Interpersonal Skill: Pengertian dan Cara Meningkatkannya

interpersonal skill

Komunikasi adalah bagian penting dari sebagian besar industri, terutama di mana Anda bekerja dengan tim atau anggota masyarakat. Dikenal sebagai keterampilan interpersonal atau interpersonal skill, kemampuan untuk melakukannya dengan sukses dapat membantu Anda mendapatkan pekerjaan atau berhasil dalam pekerjaan yang Anda miliki.

Mengembangkan interpersonal skill yang baik bahkan dapat membantu mendukung kepuasan karir Anda. Dalam artikel ini, kami menjelaskan pentingnya interpersonal skill di tempat kerja dan memberikan langkah-langkah yang dapat Anda gunakan untuk mengasah kemampuan Anda sendiri, untuk membantu Anda sukses dalam karir Anda.

Apa itu Interpersonal Skill?

interpersonal skill

Keterampilan interpersonal atau interpersonal skill adalah sifat yang Anda andalkan saat berinteraksi dan berkomunikasi dengan orang lain. Mereka mencakup berbagai skenario di mana komunikasi dan kerja sama sangat penting.

Keterampilan ini melibatkan kemampuan untuk berkomunikasi dan membangun hubungan dengan orang lain. Sering disebut people skill, mereka cenderung menggabungkan sifat kepribadian bawaan Anda dan bagaimana Anda telah belajar untuk menangani situasi sosial tertentu.

Keterampilan interpersonal yang efektif dapat membantu Anda selama proses wawancara kerja dan dapat berdampak positif pada kemajuan karir Anda.

Mengapa interpersonal skill itu penting?

Keterampilan interpersonal yang kuat dapat membantu Anda selama proses wawancara kerja karena pewawancara mencari pelamar yang dapat bekerja dengan baik dengan orang lain.

Mereka juga akan membantu Anda sukses di hampir semua pekerjaan dengan membantu Anda memahami orang lain dan menyesuaikan pendekatan Anda untuk bekerja sama secara efektif.

Misalnya, sementara seorang programer perangkat lunak mungkin menghabiskan sebagian besar waktunya mengerjakan kode secara mandiri, dia mungkin perlu berkolaborasi dengan pemrogram lain untuk secara efektif membawa produk ke pasar.

Ini sangat banyak terjadi di dunia kerja, karena semakin banyak perusahaan yang menerapkan kerangka kerja yang agile dan kolaboratif untuk menyelesaikan pekerjaan.

Pengusaha akan mencari pekerja yang dapat melakukan tugas teknis dengan sangat baik dan berkomunikasi dengan baik dengan rekan kerja.

Baca juga: Cara Membuat CV Paling Mudah dan Cepat, Gratis!

Contoh Interpersonal Skill

Tidak seperti keterampilan teknis atau “hard skill“, keterampilan interpersonal adalah soft skill yang mudah ditransfer ke berbagai industri dan posisi.

Pengusaha menghargai keterampilan interpersonal karena mereka berkontribusi pada lingkungan kerja yang positif dan membantu mempertahankan alur kerja yang efisien.

Berikut adalah daftar keterampilan interpersonal bagi Anda untuk mengidentifikasi keterampilan interpersonal yang mungkin Anda miliki yang berharga bagi pemberi kerja:

Mendengarkan secara aktif

Mendengarkan secara aktif berarti mendengarkan orang lain dengan tujuan mengumpulkan informasi dan terlibat dengan pembicara.

Pendengar aktif menghindari perilaku yang mengganggu saat berbicara dengan orang lain. Ini bisa berarti menyingkirkan atau menutup laptop atau perangkat seluler saat mendengarkan, dan bertanya serta menjawab pertanyaan saat diminta.

Baca juga: Contoh Surat Lamaran Kerja Terbaik, Dijamin Lolos HRD!

Dapat diandalkan

Orang yang dapat diandalkan dapat diandalkan dalam situasi apa pun. Ini dapat mencakup apa saja mulai dari tepat waktu hingga menepati janji.

Pengusaha sangat menghargai pekerja yang dapat diandalkan dan mempercayai mereka dengan tugas dan tugas penting.

Empati

Kecerdasan emosional seorang pekerja adalah seberapa baik mereka memahami kebutuhan dan perasaan orang lain.

Pengusaha dapat mempekerjakan karyawan yang berempati atau berbelas kasih untuk menciptakan tempat kerja yang positif dan berfungsi tinggi.

Kepemimpinan

Kepemimpinan adalah keterampilan interpersonal yang penting yang melibatkan pengambilan keputusan yang efektif.

Pemimpin yang efektif menggabungkan banyak keterampilan interpersonal lainnya, seperti empati dan kesabaran, untuk membuat keputusan.

Keterampilan kepemimpinan dapat digunakan oleh manajer dan kontributor individu. Dalam peran apa pun, pemberi kerja menghargai orang-orang yang mengambil kepemilikan untuk mencapai tujuan bersama.

Kerja sama tim

Kemampuan untuk bekerja sama sebagai sebuah tim sangat berharga di setiap tempat kerja.

Kerja tim melibatkan banyak keterampilan interpersonal lainnya seperti komunikasi, mendengarkan secara aktif, fleksibilitas dan tanggung jawab. Mereka yang merupakan pemain tim yang baik sering diberi tugas penting di tempat kerja dan dapat dilihat sebagai kandidat yang baik untuk promosi.

Banner 2 kledo

Baca juga: Ingin Jadi Content Writer? Cek Keuntungannya Di Sini

Bagaimana Cara Meningkatkan Interpersonal Skill?

interpersonal skill

Jika Anda ingin meningkatkan keterampilan interpersonal Anda sendiri, berikut adalah beberapa langkah yang dapat Anda gunakan:

1. Tetapkan tujuan Anda

Menetapkan tujuan yang bermakna adalah langkah pertama yang penting untuk meningkatkan keterampilan interpersonal Anda. Pertimbangkan kekuatan Anda dan khususnya elemen interaksi apa yang ingin Anda kembangkan.

Misalnya, Anda mungkin memperhatikan bahwa Anda mahir dalam memulai percakapan dengan orang baru tetapi Anda merasa sulit untuk menindaklanjutinya.

Coba gunakan kerangka tujuan SMART, artinya Anda mengembangkan tujuan yang specific, measurable, attainable, relevant dan time-based atau spesifik, terukur, dapat dicapai, relevan, dan berbasis waktu.

2. Amati interaksi yang berhasil

Cobalah untuk mengamati orang lain yang berhasil berinteraksi dengan anggota tim, supervisor dan pelanggan atau klien. Perhatikan secara spesifik apa yang membuat interaksi tersebut begitu sukses.

Misalnya, Anda mungkin memperhatikan nada, bahasa tubuh, atau pilihan kata mereka dalam situasi tertentu. Pertimbangkan untuk berbagi tujuan Anda dengan anggota tim dan mengajukan pertanyaan untuk memperjelas pilihan mereka dalam interaksi yang Anda amati.

Baca juga: Lakukan Cara Ini Agar Menjadi Karyawan Tetap Perusahaan

3. Temukan cara untuk berlatih

Selanjutnya, lakukan brainstorming cara untuk melatih keterampilan dan kemampuan Anda sendiri. Anda mungkin mencari seorang mentor untuk mengembangkan keterampilan interpersonal Anda, misalnya, dan meminta orang itu untuk terlibat dalam latihan seperti skenario permainan peran.

Jika Anda menemukan seorang mentor, Anda mungkin juga meminta mereka untuk memberikan umpan balik tentang keterampilan interpersonal Anda.

Anda mungkin juga mempertimbangkan untuk menghadiri sesi pelatihan formal yang berfokus pada keterampilan interpersonal.

Pertimbangkan untuk bertanya kepada atasan Anda apakah mereka memberikan peluang untuk pengembangan semacam ini, atau gunakan jaringan profesional Anda atau organisasi yang relevan untuk menemukan kursus yang Anda cari secara mandiri.

4. Mintalah umpan balik

Apakah Anda bekerja dengan seorang mentor atau dalam lingkungan pelatihan kelompok, cobalah meminta umpan balik tentang keterampilan interpersonal Anda jika masuk akal untuk melakukannya.

Coba ajukan pertanyaan spesifik tentang skenario dan interaksi untuk membantu Anda berkembang seefektif mungkin.

5. Renungkan dan modifikasi

Berhentilah secara berkala untuk merenungkan pertumbuhan dan perkembangan keterampilan interpersonal Anda. Pertimbangkan untuk mengatur pengingat atau menambahkan catatan di kalender Anda untuk secara sengaja melakukan evaluasi atau penilaian diri, mungkin.

Pastikan untuk memikirkan tentang keterampilan apa yang telah ditingkatkan serta hal-hal yang dapat terus Anda kerjakan. Ubah strategi Anda jika itu akan mendukung kemajuan Anda.

Anda bahkan mungkin mempertimbangkan untuk menyesuaikan tujuan Anda seiring dengan kemajuan kemampuan Anda.

6. Jaga agar interaksi tetap fokus

Cobalah untuk menjaga interaksi Anda dengan orang lain sefokus mungkin di tempat kerja, baik Anda berkomunikasi dengan kolega, supervisor, atau pelanggan dan klien.

Seringkali, ini berarti menghilangkan potensi gangguan perangkat seperti ponsel pintar dan layar lainnya. Ini mungkin juga merupakan praktik yang bermanfaat karena banyak pemberi kerja lebih memilih anggota tim menahan diri dari konsumsi media pribadi saat bekerja.

Baca juga: Bagaimana Cara Menghitung Upah Lembur Karyawan? Ini Jawabannya!

7. Manfaatkan teknologi perekaman

Terkadang, mungkin saja persepsi seseorang tentang gaya komunikasi interpersonalnya berbeda dari apa yang orang lain amati.

Coba rekam diri Anda dalam situasi komunikasi tiruan dan tinjau rekaman untuk melihat sifat atau kebiasaan apa pun yang ingin Anda lanjutkan atau ubah.

Pastikan untuk mengikuti semua aturan dan peraturan yang relevan mengenai perekaman video jika Anda ingin menyertakan orang lain dalam strategi ini.

8. Tetap positif

Pandangan positif dapat membantu meningkatkan keterampilan interpersonal Anda dengan mengatur nada yang menyenangkan untuk interaksi Anda.

Tetap positif juga bisa menjadi cara yang baik untuk mendukung mindset berkembang saat Anda berusaha meningkatkan keterampilan interpersonal Anda.

9. Berlatih kontak mata

Dalam beberapa budaya, kontak mata adalah cara penting untuk menunjukkan rasa hormat saat berinteraksi dengan orang lain. Jika sesuai dengan keadaan Anda, berlatihlah menggunakan kontak mata dengan penuh perhatian dalam komunikasi interpersonal Anda.

10. Pertahankan postur yang baik

Bahasa tubuh dapat menjadi bagian penting dari keterampilan interpersonal yang kuat. Postur tubuh yang baik, misalnya, dapat menunjukkan rasa percaya diri dan dapat dipercaya.

Cobalah untuk memperhatikan cara Anda berdiri dan memberi isyarat saat berinteraksi dengan orang lain. Pertimbangkan untuk meneliti postur yang baik dan kecenderungan bahasa tubuh.

Baca juga: Tips Sukses Interview Kerja yang Wajib Dilakukan, Apa Saja?

11. Pilih bahasa Anda dengan hati-hati

Perhatikan bahasa yang Anda pilih saat berinteraksi dengan audiens yang berbeda. Cara Anda berkomunikasi dengan supervisor, misalnya, mungkin berbeda dengan cara Anda berkomunikasi dengan seorang teman.

Pikirkan faktor-faktor seperti nada suara dan penggunaan bahasa gaul saat merenungkan penggunaan bahasa Anda sebagai keterampilan interpersonal.

12. Mengatur diri sendiri

Menjadi sadar dan bertanggung jawab atas emosi Anda sendiri bisa menjadi keterampilan interpersonal yang kuat di tempat kerja.

Tetap tenang saat membantu pelanggan yang frustrasi, misalnya, dapat membantu individu lain merasa tenang juga dan terlibat lebih produktif dalam dialog.

Coba jelajahi strategi mindfulness untuk menjadi lebih sadar akan pikiran dan perasaan Anda sendiri, jika strategi itu menarik bagi Anda.

13. Berlatih mendengarkan secara aktif

Kadang-kadang, orang akan merencanakan komentar mereka berikutnya ketika lawan bicara mereka berbicara yang mungkin menyebabkan mereka kehilangan informasi yang ingin mereka sampaikan.

Cobalah untuk berlatih mendengarkan secara aktif sebagai keterampilan interpersonal. Ini berarti berusaha memahami orang lain sebelum menanggapi pemikiran mereka dengan pikiran Anda sendiri, dan menunjukkan bahwa Anda mendengarkan dengan menggunakan isyarat visual seperti ekspresi wajah dan anggukan yang tepat waktu.

14. Ketahui nilai Anda

Memahami nilai-nilai Anda sendiri dapat menjadi bagian penting lain dari komunikasi interpersonal. Ini dapat membantu Anda tetap konsisten dalam interaksi Anda dengan orang lain, yang pada gilirannya dapat membantu meningkatkan kredibilitas dan kepercayaan Anda.

15. Negosiasi secara efektif

Memahami bagaimana menegosiasikan perbedaan antara individu dapat menjadi cara penting untuk meningkatkan keterampilan interpersonal Anda.

Anda mungkin dapat menggunakan ini secara pribadi, dan menyelesaikan potensi ketidaksepakatan dengan orang lain menggunakan bahasa yang dipilih dengan cermat.

Anda mungkin juga dapat membantu orang lain menyelesaikan konflik dengan menggunakan strategi negosiasi, dan dengan demikian menjadi lebih sadar akan kemampuan dan tantangan Anda sendiri sebagai komunikator.

16. Latih rasa empati

Menunjukkan belas kasih dan pengertian adalah cara lain yang baik untuk meningkatkan keterampilan interpersonal Anda.

Cobalah dengan anggun mencerminkan ide-ide orang lain dan bahkan postur mereka untuk menunjukkan bahwa Anda tertarik pada mereka dan bahwa Anda memahami perspektif mereka. Ini dapat membantu mendukung interaksi yang lebih menyenangkan dan produktif.

Baca juga: Berikut Ketentuan Upah Minimum bagi Karyawan, Sudahkah Sesuai?

Kesimpulan

Memiliki dan melatih interpersonal skill sangat penting untuk karir atau untuk pengembangan bisnis Anda. Dengan interpersonal skill yang baik Anda bisa dengan mudah mendapatkan relasi yang menguntungkan dan menghasilkan kerjasama yang saling memuaskan semua pihak.

Jika Anda adalah seorang pemilik bisnis yang sedang mencari solusi kemudah pengelolaan akuntansi, Anda juga bisa mencoba menggunakan software akuntansi Kledo.

Kledo adalah software akuntansi online buatan Indonesia yang sudah digunakan oleh berbagai jenis dan skala bisnis di Indonesia dan memiliki fitur terbaik di pasaran.

Tidak percaya? Anda bisa mencoba menggunakan Kledo secara gratis selama 14 hari atau selamanya melalui tautan ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

3 + 3 =