Manfaat Penggunaan Aplikasi Pembukuan Koperasi, Apa Saja?

aplikasi pembukuan koperasi

Aplikasi pembukuan koperasi merupakan salah satu bentuk kemajuan teknologi yang bisa dimanfaatkan penggiat koperasi.

Seperti yang kita tahu, koperasi disebut sebagai soko guru perekonomian Indonesia karena tujuan mulia organisasi yang ingin menyejahterakan ekonomi anggotanya.

Layaknya lembaga ekonomi lainnya, koperasi juga mempunyai kewajiban untuk melakukan pembukuan dan menyusun laporan keuangan.

Nah, disinilah peran penting aplikasi pembukuan koperasi yang akan memudahkan penyusunan catatan akuntansi tersebut.

Yuk, Mengenal Koperasi di Indonesia!

aplikasi pembukuan koperasi

Koperasi merupakan lembaga ekonomi yang keberadaannya sangat dekat dengan masyarakat Indonesia.

Pasalnya, koperasi sudah ada lebih dari 100 tahun yang lalu. Tepatnya, pendirian koperasi pertama kali digagas oleh RA. Wiria Atmadja bertempat di Purwokerto pada 1896 silam.

Saat itu, koperasi tersebut diberi nama Hulp-En Spaar Bank, yang mempunyai misi menolong pekerja pribumi dari culasnya para rentenir.

Nama Hulp-En Spaar Bank pun menyebar ke berbagai penjuru Indonesia. Sayangnya, Belanda tidak menyukai keberadaan lembaga tersebut.

Hingga akhirnya Hulp-En Spaar Bank terpaksa berhenti beroperasi.

Setelah Indonesia merdeka, para tokoh republik ini berusaha menghidupkan kembali koperasi dan menetapkan Dr. Moh. Hatta sebagai Bapak Koperasi Indonesia.

Dalam menjalankan tugasnya, koperasi mempunyai empat landasan pokok yaitu landasan idiil, landasan struktural, landasan operasional, dan landasan mental.

Adapun landasan idiil koperasi yaitu Pancasila. Landasan struktural koperasi yaitu UUD 1945 pasal 33 ayat 1. Sementara landasan operasional koperasi adalah UU Nomor 25 Tahun 1992. Terakhir, landasan mental koperasi yaitu kesetiakawanan dan kesadaran pribadi.

Tentu, kehadiran koperasi tak boleh disepelekan begitu saja. Sebab, koperasi telah banyak memberikan kontribusi yang nyata bagi perekonomian Indonesia, khususnya masyarakat menengah ke bawah.

Berbeda dengan lembaga keuangan lain yang berorientasi pada profit bisnis, koperasi menjalankan usahanya berdasarkan asas kekeluargaan.

Laba koperasi atau umum disebut sisa hasil usaha (SHU), tidak hanya dinikmati koperasi itu sendiri.

Melainkan, pada akhir tahun, SHU tersebut akan dibagikan secara merata kepada semua anggotanya demi meningkatkan kesejahteraan mereka.

Baca juga: Analisis Transaksi dalam Akuntansi: Pengertian dan Tahapannya

Mengapa Koperasi Harus Melakukan Pembukuan?

Sama seperti bisnis UMKM, koperasi juga dikenakan kewajiban untuk membuat pembukuan secara baik dan benar.

Sebab, koperasi juga menjalankan berbagai macam transaksi ekonomi yang perlu dicatat ke dalam pembukuan. Dengan adanya pembukuan, maka transaksi dapat terekam dengan baik dan menghindari kekeliruan dalam pelaporan usaha kepada anggota.

Pembukuan juga menjadi bukti bahwa koperasi menjunjung tinggi kejujuran dan transparansi berorganisasi. Sehingga bisa menimalisir risiko penyelewangan yang dilakukan pihak-pihak tidak bertanggung jawab.

Namun, masih ada saja yang menjadi kendala koperasi dalam menyusun pembukuan.

Masalah yang marak terjadi ialah kurangnya sumber daya manusia yang terampil dalam membuat laporan keuangan. Sehingga mereka kesulitan dalam proses pembukuat tersebut.

Akan tetapi, hal tersebut dapat diatasi dengan menggunakan aplikasi pembukuan yang cocok digunakan koperasi seperti software keuangan Kledo.

Baca juga: Strategi Pembiayaan UMKM untuk Bisnis Lebih Baik

Apa Saja Manfaat Aplikasi Pembukuan Koperasi?

Aplikasi pembukuan menghadirkan banyak manfaat bagi koperasi. Apa saja ya kira-kira?

1. Mempermudah Pencatatan Transaksi

Manfaat pertama penggunaan aplikasi pembukuan adalah mempermudah pencatatan transaksi ekonomi yang terjadi di koperasi.

Dengan menggunakan aplikasi, pencatatan pun bisa dilakukan secara otomatisasi sehingga bisa menghemat waktu dan tenaga.

Anda juga tak perlu khawatir lagi jika catatan transaksi hilang. Sebab, aplikasi pembukuan berbasis cloud sehingga secara otomatis data transakasi Anda akan di backup.

2. Meningkatkan Akurasi Data

Salah satu manfaat penting dari aplikasi pembukuan ialah biss mengurangi risiko human error yang bisa saja terjadi saat penghitungan dan proses entri data ke jurnal.

Salah penghitungan sedikit saja bisa berdampak fatal bagi keberlangsungan organisasi dan aplikasi pembukuan dapat mencegah timbulnya risiko ini.

3. Mempermudah Proses Penyusunan Laporan Keuangan

Sudah bukan menjadi rahasia lagi bahwa menyusun laporan keuangan merupakan proses yang rumit dan perlu waktu yang lama.

Pasalnya, laporan keuangan harus benar-benar akurat sehingga dalam penyusunannya wajar bila akuntan sangat berhati-hati agar tidak ada kesalahan data.

Dengan adanya aplikasi pembukuan, proses penyusunan laporan keuangan tidak lagi rumit.

Sebab, data transaksi sudah tercatat dan tersimpan dalam sistem sehingga lapaoran keuangan bisa dibuat secara otomatis dan hasilnya akurat.

4. Mengatur Sisa Hasil Usaha (SHU)

SHU merupakan perolehan laba yang diperoleh koperasi selama satu tahun kinerja koperasi. Niali SHU diperoleh dari pendapatan koperasi dikurangi dengan berbagai beban dan penyusutan peralatan.

Sistem pembukuan memudahkan Anda melakukan penghitungan SHU karena aplikasi ini sudah dirancang khusus untuk melakukan penghitungan yang akurat.

5. Mengelola Dana Pinjaman Anggota

Mengatur dana pinjaman anggota sangatlah rumit jika masih dilakukan secara manual. Hal ini dikarenakan banyaknya jumlah peminjam sehingga diperlukan pencatatan yang akurat.

Aplikasi pembukuan menyediakan fitur untuk mempermudah mengelola pinjaman anggota. Sehingga risiko kesalahan pencatatan dapat diminimalisir.

6. Menyediakan Chart of Account

Chart of account merupakan daftar kode akun yang digunakan dalam buku besar umum akuntansi.

Penggunaan chart of account supaya pencatatan transaksi dilakukan secara sistematis.

7. Menghemat Biaya

Aplikasi pembukuan akan melakukan penghitungan dan pencatatan secara otomatis sehingga bisa dilakukan cukup lewat aplikasi. Sehingga bisa mengurangi biaya untuk membayar pegawai.

Selain itu, penggunaan software ini juga bisa mengurangi biaya operasional seperti pencetakan dokumen.

Hal ini dikarenakan data sudah tersimpan secara digital di lokasi yang aman.

8. Mempermudah Proses Pengambilan Keputusan

Hal ini tak lain merupakan keunggulan utama produk aplikasi pembukuan yang canggih.

Tanpa kehadiran software ini, Anda pasti akan kesulitan memahami rincian kondisi keuangan Anda.

Aplikasi pembukuan akan memberikan Anda gambaran yang akurat bagaimana kondisi keuangan koperasi saat ini. Ini akan memudahkan Anda mengambil keputusan yang tepat dalam waktu relatif singkat.

Baca juga: Tips Memilih Aplikasi Keuangan di Android

Cara Memilih Aplikasi Pembukuan Koperasi

aplikasi pembukuan koperasi

Pemilihan aplikasi pembukuan harus mempertimbangkan beberapa hal penting agar Anda tak salah pilih. Berikut ini tips memilih aplikasi pembukuan yang bisa Anda lakukan:

1. Mudah Digunakan

Faktor penting yang harus Anda pertimbangkan sebelum membeli aplikasi keuangan yaitu memastikan bahwa aplikasi tersebut mudah digunakan. Sebab, faktor ini menjadi kunci utama pemilihan aplikasi akuntansi karena tak semua orang paham dengan akuntansi.

Oleh karenanya, pastikan aplikasi yang Anda pilih mudah digunakan pasti dilengkapi dengan fitur layanan yang mudah dipahami.

2. Menggunakan Aplikasi Keuangan Berbasis Cloud

Saat ini, mayoritas aplikasi keuangan sudah berbasis cloud yang memungkinkan data Anda tersimpan secara digital di lokasi yang aman. Sehingga Anda tak perlu khawatir data keuangan akan hilang begitu saja.

Aplikasi keuangan yang berbasis cloud juga memungkinkan Anda mengkases data keuangan kapan saja dan dimana saja.

Sehingga memudahkan Anda untuk terus berhubungan dengan data keuangan meski sedang berpergian atau hal lainnya.

3. Keamanan Data Terjamin

Di era digital ini, keamanan data harus diperhatikan untuk menghindari peretasan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

Menggunakan aplikasi keuangan berbasis cloud menjadi pilihan sempurna guna menjaga data keamanan data. Hal ini dikarenakan data keuangan Anda dilengkapi dengan fitur pelindung data dari berbagai ancaman yang akan datang.

4. Menyediakan Layanan Dukungan Pelanggan

Langkah selanjutnya dalam memilih software akuntasi yang tepat yakni memastikan bahwa software tersebut menyediakan layanan dukungan bagi pelanggan.

Kledo merupakan aplikasi keuangan yang menyediakan layanan customer guna membantu dan memberi arahan kepada Anda terkait cara penggunaan aplikasi yang tepat.

Dengan begitu, Anda bisa mengatur keuangan secara efektif dan efisien.

5. Harga Aplikasi Keuangan

Ini merupakan faktor yang sangat penting supaya tepat dalam memilih aplikasi keuangan.

Pastikan aplikasi keuangan yang Anda pilih, sesuai dengan kondisi finansial Anda dan mempunyai fitur pelayanan yang setara dengan harganya.

Apabila Anda menggunakan Kledo untuk koperasi Anda, Anda bisa menggunakannya secara gratis selama 14 hari.

Dan jika koperasi Anda berkembang, Anda bisa berlangganan paket Kledo mulai dari harga 140 ribu per bulan hingga 190 ribu per bulan. Lebih hemat dibandingkan aplikasi keuangan lainnya.

Baca juga: Sedang Cari Software Akuntansi Restoran? Perhatikan Hal Ini

Kesimpulan

Banner 3 kledo

Koperasi merupakan lembaga ekonomi yang juga mempunyai kewajiban untuk membuat pembukuan.

Pembukuan tersebut berguna supaya aktivitas operasional koperasi berjalan dengan lancar. Serta, bisa dijadikan sebagai bukti transparansi kepada para anggotanya.

Namun, pembukuan di koperasi sendiri masih mempunyai kendala. Untuk itu, aplikasi pembukuan koperasi hadir untuk membantu penggiat koperasi dalam menjalankan siklus akuntansi.

Kledo merupakan software akuntansi yang bisa Anda gunakan untuk memudahkan proses pembukuan.

Jika Anda ingin mencoba Kledo secara gratis selama 14 hari Anda bisa mengunjungi link ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

6 + six =