Pentingnya Engagement dan Algoritma untuk Memaksimalkan Promosi di Instagram

Algoritma untuk Memaksimalkan Promosi di Instagram

Buat Kawan Kledo yang aktif di media sosial, pasti sudah tidak asing dengan Instagram. Instagram merupakan media sosial yang memungkinkan penggunanya untuk memposting, membidik, atau mengedit foto atau video. Instagram memiliki berbagai fitur yang sangat menarik, salah satunya adalah Instagram Bisnis, dimana Kawan Kledo dapat mempromosikan bisnis Kawan Kledo di sini. Tapi harus ada beberapa cara yang dilakukan agar postingan bisnis di Instagram Kawan Kledo menarik. Kawan Kledo bisa membuat tampilan foto dan caption yang menarik, memilih waktu yang tepat, atau memperhatikan engagement dan algoritma Instagram.

Kawan Kledo pasti sering posting di Instagram namun heran karena tidak banyak pengguna lain yang memberikan like atau komentar pada Instagram Kawan Kledo. Begitu juga dengan Instagram Kawan Kledo, Kawan Kledo jarang melihat postingan dia baik di feed atau story padahal katanya dia selalu memposting setiap hari. Nah, alasan dibalik semua itu tidak lain tidak bukan dipengaruhi oleh engagement dan algoritma dari Instagram. Apa sih itu engagement dan algoritma ini?

Pengertian Engagement

Engagement merupakan sebuah angka yang menunjukan followers di Instagram terlibat secara langsung dan secara aktif. Secara sederhana, engagement diartikan sebagai komunikasi dua arah. Dalam postingan di Instagram, ada beberapa hal yang membuat engagement mengalami kenaikan yaitu view, like, dan komentar. Dengan begitu Instagram dapat mengalami pertumbuhan karena tiga hal tersebut.

Pengertian Algoritma

Algoritma merupakan serangkaian aturan yang harus diikuti dalam perhitungan atau operasi pemecahan masalah yang biasanya ada dalam sistem komputer. Di Instagram, algoritma merupakan perhitungan yang mengelola apa saja yang muncul di akun Instagram. Algoritma Instagram ini sering membuat digital marketer atau pemilik brand yang memasarkan produknya di Instagram kalang kabut kebingungan karena keberadaan algoritma Instagram ini. Hal ini dikarenakan adanya perubahan algoritma Instagram yang awalnya menampilkan feeds berdasarkan kronologis, menjadi feeds pengguna atau akun-akun yang paling sering berinteraksi ketika pertama membuka aplikasi.

Makanya jangan heran ketika Kawan Kledo tidak pernah melihat feeds teman-teman Kawan Kledo padahal katanya teman Kawan Kledo ini sering membuat feeds. Hal ini dikarenakan Kawan Kledo jarang berinteraksi dengan teman-teman tersebut di Instagram.

Pentingnya Memahami Engagement dan Algoritma Instagram

algoritma engagement instagram
Close up woman hand using social media app on mobile phone on city street.social network feature icon.digital technology lifestyle

Bagi orang-orang awam yang baru terjun ke digital marketing pasti masih asing dengan istilah engagement dan algoritma yang ada di media sosial. Namun buat mereka yang sudah lama berkecimbung di bidang ini, pasti menganggap dua hal ini menjadi hal yang sangat penting untuk mempromosikan produk di media sosial. Bayangkan, Kawan Kledo sudah mengunggah feeds dan story di Instagram untuk promosi namun ternyata feeds dan story tersebut tidak muncul di beranda pengikut Kawan Kledo karena Kawan Kledo tidak memahami algoritma dan engagement yang berlaku di Instagram.

Mungkin Kawan Kledo berpikiran bahwa semua akun yang memiliki followers banyak akan selalu muncul di beranda pengikut-pengikutnya, namun ternyata karena adanya algoritma ini, belum tentu banyak followers membuat postingan Kawan Kledo muncul di sana. Agar bisa muncul di beranda followers, Kawan Kledo harus memiliki engagement yang tinggi di Instagram. Emang gimana sih caranya agar mendapatkan engagement yang tinggi di Instagram?

Engagement Instagram 2020

Instagram

Engagement merupakan seberapa pengaruh yang bisa dilakukan sebuah akun Instagram terhadap pengikut-pengikutnya. Ukuran ini akan didapatkan dari tingkat interaksi dari konten yang telah ditampilkan. Misalnya, Kawan Kledo memiliki followers sebanyak 10.000 dan Kawan Kledo mendapatkan like di postingan sebanyak 1.000, itu artinya engagement Instagram Kawan Kledo sebesar 10%. Dengan mengetahui engagement ini, Kawan Kledo yang menggunakan Instagram untuk promosi dapat melakukan cara-cara agar engagement Instagram Kawan Kledo semakin tinggi. Apa saja yang bisa dilakukan untuk menaikan engagement di Instagram?

Cara Menghitung Engagement Instagram

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengukur engagement Instagram, namun sejatinya hanya Instagram yang mengetahui bagaimana engagement ini dihitung. Namun bukan berarti penggunakanya tidak bisa melakukan pengukuran sendiri, bukan? Kawan Kledo yang ingin mengukur tingkat engagement di Instagram bisa melakukannya dengan cara berikut ini:

(Like+Komen): Followers = engagement rate

Namun untuk lebih memudahkan penghitungan engagement rate ini, Kawan Kledo bisa menggunakan bantuan aplikasi dalam penghitungannya. Aplikasi yang bisa digunakan secara gratis antara lain iconosquare, websta, atau ink361. Selain aplikasi tersebut, Kawan Kledo juga bisa melalui website dengan cara search di Google. Buat Kawan Kledo yang telah melakukan update Instagram, Instagram telah memiliki fitur Insight dimana Kawan Kledo bia melihat performa dan kualitas akun di sana.

Teknik Meningkatkan Engagement Instagram

Setelah mengetahui cara menghitung engagement rate Instagram, selanjutnya adalah teknik untuk meningkatkan engagement di Instagram. Apa saja kira-kira?

1. Pemilihan Warna yang Kuat

Hal pertama yang harus dilakukan Kawan Kledo untuk meningkatkan adalah dengan memilih warna yang kuat untuk konten yang Kawan Kledo unggah di Instagram. Hal ini dikarenakan pemilihan warna yang unik dan beda akan membuat konten Instagram Kawan Kledo akan tampak lebih menarik dibandingkan dengan warna-warna yang biasa. Kawan Kledo bisa memilih warna biru sebagai warna tema atau sesuaikan dengan produk yang Kawan Kledo jual. Misalnya, Kawan Kledo memiliki produk yang dijual untuk perempuan, gunakan warna yang girly seperti pink atau warna-warna pastel. Pastikan juga Kawan Kledo konsisten dengan warna tersebut untuk setiap konten yang Kawan Kledo posting di Instagram.

2. Ajak Followers untuk Bertindak

Cara kedua yang bisa dilakukan untuk meningkatkan engagement Instagram adalah dengan cara mengajak followers untuk bertindak aktif di postingan Kawan Kledo. Kawan Kledo bisa menggunakan fitur-fitur yang ada di Instagram seperti beri pertanyaan atau jawab pertanyaan melalui story Instagram. Untuk bagian feed Kawan Kledo bisa membuatkan konten pertanyaan atau teka-teki agar followers Instagram Kawan Kledo tertarik untuk merespon.

3. Ajak Followers untuk Berdiskusi

Selain mengajak followers untuk bertindak aktif di Instagram Kawan Kledo, Kawan Kledo juga bisa mengajak followers untuk berdiskusi di konten yang Kawan Kledo unggah di Instagram. Kawan Kledo bisa membuat konten yang memancing followers untuk memberikan jawabannya di kolom komentar. Kawan Kledo juga bisa menjadikannya sebagai pertanyaan giveaway akan followers lebih aktif menjawab pertanyaan yang diajukan.

4. Gunakan Hashtag yang Sesuai

Hashtag digunakan agar seseorang bisa dengan mudah menemukan gambar dengan tema tertentu. Kawan Kledo bisa menggunakan hashtag pada konten yang diungguh di Instagram yang disesuaikan dengan foto yang Kawan Kledo unggah. Misalnya, Kawan Kledo memosting foto tentang bisnis roti, Kawan Kledo bisa menggunakan hashtag #rotienak #rotiterbaik #beliroti #rotijakarta #rotitawar dan sebagainya.

5. Lakukan Promosi Silang

Jangan hanya gunakan Instagram untuk berpromosi, namun gunakan juga media sosial lainnya seperti Facebook dan Twitter. Kawan Kledo bisa membagikan postingan di Instagram ke Facebook dan Twitter. Hal ini dikarenakan pengguna Facebook dan Twitter biasanya orang-orang yang berbeda dengan pengguna di Instagram, dengan begitu Kawan Kledo bisa mengenalkan bisnis Kawan Kledo lebih luas lagi.

6. Pakai Filter Instastory

Selain feeds, Kawan Kledo juga bisa menggunakan fitur Instastory yang ada di Instagram sebagai media promosi. Terlebih saat ini fitur Instastory ini telah digunakan hampir 80% dari seluruh pengguna Instagram dan kelebihan fitur ini adalah postingan Kawan Kledo akan hilang setelah 24 jam. Dengan begitu Kawan Kledo bisa memperbaruinya setiap waktu. Kawan Kledo juga bisa menggunakan iklan di Instagram agar postingan Kawan Kledo di Instastory dapat muncul di akun yang tidak menjadi followers Kawan Kledo.

7. Lakukan Posting dengan Benar

Ada beberapa hal yang harus Kawan Kledo perhatikan saat posting di Instagram, salah satunya adalah memilih waktu terbaik untuk posting di Instagram. Dengan begitu postingan Kawan Kledo dapat dilihat oleh banyak orang.

Algoritma Instagram 2020

algoritma engagement instagram

Sebenarnya algoritma Instagram tidak berubah dari waktu ke waktu, namun bisa berubah karena adanya data dan trend yang terus masuk dan diproses oleh Instagram. Berikut beberapa fakta yang harus Kawan Kledo ketahui tentang algoritma Instagram:

  • Hal-hal yang memengaruhi posisi feeds di Instagra, antara lain like, comment, share, dan view.
  • Tidak ada format yang diutamakan antara foto dan video. Keduanya memiliki posisi yang sama.
  • Interaksi palsu yaitu menggunakan bot tidak dihitung.
  • Panjangnya komen akan memengaruhi engagemen Instagram.
  • Tidak ada tipe akun yang diutamakan, baik tipe akun biasa atau tipe akun bisnis.
  • Melakukan posting lebih cepat 30 menit tidak akan memengaruhi feeds.

Selain fakta tentang Instagram, ada juga beberapa faktor yang memengaruhi algoritma Instagram untuk bagian feeds. Apa saja itu?

  • Minat: Instagram akan memprioritaskan post yang banyak di-like, komen, atau disimpan oleh pengguna yang disesuaikan dengan kesukaan pengguna. Jika pengguna menyukai konten-konten yang berhubungan dengan traveling, maka konten-konten tersebut yang akan sering muncul di feeds Instagram.
  • Hubungan: Instagram berusaha memunculkan postingan orang-orang terdekat pengguna dengan melihat interaksi dari line, comment, tag, dan DM.
  • Waktu: Instagram memiliki tujuan menyajikan konten terbaru dan paling menarik bagi penggunanya, sehingga pertimbangannya adalah sudah berapa lama konten tersebut di-post.
  • Frekuensi pengguna: Instagram akan mengakui frekuensi penggunanya saat mengakses aplikasi. Jika pengguna jarang membuka Instagram maka feeds yang akan muncul adalah feeds yang ada di highligh atau postingan paling menarik yang kemungkinan ingin dilihat oleh pengguna.
  • Following: Jumlah akun yang diikuti akan memengaruhi jumlah post yang dilihat. Semakin banyak akun Instagram yang diikuti, Instagram memiliki lebih banyak pillihan dalam memilih konten yang akan disajikan ke pengguna. Dengan begitu pengguna tidak bisa melihat semua postingan dari akun yang diikutinya.

Selain feeds, Instagram juga memiliki algoritma untuk stories. Seperti apa algoritma tersebut?

Pada bagian stories, story yang paling dekat dengan Home adalah story yang paling sering berinteraksi dengan pengguna baik melalui like, comment , ataupun DM. Instagram mempertimbangkan algoritma ini dari hubungan yang dibangun oleh pengguna dengan pengguna lainnya yang akan memunculkan engagement dari akun tersebut.

Kesimpulan

Memahami algoritma dan engagement Instagram berguna agar promosi yang Kawan Kledo lakukan di Instagram dapat berjalan secara maksimal. Memahami algoritma dan engagement sangat penting karena memengaruhi dilihat atau tidaknya postingan promosi Kawan Kledo oleh pengikut di Instagram.

Selain algoritma dan engagement, ada hal lain yang tak kalah penting bagi bisnis yaitu pengelolaan keuangan. Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengelola keuangan, salah satunya adalah dengan menggunakan software akuntansi dari Kledo. Kledo merupakan software akuntansi yang dilengkapi berbagai fitur yang akan memudahkan penggunanya dalam pengelolaan keuangan. Tentu cara ini jauh lebih mudah daripada Kawan Kledo harus mengelolanya secara manual. Yuk daftar Kledo sekarang!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *