Ingin Mengajukan Pinjaman Usaha dengan Bunga Kecil? Yuk Coba Ini!

Keinginan seseorang untuk mengembangkan bisnis seringkali terhalang adanya modal. Hingga akhirnya bisnis hanya menjadi angan-angan semata. Padahal, saat ini banyak lho cara untuk mendapatkan modal, salah satunya adalah dengan cara mengajukan pinjaman. Aduh, pinjaman modal? Nggak berani deh, kan bunganya tinggi. Buat Kawan Kledo yang selalu berpikiran pinjaman modal memiliki bunga yang cukup tinggi, itu artinya Kawan Kledo harus membaca artikel ini karena di sini Kledo akan membahas pinjaman modal dengan bunga kecil. Penasaran? Yuk lanjut baca!

Peraturan KUR 2020

bunga pinjaman modal

Salah satu kabar baik pada tahun 2020 buat Kawan Kledo yang ingin mengajukan pinjaman modal untuk usaha adalah bunga jenis pinjaman KUR (Kredit Usaha Rakyat) mengalami penurunan dari 7% per tahun menjadi 6% per tahun. Jadi, buat Kawan Kledo yang selama ini menjadikan modal halangan bisnis, bisa menjadikan pinjaman ini salah satu solusi.

KUR atau Kredit Usaha Rakyat sudah ada sejak tahun 5 November 2007. Saat pertama kali diluncurkan, KUR ini memiliki bunga sebesar 22%. Seiring berjalannya waktu suku bunga KUR mengalami penurunan menjadi 12%, diturunkan lagi menjadi 9%, semakin menyusut menjadi 7%, dan paling baru pada tahun 2020 menjadi 6%. Berikut info lainnya mengenai penurunan suku bunga ini:

  • Suku bunga KUR turun dari 7% menjadi 6% sejak 1 Januari 2020.
  • Total menyaluran juga bertambah dari Rp50 triliun menjadi Rp190 triliun.
  • Limit pengajuan pinjaman juga ikut bertambah dari Rp25 juta menjadi Rp50 juta.
  • Jumlah penyaluran ini akan terus mengalami penambahan hingga Rp325 triliun pada tahun 2024.

Ada beberapa jenis KUR yang bisa menjadi pilihan buat Kawan Kledo yang ingin mengajukan pinjaman, yaitu:

  • KUR Mikro
  • KUR Kecil
  • KUR Ritel
  • KUR Penempatan TKI
  • KUR Khusus.

Sedangkan KUR dapat diajukan oleh:

  • UMKM atau Usaha Mikro Kecil dan Menengah
  • Calon TKI yang akan bekerja di luar negeri
  • Calon pekerja yang akan magang di luar negeri
  • Anggota keluarga yang memiliki keluarga dengan penghasilan tetap atau sedang bekerja di luar negeri
  • TKI yang dulu pernah bekerja di luar negeri
  • Pekerja yang mengalami PHK
  • UMKM yang terletak di daerah perbatasan dengan negara lain
  • Kelompok usaha.

Sedangkan sektor usaha yang dapat mengajukan pinjaman ini adalah

  • Sektor pertanian seperti tanaman pangan, hortikultura, perkebunan, dan peternakan.
  • Sektor perikanan, termasuk penangkapan dan budidaya ikan.
  • Sektor pengolahan seperti industri kreatif di bidang periklanan, fashion, film, animasi, video, dan mesin pendukung ketahanan pangan.
  • Perdagangan dan jasa.
  • Pembiayaan TKI dan calon magang di luar negeri.

Untuk lebih lengkapnya Kawan Kledo bisa baca tentang KUR dan pinjaman lainnya di sini.

Jenis Pinjaman Modal

bunga pinjaman modal

Setelah mengetahui peraturan pinjaman KUR, sebenarnya ada berapa sih jenis pinjaman yang bisa diajukan untuk mengembangkan usaha? Berikut ulasannya:

Kredit Usaha Rakyat (KUR)

Sebelumnya Kledo telah menjelaskan tentang peraturan KUR pada tahun 2020, namun sebenarnya KUR itu apa sih? KUR atau Kredit Usaha Rakyat adalah jenis pinjaman program dari pemerintah dengan bunga pinjaman lebih rendah dibandingkan dengan pinjaman jenis lainnya. Bunga pada jenis ini rendah karena memang pemerintah turut andil dalam memberikan subsidi.

Ada beberapa instansi yang bekerja sama dengan pemerintah untuk menyalurkan KUR ini yaitu Bank Mandiri, BTN, BRI, BNI, dan Bank Bukopin. Namun ternyata tidak semua orang dapat mengajukan pinjaman ini karena ada persyaratan yang harus dipenuhi yang semuanya tercantum dalam UU Nomor 20 tahun 2008 tentang pelaku usaha yang dibedakan berdasarkan kekayaan bersihnya.

Modal Ventura

Berbeda dengan KUR yang diberikan oleh pemerintah, pinjaman Modal Ventura diberikan oleh lembaga non-bank dengan perjanjian kerja sama. Pemberi Modal Ventura biasanya adalah perusahaan dengan konsep tanpa agunan. Sederhananya, Modal Ventura adalah pinjaman yang diberikan kepada bisnis Kawan Kledo dengan bentuk mirip saham. Ada 3 (tiga) jenis Modal Ventura yaitu equality financing, semi equality financing, dan bagi hasil.

Kredit Tanpa Agunan

Kredit Tanpa Agunan atau KTA merupakan pinjaman modal yang diberikan secara perorangan oleh lembaga atau bank tanpa adanya jaminan. Untuk mendapatkan pinjaman jenis ini ada beberapa syarat finansial yang harus dipenuhi seperti berusia minimal 21 tahun dan maksimal 65 tahun dan melengkapi dokumen persyaratan yang terdiri dari fotokopi KTP, NPWP, SIUP, buku tabungan, dan kartu kredit.

Kredit Usaha Mikro

Selain pinjaman modal Kredit Usaha Rakyat, ada juga jenis pinjaman lainnya yang bisa diajukan oleh pemilik usaha mikro yaitu Kredit Usaha Mikro. Sama seperti namanya, pinjaman modal jenis ini memang ditujukan bagi pemilik usaha mikro dengan pinjaman maksimal Rp50 juta. Untuk jaminan, pinjaman ini biasanya tidak meminta jaminan apapun. Namun karena tidak adanya jaminan ini pihak peminjam memiliki proses seleksi khusus sebelum Kawan Kledo bisa mencairkan pinjaman modal di sini, seperti survei dan Kawan Kledo harus memiliki rekam jejak keuangan yang dapat dipertanggung jawabkan.

Peer to Peer Landing

Buat Kawan Kledo yang ingin mengajukan pinjaman usaha tanpa ribet langsung dari smartphone yang Kawan Kledo miliki, peer to peer landing bisa menjadi jawabannya. P2P Landing merupakan pemanfaatan teknologi dalam dunia keuangan, dimana peminjamnya dapat mengajukan lewat online dan bisa cair lebih cepat. Untuk mengajukannya, persyaratannya pun tidak ribet, yaitu hanya KTP, foto selfie dengan KTP, slip gaji, dan pinjaman bisa langsung dicairkan melalui bank. Namun karena kemudahan ini Kawan Kledo harus ekstra hati-hati karena ada pinjaman online yang masih ilegal dan belum terdaftar ke OJK atau Otoritas Jasa Keuangan.

Pinjaman dari e-commarce

Banyaknya e-commarce ternyata tidak hanya menawarkan tempat untuk jual-beli namun kini sudah melebarkan sayap ke peminjaman modal. Namun pinjaman ini hanya bisa diajukan oleh Kawan Kledo yang berjualan di e-commarce tersebut dengan besaran pinjaman yang ditentukan oleh perilaku transaksi yang ada di sana. Selain e-commarce yang memberikan pinjaman, perusahaan e-money juga memberikan pinjaman layaknya P2P Landing. Namun untuk bisa mendapatkannya Kawan Kledo harus menjadi pelanggan yang aktif menggunakan e-money tersebut.

