15 Strategi Terbaik untuk Meningkatkan Keuntungan Bisnis

meningkatkan keuntungan

Apakah Anda perlu meningkatkan keuntungan dalam bisnis Anda? Apakah Anda ingin menghasilkan aliran pendapatan yang lebih besar? Di artikel ini, kami mengajak Anda untuk membaca serangkaian tips yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan penjualan dalam bisnis Anda dan meningkatkan keuntungan.

Dalam sebuah perusahaan, sumber keuntungan adalah penjualan, oleh karena itu kuncinya ada pada strategi penjualan yang diterapkan. Jika strategi gagal atau menjadi usang, penjualan tidak berhasil dilakukan. Di bawah ini, kami merinci kiat terbaik untuk meningkatkan keuntungan bisnis Anda.

1. Menyediakan Layanan Gratis atau Fitur Tambahan

meningkatkan keuntungan

Mungkin bermanfaat untuk menambahkan layanan atau produk pelengkap untuk menarik pelanggan baru dan mempertahankan pelanggan yang sudah ada.

Misalnya, swalayan menawarkan layanan pengiriman barang belanja secara gratis. Ini membuat klien merasa lebih terhubung dengan perusahaan dan membuat mereka terlibat dengannya untuk waktu yang lebih lama.

Lihatlah ke sekeliling dan nilai apa yang ditawarkan pesaing Anda. Pasokan tambahan atau fitur tambahan selalu menjadi sesuatu yang menarik dan memikat pelanggan. Jadi, coba sertakan dalam promosi Anda.

Baca juga: 12 Kesalahan Pengelolaan Keuangan Pada Bisnis dan Cara Mengatasinya

2. Perluas ke Pasar Geografis Baru

Semakin cepat Anda mengetahui bahwa mendapatkan pijakan di area baru bermanfaat bagi bisnis Anda, hal ini akan semakin baik bagi bisnis. Sebagian besar, usaha kecil tidak berani keluar dari zona nyaman mereka, secara dan membebani diri mereka sendiri dengan pendapatan yang lebih rendah.

Sadarilah bahwa area lain mungkin belum tercakup oleh orang-orang sezaman Anda.

3. Pikirkan Tentang Penjualan Paket Produk

Terhubung dengan perusahaan yang dapat menjual produk Anda sebagai produk pelengkap untuk mereka sendiri bisa menjadi ide yang bagus. Banyak perusahaan menyadari bahwa menambahkan produk pelengkap akan berdampak kecil pada biaya penjualan dan pemasaran.

Penjualan akan meningkat dengan menambahkan tenaga penjualan tambahan dengan sedikit atau tanpa biaya.

Baca juga: 5 Penyebab Perusahaan Pailit dan Cara Menghadapinya

4. Naikkan atau Turunkan Harga Berdasarkan Respons

Menyempurnakan rencana penetapan harga Anda adalah langkah penting dalam meningkatkan keuntungan. Ini juga membantu Anda untuk mempertahankan pangsa pasar Anda.

Memperbaiki harga Anda tidak selalu berarti menurunkan harga. Jika Anda yakin bahwa pelanggan menyukai produk Anda, Anda juga dapat meningkatkan biaya untuk pada akhirnya meningkatkan pendapatan.

Upselling adalah pilihan yang dapat diterima ketika Anda telah mempelajari pasar Anda dengan baik. Atau, Anda dapat menawarkan paket berlangganan untuk meningkatkan keterlibatan dan mengurangi pengabaian keranjang.

Meskipun perubahan harga yang kecil mungkin tidak berdampak pada banyak hal, tetapi perubahan harga yang lebih besar dapat mengganggu banyak hal. Namun, ketika Anda mencoba merevisi harga Anda, perhatikan reaksi yang mungkin ditimbulkannya.

Pahami bahwa pelanggan sensitif terhadap perubahan harga. Juga, pertimbangkan arah mana yang mungkin terjadi ketika harga naik atau turun.

5. Hitung Biaya Pengiriman Anda

Buatlah promo engiriman gratis atau penanganan produk dapat mendukung penjualan Anda, sehingga meningkatkan keuntungan bisnis. Ketika Anda memutuskan untuk menaikkan harga Anda, cobalah untuk memperkenalkan aspek pengiriman gratis.

Ini bisa bekerja dengan baik untuk mengimbangi hal negatif yang dihasilkan oleh kenaikan harga dan merangsang lebih banyak penjualan.

Baca juga: Perbedaan Bahan Baku dan Bahan Penolong yang Harus Diketahui

6. Diskon dan Potongan Harga

Diskon dapat menghasilkan keajaiban dan menjadi magnet jika diterapkan dengan baik. Mereka menginspirasi konsumen untuk melakukan pembelian dengan menawarkan kesempatan membeli yang luar biasa.

Anda dapat menawarkan berbagai diskon dan bagian produk khusus seperti perlengkapan kantor, perlengkapan sekolah, atau semua produk dengan diskon yang bervariasi untuk semuanya.

Diskon bisa bersifat musiman, bersyarat, berdasarkan kuantitas. Diskon musiman adalah diskon yang Anda tawarkan untuk waktu yang terbatas, sedangkan diskon bersyarat adalah diskon yang diberikan pada produk rekondisi. Misalnya, diskon berbasis kuantitas seperti Buy One Get One.

7. Rabat

Rabat adalah diskon yang dikeluarkan setelah produk dibeli, dengan persentase dari harga tunai. Meskipun rabat populer dalam penjualan di sektor tertentu, rabat harus ditangani dengan baik.

Penanganan yang buruk atau penukaran yang tidak tepat dapat menyebabkan pengalaman pelanggan yang buruk dan mengakibatkan daftar keluhan yang panjang.

8. Gunakan Kupon sebagai Cara Pemasaran

Kupon elektronik atau voucher elektronik telah menurunkan biaya distribusi, dan juga telah diterima secara luas oleh perusahaan sebagai sarana untuk mempromosikan dan mempublikasikan bisnis mereka. Situs web ini mengundang dan menyambut produk yang mereka tawarkan dengan diskon.

Perusahaan juga berpartisipasi dalam kesepakatan ini karena membantu mereka mendapatkan eksposur yang memadai karena penggemar hebat yang mengikuti situs web semacam itu yang menawarkan penawaran harian. Identifikasi perusahaan yang menawarkan kupon untuk produk Anda dan hubungi mereka.

Baca juga: 10 Masalah Keuangan dalam Bisnis, Penyebab dan Solusinya

9. Motivasi Tim Penjualan Anda

Untuk memotivasi kembali staf penjualan, berikan stimulus paket kompensasi Anda. Gunakan sistem pemberian komisi bertingkat, yang berarti bahwa semakin tinggi penjualan staf Anda, maka bonus yang diberikan juga semakin besar.

Untuk meningkatkan motivasi, lihat pembalik keseimbangan insentif dari terbesar ke terkecil dengan mengalokasikan lebih banyak komisi ke volume penjualan yang lebih tinggi.

Anda juga dapat mengadakan lomba untuk tim penjualan Anda dengan memberikan hadiah uang tunai kepada staf penjualan terbaik atau bahkan perjalanan mewah. Memotivasi tim sangat membantu dalam meningkatkan penjualan Anda yang juga berpengaruh terhadap keuntungan bisnis.

10. Ubah Media Promosi Penjualan Anda

meningkatkan keuntungan

Media promosi penjualan Anda bisa menjadi peralatan yang fantastis untuk dilakukan melalui upaya penjualan Anda dan menyederhanakan pekerjaan untuk seluruh tim penjualan Anda.

Media promosi termasuk lembar produk Anda, brosur, katalog, presentasi, dan yang paling penting, situs web Anda. Jangan biarkan hal itu menyesatkan atau memberikan detail yang tidak akurat kepada pelanggan Anda. Ini secara signifikan dapat membahayakan basis pelanggan Anda dan dapat mengurangi penjualan Anda.

Pastikan situs web Anda beserta semua media promosi lainnya memuat informasi mutakhir dan hanya mencerminkan informasi yang benar tentang perusahaan, produk, dan layanan Anda. Juga, pastikan Anda mengunggah materi yang menarik dan hidup karena itu bisa menjadi poin besar untuk menarik lebih banyak pelanggan.

11. Berkomunikasi Secara Teratur dengan Klien dan Pelanggan Lama

Kami sudah mengakui bahwa membuat pelanggan baru adalah hal yang lebih sulit untuk dipecahkan daripada menjual ke pelanggan yang sudah ada. Jadi, kembalilah dan hubungi pelanggan dan klien yang sebelumnya telah membeli dari Anda.

Pembelian sebelumnya mungkin memerlukan dukungan atau perbaikan sekarang. Perluas layanan Anda dan buat mereka merasa bahwa mereka adalah bagian penting dari bisnis Anda. Kontak melalui email, panggilan, pesan, cara mana pun yang paling nyaman bagi mereka dan yang menurut Anda paling mungkin menjadi metode responsif.

Bangun strategi komunikasi yang efektif untuk memperbaruinya dengan penawaran dan layanan terbaru Anda. Selain itu, biasakan untuk selalu berhubungan dengan semua pelanggan Anda untuk melihat perbedaannya dengan kinerja penjualan Anda secara keseluruhan.

12. Buat Metode Pembayaran Baru

Memperkenalkan sistem pembayaran yang menurut klien lebih praktis dan nyaman dapat membantu Anda meningkatkan penjualan. Periksa metode pembayaran pesaing Anda dan pilih sumber daya infrastruktur yang relevan yang diperlukan untuk menerapkan modifikasi baru.

Kartu kredit, misalnya, telah banyak diterima di seluruh dunia sebagai metode pembayaran yang efisien. Atau, Anda dapat memiliki aplikasi pertukaran uang atau pilihan pembayaran mudah terenkripsi.

Baca juga: 11 Tanda Bisnis Rugi dan Cara Mengatasinya

13. Pastikan Mempekerjakan Tenaga Penjualan Terbaik

Ini mungkin bisa menjadi salah satu alasan utama mengapa penjualan Anda akan meroket. Gabungkan penilaian pra-pekerjaan diam-diam yang menyaring kumpulan bakat terbaik yang dapat Anda miliki.

Saat menyiapkan kuesioner penilaian, perhatikan kualitas yang Anda inginkan dari kandidat dan yang menurut Anda penting untuk peran mereka.

14. Menawarkan Program Paylater

Menawarkan opsi paylater, seperti program kredit toko atau paket cicilan, dapat meningkatkan penjualan. Pelanggan lebih memilih opsi pembayaran cicilan karena mereka mewakili pembayaran bulanan yang lebih kecil daripada satu jumlah yang besar.

15. Membangun Reputasi sebagai Penyedia Layanan berkualitas tinggi

Pertimbangkan untuk membangun citra profesional untuk keunggulan merek Anda atau keahlian tim Anda di lapangan. Pertimbangkan untuk memanfaatkan sponsor independen dari selebgram, tokoh terkenal, dan influencer untuk memasarkan nama merek Anda.

Ini dapat membantu Anda menjangkau klien baru. Mode efektif seperti podcast atau posting blog yang bermanfaat dapat membantu Anda membangun reputasi yang tak tertandingi untuk menawarkan layanan substansial dan produk berkualitas di industri ini.

Baca juga: Hal-Hal yang Harus Diperhatikan Pebisnis Saat Musim Pajak

Kesimpulan

Banner 2 kledo

Meningkatkan keuntungan sangat penting untuk bisnis apa pun. Kami berharap, ketika Anda menerapkan 15 strategi ini, Anda akan mencapai hasil yang diinginkan.

Meskipun semua petunjuk ini pada akhirnya diberikan untuk membantu Anda meningkatkan pendapatan, ingatlah bahwa setiap bisnis memiliki persyaratan yang berbeda dan dikelilingi oleh berbagai jenis skenario. Lakukan analisis apa yang paling membantu Anda dan terlihat paling menjanjikan.

Selain itu, jangan lupa untuk membuat strategi pengelolaan keuangan bisnis. Menggunakan software akuntansi dari Kledo bisa Anda jadikan sebagai solusi untuk mempermudah pengelolaan finansial bisnis Anda.

Dengan Kledo, Anda bisa mengerjakan berbagai hal mulai dari pembuatan faktur otomatis, mengelola arus kas, manajemen inventaris, otomatisasi laporan keuangan, dan masih banyak yang lainnya. Jadi, tunggu apalagi? Anda bisa menggunakan Kledo gratis selama 14 hari melalui link ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

eleven + fourteen =