Pengertian Financial Engineering, Tugas, dan Skill yang Dibutuhkan

financial engineering banner

Financial engineering adalah bidang multidisiplin yang menggunakan matematika dan teori teknik untuk memecahkan masalah.

Profesi ini membutuhkan pelatihan tingkat tinggi dalam matematika, pemrograman, keuangan, dan teknik. Jika Anda senang bekerja dengan angka dan memecahkan masalah, ini mungkin karier yang tepat untuk Anda.

Dalam artikel ini, kami menjawab ‘apa itu financial engineering?”, mendiskusikan apa yang mereka lakukan, mengulas jenisnya, dan menguraikan keterampilan utama untuk peran tersebut.

Apa yang Dimaksud dengan Financial Engineer?

Menjawab pertanyaan ‘apa itu financial engineer,’ memungkinkan Anda untuk menentukan apakah karier ini sesuai dengan tujuan Anda.

Financial engineering lebih merupakan bidang pekerjaan dan studi daripada jabatan resmi. Tujuan utama bidang ini adalah untuk mengoptimalkan bagaimana setiap bisnis menangani dan mengelola keuangannya di berbagai industri.

Pekerjaan yang diiklankan di sektor ini biasanya memiliki judul yang berbeda dari ‘financial engineer’, meskipun posisi ini sebagian besar membutuhkan pengetahuan dan keterampilan teknik keuangan.

Sebagai contoh, perusahaan dapat mempekerjakan financial engineer yang terampil sebagai manajer investasi, trader, atau bankir.

Meskipun setiap peran memiliki tanggung jawab dan persyaratan yang unik, mereka semua berhubungan dengan financial engineering.

Financial engineering melibatkan penggunaan teori keuangan untuk memprediksi perilaku pasar sambil mempertimbangkan risiko dan imbalan yang melekat pada investasi dan perdagangan.

Baca juga: Pengertian Keputusan Manajerial, Karakteristik, Jenis, dan Tahapnya

Apa yang Dilakukan Seorang Financial Engineer?

financial engineering 2

Financial engineer menggunakan perangkat matematika dan teknik pemrograman komputer untuk membuat model simulasi aktivitas pasar yang dapat memprediksi risiko finansial.

Seorang financial engineer merancang model simulasi ini untuk menganalisis dan meramalkan perilaku pasar di masa depan berdasarkan data dan penelitian pasar di masa lalu.

Seorang financial engineer dapat menggunakan prediksi ini untuk menjustifikasi risiko keuangan dan menginvestasikan atau memperdagangkan modal atas nama perusahaan mereka.

Jika akurat, investasi dan rencana prediksi ini dapat menguntungkan bagi bisnis.

Perusahaan atau individu biasanya mempekerjakan financial engineer jika mereka sering menggunakan pasar untuk perdagangan dan menghasilkan keuntungan.

Perusahaan dalam kategori ini termasuk hedge fund, perusahaan manajemen aset, bank, dan perusahaan asuransi.

Perusahaan-perusahaan ini dapat mempekerjakan financial engineer untuk mengawasi portofolio, mengelola risiko, menggunakan perdagangan eksklusif, dan membantu departemen keuangan perusahaan.

Baca juga: Financial Forecasting: Pengertian, Metode, Tahapan dan Manfaatnya

Jenis-jenis Financial Engineering

Financial engineering mencakup berbagai jenis perdagangan, masing-masing membutuhkan pendekatan yang berbeda untuk analisis dan peramalan pasar.

Berikut ini adalah jenis-jenis financial engineering yang umum:

Perdagangan derivatif

Industri perdagangan derivatif berkembang ketika para insinyur keuangan mencari strategi baru untuk memaksimalkan keuntungan.

Dalam jenis perdagangan ini, perjanjian keuangan tidak memiliki nilai moneter yang jelas. Perjanjian kontrak ini mungkin terkait dengan aset, suku bunga, atau indeks.

Nilai derivatif bergantung pada kinerja entitas yang mendasarinya dari waktu ke waktu. Dengan melakukan ini, insinyur keuangan memiliki lebih banyak peluang untuk menghasilkan keuntungan.

Perdagangan pasar valuta asing

Menggunakan pasar valuta asing untuk mendapatkan keuntungan memungkinkan financial engineer untuk mengambil keuntungan dari pasar secara global.

Perdagangan utama di pasar valuta asing adalah nilai tukar mata uang. Sebuah perusahaan atau organisasi biasanya memiliki dana yang menyimpan berbagai jenis mata uang dari berbagai negara.

Dengan memprediksi nilai tukar antara mata uang ini, seorang financial engineer dapat memprediksi kapan suatu mata uang dapat terapresiasi atau mengalami penurunan nilai.

Hal ini menguntungkan perusahaan, karena broker terkait dapat memperdagangkan mata uang dengan mempertimbangkan prediksi ini, memaksimalkan keuntungan dan membatasi kerugian.

Baca juga: Financial Intermediary: Arti, Jenis, Tugas, Contoh, dan Kekurangannya

Tanggung Jawab Utama Seorang Financial Engineer

Tanggung jawab utama seorang financial engineer meliputi hal-hal berikut:

  • Memberikan saran tentang ekonomi pasar saat ini kepada bisnis lokal, dewan atau pemerintah.
  • Menawarkan solusi untuk masalah keuangan berdasarkan pendekatan teoretis dan matematis.
  • Mengembangkan model simulasi menggunakan data keuangan masa lalu dan saat ini untuk menganalisis dan memprediksi perilaku pasar di masa depan.
  • Menguji strategi analisis baru dan alat investasi menggunakan model simulasi pasar.
  • Mengembangkan strategi analisis baru menggunakan perangkat lunak pemrograman.
  • Mempresentasikan dan mengelola portofolio investasi atas nama perusahaan atau klien.
  • Meneliti dan mengidentifikasi tren bisnis dan ekonomi dengan menganalisis data keuangan masa lalu dan saat ini.
  • Membuat dan memperbarui laporan keuangan untuk perusahaan atau organisasi.
  • Menghadiri dan mengadakan pertemuan dengan departemen keuangan untuk membahas dan mengevaluasi strategi.
  • Mengadakan pertemuan dengan eksekutif senior dan karyawan dalam manajemen untuk memahami modal perusahaan, posisi keuangan saat ini, dan prospek keuangan di masa depan

Baca juga: Pengertian Financial Performance, Analisis, dan Cara Pengukurannya

Keahlian Utama yang Dibutuhkan Seorang Financial Engineer

financial engineering 1

Financial engineer yang sukses memiliki keahlian yang serbaguna. Keahlian utama yang mereka miliki meliputi:

Pemrograman komputer

Keahlian pemrograman komputer sangat penting bagi kemampuan financial engineer untuk membangun model simulasi pasar.

Memiliki keterampilan ini sangat penting untuk memprediksi dan menganalisis perilaku pasar keuangan. Perusahaan-perusahaan yang bergerak di bidang teknik keuangan sering kali lebih menyukai kandidat yang memiliki keterampilan ini karena sangat berguna untuk manajemen risiko modal dalam bisnis.

Anda dapat meningkatkan keterampilan pemrograman Anda dengan mempelajari lebih lanjut tentang pengkodean dan debugging.

Pertimbangkan untuk mengambil kursus online singkat dalam pemrograman komputer untuk mendapatkan saran dan dukungan ahli.

Komunikasi yang efektif

Keterampilan komunikasi yang efektif diperlukan bagi financial engineer untuk menjelaskan pemikiran, ide, dan pendapat profesional mereka kepada manajer senior dan eksekutif.

Dengan memiliki rasa ingin tahu yang tinggi, insinyur keuangan juga dapat mengidentifikasi tren keuangan yang sedang berkembang dan memecahkan masalah dengan lebih efektif.

Cobalah menjelaskan isu-isu kompleks kepada mereka yang tidak terbiasa dengan isu tersebut untuk mengembangkan keterampilan komunikasi Anda. Mendengarkan secara aktif, kesabaran, dan kejernihan suara dapat berkembang dari hal ini.

Keterampilan matematika

Seorang financial engineer menggunakan keterampilan matematika setiap hari untuk menguji dan menerapkan strategi baru untuk menghasilkan keuntungan dan menganalisis risiko modal.

Financial engineer membutuhkan mental matematika yang kuat, pengetahuan statistik dan teori untuk memprediksi perilaku pasar yang akurat, meningkatkan kemungkinan perdagangan yang menguntungkan.

Seorang insinyur keuangan sering kali mengembangkan financial engineer ini melalui pelatihan di universitas atau sekolah.

Pemecahan masalah

Pemecahan masalah adalah aset penting lainnya bagi financial engineer, karena ini menunjukkan kepada pemberi kerja bahwa Anda adalah karyawan yang cakap dan mandiri.

Bagi financial engineer, pemecahan masalah yang efisien dapat meminimalkan kerugian modal dengan menawarkan solusi perdagangan yang efektif dengan cepat.

Memiliki pengetahuan luas tentang ekonomi atau keuangan diperlukan bagi seorang financial engineer untuk menjadi mahir di bidang ini.

Memahami cara kerja sistem dan proses memungkinkan financial engineer untuk menganalisis bagaimana dan mengapa masalah terjadi.

Hal ini memungkinkan untuk menemukan solusi dengan cepat, tanpa terlalu banyak risiko yang mempengaruhi perusahaan.

Mempertahankan organisasi yang baik dapat membantu Anda meningkatkan kemampuan pemecahan masalah karena meminimalkan gangguan dan memungkinkan Anda untuk fokus mengembangkan solusi.

Baca juga: Mengapa Financial Advisor Penting dan Tips Memilihnya

Ilmu komputer

Ilmu komputer penting bagi financial engineer, karena dapat mengimplementasikan otomatisasi, algoritme, pengkodean, dan strategi lain untuk analisis data yang efisien.

Dengan membuat algoritme, financial engineer dapat mendeteksi dan mengamati tren yang muncul dalam data.

Menggunakan otomatisasi akan mempercepat proses trading dan analisis data. Pertimbangkan untuk meluangkan waktu untuk melatih kemampuan ilmu komputer Anda dan memanfaatkan sumber daya online gratis.

Lalu jika financial engineer tersebut dalam perusahaan yang menjual produk atau layanan, penting bagi mereka untuk bisa mengoperasikan software akuntansi untuk melakukan analisis data secara mendalam.

Salah satu software akuntansi yang banyak digunakan perusahaan di Indonesia adalah software akuntansi Kledo yang bisa Anda coba secara gratis selama 14 hari melalui tautan pada gambar di bawah ini:

Banner 1 kledo

Berpikir logis

Proses berpikir logis sangat penting bagi seorang financial engineer untuk memecahkan masalah dan manajemen risiko.

Seorang financial engineer menggunakan pendekatan analitis terhadap keuangan dengan pola pikir ilmiah dan matematis. Memiliki kemampuan analisis yang kuat sangat penting bagi seorang financial engineer untuk menganalisis tren dan aktivitas pasar.

Anda dapat mengembangkan kemampuan logika Anda dengan membaca buku-buku edukasi tentang pemikiran kritis atau bermain game pemecahan masalah, seperti teka-teki Sodoku.

Pengetahuan tentang ekonomi

Memiliki pengetahuan ekonomi yang sangat baik sangat bermanfaat bagi semua financial engineer, karena memberikan lebih banyak wawasan tentang hubungan pasar yang dapat menginformasikan pengambilan keputusan penting.

Keahlian ini memungkinkan financial engineer untuk menyiapkan rencana yang lebih strategis dan opsi keputusan dalam menanggapi pembaruan pasar atau perubahan kontrak.

Ini adalah kunci dalam memahami bagaimana politik dan hubungan masyarakat dapat memengaruhi pasar, sehingga membantu para financial engineer dalam membuat prediksi. Anda dapat meningkatkan kesadaran ekonomi Anda dengan membaca majalah dan buku-buku keuangan.

Baca juga: Financial Modeling: Pengertian, Manfaat, dan Contohnya pada Bisnis

Contoh Kasus Financial Engineering

Mari kita pahami konsep pekerjaan financial engineering dengan bantuan beberapa contoh.

Contoh 1

Amanda menjalankan sebuah bisnis multi-nasional dengan dua departemen utama. Departemen pertama mengoperasikan jaringan toko roti, sedangkan departemen kedua memproduksi lini pakaian olahraga. Akhirnya, dia membagi kedua departemen menjadi dua bisnis independen: toko roti dan lini pakaian olahraga.

Hal ini meningkatkan nilai individu dari kedua bisnis tersebut karena keuangan mereka dinilai secara terpisah. Hasilnya, hal ini meningkatkan nilai saham dan jumlah investor masing-masing.

Hasilnya, Amanda mendapatkan lebih banyak keuntungan dari bisnis-bisnis ini daripada sebelumnya.

Contoh 2

US Federal (Fed) telah menggunakan keahlian individu dengan gelar teknik keuangan untuk mendukung pasar ekuitas tanpa memulai atau secara langsung membeli saham.

Untuk memperjelas, mereka menggunakan tiga teknik untuk mendongkrak harga saham.

1. Dukungan langsung terhadap obligasi korporasi

The Fed membeli miliaran dolar dana yang diperdagangkan di bursa (ETF) untuk meningkatkan hubungan antara ekuitas perusahaan dan obligasi perusahaan. Dengan demikian, hal ini membantu menaikkan tingkat ekuitas perusahaan tanpa pembelian saham.

2. Penekanan ketidakteraturan

Federal telah menurunkan indeks Volatilitas (VIX) untuk menaikkan pasar ekuitas dan selanjutnya meningkatkan spread kredit.

3. Mengendalikan tingkat diskonto

Mengenai suku bunga, Fed AS memiliki tiga pengungkit konvensional dan dua pengungkit baru. Pertama, memangkas suku bunga jangka pendek menjadi nol, dan kemudian Fed memulai pelonggaran kuantitatif (QE) terbaru untuk pembelian aset jangka panjang.

Setelah itu, Fed menggunakan manajemen ekspektasi atau panduan ke depan untuk menghindari lonjakan imbal hasil jangka panjang.

Baca juga: Financial Distress: Pengertian, Tandanya dan Cara Mengindarinya dalam Bisnis

Pada Intinya..

Financial engineering mengintegrasikan dan memanfaatkan informasi yang diperoleh dari berbagai bidang, seperti ekonomi, matematika, ilmu komputer, dan teori keuangan. Sebagian besar rekayasa keuangan terdiri dari pengubahan teori keuangan menjadi aplikasi praktis di dunia keuangan.

Contoh financial engineering dalam praktiknya adalah pekerjaan analis kuantitatif – biasanya disebut sebagai “quants” – yang mengembangkan hal-hal seperti program perdagangan algoritmik atau kecerdasan buatan yang digunakan di pasar keuangan.

Financial engineering tidak benar-benar terkait dengan pekerjaan teknik tradisional, selain memiliki pendekatan metodologis yang menggabungkan prinsip-prinsip dan teori-teori matematika. Namun, banyak orang yang kemudian menjadi financial engineer sebelumnya memperoleh gelar tradisional di bidang teknik.

sugi priharto

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

12 − five =