Bunga Pinjaman Modal Usaha

bunga modal

Setelah mengetahui jenis-jenis pinjaman yang dapat Kawan Kledo ajukan, berikut pinjaman modal usaha terbaik dengan bunga kecil:

KUR BRI Bunga 7% Per Tahun

KUR BRI sebagai bagian dari program pemerintah memberikan suku bunga yang cukup kecil yaitu 7% dan jenis ini bisa Kawan Kledo jadikan pilihan untuk meminjam modal. Pinjaman ini cocok buat Kawan Kledo yang sedang mengembangkan usaha kecil dan menengah atau juga buat Kawan Kledo yang masih pemula dalam dunia bisnis. Untuk lebih lanjutnya Kawan Kledo bisa membacanya di artikel Syarat KUR BRI ini.

KUR Bank Mandiri Bunga 7% Per Tahun

Sama seperti KUR BRI, KUR Mandiri juga memiliki bunga 7% per tahun dan diperuntukan bagi para pengusaha mikro. Ada 4 (empat) jenis KUR Bank Mandiri yaitu KUR Mikro, KUR Ritel, KUR Penempatan TKI, dan KUR Khusus (bagi kelompok yang dikelola bersama mitra usaha). KUR Bank Mandiri ini dapat diajukan mulai dari Rp5 juta sampai Rp200 juta dengan jangka waktu peminjaman selama 12, 24, 36, dan 48 bulan. Untuk lebih lengkapnya Kawan Kledo bisa membacanya di sini.

OVO PayLater Bunga 2,9% Per Bulan

OVO menjadi salah satu e-money di Indonesia yang mendukung pembayaran cardless. Selain bisa dijadikan e-money, OVO menawarkan pinjaman modal usaha dalam bentuk cicilan tanpa kartu kredit dengan nama OVO PayLater. Buat Kawan Kledo yang tertarik dengan pinjaman modal ini, Kawan Kledo akan mendapatkan suku bunga sebesar 2,9% per bulan dan untuk mengajukannya Kawan Kledo harus menjadi pengguna aktif e-money ini.

Kredit Mikro Mandiri Syariah Bunga 0,75%

Buat Kawan Kledo yang ingin mengajukan pinjaman tanpa adanya riba, bisa menjadikan Kredit Mikro Mandiri Syariah ini. Jenis pinjaman ini sangat cocok buat Kawan Kledo pengusaha muslim dan tidak hanya dapat dijadikan modal kerja, Kredit Mikro ini juga bisa dijadikan sebagai investasi dalam skema keuangan Islami. Kredit Mikro Bank Mandiri ini memiliki suku bunga dengan margin setara 0,75%. Untuk jumlah dan jangka waktu pinjaman ini bisa dipinjam sampai Rp200 juta dengan waktu 48 bulan untuk modal kerja dan 60 bulan untuk investasi.

Pegadaian Bunga 1,25% Per Bulan

Selain bank, pegadaian juga membuka kesempatan bagi pemilik bisnis yang ingin mengajukan pinjaman modal usaha. Beberapa produk pembiayaan yang bisa Kawan Kledo pilih dari Pegadaian adalah KRASIDA (Kredit Angsuran dengan Sistem Gadai), KREASI (Kredit Angsuran Sistem Fidusia), dan terakhir KREASI FLEKSI. Untuk bunga, Pegadaian memiliki suku bunga yang berbeda yaitu mulai dari 1,25% per bulan untuk KRADISA, dan 5,5-11,30% untuk KREASI FLEKSI.

Koinwork Bunga 0,75-1,67% Per Bulan

Buat Kawan Kledo yang telah membaca jenis pinjaman modal P2P Landing, Koinwork menjadi salah satu jenis dari pinjaman modal P2P Landing. Kawan Kledo bisa menjadikan Koinwork sebagai pilihan mengajukan pinjaman secara online. Untuk suku bunga, Koinwork memiliki suku bunga sebesar 0,75-1,67% flat per bulan dan biaya tambahan lainnya seperti:

  • Biaya untuk persetujuan kredit sebesar 2%-4%
  • Biaya untuk asuransi jiwa sebesar 0,24%
  • Biaya administrasi sebesar Rp100.000.

Akseleran Bunga 6,48-17% Per Tahun

Selain Koinwork, pinjaman modal jenis P2P Landing yang bisa menjadi pilihan lainnya adalah Akseleran. Akseleran ini sudah terdaftar di OJK (Otoritas Jasa Keuangan) dan fokus memberikan pinjaman bagi pelaku usaha baik yang berbentuk perseorangan, CV, ataupun PT. Untuk mengajukan pinjaman ini, Kawan Kledo harus mengajukannya secara online. Memiliki suku bunga sebesar 6,48-17% per tahun dan bisa dipinjam mulai dari Rp75 juta sampai Rp200 juta. Sedangkan untuk jangka waktu Akseleran memiliki masa tenor 1 bulan sampai 24 bulan.

KTA Bisnis Commbank Bunga 1,09-1,49 Per Bulan

KTA Bisnis Commbank merupakan jenis pinjaman yang bisa Kawan Kledo ajukan secara online melalui aplikasi Commbank yang bisa diunduh di PlayStore atau AppStore. Sesuai namanya, pinjaman modal jenis ini diperuntukan bagi pengusaha kecil dan menengah dari Commonwealth tanpa adanya agunan. Pinjaman jenis ini memiliki suku bunga sebesar 1,09% sampai 1,49% per bulan dan jumlah pinjaman antara Rp50 juta sampai Rp500 juta. Sedangkan untuk jangka waktu, pinjaman ini memiliki masa tenor hingga 3 tahun.

Tokopedia Pinjaman Modal Bunga 0,39% Per Bulan

Tokopedia merupakan marketplace terbesar yang ada di Indonesia sedangan merchant yang telah tergabung saat ini mencapai 7,5 juta. Telah memiliki valuasi yang mencapai triliunan rupiah, membuat Tokopedia tidak hanya menjadi tempat menjual dan membeli barang namun juga membuka peluang bagi pemilik bisnis untuk mengajukan pinjaman modal. Tokopedia Pinjaman Modal telah bekerja sama dengan 24 mitra penyedia jasa peminjaman. Tokopedia Pinjaman Modal ini memiliki suku bunga 0,39% dengan pinjaman mulai dari Rp2 juta sampai Rp500 juta. Untuk jangka waktu mulai dari 1-6 bulan sampai 1-8 tahun.

Bukalapak BukaModal Bunga 0,9% Per Tahun

Sama seperti Tokopedia, Bukalapak juga menjadi salah satu marketplace yang tidak hanya menjadi tempat jual-beli produk, namun juga memberikan kesempatan bagi penggunanya yang ingin mengajukan pinjaman modal usaha. Pinjaman ini bernama Bukalapak BukaModal yang akan memberikan pinjaman dengan modal 0,9% per tahun. Bukalapak dalam memberikan pinjaman ini bekerja sama dengan perusahaan penyedia pinjaman seperti Investree, Koinworks, Modalku, Taralite, dan Bank Mandiri. Kawan Kledo dapat mengajukan pinjaman mulai dari Rp2 juta sampai Rp2 miliar dengan jangka waktu mulai dari 3, 6, 12, 18, dan 24 bulan.

Kesimpulan

Tidak memiliki modal kini tidak bisa dijadikan alasan bagi calon pengusaha untuk memulai bisnis karena sudah banyak pihak yang menawarkan pinjaman dengan besaran bunga yang berbeda-beda. Dari sekian banyak jenis pinjaman, Kawan Kledo tertarik untuk meminjam yang mana? Selain modal, ada hal lain yang nggak kalah penting dalam bisnis yaitu pengelolaan keuangan. Dengan pengelolaan keuangan yang baik, Kawan Kledo dapat mengembangkan bisnis lebih besar lagi dan tentunya bisa mengembalikan modal yang telah dipinjam. Kawan Kledo bisa menggunakan software akuntansi dari Kledo untuk memudahkan pengelolaan keuangan. Kledo dilengkapi berbagai fitur yang akan membuat pengelolaan keuangan jadi lebih mudah. Yuk daftar Kledo sekarang!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *