber daya dan tujuan keuangan perusahaan juga merupakan faktor utama yang ikut bermain saat memutuskan saluran pemasaran.

Misalnya, jika sebuah perusahaan memiliki sumber daya keuangan yang terbatas, ia mungkin tidak mampu untuk mendirikan jaringan distribusinya sendiri dan sebaliknya harus bergantung pada perantara lain untuk mencapai target pasarnya.

Demikian pula, jika tujuan perusahaan adalah untuk membangun hubungan yang kuat dengan pelanggannya, perusahaan mungkin memilih saluran pemasaran yang lebih pendek sehingga lebih banyak sentuhan pribadi dapat ditambahkan ke produk/layanan.

Contoh Marketing Channel

Setiap perusahaan yang ada menggunakan satu atau lebih saluran pemasaran untuk menjangkau pelanggan sasaran mereka. Beberapa contoh yang paling umum termasuk:

Nike

Nike adalah produsen sepatu terkenal yang menjual produknya kepada pelanggan baik melalui saluran online maupun offline.

Perusahaan menggunakan campuran saluran langsung dan tidak langsung di mana ia menjual produknya secara langsung menggunakan situs web, model waralaba, dan secara tidak langsung di pasar online dan pengecer offline menggunakan perantara.

Apple

Sebagai salah satu perusahaan teknologi paling populer di dunia, Apple menjual produknya melalui saluran online dan offline, langsung dan tidak langsung.

Perusahaan menjual produknya secara langsung menggunakan situs web dan toko fisiknya sendiri, dan secara tidak langsung melalui perantara seperti pasar online dan pengecer offline.

Pada 2018, 29% penjualan bersih Apple berasal dari saluran langsung, dan 71% berasal dari saluran tidak langsung.

Baca juga: Strategi Penetrasi Pasar: Pengertian, Manfaat, Cara Meningkatkan, dan Tahapannya

Kesimpulan

Banner 1 kledo

Marketing channel atau saluran pemasaran mempunyai peranan yang sangat penting baik bagi pebisnis maupun konsumen. Dari sisi pebisnis, saluran pemasaran dimanfaatkan sebagai alat untuk memperkenalkan produk dan layanan mereka kepada para konsumen. Yang pada akhirnya berpengaruh terhadap kelancaran penjualan dan perolehan laba bisnis.

Sementara bagi konsumen, saluran pemasaran berguna sebagai tempat mereka mendapat edukasi terkait produk dan layanan tertentu. Sehingga, mereka bisa memilih produk terbaik dengan harga kompetitif.

Bagi para pelaku bisnis, Anda memperlukan software akuntansi terbaik dari Kledo yang akan membantu Anda selama proses penjualan. Dengan menggunakan software ini, Anda bisa memperoleh laporan penjualan secara real time dan mengetahui produk apa yang paling diminati pelanggan.

Dengan informasi tersebut, Anda bisa memaksimalkan penjualan Anda. Alhasil, laba yang didapat semakin meningkat.

Selain itu, Kledo masih memiliki fitur lainnya mulai dari invoice generator, perhitungan pajak, otomatisasi laporan keuangan, manajemen stok barang, dan masih banyak lagi.

Jadi, tunggu apalagi? Yuk, tingkatkan level bisnis Anda dengan beralih menggunakan Kledo sekarang juga! Anda juga bisa mencoba Kledo gratis selama 14 hari melalui link ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

12 − three =