Pilih Waktu Terbaik Ini untuk Posting Konten di Instagram

Pilih Waktu Terbaik Ini untuk Posting Konten di Instagram

Di tengah teknologi digital seperti sekarang ini, media sosial menjadi tempat paling strategis untuk memasarkan bisnis. Ada beberapa media sosial yang support untuk memasarkan bisnis, salah satunya adalah Instagram.

Kawan Kledo termasuk salah satu pemilik bisnis yang memasarkan produk di Instagram? Apa saja tips yang sudah dilakukan untuk memasarkan produk di Instagram? Sudahkah menggunakan waktu yang tepat untuk posting di Instagram?

Posting foto di Instagram ternyata nggak bisa sembarangan. Untuk bisa menjangkau target pemasaran yang efektif, Kawan Kledo perlu memilih waktu yang tepat untuk memposting foto di Instagram. Jadi, sebenarnya kapan sih waktu yang tepat untuk posting foto di Instagram?

Instagram

instagram

Instagram merupakan salah satu media sosial yang memungkinkan pengguna untuk mengambil foto atau video, menerapkan filter digital, dan juga membagikannya ke berbagai media sosial lainnya.

Bagi Kawan Kledo yang membagikan foto atau video nantinya akan terpambang di feed Instagram. Instagram memiliki sistem pertemanan yang bernama followers atau pengikut dan following atau mengikuti. Following menandakan Kawan Kledo mengikuti seseorang, sedangkan followers artinya Kawan Kledo diikuti oleh seseorang.

Kawan Kledo dapat berinteraksi dengan pengguna lainnya dengan cara memberikan like atau komentar. Kawan Kledo bisa juga mengirimkan pesan melalui direct message.

Baca juga: Pentingnya Engagement dan Algoritma untuk Memaksimalkan Promosi di Instagram

Kelebihan Instagram

Sebagai media sosial yang digunakan oleh banyak orang, Instagram memiliki kelebihan yang membuatnya diminati. Apa saja kira-kira kelebihan yang diberikan Instagram?

1. Kemampuan Mengatur Privasi

Buat Kawan Kledo yang tidak ingin dilihat oleh sembarangan orang di Instagram, Kawan Kledo bisa menerapkan akun privasi pada akun yang Kawan Kledo miliki. Dengan begitu orang lain harus mendapatkan persetujuan untuk mengikuti Instagram Kawan Kledo.

2. Memiliki Fitur Menarik

Selain Kawan Kledo bisa memposting foto atau video yang Kawan Kledo miliki, Instagram juga memungkinkan Kawan Kledo untuk mengedit foto-foto dengan berbagai stiker atau pilihan warna foto. Buat Kawan Kledo yang menyukai fitur story, Kawan Kledo bisa membuat story dengan berbagai tambahan stiker. Bahkan sekarang juga bisa menjawab pertanyaan atau melakukan survei di Instagram.

3. Akun Bisnis

Buat Kawan Kledo yang memiliki bisnis, wajib banget menggunakan Instagram sebagai tempat mengenalkan bisnis Kawan Kledo. Saat ini konsumen sering mencari kebutuhan di Instagram dan sering cek di Instagram terlebih dahulu sebelum memutuskan membeli. Untuk itu Instagram menjadi sesuatu yang wajib dimiliki bagi Kawan Kledo yang memiliki bisnis.

Kekurangan Instagram

Tidak ada sesuatu di dunia ini yang sempurna, begitu juga dengan Instagram. Selain memiliki kelebihan, Instagram juga memiliki beberapa kekurangan? Apa saja kekurangan yang dimiliki Instagram?

1. Memiliki Konteks yang Terbatas

Instagram merupakan salah satu media sosial yang dapat digunakan dengan mudah, namun konteks yang ada di Instagram hanya bisa untuk mengunggah foto atau video. Kawan Kledo tidak bisa hanya mengunggah kata-kata di Instagram. Untuk itu Kawan Kledo harus benar-benar maksimal dalam mengunggah konten berupa foto atau video.

2. Kualitas Ungguhan Menurun

Saat Kawan Kledo ingin memposting foto atau video, Kawan Kledo hanya bisa memposting dengan kualitas yang kecil, sehingga foto atau video tampak tidak jelas. Untuk video, Instagram juga hanya menyediakan durasi selama dua menit saja.

3. Update Berkala

Agar dapat menikmati semua fitur yang disediakan di Instagram, Kawan Kledo harus melakukan update secara berkala. Biasanya update ini dilakukan setiap beberapa bulan sekali dan akan membutuhkan ruang yang lebih besar.

Pentingnya Memilih Waktu Posting di Instagram

IG

Bagi pengguna Instagram yang menggunakan Instagram sebagai Instagram pribadi, mereka bisa memposting feed atau story kapanpun mereka inginkan karena tidak ada target pemirsa yang harus didapatkan. Namun hal ini berbeda bagi pengguna yang menggunakan Instagram sebagai tempat berbisnis. Pengguna yang menggunakan Instagram sebagai bisnis perlu memperhatikan waktu-waktu terbaik untuk memposting di Instagram.

Memperhatikan waktu-waktu terbaik untuk posting feed atau story di Instagram dilakukan agar postingan dapat menjangkau pemirsa yang lebih banyak. Semakin banyak pemirsa dari postingan tersebut, maka akan semakin baik. Dengan begitu Kawan Kledo bisa memperkenalkan produk yang Kawan Kledo jual ke lebih banyak orang.

Memilih Waktu Terbaik Posting di Instagram

waktu terbaik instagram

Sebelum membahas waktu terbaik untuk post di Instagram, ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum memutuskan waktu terbaik posting di Instagram. Apa saja hal-hal tersebut?

1. Perhatikan Jumlah Followers

Sebelum menentukan waktu terbaik posting di Instagram, Kawan Kledo harus memperhatikan jumlah followers yang Kawan Kledo miliki. Hal ini dikarenakan followers yang akan melihat postingan Kawan Kledo di Instagram. Pastikan juga followers Kawan Kledo memiliki ketertarikan dengan produk yang Kawan Kledo jual, dengan begitu mencapai target penjualan akan jauh lebih mudah.

2. Perhatikan Karakteristik Followers

Kedua, perhatikan karakteristik followers Instagram Kawan Kledo. Akun-akun Instagram bisnis harus menentukan siapa saja followers Instagram mereka, yaitu memastikan followers tersebut memiliki ketertarikan dengan konten yang Kawan Kledo buat di Instagram. Tidak hanya apa yang disukai oleh followers, memperhatikan karakteristik pekerjaan, umur, dan tempat tinggal followers juga perlu dilakukan. Hal ini dikarenakan hal-hal tersebut memengaruhi waktu terbaik untuk post di Instagram. Misalnya, anak sekolah tentu memiliki waktu luang untuk melihat postingan Instagram yang berbeda dengan ibu rumah tangga. Begitu juga dengan pengguna yang tinggal di Indonesia Barat tentu akan memiliki waktu yang berbeda dengan di Indonesia Timur.

3. Barang Apa yang Dijual

Selanjutnya yang perlu Kawan Kledo perhatikan adalah barang apa yang Kawan Kledo jual. Barang yang dijual ini akan memengaruhi karakteristik followers Instagram Kawan Kledo. Misalnya Kawan Kledo menjual makanan untuk sarapan, tentu Kawan Kledo harus mencari waktu saat pengguna Instagram sedang menyiapkan sarapan atau membuat perencanaan sarapan.

Baca juga: Cara Mudah Membuat Postingan Menarik di Instagram, Wajib Dicoba!

4. Waktu Senggang Followers

Biasanya, pengguna Instagram menghabiskan waktu di Instagram di saat-saat senggang dimana mereka tidak sedang bekerja atau dalam waktu-waktu mereka rehat dari pekerjaan yang melelahkan. Di saat-saat seperti ini adalah waktu yang sangat tepat bagi Kawan Kledo untuk posting di Instagram. Di waktu-waktu senggang ini biasanya pengguna akan melihat semua yang muncul di beranda Instagram dan lebih mudah membuat mereka tertarik dengan apa yang Kawan Kledo jual di Instagram.

Waktu Terbaik untuk Posting di Instagram

waktu terbaik instagram

Berikut waktu terbaik untuk posting di Instagram yang bisa Kawan Kledo lakukan:

  • Buat Kawan Kledo yang ingin posting setiap hari di Instagram, Kawan Kledo bisa posting antara pukul 10 pagi smapai pukul 3 sore.
  • Buat Kawan Kledo yang menjual sesuatu di Instagram bisa memilih waktu pada hari Sabtu pukul 11 siang.
  • Pada hari Rabu adalah hari yang tepat bagi Kawan Kledo yang ingin mendapatkan engagement rate yaitu mendapatkan like, komentar, dan repost yang tinggi.
  • Hari Senin merupakan hari yang memiliki engagement rate yang rendah. Hal ini dikarenakan pada hari Senin orang-orang sibuk dan fokus dengan pekerjaan.
  • Hasil riset lainnya yang telah dilakukan, waktu terbaik untuk posting di Instagram adalah pagi hari ketika orang-orang baru bangun tidur, siang hari saat istirahat kerja, jam-jam setelah pulang kerja yaitu antara pukul 17.00-20.00, dan di malam hari saat weekend.

Waktu Terbaik untuk Posting di Media Sosial Lainnya

Media sosial

Tidak hanya Instagram, media sosial lainnya juga memerlukan waktu terbaik untuk posting agar dapat menjangkau pemirsa lebih banyak. Berikut waktu terbaik untuk posting di beberapa media sosial yang bisa Kawan Kledo lakukan:

Facebook

Facebook memiliki waktu terbaik untuk posting adalah antara pukul 1 siang hingga pukul 4 sore. Hal ini dikarenakan banyak pekerja kantor yang menggunakan komputer mereka untuk mengecek Facebook di jam-jam istirahat. Hari paling baik untuk posting di Facebook adalah pada hari Kamis, Jumat, Sabtu, dan Minggu. Khusus untuk hari Minggu, waktu terbaiknya adalah pada pukul 3 sore. Sedangkan hari terburuk untuk memposting di Facebook adalah hari Selasa. Dari beberapa penelitian yang telah dilakukan, engagement rate di Instagram jatuh pada hari Rabu karena pada hari itu rata-rata brand melakukan posting dan interaksi di Facebook pada hari itu.

Twitter

Twitter merupakan media sosial yang cukup berbeda dari Instagram ataupun Facebook. Hal ini dikarenakan Twitter memungkinkan penggunanya untuk melakukan twit berkali-kali dalam satu hari, baik itu twit dalam bentuk curhatan, quotes, atau sekadar respot dari twit pengguna lainnya. Oleh sebab itu, Twitter memiliki pergerakan yang lebih cepat dibandingkan media sosial lainnya. Jadi, kapan waktu terbaik untuk posting di Twitter?

Jawabannya adalah saat jam-jam makan siang pada hari Senin hingga hari Jumat, yaitu antara pukul 12 hingga 1 siang. Engagement rate tertinggi di Twitter jatuh pada hari kerja. Selain itu jam-jam setelah pulang kerja yaitu antara pukul 5 sampai pukul 6 sore juga memiliki engagement rate yang baik.

LinkedIn

Buat Kawan Kledo yang sedang mencari pekerjaan pasti tidak asing dengan media sosial LinkedIn. Yaps, LinkedIn merupakan media sosial yang biasanya digunakan oleh para pencari kerja. Di media ini pengguna dapat menemukan puluhan lowongan kerja setiap harinya yang diposting langsung oleh perusahaan. Buat Kawan Kleod yang ingin mendapatkan postingan yang popular juga harus memperhatikan waktu posting yang tepat.

LinkedIn memiliki waktu terbaik posting yaitu antara pukul 10 hingga 11 pagi. Hal ini dikarenaka LinkedIn digunakan oleh profesional yang sedang bekerja. Hari Selasa, Rabu, dan Kamis dianggap sebagai hari terbaik untuk posting di LinkedIn. Sedangkan waktu terburuknya adalah weekend atau jam-jam setelah pulang kerja.

Banner 2 kledo

YouTube

YouTube semakin ke sini semakin terkenal. Banyak pengguna yang kini beralih menjadi YouTubers dan menjadikan salah satu pekerjaan impian generasi muda. Buat Kawan Kledo yang ingin menjadi YouTubers terkenal tentu harus memperhatikan waktu-waktu terbaik untuk posting di YouTube agar semakin memperoleh banyak penonton.

Pukul 12 siang sampai pukul 4 sore merupakan waktu terbaik untuk upload video di YouTube. Hal ini dikarenakan banyak pengguna YouTube yang memilih waktu siang sampai sore untuk menonton video di YouTube. Selain hari Kamis dan Jumat menjadi hari terbaik untuk posting di YouTube, hari-hari weekend seperti Sabtu dan Minggu juga menjadi hari terbaik untuk mengunggah video di YouTube.

Kesimpulan

Memilih waktu terbaik untuk posting di Instagram merupakan cara agar postingan dilihat oleh banyak orang. Hal ini sangat berguna bagi Kawan Kledo yang menggunakan Instagram untuk berbisnis. Dengan memilih waktu terbaik, Kawan Kledo bisa mempromosikan bisnis Kawan Kledo lebih baik lagi.

Selain pentingnya memilih waktu terbaik untuk posting di Instagram, mengelola keuangan bisnis juga sama pentingnya. Bagaimana pun, pengelolaan keuangan akan menentukan jalannya sebuah bisnis.

Untuk memudahkan pengelolaan keuangan Kawan Kledo bisa menggunakan software akuntansi dari Kledo. Kledo dilengkapi berbagai fitur akuntansi yang akan memudahkan pengelolaan keuangan. Yuk daftar Kledo sekarang juga!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 × five =