Pentingnya Peran Perencana Keuangan bagi Bisnis

peran perencanaan keuangan

Seorang perencana keuangan memandu Anda dalam memenuhi kebutuhan keuangan bisnis saat ini dan tujuan jangka panjang. Mereka biasanya akan menilai situasi keuangan bisnis Anda, memahami apa yang Anda ingin uang Anda lakukan untuk Anda baik sekarang maupun di masa depan dan membantu membuat rencana untuk mencapai tujuan tersebut.

Perencana finansial dapat membantu Anda mengurangi pengeluaran, melunasi utang, serta menabung dan berinvestasi untuk masa depan. Artikel ini akan menguraikan apa saja peran dan pentingnya seorang perencana keuangan bagi bisnis.

Apa Itu Perencanaan Keuangan?

Perencanaan keuangan harus menjadi inti dari setiap keputusan yang Anda buat, baik dalam bisnis maupun keuangan pribadi. Untuk memahami apa yang dilakukan seorang perencana keuangan, akan sangat membantu untuk menentukan tujuan seperti apa yang sesuai dengan rencana keuangan.

Seorang perencana keuangan dapat membantu Anda dengan:

  • Memilih asuransi yang tepat untuk melindungi rumah dan bisnis Anda
  • Diversifikasi portofolio investasi Anda
  • Memilih strategi investasi yang paling berharga
  • Menetapkan tujuan keuangan jangka pendek dan jangka panjang
  • Merencanakan pensiun
  • Merencanakan dan mengkonsolidasikan dana pensiun Anda
  • Mengelola hipotek Anda

Baca juga: Laporan Pajak Tahunan: Pembahasan Lengkap dan Panduannya

Pentingnya Perencanaan Keuangan

Perencanaan keuangan adalah pendekatan yang sangat bertahap, selangkah demi selangkah, dan berulang untuk memenuhi tujuan hidup seseorang. Tidak ada jawaban pasti dalam perencanaan keuangan dan penasihat yang bekerja paling baik di bawah serangkaian asumsi dan kondisi tertentu.

Rencana keuangan yang dirancang dan dijalankan oleh perencana keuangan akan bertindak sebagai panduan saat Anda menjalani perjalanan hidup.

Pada dasarnya, rencana keuangan akan membantu Anda untuk lebih mengontrol pendapatan, pengeluaran, dan investasi Anda sehingga Anda dapat mengelola uang Anda dengan cara terbaik untuk mencapai tujuan Anda.

Perencanaan keuangan menjadi penting. Ide terbaik Anda mungkin akan sia-sia jika tidak didukung oleh rencana yang dapat ditindaklanjuti dengan alat manajemen risiko yang diperlukan. Di situlah keahlian dan integritas profesional perencana keuangan berguna.

Baca juga: Tips Akuntansi Bisnis Kecantikan yang Harus Diperhatikan

Peran Perencana Keuangan bagi Bisnis

peran perencanaan keuangan

Perencana keuangan tidak hanya harus memiliki pengetahuan mendalam tentang strategi investasi dan keuangan, mereka juga harus menyediakan layanan pelanggan yang ahli.

Ketika Anda bertemu dengan seorang perencana finansial untuk pertama kalinya, bagian dari peran mereka adalah mengajukan pertanyaan yang tepat untuk benar-benar memahami kebutuhan Anda. Untuk tujuan ini, Anda dapat mengharapkan untuk duduk untuk konsultasi mendalam.

Seorang perencana keuangan akan mengajukan pertanyaan kepada Anda tentang:

  • Tujuan bisnis Anda
  • Situasi keuangan Anda saat ini
  • Polis asuransi apa pun yang mungkin Anda miliki
  • Pengeluaran masa depan yang Anda rencanakan untuk dibiayai
  • Gaya hidup dan tujuan keluarga untuk pensiun

Dengan mengajukan pertanyaan-pertanyaan ini, perencana finansial memahami apa yang diinginkan klien mereka dan memilih solusi investasi terbaik.

Mereka dapat memberi Anda strategi investasi, cara untuk mendiversifikasi portofolio Anda, dan cara terbaik untuk menyusun bisnis Anda. Mereka juga akan menawarkan saran tentang mengelola arus kas Anda dan melindungi penghasilan Anda.

Beberapa perencana finansial memiliki sertifikasi spesialis di bidang-bidang seperti investasi atau manajemen pajak. Yang lain ditempatkan dengan baik untuk menawarkan saran umum.

Apa Jenis Perencanaan Keuangan?

Setelah melihat peran seorang perencana keuangan dan pentingnya perencanaan keuangan, mari kita lihat berbagai jenis perencanaan keuangan.

  1. Perencanaan arus kas membantu Anda untuk mengkristalkan bagaimana arus kas masuk dan arus keluar akan menciptakan peluang untuk menabung dan bagaimana anggaran perlu dikelola
  2. Manajemen investasi atau perencanaan investasi adalah keputusan alokasi aset yang penting. Berapa banyak ketidakadilan, berapa banyak hutang, berapa banyak emas, dll.
  3. Perencanaan hutang adalah tentang mengurangi hutang biaya tinggi dan mengkonsolidasikan beberapa unit hutang untuk kesederhanaan.
  4. Anda mengakhiri dengan perencanaan Pajak karena Anda tidak ingin membayar sebagian besar pengembalian target Anda sebagai pajak. Rencanakan arus keluar, investasi, dan penarikan Anda sesuai dengan itu.

Baca juga: Transformasi Digital bagi UMKM dan Tips Melakukannya

Jenis-Jenis Perencana Keuangan

Penting untuk dicatat bahwa perencana keuangan itu sendiri adalah istilah umum yang tidak diatur. Siapa pun dapat menyebut diri mereka seorang perencana keuangan dan menawarkan layanan perencanaan keuangan.

Beberapa mungkin berspesialisasi dalam aspek perencanaan tertentu, seperti pensiun atau manajemen pajak, sementara yang lain mengambil pendekatan yang lebih holistik. Beberapa bahkan mungkin tidak memiliki kepentingan terbaik Anda dan sebaiknya dihindari.

Perencana Keuangan Fidusia

Seorang perencana fidusia diharuskan untuk bertindak demi kepentingan terbaik klien mereka. Istilah kewajiban fidusia berarti bahwa seorang perencana terikat untuk menempatkan kepentingan keuangan klien mereka di atas kepentingan mereka sendiri.

Dalam istilah praktis, perencana fidusia harus menawarkan klien mereka solusi terbaik pada titik harga terendah, tidak peduli berapa biaya atau komisi yang diperoleh perencana—dari klien atau sumber lain.

Beberapa perencana finansial hanya berpegang pada standar kesesuaian. Di bawah standar kesesuaian, rekomendasi perencana keuangan atau penasihat harus memenuhi kebutuhan Anda, tetapi mereka diizinkan untuk merekomendasikan produk atau layanan yang membebankan biaya lebih tinggi kepada Anda atau memberi mereka komisi lebih tinggi daripada produk serupa.

Saat memilih perencana finansial, kebijakan terbaik adalah selalu memilih fidusia sehingga Anda tahu produk dan layanan yang mereka rekomendasikan adalah yang terbaik untuk Anda, bukan mereka.

Perencana Keuangan Bersertifikat

Perencana keuangan bersertifikat adalah kredensial industri dengan persyaratan pendidikan dan etika yang ketat yang sepenuhnya mempersiapkan penasihat untuk menyediakan layanan perencanaan keuangan yang komprehensif.

Karena pelatihan menyeluruh dan standar fidusia mereka, perencana keuangan bersetifikat adalah andalan komunitas perencanaan keuangan dan di mana banyak klien memilih untuk memulai perjalanan perencanaan keuangan mereka.

Penasihat Investasi

Penasihat investasi adalah individu atau perusahaan yang membantu klien dengan membeli dan menjual sekuritas dan dapat memberikan nasihat keuangan. Ada dua jenis utama, terutama dibedakan oleh apakah mereka mematuhi standar kesesuaian atau standar fidusia:

Perwakilan Terdaftar

Perwakilan terdaftar membeli dan menjual sekuritas atas nama klien mereka dan biasanya dilisensikan melalui perusahaan pialang yang mempekerjakan mereka.

Dengan banyak perwakilan terdaftar, Anda membuat keputusan, dan perwakilan hanya melaksanakannya. Namun, beberapa mengiklankan diri mereka sebagai penasihat keuangan atau perencana.

Jika Anda memilih untuk bekerja dengan perwakilan terdaftar yang memberikan nasihat keuangan, ingatlah bahwa mereka hanya berpegang pada standar kesesuaian, yang dapat memengaruhi produk dan layanan yang mereka rekomendasikan kepada Anda.

Perwakilan Penasihat Investasi

Perwakilan Penasihat Investasi dipekerjakan oleh perusahaan yang disebut Penasihat Investasi Terdaftar yang merupakan perusahaan yang memberikan nasihat keuangan dan layanan perencanaan.

Tidak seperti perwakilan terdaftar, perwakilan ini dipegang dengan standar fidusia. Banyak yang mungkin memiliki kredensial tambahan, seperti penasihat keuangan bersertifikat untuk meningkatkan kemampuan perencanaan keuangan mereka.

Manajer Kekayaan

Dalam praktiknya, manajer kekayaan adalah perencana finansial untuk individu dengan kekayaan bersih tinggi. Karena klien yang bekerja dengan mereka, mereka biasanya berspesialisasi dalam aspek perencanaan keuangan yang lebih umum mempengaruhi orang kaya, seperti perencanaan perumahan, perencanaan hukum, dan manajemen risiko untuk melestarikan aset.

Seperti istilah perencana keuangan, manajer kekayaan tidak diatur, artinya siapa pun, terlepas dari kredensialnya, dapat menyebut diri mereka sebagai manajer kekayaan. Ini berarti hanya beberapa manajer kekayaan, tetapi tidak semua adalah fidusia.

Perbedaan antara Perencana Keuangan dan Penasihat Keuangan

perencanaan keuangan

Jika Anda mencari nasihat keuangan, Anda mungkin akan melihat penasihat keuangan dan perencana keuangan terdaftar.

Perencana finansial adalah jenis penasihat khusus yang berfokus pada pencapaian tujuan jangka panjang. Anda akan menemukan perencana keuangan sewaan yang memenuhi syarat untuk membantu dalam analisis dan konsultasi, serta perencana keuangan bersertifikat yang dapat membantu perpajakan.

Akibatnya, perencana finansial mungkin berasal dari berbagai latar belakang asalkan mereka memenuhi persyaratan profesional yang kami sebutkan di atas.

Sebaliknya, penasihat keuangan dapat mencakup semua profesional yang membantu pengelolaan uang. Ini adalah kelompok yang lebih luas yang mencakup pialang saham, pengelola uang, dan agen real estat serta perencana finansial.

Baca juga: 16 Konsep Dasar Keuangan yang Wajib Diketahui Pelaku Bisnis

Kesimpulan

Banner 2 kledo

Perencana keuangan dapat membantu Anda menetapkan dan mencapai tujuan dengan rencana praktis. Langkah pertama adalah membuat janji dengan firma perencanaan keuangan untuk melihat jenis saran apa yang dapat mereka berikan untuk Anda.

Selanjutnya, seorang perencana finansial akan menyiapkan strategi yang dipersonalisasi untuk diikuti, membantu Anda mengelola uang Anda dari waktu ke waktu.

Keuangan memang menjadi aspek yang sangat penting bagi bisnis. Pasalnya, kemajuan bisnis sangat tergantung dari seberapa lancar arus kas Anda. Jika arus kas lancar, maka perusahaan bisa menjalankan berbagai kegiatan operasionalnya untuk mengembangkan bisnis.

Sebaliknya apabila arus kas bisnis tidak lancar, perusahaan akan kekurangan dana dan terjebak dalam hutang besar. Pelacakan dan pembukuan keuangan merupakan cara terbaik untuk mengelola finansial bisnis Anda.

Apabila proses pelacakan dan pembukuan bisnis Anda rumit dan memakan banyak waktu, cobalah untuk menggunakan software akuntansi dari Kledo. Disini, Anda bisa mengerjakan banyak pekerjaan hanya dengan satu platfrom mulai dari mengelola arus kas, pengelolaan inventaris, pembuatan faktur, otomatisasi laporan keuangan, dan masih banyak lagi.

Mulai dari 140 ribu saja, Anda sudah bisa menikmati layanan terlengkap dari Kledo. Anda juga bisa mencoba Kledo gratis selama 14 hari melalui link ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

sixteen − 11 =