Tindakan Ekonomi: Ini Pengertian, Tujuan dan Jenis-Jenisnya

tindakan ekonomi

Secara sadar maupun tidak, dalam kehidupan manusia modern ini kita sangat sering melakukan tindakan ekonomi. Dapat dikatakan, setiap hari kita melakukan kegiatan tersebut dengan tujuan untuk melangsungkan kehidupan kita.

Nah, sebenarnya apa sih yang dimaksud dengan tindakan ekonomi? Ulasan secara lengkap akan dibahas pada artikel di bawah ini, ya!

Apa yang Dimaksud Tindakan Ekonomi?

tindakan ekonomi

Secara terpisah, ekonomi merupakan salah satu cabang ilmu pengetahuan yang berfokus untuk mempelajari segala kegiatan ekonomi manusia yang terdiri dari aktivitas produksi, distribusi, dan konsumsi. Nah, ketiga aktivitas tersebut merupakan siklus yang saling berkaitan dalam lingkaran ekonomi.

Adapun menurut Rohmatul Hamidah, tindakan ekonomi merupakan segala aktivitas yang dilakukan manusia untuk memenuhi kebutuhan hidupnya.

Sedangkan, Rendy Andika mempunyai pendapat yang lebih detail yang mengartikan tindakan ekonomi sebagai seluruh upaya yang dilakukan manusia agar dapat memenuhi kebutuhan hidup yang jumlahnya tidak terbatas. Nah, dalam melakukan tindakan tersebut, manusia akan melakukan pertimbangan secara matang berdasarkan skala prioritas supaya bisa mencapai kemakmuran hidup masing-masing individu.

Sehingga dapat disimpulkan bahwa tindakan ekonomi adalah segala cara yang dilakukan manusia untuk memenuhi kebutuhan hidupnya yang tak terbatas dengan melakukan pertimbangan guna mencapai kemakmuran hidup.

Baca Juga: Pengertian Kegiatan Ekonomi, Karakteristik, Tujuan, dan Klasifikasinya

Ciri-ciri Tindakan Ekonomi

Manusia selalu mempunyai pilihan dalam hidupnya agar dapat menyeleraskan antara harapan dengan kenyataan. Sama hal nya dengan kegiatan ekonomi yang dilakukan manusia juga memberikan beberapa opsi pilihan. Agar tak salah pilih, manusia harus mempunyai skala prioritas sehingga dapat memilah mana yang harus dilakukan terlebih dahulu berdasarkan sebuah kepentingan.

Ciri utama dari kegiatan ekonomi yaitu adanya pengorbanan yang harus dilakukan untuk memeroleh apa yang diinginkan. Hal ini dikarenakan kegiatan ekonomi tidak diperoleh secara gratis. Misalnya, kita harus mengeluarkan sejumlah uang untuk membeli laptop yang kita inginkan.

Mengenal Jenis-jenis Tindakan Ekonomi

Kawan Kledo, ada dua jenis kegiatan ekonomi yaitu tindakan rasional dan tindakan irasional. Nah, di bawah ini merupakan penjelasan mengenai kedua jenis tindakan tersebut.

Tindakan Rasional

Seperti namanya, tindakan rasional merupakan aktivitas ekonomi yang dilakukan manusia berdasarkan pertimbangan untuk memilih kebutuhan yang paling rasional bagi yang bersangkutan. Orang yang melakukan tindakan ini, selalu mempertimbangkan terlebih dahulu mana yang lebih menguntungkan dari beberapa opsi yang tersedia. Oleh sebab tersebut, orang yang melakukan tindakan rasional akan mendapat kepuasan yang maksimal.

Bagi Kawan Kledo yang berkecimpung dalam dunia bisnis, tindakan rasional sangat penting dilakukan agar bisnis yang dijalankan sukses dan mampu bertahan melewati tantangan yang ada. Terutama di tengah pandemi berkepanjangan ini, para pebisnis wajib hukumnya mengambil tindakan yang rasional.

Di masa yang sulit ini, pengusaha dapat menjadikan tindakan rasional sebagai solusi alternatif bisnis. Misalnya saja, akibat pandemi, pendapatan perusahaan menjadi berkurang karena daya beli masyarakat menurun. Nah, untuk menyiasatinya, perusahaan mengambil tindakan rasional dengan cara meminimalisir pengeluaran, menjual aset, atau mencari target pangsa pasar yang baru dengan cara memberi diskon atau promo kepada pembeli.

Tak hanya bagi pebisnis, tindakan rasional juga sangat penting dilakukan oleh individu agar dapat bertahan hidup. Dengan mengambil tindakan rasional, individu dapat mengontrol hidupnya terutama perihal keuangan.

Individu dapat menyusun skala prioritas sebagai pedoman tindakan rasional. Dari daftar tersebut, individu pun jadi tahu mana yang termasuk kebutuhan dan mana yang hanya keinginan. Dengan begitu, individu tersebut dapat menghindari gaya hidup boros yang mendatangkan banyak kerugian.

Tindakan Irasional

Berbanding terbalik dengan tindakan rasional, tindakan irasional merupkan tindakan manusia yang tidak didasarkan pada pertimbangan mendalam sehingga malah mendatangkan kerugian. Mengapa hal tersebut bisa terjadi? Hal ini bisa terjadi karena individu tidak mempertimbangkan faktor-faktor yang dapat mendatangkan risiko atas pilihannya.

Contoh yang tindakan irasional antara lain memilih gaya hidup mewah tanpa didukung dengan kemampuan finansial yang cukup sehingga malah menjerumuskan individu pada utang yang tidak produktif.

Baca Juga: Fungsi dan Macam Sistem Ekonomi, Pelaku Bisnis Harus Paham

Apa Tujuan Tindakan Ekonomi?

tindakan ekonomi

Kawan Kledo, mengapa sih kita harus melakukan tindakan ekonomi? Kira-kira apa saja ya tujuannya? Nah, simak baik-baik poin penjelasan di bawah ini, ya!

  • Pertama, agar individu mampu melakukan analisis dan mempertimbangkan mana yang harus diambil agar mendapat keuntungan.
  • Kedua, supaya individu mampu membedakan antara kualitas dan harga barang.
  • Ketiga, agar individu dapat menentukan skala prioritas sehingga ia tahu mana yang benar-benar kebutuhan atau hanya sekadar keinginan.
  • Keempat, supaya individu berhati-hati dan bijak sebelum mengambil keputusan.

Memahami Motif Tindakan Ekonomi

Motif merupakan faktor yang menjadi pendorong manusia untuk melakukan kegiatan ekonomi. Secara umum, ada dua faktor yang menjadi pemicu dalam melakukan aktivitas ekonomi. Apa saja, ya?

  • Motif Intrinsik yakni motif yang berasal dari dalam diri individu dan atas kemauan diri sendiri. Misalnya prinsip yang diyakini dan cara berfikir.
  • Motif Ekstrinsik yakni motif yang berasal dari luar individu. Contohnya keluarga, lingkungan, sosial, dan budaya.

Bagaimana Hubungan Antara Tindakan, Motif, dan Prinsip Ekonomi?

Tindakan, motif, dan prinsip ekonomi yang menjadi satu kesatuan dan saling memengaruhi satu sama lain. Kegiatan ekonomi didasari oleh motif sebagai pendorong dan prinsip ekonomi sebagai dasar pengambilan keputusan.

Setiap individu dalam melakukan tindakan ekonomi berdasarkan motif ekonomi dan diarahkan oleh prinsip ekonomi agar memeroleh kepuasan yang maksimal. Apabila ketiga hal tersebut berjalan sesuai fungsinya, maka individu dapat memenuhi kebutuhannya dengan pengorbanan yang seminimal mungkin.

Agar lebih faham, Kawan Kledo dapat memperhatikan contoh di bawah ini!

Siti mempunyai prinsip bahwa dia tidak akan membeli tas di atas harga Rp. 300.000, dikarenaka Siti ingin menabung dan hidup. Namun suatu hari, dia merasa tertarik membeli tas seharga Rp. 500.000, karena modelnya bagus dan anggun (prinsip ekonomi).

Siti mempunyai tabungan sebesar Rp. 400.000. Sebelum memutuskan untuk membeli, Siti mencari tahu terlebih dahulu mengenai keunggulan merk tas yang diinginkannya (motif ekonomi). Siti pun mempertimbangkan apakah uang sebesar Rp. 500.000 sebanding dengan kualitas tas yang diinginkannya.

Akhirnya, Siti memutuskan tidak membeli tas tersebut karena harganya mahal dan kualitasnya tidak lebih baik dari tas seharga Rp. 300.000.

Kesimpulan

Nah, demikian artikel mengenai tindakan ekonomi. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan dan manfaat bagi Kawan Kledo.

Tindakan ekonomi merupakan hal vital yang harus dilakukan manusia baik sebagai individu maupun sebagai pebisnis. Perlu diingat, bahwa setiap kali kita akan mengambil tindakan, perlu dilakukan pertimbangan yang matang agar kita dapat memenuhi kebutuhan hidup secara tepat guna.

Sebagai pebisnis, tindakan rasional menjadi solusi alternatif pilihan agar bisnis dapat terus berjalan dan berkembang. Untuk mendukung hal tersebut, maka diperlukan pencatatan dan analisis mendalam sebelum mengambil keputusan. Nah, software akuntansi Kledo hadir untuk membantu bisnis Anda. Yuk, gabung Kledo sekarang juga!

Banner 2 kledo

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *