Cara Membuat CV Paling Mudah dan Cepat, Gratis!

membuat cv

Buat Kawan Kledo yang baru lulus kuliah atau sekolah dan ingin mengajukan lamaran pekerjaan, ada beberapa hal yang wajib disiapkan. Salah satunya adalah CV atau Curriculum Vitae. CV ini menjadi berkas yang sangat penting karena akan menentukan diterima atau tidaknya lamaran kerja yang Kawan Kledo ajukan. Lalu bagaimana cara membuat CV yang menarik agar lamaran kerja diterima?

Selama ini banyak orang yang menggunakan jasa desainer grafis dalam pembuatan CV. Nggak apa-apa, sih. CV yang dibuat oleh desainer grafis biasanya dibuat dengan menarik, sesuai karena Kawan Kledo harus mengeluarkan biaya. Namun ternyata Kawan Kledo bisa lho membuat CV ini sendiri. Untuk lebih jelasnya yuk baca artikel ini hingga selesai, oke? 🙂

Apa Itu Curriculum Vitae (CV)?

cara membuat cv

Curriculum Vitae atau CV merupakan sebuah dokumen penting yang wajib Kawan Kledo siapkan sebelum Kawan Kledo melamar pekerjaan, magang, ataupun ketika Kawan Kledo melamar beasiswa.

Di dalam Curriculum Vitae atau CV ini termuat daftar riwayat hidup Kawan Kledo, baik itu biodata pribadi, riwayat pendidikan, pengalaman kerja, prestasi, hingga skill atau keterampilan yang dimiliki oleh Kawan Kledo.

CV ini biasanya dilampirkan bersama surat lamaran kerja dan akan membantu perusahaan dalam mengetahui siapa orang yang mengirimkan lamaran pekerjaan. Dari daftar riwayat hidup atau CV ini, perusahaan akan menilai Kawan Kledo sebagai pelamar kerja layak atau tidak untuk lolos tahap selanjutnya yaitu tes atau wawancara.

Fungsi Curriculum Vitae (CV)

Curriculum vitae memiliki fungsi yang sangat penting dalam proses perekrutan karyawan di sebuah perusahaan. Apa saja fungsi curriculum vitae ini?

  1. Sebagai perkenalan diri calon karyawan kepada perusahaan
  2. Untuk mempermudah mengklasifikasikan pelamar kerja berdasarkan pendidikan dan pengalaman kerja yang dimiliki
  3. Untuk lebih mengetahui keterampilan dan kemampuan yang dimiliki oleh calon karyawan.
  4. Dapat dijadikan gambaran dalam mengetahui nilai gaji karyawan.

Perbedaan CV, Resume, dan Cover Letter

cara membuat cv

Selain Curriculum Vitae (CV), ada resume dan cover letter yang sering membuat bingung, apa sih perbedaan ketiganya? Wajar banget jika Kawan Kledo sulit membedakan CV, resume, dan cover letter, karena ketiganya memang sama-sama berhubungan dengan lamaran pekerjaan. Namun ternyata ketiganya memiliki perbedaan. Apa saja perbedaan tersebut?

Biasanya, CV ada dua lembar atau lebih dan terdiri dari penjelasan lengkap terkait pengalaman kerja, latar belakang pendidikan, prestasi yang pernah diraih, serta informasi pribadi dan kontak yang dapat dihubungi. CV juga termuat deskripsi lengkap setiap poin yang akan menjelaskan secara lengkap perjalanan karir pemilik CV.

Berbeda dengan CV, resume merupakan dokumen yang di dalamnya berisi keterangan skill, kualifikasi, pengalaman, dan juga latar belakang pendidikan yang ditulis secara singkat. Resume ini biasanya hanya terdiri dari 1 (satu) halaman saja. Sedangkan cover letter atau surat lamaran merupakan sebuah surat yang digunakan untuk melamar suatu pekerjaan dan dilengkapi dengan CV atau resume.

Untuk lebih mudah dalam membedakannya, Kawan Kledo dapat membaca perbedaan-perbedaannya yang ada di sini:

IsiTujuanPanjang
CVCV memiliki isi yang lengkap disertai dengan deskripsi tiap-tiap poin yang ada, yaitu riwayat pendidikan, prestasi, pengalaman kerja dan lainnya.CV memiliki tujuan memberikan penjelasan riwayat hidup secara lengkap dan kronologis.Memiliki panjang dua halaman atau lebih.
ResumeResume memiliki isi yang lebih singkat yaitu berupa kualifikasi dan pengalaman yang dimiliki oleh pemiliki resumeMemiliki tujuan mengiklankan diri, resume harus dibuat semenarik mungkinBerisi 1 (satu) atau 2 (dua) halaman
Cover LetterCover letter berisi alasan pelamar kerja layak untuk diterima oleh perusahaan atau pihak pemberi kerjaMemberikan gambaran singkat tentang alasan pelamar kerja layak untuk diterimaDua atau kurang dari dua halaman

Jenis Curricullum Vitae (CV)

CV memiliki jenis-jenis yang membedakan antara satu CV dengan CV lainnya. Apa saja jenis-jenis CV ini?

1. Jenis CV Berdasarkan Ketentuan

Jenis CV yang pertama yaitu CV berdasarkan ketentuan. CV jenis ini akan ditentukan oleh suatu perusahaan, instansi, atau lembaga ketika melakukan perekrutan karyawan. CV jenis ini dipakai oleh perusahaan yang telah memiliki aturan khusus terkait kriteria CV ini atau untuk melamar pekerjaan di tingkat Pegawai Negeri Sipil (PNS), militer ataupun BUMN. Perusahaan nantinya akan mengirim CV ini ke pihak pelamar kerja melalui pos, email, ataupun ketika pelamar kerja sedang berada di perusahaan.

2. Jenis CV Berdasarkan Tujuannya

CV berdasarkan tujuannya dibuat khusus ketika pelamar kerja ingin melamar kerja di suatu perusahaan. Jadi, dalam CV ini pastikan hanya tertulis hal-hal yang berhubungan dengan perusahaan yang dituju. Sedangkan hal-hal yang tidak berkaitan dengan perusahaan, tidak perlu ditulis.

daftar riwayat hidup

Cara Membuat CV Paling Mudah

Buat Kawan Kledo yang sudah nggak sabar ingin membuat CV dengan cepat dan mudah, Kawan Kledo dapat mengikuti cara membuat CV yang ada di bawah ini. Ikuti langkah-langkahnya, ya!

Cara Membuat CV, Persiapkan Hal Ini

Sebelum membuat CV, ada beberapa hal yang harus Kawan Kledo siapkan. Apa saja beberapa hal tersebut?

1. Persiapkan isi dari CV, baik itu informasi yang ada di CV ataupun foto yang disesuaikan dengan ketentuan yaitu foto formal.

2. Cari informasi terkait perusahaan yang akan dilamar. Ini dilakukan agar dapat menyesuaikan CV dengan perusahaan tersebut.

3. Pilih aplikasi atau software untuk membuat CV.

4. Buat CV dan periksa kembali isi CV yang sudah dibuat.

Aplikasi Membuat CV Paling Mudah

Jika biasanya banyak yang menggunakan Photoshop dalam pembuatan CV, ternyata ada cara lebih mudah buat Kawan Kledo yang ingin membuat CV ini yaitu dengan menggunakan aplikasi desain grafis berikut ini:

1. Canva

Aplikasi pertama yang dapat Kawan Kledo gunakan untuk membuat CV adalah Canva. Canva merupakan aplikasi desain grafis yang dapat digunakan untuk berbagai keperluan, seperti kartu ucapan, postingan Instagram, banner blog, hingga membuat resume atau CV. Aplikasi ini sangat mudha untuk digunakan karena di sana telah tersedia template untuk membuat CV.

2. Resume Builder & CV Maker

Aplikasi kedua yang dapat Kawan Kledo gunakan untuk membuat CV adalah Resume Builder & CV Maker. Dengan aplikasi ini, Kawan Kledo dapat membuat CV hanya dalam hitungan beberapa menit. Selain itu, di aplikasi Resume Builder & CV Maker ada berbagai jenis font yang dapat dipilih dan akan membuat CV menjadi semakin menarik.

3. CV Maker Lamaran Kerja

CV Maker Lamaran Kerja menyediakan lebih dari 40 desain dimana setiap desain memiliki 10 hingga 500 pilihan warna. Kawan Kledo juga dapat mengubah font, warna, serta pengaturan saat membuat CV di sini. Selain CV, Kawan Kledo bisa membuat portofolio dengan CV Maker Lamaran Kerja ini. Lengkap, pokoknya.

4. Resume

Resume juga bisa menjadi salah satu aplikasi yang dapat Kawan Kledo pilih. Aplikasi ini sangat mudah digunakan, bahkan oleh Kawan Kledo yang masih awam dalam hal desain. Ada 20 desain yang dapat Kawan Kledo pilih dan dapat Kawan Kledo sesuaikan dengan pekerjaan yang Kawan Kledo lamar.

Kesimpulan

Itulah tadi penjelasan mengenai cara membuat CV paling mudah yang dapat Kawan Kledo ikuti. Dengan makin berkembangnya teknologi digital, membuat CV juga semakin mudah dan gratis. Jadi, pastikan Kawan Kledo menggunakannnya dengan sebaik mungkin.

Buat Kawan Kledo yang memiliki bisnis, jangan lupa untuk mengelola keuangan bisnis ini dengan baik. Kawan Kledo dapat menggunakan software akuntansi dari Kledo untuk memudahkan pengelolaan keuangan bisnis. Daftar Kledo sekarang juga di sini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *