4 Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Mengajukan Pinjaman Modal ke Bank Mandiri

pinjaman modal bank mandiri

Ada banyak pilihan pinjaman modal yang bisa diajukan pemilik bisnis untuk memulai bisnis ataupun mengembangkan bisnis. Kawan Kledo bisa mengajukan pinjaman modal melalui Bank BRI atau melalui Bank BRI Syariah. Selain dua bank tersebut, Kawan Kledo juga bisa mengajukan pinjaman ke Bank Mandiri. Lalu apa saja jenis pinjaman Bank Mandiri yang bisa diajukan Kawan Kledo?

Sebelum membahas jenis pinjaman yang bisa diajukan ke Bank Mandiri, berikut info lebih lanjut tentang pinjaman Bank Mandiri:

Pinjaman Modal Bank Mandiri

pinjaman bank mandiri

Bank Mandiri merupakan salah satu bank yang tergabung dalam Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang berkantor pusat di Jakarta dan menjadi bank terbesar di Indoensia dalam hal aset, pinjaman, dan deposit. Bank Mandiri didirikan pada tahun 1998 dan menjadi bagian dari program restrukturisasi perbankan yang dilaksanakan oleh pemerintah Indonesia.

Bank Mandiri menjadi salah satu bank yang menjadi bagian dari program pemerintah dalam memberikan pemodalan kepada UMKM yaitu KUR atau Kredit Usaha Rakyat. Kredit Usaha Rakyat atau KUR merupakan pembiayaan yang diberikan perbankan kepada UMKM yang feasible namun belum bankable. KUR Bank Mandiri memiliki tujuan meningkatkan dan memperluas pelayanan bank kepada UMKM produktif. Selain itu, Bank Mandiri juga memiliki tujuan meningkatkan kapasitas persaingan UMKM, mendorong pertumbuhan ekonomi,p penyerapan tenaga kerja, dan mengatasi kemiskinan.

Ada dua jenis pinjaman yang diberikan oleh Bank Mandiri, yaitu pinjaman KUR atau Kredit Usaha Rakyat dan pinjaman di luar KUR.

Kredit Usaha Rakyat Bank Mandiri terdiri dari:

  1. KUR Mikro
  2. KUR Ritel
  3. KUR Penempatan TKI
  4. KUR Khusus

Pinjaman biasa terdiri dari:

  1. KTA (Kredit Tanpa Agunan) Bank Mandiri
  2. Mandiri Serbaguna Mikro
  3. KTA Mandiri Mitra Karya
  4. Kredit Modal Kerja.

Fitur dan Manfaat KUR Bank Mandiri

pinjaman bank mandiri

Kredit Usaha Rakyat (KUR) Bank Mandiri memiliki fitur dan manfaat yaitu:

  • Proses pengajuan yang cepat dan mudah.
  • Persyaratan yang ringan.
  • Agunan berupa objek yang dibiayai.
  • Suku bunga efektif 7% per tahun.
  • Terdapat agunan tambahan untuk KUR Mikro dan KUR Penempatan TKI tidak bersyarat, sedangkan KUR Ritel dapat berupa tanah dan/atau bangunan, atau kendaraan bermotor dengan surat-surat bukti kepemilikan seperti SHM/SHGB/SHGU/BPKB.

Jenis Pinjaman Bank Mandiri

kur bank mandiri

Sebagai salah satu bank yang menjadi bagian dari KUR atau Kredit Usaha Rakyat, bank Mandiri memiliki beberapa jenis pinjaman yang menjadi bagian dari KUR dan beberapa pinjaman di luar KUR. Ada beberapa perbedaan antara pinjaman KUR dengan pinjaman non-KUR yaitu pada jumlah nominal yang bisa diajukan dan juga jumlah persentasi bunga.

Kredit Usaha Rakyat (KUR) Bank Mandiri

Kredit Usaha Rakyat atau KUR merupakan jenis pinjaman yang digagas oleh pemerintah untuk UMKM. Berikut jenis-jenis pinjaman KUR yang diberikan oleh Bank mandiri:

1. KUR Mikro dan KUR Ritel

KUR Mikro dan KUR Ritel merupakan jenis pinjaman yang diberikan oleh Bank Mandiri untuk UMKM yang memiliki usaha minimal berusia 6 bulan. Kawan Kledo bisa mengajukan pinjaman KUR Mikro maksimal sebesar Rp50 juta dengan bunga 6% per tahun. Sedangkan KUR Ritel memiliki limit pinjaman yang lebih besar dibandingkan dengan KUR Mikro yaitu Rp200 juta dengan bunga sama seperti KUR Mikro.

Syarat-syarat untuk mengajukan pinjmaan ini antara lain:

  • Calon peminjam tidak memiliki kredit kecuali kredit atau pembiayaan KUR pada penyalur yang sama, kredit kepemilikan rumah, leasing kendaraan bermotor, kartu kredit, dan resi gudang dengan pembayaran yang lancar.
  • Tidak termasuk dalam Daftar Hitam Nasional Penarikan Cek atau Bilyet Goro Kosong.
  • Usia minial 21 tahun atau sudah menikah yang dibuktikan dengan KTP atau dokumen lainnya dan maksimal berusia 60 tahun pada saat pinjaman lunas.
  • Memiliki usaha produktif yang telah berjalan minimal 6 bulan.

2. KUR Penempatan TKI

KUR Penempatan TKI merupakan Kredit Usaha Rakyat yang diberikan kepada calon Tenaga Kerja Indonesai atau TKI yang akan berangkat bekerja di luar negeri. Negara-negara tujuan bekerja yang dapat mengambil KUR ini adalah Malaysia, Singapura, Taiwan, Hong Kong, Brunei, Jepang dan Korea Selatan. Kawan Kledo dapat mengajukan pinjaman ini dengan jumlah paling banyak Rp25 juta dengan bunga 6% per tahun.

Berikut syarat yang harus dipenuhi bagi Kawan Kledo yang ingin mengajukan pinjaman jenis ini:

  • Minimal berusia 21 tahun yang dibuktikan dengan KTP.
  • Boleh berusia minimal 18 tahun namun harus dilengkapi degan surat izin suami/istri/orang tua/wali untuk bekerja di luar negeri.
  • Calon peminjam tidak memiliki pinjaman atau jika memiliki pembayarannya lancar dan tidak masuk Daftar Hitam Nasional Penarikan Cek dan/atau Bilyet Giro Kosong
  • Mempunyai perjanjian kerja dengan kontrak minimal 2 tahun dengan pengguna bagi TKI yang akan ditempatkan oleh PPTKIS, Pemerintah, atau TKI yang bekerja secara perorangan.

3. KUR Khusus

KUR Khusus merupakan Kredit Usaha Rakyat khusus yang diperuntukan bagi kelompok-kelompok yang memiliki usaha di bidang perkebunan, peternakan, dan perikanan. Kawan Kledo bisa mendapatkan pinjaman ini maksimal Rp500 juta dengan jangka waktu pengembalian maksimal selama 4 tahun untuk pembiayaan modal kerja dan maksimal 5 tahun untuk investasi.

Pinjaman Non-KUR Bank Mandiri

Selain memberikan pinjaman dengan jenis KUR, Bank Mandiri juga memiliki jenis pinjman lainnya di luar KUR. Ada beberapa perbedaan antara pinjmaan KUR dengan pinjaman lainnya, yaitu limit pinjaman yang lebih besar, bunga yang lebih besar, dan juga persyaratan-persyaratan lainnya yang berbeda. Berikut jenis-jenis pinjaman di luar KUR yang bisa Kawan Kledo ajukan untuk membuka usaha:

1. KTA (Kredit Tanpa Agunan) Bank Mandiri

Jenis pinjaman pertama yang diberikan oleh Bank Mandiri adalah KTA atau Kredit Tanpa Agunan Bank Mandiri. Seperti namanya, pinjaman jenis ini tidak memerlukan agunan atau jaminan untuk proses pengajuannya. Jenis pinjaman Kredit Tanpa Agunan ini memberikan pinjaman mulai dari Rp5 juta sampai Rp200 juta. Angka yang dirasa cukup untuk membuka suatu usaha.

Pinjaman jenis ini memiliki tenor maksimal selama 36 bulan bagi nasabah dengan payroll gajian setiap bulan tidak melalui Bank Mandiri. Sedangkan bagi nasabah dengan payroll gajian di Bank Mandiri bisa memiliki tenor smapai 60 bulan. Suku bunga jenis peinjaman ini adalah 0,99% per bulan.

Syarat-syarat untuk mengajukan pinjaman KTA adalah sebagai berikut:

  • Warga negara Indonesia atau warga negara asing dengan usia 21 tahun sampai 55 tahun.
  • Memiliki penghasilan bulanan minimal Rp2,5 juta dan berstatus sebagai karyawan tetap.
  • Bagi pemilik usaha telah menjalankan usaha minimal selama 1 tahun.
  • KTA memiliki biaya provi sebesar 3% dari total pinjaman.

2. Mandiri Serbaguna Mikro

Mandiri Serbaguna Mikro adalah salah satu jenis pinjaman Bank Mandiri yang sangat cocok untuk modal usaha. Pinjaman jenis ini memiliki limit sebesar Rp1 miliar dengan tenor selama 15 tahun dan bunga sebesar 12% per tahun.

3. KTA Mandiri Mitra Karya

KTA Mandiri Mitra Karya merupakan jenis pinjaman yang diberikan oleh Bank Mandiri bagi karyawan yang gajinya dibayarkan melalui Bank Mandiri. Untuk bisa mendapatkan pinjaman ini, setidaknya Kawan Kledo harus bekerja di tempat tersebut selama 1 tahun.

Syarat untuk mengajukan pinjaman ini adalah sebagai berikut:

  • Minimal berusia 21 thaun dan maksimal berusia 55 tahun.
  • Memiliki penghasilan minimal Rp2 juta per bulan.
  • Dokumen persyaratan yang dibutuhkan adalah fotokopi KTP, fotokopi ID Card, fotokopi NPWP, fotokopi rekening tabungan 3 bulan terakhir, dan slip gaji atau surat keterangan penghasilan.

4. Kredit Modal Kerja

Kredit modal kerja merupakan jenis pinjman yang diperuntukan bagi Kawan Kledo yang butuh pinjaman modal dalam jumlah besar. Jenis pinjaman ini memiliki limit pinjaman yang sangat besar yaitu dari Rp100 juta sampai Rp10 miliar dengan tenor paling pendek selama 1 tahun dan bisa diperpanjang. Kawab Kledo juga bisa mengajukan kredit ini dalam bentuk valuta asing.

Persyaratan mengajukan pinjaman ini sebagai berikut:

  • Dokumen pribadi seperti KTP dan KK.
  • Akte pendirian usaha.
  • Dokumen legalitas usaha seperti NPWP, SIUP, SITU, TDP, dan SKDU.

Hal yang Harus Diperhatikan Saat Mengajukan Pinjaman di Bank Mandiri

kur

Dalam mengajukan pinjaman ke bank baik di Bank Mandiri atau bank lainnya, Kawan Kledo tidak bisa asal mengajukan. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan oleh Kawan Kledo sebelum mengajukan pinjaman ke bank. Berikut hal-hal yang harus Kawan Kledo perhatikan sebelum mengajukan pinjaman ke bank:

1. Perhatikan Histori Kredit

Sebelum Kawan Kledo mendapatkan persetujuan pengajuan pinjaman dari Bank Mandiri, Bank mandiri akan melakukan BI checkin yaitu pengecekan histori atas nama seseorang. Bank Mandiri tidak akan menyetujui pengajuan pinjaman seseorang yang pernah melakukan kredit dan mengalami kemacetan dalam pembayaran. Hal ini dikarenakan Bank Mandiri tidak mau mengambil risiko nasabah yang tidak membayar cicilan pinjaman. Jadi pastikan Kawan Kledo memiliki histori kredit yang baik sebelum mengajukan pinjaman.

2. Jangan Mengambil Kredit Lain dengan Nilai yang Besar

Ketika Kawan Kledo mengajukan pinjaman ke Bank Mandiri, pastikan Kawan Kledo tidak mengambil kredit di bank lain dalam jumlah yang besar. Hal ini dilakukan agar Kawan Kledo tidak keberatan ketika harus menyicil pinjaman tersebut setiap bulan. Usaha yang sedang Kawan Kledo bangun juga harus memiliki pondasi yang kuat, setidaknya tidak terus-terusan merugi dalam beberapa bulan terakhir.

3. Jaminan

Saat mengajukan pinjaman, jaminan atau agunan dapat berupa benda fisik ataupun bangunan. Sebelum memutsukan memberikan jaminan atau agunan, pastikan jaminan tersebut memiliki nilai yang sama atau setara dengan jumlah yang dipinjam.

4. Lengkapi Berkas dan Menunggu Persetujuan

Setelah Kawan Kledo melengkapi semua persyaratan yang ada, agen akan memberitahu Kawan Kledo terkait pengajuan pinjaman Kawan Kledo. Jika pengajuan pinjaman diterima, uang akan ditransfer ke rekening Kawan Kledo. Jika tidka diterima Kawan Kledo akan mendapatkan pemberitahuan.

Pastikan Kawan Kledo mendiskusikan dengan kelompok atau keluarga sebelum mengajukan pinjaman. Pikirkan dengan matang-matang jumlah pinjaman dan masa tenor yang dipilih. Semakin besar dan semakin lama masa tenor, maka bunga akan semakin besar.

Kesimpulan

Melakukan pinjaman di bank bisa menjadi salah satu solusi bagi Kawan Kledo yang membutuhkan modal untuk membangun atau mengembangkan usaha. Ada berbagai jenis pinjaman yang bisa diajukan untuk dijadikan modal usaha, namun Kawan Kledo tidak boleh asal mengambil pinjaman usaha tanpa memikirkan risiko dan kemampuan untuk membayar. Pastikan usaha Kawan Kledo bisa memberikan keuntungan dan jaminan yang diberikan juga sesuai dengan jumlah yang dipinjman.

Setelah memulai usaha, jangan lupa untuk selalu melakukan pencatatan keuangan. Kawan Kledo bisa menggunakan software akuntansi dari Kledo. Kledo memiliki berbagai fitur yang akan memudahkan Kawan Kledo dalam pengelolaan keuangan. Yuk kunjungi Kledo sekarang dan daftar di sini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *