8 Langkah Terbaik Membuat Rencana Promosi, Coba Sekarang!

rencana promosi

Promosi memegang peranan paling penting dalam penjualan suatu produk. Dari promosi ini, produk yang Kawan Kledo jual akan dikenal oleh masyarakat secara luas. Agar promosi yang Kawan Kledo lakukan dapat berjalan dengan baik, Kawan Kledo perlu membuat rencana promosi.

Rencana promosi ini meliputi hal-hal apa saja yang akan Kawan Kledo lakukan untuk mempromosikan bisnis Kawan Kledo. Lalu apa saja langkah-langkah yang harus dilakukan untuk membuat rencana promosi ini?

Buat Kawan Kledo yang ingin mengetahuinya, pastikan Kawan Kledo menyimak penjelasan yang ada di bawah ini:

Apa Itu Rencana Promisi

rencana bisnis

Rencana promosi merupakan sebuah upaya yang dilakukan untuk memaksimalkan alat-alat pemasaran, strategi, dan sumber daya dengan tujuan mempromosikan suatu bisnis hingga dapat meningkatkan penjualan. Rencana promosi ini dibuat agar dalam melakukan promosi dan pemasaran dapat lebih terstruktur dan juga maksimal.

Apakah Kawan Kledo sudah membuat rencana promosi untuk bisnis Kawan Kledo? Kira-kira dimana saja nih Kawan Kledo akan melakukan promosi?

Untuk memudahkan Kawan Kledo dalam membuat rencana promosi ini, ada 8 (delapan) langkah yang dapat Kawan Kledo ikuti. Namun sebelum membahas langkah-langkah melakukan promotion planning, berikut beberapa tujuan dan pentingnya membuat perencanaan promosi untuk bisnis:

Baca Juga: Cara Mudah Membuat Marketing Plan untuk Bisnis, Wajib Dicoba

Tujuan Rencana Promosi

Ada beberapa tujuan Kawan Kledo membuat promotion planning ini, apa saja kira-kira? Berikut jawabannya:

  1. Akan memudahkan Kawan Kledo dalam melakukan promosi bisnis Kawan Kledo;
  2. Promosi yang akan Kawan Kledo lakukan menjadi lebih terstruktur;
  3. Kawan Kledo dapat menyiapkan anggaran yang disesuaikan dengan kemampuan Kawan Kledo;
  4. Kawan Kledo bisa mengetahui promosi mana yang paling cocok untuk bisnis Kawan Kledo;
  5. Menghindari pemborosan anggaran promosi.

Baca Juga: 15 Strategi Pemasaran Terbaik untuk Meningkatkan Profit Bisnis

8 Langkah untuk Mengembangkan Rencana Promosi

rencana promosi

Langkah 1: Pahami Tujuan Rencana Promosi

Tujuan menjadi bagian penting ketika Kawan Kledo membuat rencana promosi. Jadi, pastikan Kawan Kledo mengetahui tujuan rencana promosi ini sebelum Kawan Kledo membuatnya.

Apa sih itu rencana promosi? Ini adalah alat pemasaran yang memberikan informasi terkait tentang bisnis yang Kawan Kledo jalankan. Selain itu, promotion planning menyajikan strategi promosi yang akan digunakan untuk meningkatkan pendapatan.

Penting untuk memahami apa itu rencana promosi dan mengapa Kawan Kledo membutuhkannya. Promosi adalah strategi yang Kawan Kledo gunakan untuk mengkomunikasikan informasi tentang produk dan layanan sebuah bisnis.

Sebelum terlibat dalam aktivitas promosi apa pun, sangat penting untuk menyusun rencana promosi agar Kawan Kledo dapat memastikan bahwa sasaran selaras dengan strategi yang akan dibuat. Ini juga akan memberi Kawan Kledo kesempatan untuk mempertimbangkan sumber daya yang akan digunakan, apakah sesuai dengan strategi promosi yang dipilih.

Langkah 2: Tetapkan Anggaran

Selain menentukan tujuan rencana promosi, hal lainnya yang perlu Kawan Kledo pertimbangkan adalah terkait anggaran. Periksa keuangan Kawan Kledo dan cari tahu berapa banyak uang dan tenaga yang dapat Kawan Kledo alokasikan untuk rencana promosi ini.

Kegiatan pemasaran memang sangat penting, tetapi tidak boleh mengorbankan kepentingan bisnis yang lebih utama, misalnya untuk menyediaan stok. Cara ini adalah cara yang baik untuk menutupi semua biaya operasional sebelum Kawan Kledo berinvestasi dalam pemasaran.

Dalam anggaran untuk rencana ini, Kawan Kledo wajib menggunakan anggaran yang berasal dari laba bersih Anda. Untuk memastikan Anda tidak mengeluarkan uang berlebihan, perhatikan detail berikut:

  • Rincian pengeluaran bisnis bulanan dari 6-12 bulan terakhir;
  • Total pendapatan bulanan dari 6-12 bulan terakhir;
  • Pengeluaran dan pendapatan. Ini akan memberi Kawan Kledo gambaran tentang laba bersih. Alokasikan persentase dari laba bersih ini untuk rencana promosi Anda.

Langkah 3: Tetapkan Tujuan yang Jelas dan Target yang Terukur

Tujuan dari rencana promosi Kawan Kledo harus sangat jelas dari awal. Biasanya, kegiatan promosi bertujuan untuk:

  • Memperkenalkan produk atau layanan baru;
  • Jual lebih banyak produk atau layanan yang sudah ada sebelumnya;
  • Perluas jangkauan pasar;
  • Rencana promosi Anda mungkin memiliki lebih dari satu tujuan, tetapi Kawan Kledo juga perlu memastikan bahwa setiap tujuan cocok dengan serangkaian strategi tertentu. Jika tidak, bisa jadi Kawan Kledo tidak mendapatkan laba atas investasi Anda.

Setelah Kawan Kledo dapat mengidentifikasi tujuan, Anda perlu mengembangkan target terukur atau indikator kinerja utama yang memungkinkan Kawan Kledo untuk menilai keberhasilan strategi Anda. Cara ini merupakan paling sederhana dan paling mudah adalah tujuan berbasis pendapatan dalam garis waktu tertentu.

Sangat membantu untuk menetapkan indikator ini dalam jangka pendek yang masuk akal dalam timeline Anda. Dengan cara ini, Kawan Kledo dapat meninjau kemajuan secara teratur dan menyesuaikan strategi jika Kawan Kledo tidak memenuhi tujuan jangka pendek.

Langkah 4: Identifikasi Target Pasar

Setelah sasaran dan garis waktu Anda ada, inilah saatnya untuk memikirkan calon pelanggan Anda. Bahkan sebelum Kawan Kledo mempertimbangkan strategi promosi, Kawan Kledo harus memiliki gagasan yang jelas tentang siapa yang ingin dijangkau.

Berikut adalah beberapa karakteristik yang dapat membantu Kawan Kledo menentukan target pasar dengan jelas:

  • Informasi demografis – termasuk usia target pasar, jenis kelamin, etnis, status kewarganegaraan, pencapaian pendidikan, industri pekerjaan, dan agama;
  • Informasi geografis – informasi tentang lingkungan atau kota target pasar;
  • Informasi psikografis – informasi tentang ideologi, pilihan gaya hidup, minat, dan kepribadian target pasar;
  • Setelah Kawan Kledo memiliki rincian ini, Kawan Kledo akan dapat memilih strategi promosi yang paling efektif untuk target pasar khusus.

Langkah 5: Pilih Strategi Promosi yang Tepat

Langkah kelima yang dapat Kawan Kledo lakukan adalah memilih strategi promosi yang tepat. Ada empat kategori strategi promosi, berikut penjelasannya:

  1. Penjualan Pribadi – melibatkan penjualan atau penyajian produk/layanan kepada klien potensial dalam pertemuan satu lawan satu;
  2. Periklanan – melibatkan menampilkan pesan di berbagai media, seperti televisi, papan reklame, surat kabar, radio, dan majalah;
  3. Promosi Penjualan – bentuk kegiatan promosi lain yang tidak termasuk dalam penjualan dan periklanan pribadi. Contoh kegiatan promosi penjualan meliputi katalog, brosur, pameran dagang, pesta, dan promosi berbasis web;
  4. Hubungan Masyarakat – melibatkan kegiatan yang bertujuan untuk meningkatkan citra bisnis, produk, atau layanan Kawan Kledo. Ini biasanya datang dalam bentuk siaran pers atau liputan media gratis;

Kawan Kledo mungkin perlu menggunakan strategi promosi yang berbeda untuk memenuhi tujuan. Selain mengidentifikasi strategi yang tepat, Kawan Kledo juga harus menunjukkan kapan kegiatan ini akan dilakukan.

Gunakan riset pada target pasar Kawan Kledo untuk menentukan waktu terbaik menerapkan setiap strategi promosi. Dengan riset ini juga Kawan Kledo dapat memastikan bahwa sebagian besar target pasar ini tersedia saat Kawan Kledo menjalankan strategi.

Baca Juga: 10 Strategi Pemasaran Produk Ini Wajib Dicoba di Tahun 2021

Langkah 6: Bentuk Tim

Langkah penting dalam menyusun rencana promosi adalah mengidentifikasi orang-orang yang akan membantu Kawan Kledo melaksanakannya. Serta, mengidentifikasi orang atau tim yang bertanggung jawab atas tugas-tugas tertentu.

Untuk memudahkannya, Kawan Kledo dapat membagi peran dan tanggung jawab setiap orang. Ini juga akan memudahkan untuk meminta pertanggungjawaban tim atas tugas-tugas yang ada.

Langkah ini juga membantu memastikan bahwa Kawan Kledo memiliki tenaga kerja yang diperlukan untuk menjalankan rencana yang sudah Kawan Kledo buat.

Langkah 7: Komunikasikan Rencana Promosi kepada Pemangku Kepentingan

Penting untuk mempelajari cara menulis rencana promosi. Template rencana promosi biasanya mencakup bagian berikut:

  • Pernyataan misi bisnis
  • Ikhtisar status bisnis saat ini
  • Ikhtisar produk/jasa yang ditawarkan
  • Sasaran pasar
  • Tujuan jangka panjang dan KPI
  • Usulan strategi promosi dan timeline
  • Dibutuhkan personel
  • Perincian anggaran

Distribusikan rencana promosi ini kepada pemangku kepentingan Anda. Ini termasuk investor, manajer, dan siapa pun yang terlibat dalam mengimplementasikan rencana Anda.

Tip: Bersikaplah terbuka ketika Anda mempresentasikan rencana Anda kepada pemangku kepentingan Anda. Mereka mungkin melihat celah dalam rencana Anda dan menawarkan saran yang dapat membuat rencana Anda lebih efektif.

Langkah 8: Jalankan Rencana dan Tinjau Target Secara Teratur

Setelah semua perencanaan, sekarang saatnya untuk menjalankan rencana promosi Anda. Penting untuk meninjau KPI Anda secara berkala.

Jika Anda tidak mencapai target, temui tim Anda untuk mendapatkan umpan balik. Anda mungkin perlu menyesuaikan rencana Anda untuk menanggapi keadaan yang tidak terduga.

Tips: Luangkan waktu untuk mendokumentasikan kemajuan dan wawasan Anda. Ini akan berguna di masa depan ketika Anda perlu membuat rencana promosi lain.

Sekarang setelah Anda mengetahui cara membuat rencana promosi, Kawan Kledo dapat dengan mudah mengomunikasikan strategi Kawan Kledo kepada pemangku kepentingan. Ini akan membantu memastikan kelayakan dan efektivitas strategi yang Kawan Kledo usulkan.

Jika Kawan Kledo adalah pemilik bisnis kecil atau pemula, Kawan Kledo mungkin ingin menjelajahi strategi promosi yang lebih hemat biaya karena iklan tradisional bisa sangat mahal.

Untungnya, ada banyak pilihan promosi penjualan yang unik saat ini. Misalnya, Kawan Kledo dapat menukar brosur tradisional dengan brosur USB khusus.

Ketika promosi penjualan yang Kawan Kledo unik, pelanggan juga akan lebih mengingatnya.

Kesimpulan

Itulah tadi penjelasan mengenai rencana promosi dan langkah-langkah yang dapat Kawan Kledo lakukan untuk membuat rencana promosi ini. Pastikan sebelum Kawan Kledo melakukan promosi untuk bisnis Kawan Kledo, Kawan Kledo membuat rencana promosi ini agar lebih terstruktur.

Untuk memudahkan pengelolaan keuangan bisnis Kawan Kledo sekaligus lebih mudah membuat anggaran untuk promosi, Kawan Kledo bisa gunakan software akuntansi Kledo. Kledo merupakan software akuntansi yang dilengkapi berbagai fitur untuk memudahkan pengelolaan keuangan bisnis.

Daftar Kledo sekarang juga dan nikmati semua kemudahan pengelolaan keuangan bisnis. Klik di sini untuk mendapatkan informasi lebih lengkap tentang Kledo.

Banner 2 kledo

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

two × two =